[Review] Breach & Clear [PC Game]


Ini adalah game yg belakangan ini gw maenin. Ya, seiring bertambahnya usia, mata ini udah nggak ngejar lagi kalo mesti main game yg full-action :p sehingga game bertipe strategi adalah salah satu jenis permainan yang masih nyaman untuk dimainkan.


Breach & Clear, di sini kita akan berperan sebagai tim khusus yang beranggotakan 4 orang dengan berbagai keahlian khusus. Tim khusus yg bisa dipilih cukup terkenal di dunia nyata, seperti tim US Navy SEAL's, US Army Rangers, US Army Special Forces, British SAS, Canadian JTF2, dan German KSK. Setelah itu, kita dapat memilih 4 dari 6 skill yang tersedia. Ya, game ini walaupun menitikberatkan pada strategi, tapi elemen RPG juga turut dimasukan ke dalamnya. Fitur kustomisasi senjata, seragam dll juga sangat melimpah, yang tentunya ditebus dengan sejumlah uang yg diperoleh setiap selesai menjalankan setiap misi. 


Ada 3 jenis misi yang ditawarkan, yaitu Teroris Hunt, Bomb Defusal dan Escape. Ketiganya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda dimana untuk misi bertipe Teroris Hunt, misi selesai jika kita berhasil melumpuhkan seluruh anggota teroris yang ada. Misi bomb defusal, kita harus menemukan lokasi bomb, mengamankan area tsb saat salah satu anggota melakukan proses penjinakan bom. Yang terakhir adalah Escape, seluruh anggota tim harus berhasil keluar dari area menuju titik evakuasi yang telah ditentukan, tentu saja dengan melumpuhkan lawan yang tersebar di sepanjang rute tersebut.

Saat pertama memainkannya, old-time gamers akan terkenang pada game jaman dahulu kala berjudul Tom Clancy's Rainbow Six yang cukup melegenda di jamannya. Kenapa? Karena kita harus menentukan titik masuk anggota tim, bisa dipecah, bisa juga tidak, tergantung strategi yang kita inginkan, lalu menentukan titik lokasi anggota tim yang akan kita tempatkan + arah hadapnya.

 
Setiap langkah/turn dinamakan 1 fase. Setiap fase, kita diberikan kesempatan untuk melakukan aksi yg kita inginkan seperti pindah posisi, atau melempar granat, atau memberikan medic, tergantung pada keahlian tiap anggota tim.
Setelah kita menetukan langkah tersebut, maka layar akan menampilkan pergerakan anggota tim kita, sesuai dengan waypoint yang telah ditentukan, sambil baku tembak jika pada rute yang dilaluinya ada musuh.
Dan yang kerennya, saat musuh terakhir dilumpuhkan, maka scene akan berubah menjadi over-shoulder kamera dengan slow-motion fx.
Jadi, untuk gamer bertipe pemikir tapi ogah main game catur, game strategi ini bisa jadi alternatif yang cukup menarik. Setiap tim yang telah kita pilih, akan beraksi pada misi-misi yang dilakukan di berbagai negara. Dari ruang tertutup, sampai ruang terbuka, semuanya memberikan tingkat kesulitan yang sangat bikin penasaran untuk menerapkan strategi terbaik dalam menyelesaikan misi tersebut. Jangan kuatir soal grafis, karena cukup detil walaupun dalam permainan, tidak terlalu signifikan selain saat kustomisasi seragam dan senjata ;)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

Masalah Whiteline pada ASUS Zenfone Zoom S