AMD & ASUS Hadirkan Laptop Gaming Pertama dengan Arsitektur Polaris di Indonesia

Bertempat di XXI Plasa Senayan, pada tanggal 17 Januari 2017 ini, AMD dan ASUS Indonesia memperkenalkan produk laptop terbarunya yang mengusung arsitektur Polaris di dalamnya. 

Pada kesempatan ini, Ibu Armawati selaku Business Development Manager AMD for Indonesia, menyampaikan beberapa kilas balik dan juga pencapaian AMD selama ini. Bahwa AMD merupakan yang pertama mengembangkan prosesor 64-bit, juga mengembangkan APU yang menggabungkan prosesor dengan GPU, sehingga memungkinkan terwujudnya teknologi SoC saat ini.

Ibu Armawati - Business Development Manager AMD for Indonesia
Dan saat ini, AMD telah mengembangkan Mobile APU Generasi ke-7 serta GPU berarsitektur Polaris yang merupakan teknologi AMD termutakhir. Bicara mengenai APU atau mudahnya prosesor, saat ini AMD memiliki beberapa line-up yang cukup banyak. Kita bisa lihat bersama-sama pada gambar di bawah ini.

7th Gen. Notebook LineUp

POLARIS™

Arsitektur Polaris merupakan arsitektur GPU terkini yang dimiliki oleh AMD, di mana terjadi peningkatan performa hingga 15% dibandingkan dengan GPU Radeon seri sebelumnya dan berbagai kelebihan lainnya. Dan GPU yang telah mengadopsi arsitektur ini adalah AMD RX460. ASUS bersama AMD berkolaborasi dalam membangun sebuah sistem laptop gaming dengan tipe X550IU yang memiliki prosesor AMD FX-9830P Bristol Ridge, dipadukan dengan GPU RX460 Polaris yang telah mendukung DX12.

ASUS X550IU dengan GPU RX460 dan CPU FX-9830P
Selanjutnya presentasi disampaikan oleh Ibu Juliana Cen, Country Product Group Leader ASUS Indonesia, yang meringkas sekaligus menceritakan sejarah perkembangan ASUS sejak awal beliau bergabung dengan ASUS pada 2005 hingga 2017 sekarang ini. 

Ibu Juliana Cen, Country Product Group Leader ASUS Indonesia
Dan pada kesempatan ini, beliau juga menyatakan bahwa ini kali terakhirnya untuk berbicara atas nama ASUS Indonesia. Farewell Bu, semoga sukses di tempat yang baru.

Kemudian presentasi dilanjutkan oleh Ibu Veronika Erwin, Country Product Manager for Notebook ASUS Indonesia. Ada hal yang menarik mengenai GPU RX460 ini, dimana di sini dinyatakan dengan tegas bahwa RX460 yang digunakan pada laptop ASUS X550IU ini merupakan versi tuned dari GPU desktopnya, jadi bukan merupakan GPU khusus laptop yang biasanya berkode M di belakangnya.

Desktop-Class GPU in Notebook Form-Factor
Selain kekuatan GPU-nya, Ibu Veronika juga menjelaskan keunggulan lain dari laptop ASUS X550IU ini, yaitu Splendid Technology untuk kejernihan warna dan gambarm Sonic Master dan Audio Wizard untuk pengalaman audio yang tepat sasaran, Ice Cool Technology untuk kenyamanan bermain dalam waktu lama, menjamin laptop tetap berada dalam suhu wajar, serta Super Hybrid Engine II yang memungkinkan laptop untuk melakukan Instan-On dalam waktu 2 detik saja, dan Worry Free No Data Loss saat baterai mencapai 5% saja.

Sekilas, spesifikasi yang diusung oleh ASUS X550IU dapat disimak pada gambar di bawah ini.

Spesifikasi ASUS X550IU
Untuk harganya, ASUS X550IU ini diberi label senilai Rp. 9.499.000,- saja. Dan ada promo berhadiah backpack senilai 299 ribu rupiah.

Sesi foto bersama ASUS - AMD Indonesia
Selanjutnya adalah sesi demo antara laptop ASUS X550IU yang sudah Polaris melawan desktop PC dengan VGA card yang setara, yaitu RX460. Secara default, kinerja GPU laptop hanya sedikit di bawah GPU desktop, namun hal ini bisa dimanipulasi dengan tweak/overclocking pada laptop, sehingga performanya menjadi setara. Demo presentasi ini disampaikan secara kocak oleh Reza Afrian, Product Marketing Manager AMD for Indonesia, dan Alva Jonathan, Enthusiast Gamer.

Duet kocak Reza & Alva
Di sesi akhir, laptop ASUS X550IU diadu dengan laptop milik pribadi Alva yang kebetulan merk kompetitor. Terbukti memang, teknologi terbaru dari AMD ini mampu mengalahkan secara tipis performa dari laptop gaming milik Alva yang harganya tembus 10 juta rupiah lebih saat dibeli.

Demikian pengalaman gue hari ini, seru sekali bisa menjadi saksi peluncuran produk laptop gaming dengan teknologi terbaru dari ASUS dan AMD. Untuk foto-foto dokumentasi, dapat dilihat di album foto Facebook gue. Terima kasih dan sampai jumpa lagi.




Komentar

  1. Om, Mau Om ^_^

    Kentjang ini laptop...

    Ad aj dah belanjaan nambahnya... wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu gue dikirimin buat review deh :p wakakakaka.. ini seperti laptopnya Nadus, tapi lebih #hegh ya Fan??

      Hapus
  2. Besar dan panjang,berat juga donk ya mas?
    Saya sudah beberapa kali ganti power bank karena suka mudah lowbet.apakah ini juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum sempat tes pake tanpa adapter Mbak.. kemarin pas demo live di depan juga kondisi adapter tercolok.. tunggu kesempatan review barangnya aja nanti kalo direstui.. #kode

      Hapus
  3. Besar dan panjang,berat juga donk ya mas?
    Saya sudah beberapa kali ganti power bank karena suka mudah lowbet.apakah ini juga?

    BalasHapus
  4. Produk laptop gamer/graphic/video murmer yang kudu jadi pilihan awal sebelum melirik ke yang lain. Klik https://youtu.be/Pwp1hfETEAg

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusi alternatif kalo RoG masih sebatas mimpi yang tak terwujud :p

      Hapus
  5. Lho ini kereeeen banget laptopnya Mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak.. buat gamer casual atau sekedar kerja aja, laptop ini emang udah gaya dari sananya + spesifikasinya juga nggak bisa dipandang sebelah mata..

      Hapus
  6. Duh jadi pengen ganti laptop :(

    travellingaddict.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mah pengen punya 1 lagi... Yg ada udah dipake anak buat tugas sekolahnya...

      Hapus
  7. Keren bgt laptopnya om, harganya juga tak kalah menarik dr kompetitor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kekna cocok untuk yang mendambakan RoG tapi dananya nggak nyampe :)

      Hapus
  8. laptop asusku ada berapa yaaa. sampai hilang ingatan utk menghitungnya.
    kalo aku yg pake laptop ini, sudah pasti aku nggak pakai buat ngegame.
    akan ku gunakan untuk ngedit video biar cepat.

    BalasHapus
  9. laptop asus memang top min hehe...
    lampu servis

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

Masalah Whiteline pada ASUS Zenfone Zoom S