Artikel Unggulan

ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405), Ultrabook Pertama dengan AI Prosesor

  ASUS mengumumkan Zenbook 14 OLED (UX3405), laptop ultraportable premium pertama yang dibekali oleh prosesor bertenaga AI, Intel® Core™ Ult...

Ciptakan Atmosfer Kerja Menyenangkan dengan Smart Lighting!

 


Pandemi boleh dibilang sudah berlalu. Aktivitas masyarakat mulai kembali menggeliat, termasuk tentu saja para karyawan pekerja kantoran. Butuh waktu untuk bangkit kembali pasca masa pandemi yang cukup lama dan meruntuhkan banyak sendi ekonomi. Namun demikian, apa yang ada di depan, tetap harus dijalani dengan semangat tinggi dan harapan baru.

Banyak orang berseloroh, kerja di ibukota itu kalo nggak tua di kantor ya tua di jalan. Sebuah ungkapan yang tak bisa dipungkiri kebenarannya. Para pekerja atau karyawan punya dua pilihan ketika dihadapkan pada kondisi, pulang tepat waktu tapi beresiko macet di jalan, atau menunda waktu pulang alias lebih lama di kantor, tapi ketika kemacetan sudah terurai, perjalanan pulang akan lebih cepat. Saya memilih opsi yang kedua, lebih lama di kantor, tapi perjalanan pulang lebih cepat. Kecuali ada kondisi darurat yang mengharuskan saya pulang lebih cepat, itu lain soal.


Saya bekerja di bagian teknik pada sebuah stasiun televisi lokal di Jakarta. Pekerjaan saya sangat dinamis. Ada kalanya saya harus berkunjung ke bagian lain untuk melakukan pengawasan, memberikan instruksi, atau sekadar berdiskusi tentang hal apa yang akan dilakukan dan membutuhkan dukungan teknis. Di lain waktu, saya juga sering berada di belakang meja, melakukan beberapa pekerjaan administratif, mencari sumber informasi di internet yang bisa jadi solusi terhadap masalah pekerjaan yang sedang dihadapi, atau sekadar membaca atau menonton informasi terkini sebagai upaya agar tetap update dengan perkembangan dunia. 

Agar lebih betah dan nyaman dalam bekerja, saya senang mendekorasi meja kerja saya dengan beragam pernak-pernik aksesoris. Kali ini, saya tergoda untuk menggunakan smart lighting sebagai properti di meja kerja saya, dan pilihan saya jatuh pada Philips Smart LED Connected by WiZ Bar Linear Single 6W Tunable Color, yang merupakan salah satu produk dari lini Philips Smart LED Connected by WiZ.

Smart lighting ini saya pilih karena bentuk bar-nya cocok untuk diletakkan di tepi meja kerja saya. Selain itu, merk Philips juga merupakan salah satu merek lampu paling terpercaya di dunia. Buat kalian yang ingin mencoba Philips Smart LED Connected by WiZ Bar Linear Single 6W Tunable Color ini, kalian bisa membelinya di Philips Official Store di Tokopedia. Waktu saya beli, sedang ada promo yang lumayan hemat di sana!


Ketika pesanan saya datang, di dalam box-nya terdapat satu unit Philips Smart LED Connected by WiZ Bar Linear Single 6W Tunable Color, sebuah adaptor, serta selembar panduan untuk pengguna.


Saat dihidupkan untuk pertama kalinya, Philips Smart LED Connected by WiZ Bar Linear Single 6W Tunable Color akan menyala dengan warna oranye. Ini merupakan warna default sebelum kita menghubungkan smart lighting Philips Smart LED Connected by WiZ Bar Linear Single 6W Tunable Color tersebut dengan Aplikasi WiZ pada smartphone kita. Dan tentu saja, smart lighting dari lini Philips WiZ ini akan jauh lebih optimal jika penggunaannya dengan pengendalian penuh melalui Aplikasi WiZ. 

Tak perlu gentar duluan saat menghubungkan smart lighting dengan Aplikasi WiZ pada smartphone, karena cara setting Philips Smart LED Connected by WiZ ini sangat mudah. Pastikan ada koneksi WiFi di sekitar smart lighting dan smartphone terhubung dengan WiFi yang sama.


  • Langkah yang pertama adalah mengunduh aplikasi WiZ di Google Store untuk smartphone Android, atau di App Store untuk pengguna iPhone.
  • Langkah kedua adalah jalankan Aplikasi WiZ dan ikuti langkah-langkahnya. Untuk lampu Philips Smart LED Connected by WiZ Bar Linear Single 6W Tunable Color yang saya gunakan ini, lampunya harus dimatikan dulu, lalu tekan dan tahan tombol Power selama 10 detik, hingga lampu menyala kembali secara berkedip dan berwarna biru. Lalu pilih Scan Otomatis pada Aplikasi WiZ hingga ditemukan perangkat smart lighting yang baru kita aktifkan mode pairingnya tadi. 
  • Setelah terhubung, maka langkah berikutnya adalah mengeksplorasi fitur smart lighting Philips Smart LED Connected by WiZ Bar Linear Single 6W Tunable Color tersebut.

Kesan pertama saya ketika berhasil mengatur smart lighting Philips Smart LED Connected by WiZ Bar Linear Single 6W Tunable Color adalah wow! Lampu ini bikin meja kerja saya jadi tampak lebih fancy, dengan warna-warni yang lembut. Ya, benar sekali. Lampu Philips Smart LED Connected by WiZ Bar Linear Single 6W Tunable Color ini memang pancaran sinarnya ramah untuk mata, karena telah memenuhi standar LED Eye Comfort. Selain itu, lampu ini tidak menghasilkan panas yang mengganggu kenyamanan saat sedang beraktivitas di dekatnya.


Berikutnya yang saya sukai dari smart lighting yang baru saya beli dan pasang ini adalah pilihan skenario warnanya yang sangat beragam. Tak perlu lagi bingung mengkonfigurasi satu demi satu secara manual, cukup pilih skenario yang kita inginkan, tunggu beberapa detik, dan lampu akan berubah warna sesuai skenario yang kita pilih.


Selanjutnya yang paling saya sukai adalah fitur Schedules pada Aplikasi WiZ untuk mengatur smart lighting Philips Smart LED Connected by WiZi Bar Linear Single 6W Tunable Color. Fitur ini mampu memberikan apa yang saya inginkan dan saya butuhkan. Sebentar, saya tunjukkan saja tampilan aplikasinya di bawah ini.


Fitur ini mampu menghidupkan lampu secara otomatis pada jam tertentu, memancarkan cahaya dengan skenario tertentu, lalu mati secara otomatis juga pada jam yang ditentukan. Aplikasi WiZ mampu melakukan skenario penjadwalan jamak/multiple di mana, lampu akan menyala secara otomatis pada pukul 10 pagi dengan skenario warna kebiruan, lalu mati pada pukul 12 siang namun langsung lanjut menyalakan lampu dengan skenario kehijauan, begitu seterusnya hingga saya benar-benar menjadwalkannya untuk mati pada malam hari sebelum saya pulang. Berkat kemampuan ini, saya dapat mengatur warna lampu yang saya inginkan, pukul 10 hingga 12 siang akan berwarna kebiruan, pukul 12 hingga 16 akan berwarna kehijauan, pukul 16 hingga 18 akan berwarna jingga/senja, dan terakhir pukul 18 hingga 19.30 akan berwarna pink keunguan. Ini sangat penting bagi saya dalam menjaga produktivitas tetap optimal berkat mood yang baik.

Sebagai contoh, pada pukul 12 siang hingga 16 sore, warna lampu saya setting berwarna kehijauan. Hal ini karena biasanya, mata kita sudah cukup lelah setelah bekerja dari pagi hingga menjelang sore hari, sehingga perlu penyegaran mata dengan melihat sekeliling yang bernuansa hijau. Demikian pula ketika pukul 16 hingga 18 petang, warna lampu akan memancarkan cahaya jingga layaknya senja, sehingga saya dapat dengan cepat mengetahui waktu tanpa harus melihat jam.


Produktivitas bukan hanya semata tentang bekerja lebih lama atau lebih banyak, tapi menjaga kualitas pekerjaan melalui mood yang selalu terjaga dengan baik itu juga merupakan bentuk produktivitas yang mungkin tidak kita sadari.

Seperti telah saya sampaikan di awal, bahwa saya sering bertahan lebih lama di kantor untuk menunggu kemacetan mencair. Di sela waktu tersebut, biasanya saya menyalurkan hobi saya untuk memotret mainan yang jadi penghias meja kerja saya, agar tidak jenuh dalam bekerja. Dengan kehadiran smart lighting Philips Smart LED Connected by WiZ Bar Linear Single 6W Tunable Color ini, aktivitas hobi memotret mainan saya jadi lebih menyenangkan berkat pilihan skenario warna lampu yang luas. Dan pastinya, hasil foto mainan saya jadi lebih keren dong!


Jadi, tunggu apa lagi? Ini saatnya buat kalian untuk segera beralih ke smart lighting! Khususnya lampu pintar Philips Smart LED Connected by WiZ. Karena selain hemat energi dan awet, lampu Philips Smart LED Connected by WiZ merupakan lampu pintar terkoneksi internet yang bisa kita kontrol sesuka kita dan mudah dipairing dengan aplikasi WiZ. 


Pokoknya, jika kalian ingin mempercantik tampilan meja kerja kalian dengan smart lighting, saya merekomendasikan produk Philips WiZ. Yuk, bikin atmosfer kerja kita jadi lebih nyaman, produktif, sekaligus menyenangkan! Jika kalian masih bingung menentukan pilihan, smart lighting seperti apa yang cocok dengan ruangan kalian, kalian bisa melihat produk-produk smart lighting Philips WiZ di sini. Smart lighting untuk hidup lebih mudah dan nyaman. Coba dan rasakan sendiri, lalu bagikan pengalaman kalian di kolom komentar ya!

Sekian dari saya, semoga informasi ini bermanfaat. Salam kompak persahabatan selalu..


4 komentar:

  1. Dengan smart lighting gini, suasana ruang kerja di rumah jadi sangat menyenangkan ya mas.. Bisa diatur sesuka hati, bisa dischedule juga

    BalasHapus
  2. Mantap ya Philips Smart LED ini, punya juga di rumah..bikin mood tetap terjaga, bisa tambah kreatif juga mengatur cahaya lampunya buat foto produk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.. aku pasang di kantor karena memang butuh jaga mood kerja di sana.. kalo dah di rumah waktunya utk rebahan..

      Hapus