Artikel Unggulan

5 Alasan HUAWEI MateBook D 14 Jadi Laptop Andalan

  Setiap orang memiliki kebutuhan unik dalam memilih laptop, yang bisa beragam dari segi fungsionalitas dan kemampuan komputasi yang canggih...

ASUS Luncurkan Laptop Gaming Terbaru, 3 Diantaranya AI Ready!

 


Tanggal 14 Maret 2024, bertepatan dengan hari ulang tahun kesayangan, ASUS meluncurkan secara resmi jajaran laptop gaming terbarunya di Q1 tahun 2024. Acara peluncuran ini diselenggarakan di Hotel Sutasoma (yang ternyata jadi satu dengan gedung Tribrata) dengan venue Ballroom Rooftop di lantai 8.

Sebetulnya, estimasi waktu perjalanan dari kantor ke venue dengan menggunakan motor, tidak begitu lama. Namun karena kondisinya sempat hujan, alhasil, di beberapa titik lokasi, sempat terjadi kemacetan.


Sesampainya di lokasi, ternyata sudah cukup banyak undangan yang datang. Baru saja saya sampai, acara pun segera dimulai.

Acara ROG Media Launch ini dipandu oleh host yang terkenal di dunia esport, yaitu Mas Gerry Eka. Kebetulan saya mengenalnya sejak beliau masih menjadi awak media saat sedang berburu berita di event liputan.


Presentasi pertama dibawakan oleh Muhammad Firman selaku Head of PR ASUS Indonesia. Di sesi ini, beliau memaparkan informasi perkembangan laptop gaming ASUS, termasuk segmentasi dan klasifikasinya. Tidak lupa positioning ASUS sebagai brand laptop gaming #1 di Indonesia selama 10 tahun terakhir.


Selanjutnya giliran Darien Theodric memaparkan tentang perbedaan dan keunggulan teknologi dari masing-masing laptop gaming yang diluncurkan pada hari ini. Mulai dari laptop gaming berteknologi AI paling tipis dan ringan, ROG Zephyrus G14, hingga laptop gaming terjangkau favorit para mahasiswa, TUF Gaming series.


Sesi presentasi berikutnya disampaikan oleh Riandanu yang melakukan demo terhadap kemampuan laptop gaming yang diluncurkan saat itu. Demo pertama adalah ROG Zephyrus G14 yang merupakan laptop gaming AI pertama dengan desain yang tipis dan ringan.


Di kesempatan ini, Danu menjalankan benchmark dari game dengan grafis kasta tinggi, Cyberpunk 2077. Siapa yang menyangka, dari laptop gaming setipis dan semungil ini, sanggup menjalankan game yang memiliki grafis kompleks ini dengan sangat mulus? Benar-benar performa yang luar biasa dari sebuah laptop gaming AI tertipis dan teringan di dunia, Zephyrus G14.


ROG Zephyrus G14 (GA403) merupakan laptop gaming dengan teknologi AI berukuran 14-inci paling ringan dan tipis di dunia dengan bobot hanya 1,5 Kg dan ketebalan di hanya 1,59 cm. Kemampuan AI pada laptop gaming ini didapatkan dari prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series yang sudah dibekali dengan NPU Ryzen™ AI untuk membantu mengakselerasi pemrosesan AI secara lebih optimal.

ROG Zephyrus G14

ROG Zephyrus G14 (GA403) untuk pertama kalinya menggunakan panel OLED pada layar ROG Nebula Display yang dibekali teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC untuk menyajikan pengalaman gaming terbaik tanpa tearing atau stuttering.

ROG Zephyrus G14 (GA403) dinobatkan sebagai laptop gaming AI 14-inci paling ringan dan paling tipis karena memiliki bobot hanya 1,5 kg dan ketebalan 1,59 cm. Di dalamnya juga sudah menyematkan 4 buah speaker dengan teknologi Dolby Atmos dan Two-way AI noise-canceling technology untuk komunikasi yang lebih jernih. 

Di bagian belakang layar ROG Zephyrus G14 terdapat serangkaian lampu LED indikator eksklusif yang dapat dikustomasi untuk menampilkan pola tertentu lewat aplikasi Armoury Crate. Fitur ini dikenal dengan nama Slash Lighting. Kehadiran Slash Lighting menggantikan fitur AniMe Matrix yang terdapat pada seri G14 versi sebelumnya.

ROG Zephyrus G16

Bagi kalian yang merasa, layar ROG Zephyrus G14 terlalu kecil, sekarang sudah ada varian dengan layar yang lebih besar, yaitu ROG Zephyrus G16. Secara fitur, semua yang ada pada G14 ada juga di G16. Yang membedakan di antara keduanya adalah ukuran layar dan prosesor yang digunakan. ROG Zephyrus G16 menggunakan prosesor Intel Core Ultra yang merupakan prosesor berteknologi AI, karena telah dilengkapi dengan NPU Intel® AI Boost terbaru dari Intel. Meski demikian, ROG Zephyrus G16 juga masih tergolong laptop gaming AI dengan bodi yang tipis, yaitu 1,49 cm saja.

Laptop berikutnya yang diberikan penjelasan adalah ROG Strix Series. Seri Strix ditujukan bagi kaum hardcore gamer dan penggemar game kompetitif seperti game yang dilombakan di kompetisi esport. Untuk yang menginginkan performa maksimal, ROG Strix SCAR merupakan solusinya. Seri Strix SCAR hadir dalam 2 varian ukuran layar, yaitu 16 inci dan 18 inci. Karena menggunakan perangkat keras dengan spesifikasi yang tinggi, maka sistem pendinginan di laptop ini juga sangat sophisticated, yang dikenal sebagai ROG Intelligent Cooling.

Varian tertinggi ROG Strix SCAR 16 menggunakan prosesor Intel Core i9-14900HX, GPU NVIDIA GeForce RTX 4090 dengan TGP mencapai 175W, dengan layar ROG Nebula Display beresolusi QHD, refresh rate 240Hz serta response time 3ms. Untuk varian ROG Strix SCAR 18 spesifikasinya sama, hanya berbeda pada ukuran layarnya saja.

ROG Strix Series (2024)

Yang menarik lagi ketika Danu menjelaskan tentang laptop TUF Gaming Series yang menjadi laptop favoritnya mahasiswa. Bahwa ternyata laptop TUF Gaming dipilih karena menawarkan performa yang cukup baik dengan harga yang relatif terjangkau bagi kalangan mahasiswa. Laptop TUF Gaming memang bisa dimanfaatkan selain untuk bermain game di kala senggang, tapi juga berguna untuk mengerjakan tugas kuliah, membuat konten, atau untuk sekadar menonton film.

Salah satu varian laptop TUF Gaming Series adalah TUF Gaming A15 yang telah dilengkapi dengan prosesor berteknologi AI, AMD Ryzen™ 9 8945H dengan NPU AMD Ryzen™ AI. Betapa teknologi AI yang disematkan di dalam laptop gaming entry-level ini bisa membantu penggunanya dalam beberapa hal. Salah satu yang dicontohkan adalah, ketika seseorang memiliki hobi fotografi, memotret cosplayer, dan seringkali mengalami kendala untuk berkomunikasi saat mengarahkan gaya, teknologi AI dalam laptop ini bisa memberikan solusi yang tepat guna.


Dengan menggunakan aplikasi Stable Diffusion, laptop TUF Gaming A15 mampu men-generate ratusan bahkan ribuan gambar AI sebagai referensi pose. Setelah seluruh referensi pose selesai di-generate, fotografer tinggal menunjukkan kepada cosplayer untuk mereplikasi pose salah satu gambar AI, sesuai dengan keinginan fotografernya.

TUF Gaming A15 dibekali dengan memori DDR5 5600 berkapasitas 16GB, serta penyimpananan PCIe Gen4 SSD berkapasitas 1TB. Memori dan penyimpanan pada laptop ini masih bisa di-upgrade sehingga memberikan ruang kepada para penggunanya untuk meningkatkan performa. TUF Gaming A15 hadir dalam dua varian grafis, yaitu menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 4060 dan RTX 4070.

Sejak awal kemunculannya, seri TUF Gaming identik dengan ketangguhan. TUF Gaming A15 merupakan salah satu dari sedikit laptop gaming di dunia yang mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (US Military Grade MIL-STD-810H).

Selain TUF Gaming A15 yang berukuran 15 inci, hadir juga TUF Gaming F16 yang memiliki ukuran layar 16 inci dengan prosesor Intel Core i7-13650HX dan GPU NVIDIA GeForce RTX 4050 dengan TGP hingga 130W. 

TUF Gaming F16

Seluruh laptop gaming ASUS baik ROG maupun TUF Gaming telah dilengkapi dengan teknologi MUX Switch dan memiliki baterai berkapasitas 90W. Bagi yang belum mengenal apa itu MUX Switch, bisa membaca artikel tentang MUX Switch di sini.

Sebagai tambahan informasi, di venue tersedia photobooth yang bisa memotret kita dan mengubahnya sesuai dengan interpretasi prompt yang diberikan pada aplikasi AI. Sebagai contoh, foto diri saya setelah difoto di situ, hasilnya menjadi seperti di bawah ini :


Bagaimana, menarik bukan? Bahwa ternyata teknologi AI bisa diimplementasikan di berbagai bidang, dan kelak di masa depan, AI akan banyak bersinggungan dengan kehidupan kita sebagai manusia. Oiya, berikut ini adalah daftar harga laptop gaming yang saya ceritakan tadi :

  • ROG Zephyrus G14 (GA403) - Rp.29.999.000,-
  • ROG Zephyrus G16 (GU603) - Rp.32.999.000,-
  • ROG Strix G16 (G614) - Rp.32.999.000,-
  • ROG Strix SCAR 16/18 (G634/G834) - Rp.69.999.000,-
  • TUF Gaming A15 (FA507) - Rp.23.999.000,-
  • TUF Gaming F16 (FX607) - Rp 21.999.000,-

Demikianlah kisah saya di acara ROG Media Launch beberapa waktu lalu, semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat. Salam kompak persahabatan selalu..






Tidak ada komentar:

Posting Komentar