Siapkan Masa Depan dengan Investasi Reksadana Online

“Semakin lama, uang yang kita miliki, semakin menurun nilainya”

Bermacam cara orang-orang menyimpan dan mengembangkan simpanannya. Ada yang menabung di tabungan, ada pula yang memiliki deposito berjangka. Biasanya, produk-produk tersebut dimiliki oleh Bank, baik Bank Nasional maupun Bank Swasta. Lalu timbul pertanyaan, apakah simpanan yang kita miliki sudah cukup untuk menyongsong kebutuhan kita di masa depan?

Mengapa Kita Perlu Ber-Investasi?


Setiap kita, biasanya sudah diajarkan untuk menabung sejak dini. Dan bahkan hingga kini, kebiasaan tersebut masih kita lakukan. Namun dalam kenyataannya, kita juga dihadapkan pada kondisi ekonomi yang bernama inflasi. Inflasi mengakibatkan nilai mata uang yang kita miliki menurun secara sistematis. Sebagai contoh, bila saat ini kita memiliki uang sebesar Rp. 10.000,- jika dibelikan gorengan, kita mendapatkan 10 buah gorengan. Namun di tahun depan, dengan uang yang sama, yaitu Rp. 10.000,- jika kita belikan gorengan lagi, mungkin hanya akan mendapat 8 buah saja. Demikian halnya dengan menabung atau deposito sekalipun, perkembangannya akan kalah dengan laju inflasi yang terjadi. Oleh karena itu, kita perlu berinvestasi untuk memperoleh return yang lebih besar dari laju inflasi, dari dana yang kita tanamkan sebelumnya.

Jenis-Jenis Investasi


Masyarakat pada umumnya telah mengenal beberapa jenis investasi, namun yang populer adalah investasi emas. Hal ini sudah umum dilakukan oleh orang-orang terdahulu, karena nilainya relatif naik tiap tahunnya. 

Namun, selain emas, ternyata ada beberapa jenis investasi yang mungkin belum pernah kita ketahui lebih jauh. Investasi di bidang properti misalnya. Ini bisa menjadi salah satu jenis investasi yang cukup menjanjikan, namun modalnya juga tergolong besar. Adapula investasi obligasi, yaitu kita meminjamkan sejumlah uang kepada pemerintah atau perusahaan. Investasi jenis ini tergolong rendah nilai returnnya, dan tergolong investasi yang aman, apabila kita membeli obligasi dari pemerintah.

Selain obligasi, sering kita dengar juga investasi pada saham. Investasi jenis ini membuat kita menjadi salah satu pemilik perusahaan. Nilai returnnya tidak menentu karena harga saham tidak tetap. Investasi jenis ini dapat memberikan return yang sangat tinggi, namun resikonya juga tinggi. Cocok bila kita termasuk golongan investor yang agresif dan memiliki pengetahuan serta pengalaman dalam menganalisa pergerakan harga saham.

Yang terakhir adalah investasi Reksadana. Investasi jenis ini cocok bagi pemula, tidak perlu modal yang besar, karena dana kita akan digabungkan dengan dana investor lainnya oleh Manajer Investasi. Manajer Investasi merupakan institusi professional dan berpengalaman dalam mengelola investasi, di mana dana yang terkumpul akan diinvestasikan di beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi dan deposito, dengan strategi khusus. 

Mengapa Memilih Investasi Reksadana?

Bagi pemula yang ingin berinvestasi, Reksadana bisa jadi pilihan karena memiliki kelebihan-kelebihan sebagai berikut :
1. Kemudahan Transaksi. 
Pembukaan rekening, pembelian hingga penjualan reksadana dapat dilakukan dengan bantuan Manajer Investasi.

2. Pengelolaan Dana Secara Professional.
Manajer Investasi akan membantu kita dalam mengelola dana yang kita miliki agar berkembang secara optimal, berdasarkan keahlian dan pengalaman yang mereka miliki.

3. Biaya Yang Terjangkau.
Memiliki investasi reksadana sangat mudah dan murah. Saat ini cukup dengan uang Rp. 100.000,- saja, kita sudah dapat membuka rekening investasi Reksadana.

4. Keuntungan Diversifikasi.
Dana yang kita miliki, akan dikelola oleh Manajer Investasi ke dalam beberapa jenis pilihan investasi. Manajer Investasi akan senantiasa berupaya untuk mencapai target ideal pengembangan dana, dengan meminimalkan kerugian dan memaksimalkan keuntungan.


Kenali Manajer Investasimu!

Setelah kita memiliki dana untuk berinvestasi, sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu mengenai profil manajer investasi yang akan mengelola dana yang kita miliki. Ada beberapa kriteria yang harus kita perhatikan sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan manajer investasi yang kita pilih nantinya. Dengan membaca portofolio dari Manajer Investasi, kita akan mendapatkan informasi mengenai pengalaman Manajer Investasi selama ini, aspek legal dari Manajer Investasi tersebut, seperti ijin dari OJK, jumlah aset yang dikelola, jumlah nasabah yang dimiliki, kinerja historis/performa dari dana yang dikelola oleh Manajer Investasi, biaya yang muncul selama investasi, dan yang utama adalah kualitas layanan dari Manajer Investasi. Dengan mengenali Manajer Investasi yang kita pilih, secara tidak langsung, hal ini akan mengurangi resiko yang mungkin saja terjadi dalam berinvestasi di reksadana, seperti resiko wanprestasi atau resiko likuiditas. Dan tentu saja, selain kedua resiko tersebut, masih ada resiko lagi yaitu resiko menurunnya nilai aktiva bersih. Dengan hadirnya Manajer Investasi yang profesional, ketiga resiko tersebut dapat diminimalkan sehingga nasabah akan lebih tenang dalam menginvestasikan dana yang dimilikinya pada investasi reksadana.

Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI)

Salah satu perusahaan Manajer Investasi yang cukup ternama adalah Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI). Perusahaan ini terbentuk pada tahun 1996 di Indonesia dan terus menunjukkan kinerja yang baik dalam mengelola dana investasi, sehingga menjadi salah satu Manajer Investasi terbesar di Indonesia. Bahkan pada akhir 2015 lalu, dana masyarakat yang dikelola oleh MAMI mencapai 44,6 triliun rupiah. Atas prestasinya tersebut, MAMI mampu menyabet berbagai penghargaan, antara lain Best Fund House 2015 dari Asia Asset Management. MAMI merupakan bagian dari Manulife Asset Management, sebuah perusahaan manajemen investasi global yang menjadi bagian dari Manulife. MAMI sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, sehingga memberikan keamanan dan kenyamanan terhadap para nasabahnya. Produk Reksadana yang dimiliki oleh MAMI antara lain Reksadana Saham, Reksadana Campuran, Reksadana Pendapatan Tetap dan Reksadana Pasar Uang, semuanya itu dapat diakses melalui POEMS ProFunds. Apa itu POEMS ProFunds? Akan kita bahas setelah ini.


Investasi Itu Rumit? Tidak Lagi!

Belakangan ini makin marak penyedia jasa investasi yang berpromosi di dunia maya. Ya, perkembangan internet sudah sedemikian pesatnya sehingga yang tadinya jauh jadi semakin dekat, yang tadinya susah sekarang jadi lebih mudah. Investasi Reksadana kini bisa dilakukan secara online, seiring dengan meningkatnya pengguna smartphone di Indonesia, dan POEMS ProFunds hadir untuk mengakomodir kebutuhan tersebut. Phillip's Online Electronic Mart System (POEMS) diluncurkan oleh Phillip Capital pada tahun 1996 untuk memudahkan investor untuk melakukan investasi saham secara online. Setelah menjadi yang terbaik di Asia Tenggara, pada tahun 2003, POEMS dikembangkan secara khusus di Indonesia oleh Phillip Securities Indonesia. POEMS ProFunds merupakan supermarket reksadana online yang untuk memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ini memulai investasinya di reksadana. POEMS ProFunds dapat diakses melalui website, atau dengan menginstall mobile apps pada smartphone. 
Dengan menggunakan aplikasi POEMS di berbagai platform tersebut, nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi reksadana seperti membeli, menjual atau sekedar memantau perkembangan investasi yang sedang dikelola oleh Manajer Investasi. Dengan POEMS, nasabah dapat membeli reksadana dan saham dalam satu platform dengan mudah. Informasi yang mendukung investasi reksadana seperti prospektus, kinerja, fund fact sheet, ditampilkan secara online dengan cepat. Selain kemudahan dan kecepatan akses informasi reksadana melalui POEMS ProFunds, nasabah juga tidak perlu kuatir mengenai keamanan setiap transaksi yang dilakukan, karena setiap transaksi sudah dilindungi dengan teknologi enkripsi SSL (Secure Socket Layer) 256 bit yang sudah diverifikasi dan diakui keamanannya.

Sekilas PT. Phillip Securities Indonesia

PT. Phillip Securities Indonesia, berdiri sejak tahun 1989, adalah sekuritas ritel asing yang tercatat di BEI. PT. Phillip Securities Indonesia merupakan bagian dari Phillip Capital yang berpusat di Singapura, menyediakan layanan keuangan sejak tahun 1975.

Meningkatnya Kesadaran Berinvestasi

Seiring dengan pertumbuhan kaum muda urban di usia produktif, kesadaran akan pentingnya berinvestasi untuk mempersiapkan masa depan juga semakin meningkat. Dan investasi reksadana bisa menjadi pilihan solusi bagi mereka yang menginginkan kemudahan dalam berinvestasi. Kaum muda yang sangat techies, tidak canggung beraktifitas dengan gadget, menjadi sasaran Manajer Investasi untuk menjadikan nasabah mereka melalui mobile apps yang mereka kembangkan. Dan POEMS ProFunds dapat mewujudkan segala kebutuhan mereka dalam berinvestasi reksadana secara online dalam genggaman tangan mereka. Mereka juga menyadari bahwa investasi diperlukan untuk meringankan beban hidup mereka di masa depan, sehingga diperlukan ketekunan, kesabaran dan kedisiplinan dalam menjalankan proses investasi ini. Dan bukan tidak mungkin, generasi muda mendatang, akan menjadikan investasi sebagai bagian dari gaya hidup mereka, seiring dengan kesadaran dan pengetahuan mereka mengenai dampak yang ditimbulkan akibat inflasi bagi kehidupan mereka kelak. Jadi, #WujudkanImpianmu dengan investasi reksadana online bersama POEMS ProFunds dan Manulife Aset Manajemen Indonesia sekarang juga.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Semua Berawal Dari Sebuah PC