45 Tahun Indomie, Gelar Kontes Adu Resep Unik Berhadiah Jutaan Rupiah

Pada tanggal 1 Februari 2017 lalu, gue berkesempatan untuk menghadiri sebuah acara konferensi pers yang diselenggarakan oleh Indomie. Awalnya, gue hanya mengira, Indomie sekedar memperkenalkan produk barunya semata. Namun ternyata, gue salah menduganya. Acara yang digelar di Almond Zucchini Cooking Studio ini, yang juga mengundang rekan media dan  blogger, menyampaikan informasi lebih dari sekedar itu.

Mencari Lokasi

Gue datang cukup awal, mengingat jarak tempuh yang lumayan dari rumah. Sampai di sekitar lokasi, gue sedikit kesulitan mencari tempatnya, karena tidak ada tanda-tanda yang menyiratkan nama Almond Zucchini. Namun demikian, setelah bertanya kepada beberapa orang sekuriti yang ramah, akhirnya gue berhasil menemukannya.


Registrasi

Mbak Cantik Bagian Registrasi Undangan
Sampai lokasi, gue segera melakukan registrasi, belum banyak orang yang hadir di sana. Bahkan beberapa orang panitia masih tampak sibuk mempersiapkan segala sesuatunya. Sembari menunggu waktu acara dimulai, kami yang sudah hadir duluan, dipersilakan untuk menikmati makanan ringan serta minuman hangat seperti teh dan kopi. Tempatnya tidak terlalu besar, sehingga gue menyadari dan bersyukur bisa terpilih sebagai salah satu undangan. Ya, acara ini terkesan sedikit tertutup, terbatas, namun keramahtamahan dan kehangatannya tidak perlu diragukan.

Presentasi

Acara dibuka sekitar pukul 10 pagi, oleh host Mario Bima yang tampan dan jenaka. Acara ini bahkan dihadiri langsung oleh Ibu Julia Atman, selaku General Manager Marketing Noodle Division, PT Indofood ICBP Sukses Makmur Tbk. Ibu Julia menyatakan bahwa di ulang tahun ke-45 hadirnya Indomie di tanah air ini, mereka ingin mengajak masyarakat luas untuk saling berlomba, adu kreatifitas, menciptakan resep sajian unik berbahan dasar Indomie bertajuk #IndomieUniqMie. Selain itu juga, Ibu Julia mendambakan hidangan berbahan dasar Indomie ini diolah menjadi sajian yang lebih unik dan berkelas. Dalam kesempatan ini, Indomie sekaligus memperkenalkan Nicky Tirta, seorang publik figur ternama, sebagai Brand Ambassador Indomie.

Host Mario Bima bersama Ibu Julia Atman dan Nicky Tirta on stage
Mengapa memilih Nicky Tirta sebagai Brand Ambassador? Bukan tanpa alasan kuat tentunya. Di sini, Nicky menceritakan kisah dirinya saat masih menempuh pendidikan di luar negeri, di mana keadaan membuat dirinya harus berpikir kreatif menciptakan menu masakan yang tidak monoton. Karena sebagai pelajar di negeri orang, jika setiap makan selalu membeli, uang sakunya tidak akan cukup. Dari situlah, akhirnya Nicky mengeksplorasi berbagai sajian berbahan dasar Indomie. Selain itu pula, dari pengalaman berkunjung ke kota Malang, Nicky menemukan sebuah kedai yang menyajikan masakan dengan bahan dasar Indomie namun dengan resep yang variatif dan berbeda dari kedai lainnya. 

Mengapa Indomie? Karena Indomie ternyata mudah didapatkan di mana saja, serta mudah dan cepat dalam mengolahnya. Saat itu, Nicky bilang, ada 10 resep lebih yang sudah diciptakannya, namun pada kesempatan kali ini, ada 3 resep yang dibagikannya, yaitu Siomay Indomie, Carbonara Indomie Panggang, serta Teriyaki Indomie Cup. Nah, dari ketiga resep tersebut, hanya satu yang tidak ditayangkan video cara membuatnya. Nah lho!! Ada apa gerangan kiranya??

Kompetisi On The Spot

Ternyata, seluruh undangan yang hadir, dari media dan blogger, yang saat registrasi dikasih stiker warna beda-beda itu untuk membentuk tim. Ada 9 tim yang terdiri dari 6 orang. Nah, semuanya diadu untuk membuat resep ketiga Nicky Tirta yang videonya nggak ditampilkan tadi, yaitu Teriyaki Indomie Cup. Waktu yang diberikan hanya 30 menit saja, dan tim kami langsung membagi tugas, siapa saja yang mengambil bahan-bahan tambahan, dan siapa saja yang melakukan proses memasaknya.

Chef Irfan dan rekan sedang beraksi
Saat lomba dimulai, seperti biasa, panik di awal-awal, namun akhirnya mulai santai ngerjainnya. Gw satu tim dengan Irfan, seorang blogger lelaki yang suka makan, namun ternyata juga bisa memasak. Ketika waktu habis pun, sebetulnya presentasi dan rasa masakan dari tim kita, nggak buruk-buruk amat, hanya saja memang tidak sesuai ekspektasi jurinya. Mestinya, indomienya dibentuk seperti cup, dan karena kekurangan waktu, tim kami hanya membuat seperti tumpeng saja.

Hasil karya tim kami
Selesai penjurian, tidak langsung diumumkan. Namun sang Brand Ambassador, Nicky Tirta, didapuk untuk mendemokan resepnya sendiri di hadapan seluruh undangan yang hadir. Sontak saja, semua peserta maju ke depan meja dapur yang digunakan oleh Nicky Tirta. Jujur saja, gw melihat Nicky, sebagai lelaki, sangat luwes dan menguasai segala perabotan dan bahan makanan yang ada di dapurnya. Di situ gue merasa sedikit kekurangan :p


Dan benar saja, Nicky Tirta menunjukkan bahwa dirinya tidak salah dipilih oleh Indomie untuk menjadi Brand Ambassador produk mereka dalam kampanye #IndomieUniqMie ini. 

Home Chef Nicky Tirta - foto dokumentasi Indofood

Kompetisi #IndomieUniqMie

Kompetisi ini terbuka untuk semua kalangan. Setiap peserta diberi kebebasan dalam menciptakan resep Indomie yang unik dan orisinil, baik berupa masakan Indonesia maupun Internasional atau berupa fusion food dan mengirimkannya ke www.indomie.com/uniqmie. Resep harus berbahan dasar Indomie dengan tetap memperlihatkan bentuk dan tekstur asli Indomie, serta menggunakan bahan-bahan makanan yang halal.

Nicky Tirta bersama tim pemenang lomba masak resep ciptaannya
Untuk menambah ide kreatif, Indomie merilis enam video inspiratif yang menggambarkan aneka kreasi resep Indomie, seperti; Burger Indomie, Siomay Indomie, Carbonara Panggang Indomie, Taco Indomie Rendang, Indomie Ayam Jamur dan Teriyaki Indomie Cup. Keenam video tersebut dapat dilihat di youtube.

Untuk menyosialisasikan kompetisi yang berskala nasional ini, Indomie akan menggelar roadshow di 4 kota yakni Medan, Yogyakarta, Malang, dan Makassar. Di setiap kota tersebut, para pengunjung dapat menikmati sajian resep #IndomieUniqMie karya Nicky Tirta, juga rangkaian acara menarik lainnya. Puncaknya, 5 resep #IndomieUniqMie terbaik dari seluruh Indonesia akan diadu pada Grand Final di Kota Bandung. Kompetisi ini memperebutkan hadiah total sebesar Rp300 juta rupiah.

Komentar

  1. Untung yang dimasak indomie ya Mas. Kalo aku disuruh masak dadakan gitu panik yang ada. Ga jago masak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. idem mbak.. saya juga biasanya bagian dokumentasi doang kalo istri yg masak :p hehehe.. tapi ini sih seru..

      Hapus
  2. Euumm... masak indomie dikreasiin apa yaa. *cari ide mau ikut lomba

    BalasHapus
  3. Halo Mas Eko, indomie tim kita maknyuus ya rasanya ahahaha.. Seruu ada tantangan adu masak gitu.. :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

Masalah Whiteline pada ASUS Zenfone Zoom S