Artikel Unggulan

5 Alasan HUAWEI MateBook D 14 Jadi Laptop Andalan

  Setiap orang memiliki kebutuhan unik dalam memilih laptop, yang bisa beragam dari segi fungsionalitas dan kemampuan komputasi yang canggih...

Dampak Penggunaan Laptop Dua Layar terhadap Produktivitas dan Efisiensi Kinerja IT Perusahaan

 


Di dalam sebuah perusahaan, baik yang bergerak di bidang usaha barang ataupun jasa, sudah lazim menerapkan sistem manajemen informasi yang mendukung proses bisnisnya. Sistem manajemen informasi ini ada bermacam-macam, ada sistem informasi keuangan, sistem informasi kepegawaian, sistem informasi penjualan, sistem informasi inventori dan masih banyak lagi. Seluruh sistem manajemen informasi ini biasanya dipantau dan dirawat oleh tim bagian IT dalam perusahaan tersebut.

Tugas IT Perusahaan

Menurut informasi dari situs glints.com, IT perusahaan bertanggung jawab dalam pengembangan sistem jaringan, peningkatan dan evaluasi terhadap objek komputer, instalasi, dan software. Umumnya, dalam sebuah departemen IT dalam perusahaan, terdiri dari beberapa orang yang membentuk sebuah tim, yang memiliki tanggungjawab dan jobdesc yang bervariasi. Ada yang bertugas membantu user ketika ada kendala (troubleshooting), ada yang bertanggungjawab terhadap aplikasi dan databasenya (programming dan DB Admin), dan ada pula yang bertanggungjawab terhadap jaringan dan keamanannya (network dan security). 


Bekerja di bagian IT seperti bekerja di dua alam, yaitu jam kerja normal dan jam kerja malam. Hal ini bisa dimengerti karena ada tugas dan tanggungjawab IT yang harus dikerjakan ketika jam kerja operasional sedang berjalan seperti membantu user yang mengalami kendala dalam pekerjaannya (troubleshooting), atau melakukan evaluasi terhadap sistem yang sedang dikembangkan, di mana hal ini membutuhkan feedback dari user pengguna aplikasi tersebut. Namun adakalanya IT harus lembur tatkala sistem membutuhkan perawatan (maintenance) secara berkala, atau perbaikan sistem di mana diharapkan user sudah bisa bekerja pada jam kerja normal.

Tantangan IT Perusahaan

Sebagai seorang IT, kita dituntut agar selalu cekatan dalam menangani kendala yang terjadi, baik itu kendala sistem jaringan, ataupun aplikasi pada server. Selain itu, IT juga perlu menambah wawasan dengan membaca atau mengikuti seminar-seminar tentang perkembangan teknologi, baik secara online maupun offline. Seringkali orang menyangka, pekerjaan IT itu hanya duduk manis di meja kerja, sembari memandang layar komputernya. Padahal, tidak jarang IT pun harus mobile, berpindah, bergerak menghampiri user yang sedang mengalami masalah, atau masuk ke ruang server untuk melakukan analisa terhadap masalah yang sedang terjadi. Oleh karena itulah, dalam melakukan pekerjaannya, seorang IT dalam perusahaan, harus didukung dengan perangkat yang tepat, seperti laptop misalnya.

Meja Kerja dengan Dua Layar


Belakangan ini, semakin marak orang-orang yang bekerja dengan komputernya, menggunakan dua layar. Hal ini bukan hanya sekadar gaya semata, namun ada korelasi antara penggunaan layar ganda dengan peningkatan produktivitas pekerjanya. Menurut studi yang diterbitkan dalam Proceedings of the Human Factors and Ergonomic Society pada tahun 2012 silam, pekerja yang menggunakan dua monitor terasa lebih efisien dan gampang untuk digunakan daripada monitor tunggal. 98% pekerja memilih konfigurasi dua monitor sebagai preferensi mereka setelah berkesempatan untuk mengalaminya. Selain itu, konfigurasi ini mengurangi jeda kerja. Jika sesuatu terjadi pada satu monitor, kita masih dapat terus bekerja menggunakan monitor yang berfungsi tanpa kehilangan produktivitas atau data.

Selain itu, dengan menggunakan monitor kedua, akan lebih mempermudah dan mempercepat penggunaan beberapa program secara bersamaan (multitasking). Daripada harus beralih antara beberapa window, program kedua dapat diletakkan di monitor kedua, membuat alur kerja lebih cepat dengan meminimalisir jumlah klik yang diperlukan. Dengan menggunakan dua monitor, file atau aplikasi yang sedang kita gunakan, bisa kita sebar sehingga tidak perlu membuka-tutup jendela aplikasi seperti ketika menggunakan monitor tunggal.

Namun, skenario ini lazimnya diimplementasikan di meja kerja, di mana seluruh perangkat komputer berada pada posisi yang statis. Bagaimana jika IT harus bekerja secara mobile? Bergerak dinamis, melakukan pekerjaannya di mana saja?

Laptop Dua Layar, ASUS Zenbook DUO (UX8406)


Sekarang, teknologi laptop sudah makin inovatif. Ini dibuktikan dengan kehadiran laptop layar ganda, yang ditujukan untuk mereka yang membutuhkan bidang kerja lebih dari satu layar. ASUS Zenbook DUO (UX8406) merupakan laptop dengan dua layar terbaru yang inovatif dari ASUS. Bahkan, laptop dua layar ini bisa menggantikan fungsi PC dengan dua monitor di meja kerja, dengan keuntungan lebih ringkas dan lebih hemat daya (Go Green).

ASUS Zenbook DUO (UX8406) memiliki dua layar ASUS Lumina OLED yang masing-msing berukuran 14 inci dengan resolusi 3K dan frame rate 120Hz. Layar ASUS Zenbook DUO mampu menampilkan kualitas visual terbaik berkat teknologi ASUS Lumina OLED yang telah tersertifikasi Dolby Vision®, Pantone® Validated, VESA DisplayHDR™ True Black 500 dan memiliki color gamut 100% DCI-P3 untuk reproduksi warna yang akurat. Layar dengan teknologi touchscreen ini juga mendukung penggunaan stylus ASUS Pen 2.0 sebagai alat input yang presisi.

Saat menggunakan laptop konvensional yang memiliki satu layar, pekerja IT perusahaan seringkali membuka beberapa aplikasi secara bersamaan untuk monitoring. Beberapa jendela aplikasi ini biasanya tumpangtindih satu sama lain. Untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, butuh usaha ekstra. Jikalaupun aplikasi yang sedang dimonitor itu ditata secara berdampingan, dalam satu layar maksimal hanya 4 jendela aplikasi yang bisa ditampilkan. Itupun informasi yang disajikan seringkali terpotong karena tidak muat.

Ilustrasi 4 aplikasi dalam 1 layar

Dengan menggunakan laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406), pekerjaan sebagai IT di perusahaan jadi lebih produktif karena setiap informasi yang dibutuhkan, dapat ditampilkan di kedua layarnya.

Ilustrasi monitoring 2 aplikasi dengan Zenbook DUO

Seperti bisa dilihat pada gambar di atas, seluruh informasi dari masing-masing aplikasi, ditampilkan secara utuh, tidak terpotong karena keterbatasan layar. Dengan demikian, pekerja IT bisa dengan cepat melakukan analisa dan menentukan solusinya jika terjadi kendala pada sistem yang sedang diawasi.

Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) bisa digunakan dalam 5 mode pemakaian, yaitu :

> Laptop Mode : Ini merupakan mode standar yang membuat Zenbook DUO (UX8406) terlihat seperti laptop clamshell pada umumnya dengan satu layar aktif dan keyboard di atas layar keduanya. Cara penggunaannya sama seperti laptop pada umumnya.

>> Dual-Screen Mode : Mode ini memaksimalkan kedua layar Zenbook DUO (UX8406) dengan memposisikan laptop secara lebih tinggi menggunakan penyangga terintegrasi. Pengguna ASUS Zenbook DUO (UX8406) dapat bekerja dengan menggunakan keyboard fisik yang terhubung secara nirkabel via Bluetooth.

Mode Dual-Screen

>>> Desktop Mode : Mode ini memposisikan layar ASUS Zenbook DUO (UX8406) secara vertikal, sehingga terlihat seperti buku yang sedang dibuka. Mode desktop biasanya digunakan oleh pekerja layouter, coding program, atau menulis artikel. 

Mode Desktop

>>>> Laptop Mode with Virtual Keyboard : Memaksimalkan penggunaan metode sentuhan pada kedua layarnya, mode ini didukung fitur ScreenXpert yang menghadirkan keyboard virtual dalam layout penggunaan yang berbeda-beda lengkap dengan touchpad virtual yang bisa disesuaikan ukurannya.

Mode Laptop dengan Keyboard Virtual

>>>>> Sharing Mode : Mode ini memungkinkan pengguna untuk berbagi layar dengan orang lain secara lebih mudah. Bentangkan layar laptop hingga 180° dan aktifkan mode berbagi. Kedua layarnya kini saling bertolak belakang sehingga memudahkan dua orang untuk saling berinteraksi saat menggunakan Zenbook DUO (UX8406).

Mode Sharing

Bagi pekerja IT yang mobile, khususnya yang bertanggungjawab terhadap kelancaran sistem infrastruktur seperti server dan jaringan, mode dua layar dengan virtual keyboard menjadi mode yang paling praktis untuk digunakan. Proses identifikasi masalah jaringan di area user bisa langsung dilakukan di meja kerja user tanpa harus bolak-balik ke meja kerjanya sendiri, cukup dengan membawa ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini.

Mode berikutnya yang juga praktis untuk berbagi rencana kerja IT adalah mode sharing. Dengan mode ini, leader IT bisa menjabarkan action plan, misalnya perubahan skema jaringan di departemen tertentu, secara on the spot.

Ilustrasi mode sharing untuk perubahan jaringan Dept. Sales

Dengan demikian, setiap ada perubahan yang penting, dapat langsung dieksekusi secara tepat dan cepat. Mode sharing ini juga bermanfaat sebagai sarana berdiskusi untuk menentukan langkah dan konfigurasi apa yang paling sesuai untuk sebuah permasalahan teknis di dalam sebuah perusahaan.

Bagi pekerja IT yang bertanggungjawab terhadap coding aplikasi atau database sistem, maka mode desktop menjadi pilihan tepat untuk bisa melakukan pekerjaannya dengan lebih nyaman. Meja kerja terlihat lebih lega dengan perangkat ringkas ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini.

Ilustrasi mode desktop untuk coding dan DB Admin

Performa Tinggi dengan Teknologi AI


Laptop dua layar, ASUS Zenbook DUO (UX8406), ditenagai prosesor bertenaga AI, Intel® Core™ Ultra 7 155H terbaru dan telah bersertifikasi Intel® Evo™ Edition. Intel Core Ultra adalah lini prosesor untuk laptop yang dilengkapi dengan unit pemrosesan kecerdasan buatan terintegrasi (NPU). Berbeda dengan prosesor-prosesor Intel sebelumnya, Core Ultra dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dalam hal AI, performa grafis, dan daya tahan baterai.

Pekerja IT yang menggunakan laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) akan sangat terbantu dengan kemampuan AI yang dimiliki oleh laptop dua layar ini. Sebagai contoh, bila terjadi suatu masalah yang berkaitan dengan sistem di perusahaan, dan kita belum pernah mengalami hal tersebut, kita bisa memanfaatkan AI untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut. Hal ini tentu saja akan lebih mempercepat waktu bagi pekerja IT untuk mengeksekusi solusi tersebut agar permasalahan segera bisa diatasi. 

Hadir dengan sistem operasi Windows 11, ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas Anda dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan. 

Selain itu, sudah dilengkapi Office Pre-Installed, agar Anda bisa nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya.


Saat lelah bekerja dan ada waktu luang, laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini juga nyaman difungsikan sebagai mesin kreatif dan hiburan. Sekadar nonton film atau serial, laptop ini sudah lebih dari cukup mumpuni. Bahkan jika ada yang senang berkreasi dengan video editing, laptop ini juga sanggup melakukannya. Lalu, bagaimana jika iseng ingin bermain game?

Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) menggunakan prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H yang dibekali chip grafis Intel® Arc™ yang mampu memberikan performa hingga dua kali lipat dibandingkan dengan chip grafis terintegrasi di prosesor Intel® generasi sebelumnya. Chip grafis Intel® Arc™ ini sudah mendukung teknologi grafis modern seperti real-time ray tracing, Xᵉ Super Sampling, hingga DX 12 Ultimate dan Advanced Media Engine. Aktivitas bermain game bisa dilakukan dengan nyaman berkat performa grafis yang mulus dan menawan.

Interaksi Natural dengan ScreenXpert


Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) merupakan laptop dua layar yang mendukung interaksi lewat sentuhan. Fitur ScreenXpert pada Zenbook DUO mendukung hingga 10 sentuhan jari secara simultan. Lewat ScreenXpert, kita bisa mengatur posisi jendela aplikasi pada layar, memunculkan touchpad atau keyboard virtual hanya dengan swipe 3 jari di layar. Memperbesar jendela layar (View MAX) hingga penuh dengan gesture membuka 5 jari di layar. Bahkan memindahkan jendela aplikasi dari layar 1 ke layar lainnya hanya dengan 1 sentuhan jari, yang disebut sebagai Flick. Meskipun ASUS Zenbook DUO (UX8406) dilengkapi dengan keyboard fisik, namun segala fitur yang ada memang terasa natural untuk interaksi lewat sentuhan jari. 

Spesifikasi dan Harga ASUS Zenbook DUO (UX8406)


Laptop dua layar, ASUS Zenbook DUO (UX8406) sudah diluncurkan secara resmi di Indonesia pada tanggal 7 Maret 2024 yang lalu. Laptop ini sudah bisa didapatkan di ASUS Exclusive/Official Store baik online maupun offline. 

Informasi mengenai spesifikasi lebih detil dari laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) dan harganya, bisa disimak pada tabel berikut ini :


Main Spec.

Zenbook DUO (UX8406MA)

CPU

Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H 1.4 GHz (24MB Cache, up to 4.8 GHz, 16 cores, 22 Threads) with Intel® AI Boost NPU

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB LPDDR5X

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Display

Dual 14-inch ASUS Lumina OLED, 3K (2880 x 1800) 16:10, 120Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 600nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker, Touchscreen with Stylus Support

Graphics

Intel® Arc™ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Connectivity

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3

Camera

FHD camera with IR and Ambient Light Sensor function, support Windows Hello, support Windows Studio Effect

Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified

Battery

75WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension

31.35 x 21.79 x 1.46 ~ 1.99 cm

Weight

1.39 Kg (laptop)

0.3 Kg (keyboard)

Price

Rp 33.999.000,-

Warranty

2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Kesimpulan

ASUS Zenbook DUO (UX8406) merupakan laptop dua layar terbaik saat ini yang sangat bisa diandalkan untuk mereka yang sering bekerja secara multitasking. Dua layar ASUS Lumina OLED yang masing-masing berukuran 14 inci, mampu menyajikan visual yang jernih, dengan akurasi warna yang tinggi, namun tetap ramah untuk kesehatan mata dalam penggunaan jangka panjang. 

Laptop ini juga tergolong tipis dan ringan untuk kategori laptop dua layar saat ini. Dengan bobot hanya 1,35 kg serta ketebalan hanya 14,6 mm, membuat laptop dua layar ini tidak hanya cocok untuk bekerja di atas meja, namun juga nyaman untuk mereka yang sering bekerja secara mobile. 

Lima mode penggunaan yang fleksibel, sesuai dengan kebutuhan masing-masing penggunanya. Selain itu, interaksi lewat sentuhan yang natural serta dukungan teknologi AI, mampu membantu memecahkan masalah yang dihadapi secara lebih cepat dan akurat. 

Laptop dua layar ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini layak untuk direkomendasikan bagi para pekerja IT di perusahaan yang memiliki sistem manajemen informasi yang kompleks, agar mereka dapat bekerja secara lebih produktif dan efisien sehingga dapat meminimalisir downtime dan potensi kerugian yang bisa ditimbulkan dari terjadinya gangguan pada sistem di perusahaan tersebut.

Demikian informasi ini saya sampaikan, semoga bermanfaat. Salam kompak persahabatan selalu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar