[Tutorial] Kendalikan PC dengan Chrome Remote Desktop


Sebagai IT Administrator, sudah lumrah bila mereka menggunakan tools berupa aplikasi untuk mengendalikan server atau PC dari jarak jauh untuk memudahkan dan meringankan pekerjaan mereka. Bagaimana tidak? Aplikasi semacam ini dapat membantu mereka mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus di server/PC yang berbeda, tanpa harus beranjak dari tempat mereka bekerja saat itu.

Aplikasi Remote

Sudah banyak bertaburan aplikasi yang berguna untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh, sebut saja RealVNC, TightVNC dan VNC-VNC lainnya, ada pula Team Viewer dan tidak ketinggalan, Microsoft dengan fitur Remote Desktop Computer yang sudah tertanam di dalamnya. Tentu saja, tidak semua aplikasi tersebut 100% gratis, namun mungkin yang satu ini bisa mengubah keadaan di mana aplikasi remote bisa saja 100% gratis.

Chrome Remote Desktop by Google

Ternyata, Google Chrome saat ini sudah menyediakan aplikasi untuk melakukan pengendalian jarak jauh terhadap komputer. Hal ini bisa kita lihat dari halaman Chrome Web Store seperti di bawah ini.
Aplikasi ini dipasang pada PC yang akan dikendalikan, di mana nantinya akan ada 2 fungsi yang tertanam di dalam PC tersebut, yaitu fungsi Host sebagai target yang akan dikendalikan, dan fungsi Client, yang nantinya berfungsi untuk mengendalikan PC lain.

Untuk fungsi Host, aplikasi akan terinstall di dalam PC dan berfungsi seperti service, sehingga sewaktu-waktu dapat diakses dari tempat lain. Soal keamanannya juga sudah diperhatikan, di mana nanti akan merujuk pada akun Google yang kita miliki ditambah kode PIN sebagai otentifikasi untuk hak akses yang diberikan. Sedangkan untuk fungsi Client, aplikasi yang sudah terpasang akan berfungsi layaknya aplikasi desktop biasa. Fitur ini hanya berjalan pada OS Windows 7 ke atas.

Selain terdapat pada web store, aplikasi ini juga tersedia untuk platform android maupun iOS.
Chrome Remote Desktop di Playstore

Post-Installation

Setelah aplikasi chrome remote desktop terpasang, maka pada halaman apps pada chrome akan nampak seperti di bawah ini.
Apps Chrome Remote Desktop di pojok kanan bawah
Untuk menjalankan aplikasi ini, klik icon Chrome Remote Desktop, dan kemudian akan muncul jendela seperti di bawah ini.

Pada gambar di atas, terdapat 2 pilihan yaitu Share - untuk memperbolehkan PC tersebut diakses dari luar, dan Access - jika kita ingin mengendalikan PC yang sudah dibuka hak aksesnya. Dan informasi di bawahnya adalah nama PC kita, yang sudah disetting agar dapat diakses/kendalikan dari client.


Jika kita ingin agar PC kita dapat diakses dari client luar, kita tinggal menginformasikan kode PIN yang ada di layar ini, kepada pihak client yang memerlukan untuk bisa mengakses komputer ini/


Kira-kira, tampilan di sisi client jika ingin mengakses PC kita adalah seperti pada gambar di atas. Kita tinggal memasukkan kode PIN yang sudah diberikan ke dalam kolom isian.

Remote Testing

Setelah semua terpasang, sekarang mari kita coba aplikasi yang menarik ini. Pertama-tama, kita jalankan aplikasi Chrome Remote Desktop di sisi Host (komputer yang akan dikendalikan) dalam mode Share, nanti aplikasi ini akan membuat kode PIN khusus untuk sesi tersebut.
Tampilan layar pada Host komputer
Nah, kemudian di sisi client, kita jalankan juga aplikasi Chrome Remote Desktop, namun kali ini kita akan coba untuk terhubung dengan PC Host tadi. Sebagai informasi, PC Host berupa desktop, sedangkan Client berupa laptop.
Tampilan pada sisi Client
Setelah muncul tampilan seperti pada gambar di atas, kita coba klik Access, lalu masukkan kode PIN yang tadi.
Client sedang mencoba terhubung
Lamanya koneksi sangat tergantung pada kualitas dan kecepatan jaringan internet yang digunakan. Jika berhasil terhubung, maka akan muncul layar seperti berikut ini.
Tampilan layar PC Host pada Client/Laptop
Aplikasi ini bisa juga dijalankan dalam mode layar penuh (full-screen) sehingga seakan-akan kita sedang berada di depan komputer yang sedang kita kendalikan.
Mode tampilan maximized window
Pada gambar di atas, nampak dalam mode jendela maksimum (bukan full-screen), bahwa terdapat 2 Taskbar, yang lebih kecil adalah Taskbar pada komputer yang sedang dikendalikan. Dan berikut ini adalah tampilan layar monitor pada sisi PC Host.
Tampilan layar komputer Host
Sama bukan? Aplikasi ini, jika dijalankan pada komputer/desktop/laptop dapat diakses oleh beberapa user sekaligus (katanya), sehingga memudahkan dalam berkolaborasi untuk mencari solusi dari masalah yang terjadi pada salah satu komputer yang sedang dikendalikan. Untuk memutuskan koneksi, dapat mengklik layar kecil bertuliskan Stop Sharing.

Chrome Remote Desktop for Android

Selain untuk desktop, aplikasi ini juga tersedia untuk platform Android. Dan gw juga akan coba jalankan aplikasi ini pada platform tersebut. Pertama-tama kita cari aplikasi tersebut di Play Store.
Tampilan Chrome Remote Desktop di PLay Store
Kali ini gw akan coba install aplikasi ini pada ASUS Zenpad Theater 7.0 yang gw punya. Proses instalasinya sangat mudah, sama seperti instalasi aplikasi lainnya dari Play Store.
Icon Remote Desktop pada layar Zenpad 7.0
Namun saat dijalankan, aplikasi ini akan merujuk pada komputer yang memiliki kesamaan akun Google di dalamnya.
Tampilan layar saat aplikasi dijalankan
Pada gambar di atas, terdapat nama PC yang gw gunakan di kantor, di mana pada PC tersebut gw menggunakan akun Google yang sama dengan yang gw gunakan pada ASUS Zenpad gw ini. Kemudian, untuk melakukan hubungan, kita tap nama komputer tersebut, dan nantinya akan muncul layar konfirmasi untuk verifikasi kode PIN. Perlu diingat, kode PIN yang ini berbeda dengan kode PIN yang digunakan pada sesi Desktop. Jadi kode PIN ini sifatnya tetap, tidak berubah.
Masukan kode PIN yang telah ditentukan sebelumnya
Dan apa yang akan terjadi selanjutnya?
Tampilan Chrome Remote Desktop pada ASUS Zenpad Theater 7.0
Tampilan layar Zenpad berubah menjadi tampilan PC Host berupa desktop windows 10. Saat kita menyentuh layar, maka mouse pada layar akan bergerak mengikuti gerakan jari kita. Jadi, layar kita adalah touchpad yang luas. Setelah posisi mouse berada pada posisi yang bisa di-klik, tap saja layarnya, dan itu akan dianggap seperti klik pada tombol mouse.
Tampilan layar pada PC Host dan ASUS Zenpad 7.0

Konklusi

Aplikasi Chrome Remote Desktop ini bisa jadi solusi alternatif bagi para IT Admin untuk melakukan pekerjaan harian mereka, baik untuk troubleshooting PC user, maupun sekedar cek kondisi jaringan dan server di kantor. Dengan adanya aplikasi ini, gw bisa melakukan kendali jarak jauh dari tablet atau smartphone gw ke PC gw di kantor, dan dari PC gw di kantor, gw bisa melakukan monitoring terhadap server dan jaringan (remote in remote). Segini dulu tulisan gw mengenai Chrome Remote Desktop, semoga ada manfaatnya bagi kalian yang sudah membacanya. Jangan lupa coba² agar kita makin pintar :)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Semua Berawal Dari Sebuah PC