5 Kriteria Smartphone Keren Masa Kini


Belakangan ini berbagai vendor ponsel pintar seakan berlomba-lomba menggelontorkan produk terbaiknya ke pasaran dunia dan khususnya Indonesia. Beragam aspek dan keunikan ditonjolkan sebagai nilai jual yang diharapkan mampu mengalihkan perhatian para peminat ponsel pintar dari kompetitornya, menuju ponsel pintar yang mereka miliki. Jujur saja, persaingan ponsel pintar kelas menengah terasa sangat sengit dan panas, bagaikan duel Marquez melawan Rossi di lintasan sirkuit MotoGP. Namun kita sebagai konsumen, mendapat keuntungan dengan beragam opsi atau pilihan mengenai ponsel pintar terbaik di segmentasi harga papan tengah saat ini.

Dari sekian banyak pilihan tadi, saya ingin sedikit berbagi informasi mengenai kriteria apa saja yang selayaknya dimiliki oleh ponsel pintar masa kini. Ya, mungkin saja ini terlalu subyektif karena selera tiap orang bisa saja berbeda, namun trend ponsel pintar masa kini tampaknya melihat itu semua sebagai suatu hal yang lumrah dan wajib ada. Dan inilah 5 kriteria ponsel pintar keren yang layak jadi pilihan bagi kalian, pengguna ponsel pintar masa kini.

1. Layar Luas Namun Tetap Ergonomis

Trend layar ponsel pintar sekarang makin lama makin besar dan luas, namun tetap nyaman di genggaman. Jika dulu layar 6 inci dianggap besar, maka saat ini, ukuran layar seluas lebih dari 6 inci menjadi pertimbangan. Semakin luas layar, semakin nyaman dipandang. Genggaman yang mantap diperoleh berkat ukuran lebar bodi yang tetap mempertahankan ergonomis telapak tangan manusia pada umumnya, sehingga ponsel pintar jaman sekarang biasanya terlihat sedikit memanjang. Namun ini ternyata dipengaruhi juga oleh kriteria poin ke-2, yaitu..


2. Bezel tipis, dengan atau tanpa Notch

Ponsel pintar jaman sekarang memiliki bezel atau bingkai layar yang semakin tipis. Bahkan beberapa diantaranya memiliki notch atau sering dibilang poni, demi memaksimalkan layarnya. Dengan memanfaatkan bezel yang tipis, bodi ponsel pintar bisa dioptimalkan sehingga tetap memiliki ukuran yang nyaman digenggam namun luas layar tetap maksimal. 

3. Desain Mutakhir dengan Warna Atraktif


Seperti kita lihat, belakangan ini berbagai vendor ponsel pintar meluncurkan trend warna yang serupa, glossy mengkilap dan bunglon. Bagi kalangan konservatif, mungkin ponsel pintar dengan satu warna saja sudah cukup jadi pilihan. Namun berbeda dengan generasi milenial yang biasanya ingin tampil unik, enerjik dan dinamis, maka pilihan warna bunglon bisa jadi pembeda identitas mereka. Sebut saja warna Iris Purple yang mengkombinasikan warna biru dan ungu dalam sebuah bodi ponsel pintar, menjadikan penampilannya paling menonjol di antara ponsel pintar dengan warna konservatif pada umumnya.

4. Dual-Lens Kamera, Depan dan Belakang

Beberapa tahun silam, trend kamera ganda di bagian belakang sempat meramaikan jagad ponsel pintar di dunia dan Indonesia. Teknologi ini hadir dengan beragam maksud dan tujuannya masing-masing. Ada yang memanfaatkan kemampuan lensa-telenya, ada juga yang mengkombinasikan lensa warna dengan monochrome, agar hasil fotonya lebih tajam. Ada juga  yang memanfaatkan kombinasi beda kerapatan resolusi untuk menghasilkan gambar bokeh yang belakangan sedang trending. Tentu saja, ketersediaan 4 kamera di dalam sebuah ponsel pintar, akan menjadikan fotografi dengan kamera depan atau belakang jadi sama indahnya, sama mudahnya. dengan dukungan teknologi AI. Beragam skenario momen pemotretan sudah disediakan di dalamnya, sehingga pengguna tinggal membidik sasaran dan memotretnya. Proses fotonya akan dibantu oleh AI untuk menghasilkan kualitas gambar terbaik untuk momen tersebut, baik untuk kamera depan, maupun kamera utama di bagian belakangnya.


5. Peningkatan Performa GPU

Ponsel kencang dan nyaman digunakan, tidak hanya bergantung pada prosesor yang digunakan, namun juga pada chipset grafis yang mendukungnya. Dengan maraknya mobile gaming, ponsel pintar juga dituntut untuk memberikan performa terbaiknya saat memainkan game yang sedang populer maupun yang memiliki grafis indah nan cantik. Kehadiran GPU Turbo yang mampu meningkatkan performa chipset grafis pada ponsel pintar secara signifikan, diyakini mampu memberikan pengalaman terbaik dalam bermain mobile gaming, dengan tampilan yang mulus dan anti-lag. Tak berhenti di situ saja, kemungkinan besar, dengan makin banyaknya vlogger dan Youtuber baru, proses penyuntingan video bisa saja dilakukan melalui ponsel pintar yang telah didukung teknologi GPU Turbo ini, agar proses grafis animasi dan transisi pada saat penyuntingan video di ponsel tersebut, dapat dilakukan dengan lebih cepat dan lebih halus. Ini sebuah harapan, mengingat ponsel pintar sekarang rata-rata sudah dibekali dengan kemampuan perekaman video yang luar biasa bagusnya, bahkan hingga resolusi 4K.


6. Kapasitas Simpan yang Besar

Kriteria yang ini anggap saja bonus, karena pada umumnya, ponsel pintar kasta menengah sekarang rata-rata sudah menyediakan minimal 32GB atau 64GB. Nah, jika dengan anggaran yang ada saat ini, memungkinkan kita untuk bisa memiliki ponsel pintar dengan kapasitas besar, 128GB misalnya? Apakah kita akan mengabaikannya begitu saja? Tentu tidak!
Banyak ponsel pintar menyediakan slot memori tambahan berjenis MicroSD untuk memperbesar kapasitas penyimpanannya. Namun bagi saya, alih-alih menggunakan memori card tambahan, saya lebih suka menggunakan memori internal untuk penyimpanan data, khususnya foto atau video. Hal ini didasari atas kecepatan baca/tulis pada memori internal yang relatif lebih tinggi daripada kecepatan baca/tulis pada memori card. Bahkan sering dijumpai kasus foto/video yang korup karena disimpan pada memori internal yang memiliki kualitas kurang memadai. Itu baru dari sisi foto dan videografi. Jika kita tengok dunia mobile gaming saat ini, banyak game-game populer yang membutuhkan kapasitas simpan hingga lebih dari 1GB untuk satu judul permainan saja. Bayangkan jika kalian seorang gamer yang memainkan beberapa judul game sekaligus pada ponsel pintar anda, pasti kapasitas simpan yang besar menjadi dambaan dan impian setiap insan.


Demikian tadi beberapa kriteria ponsel pintar yang jadi pertimbangan saya dalam menentukan pilihan ponsel yang sesuai dengan kebutuhan saya. Sebagai informasi, ponsel pintar dengan kriteria semacam ini, berada di kisaran harga 4 jutaan rupiah saja lho. Gimana? Nice banget kan? Ya, tentu saja! Karena semua kriteria idaman tersebut ada pada Huawei Nova 3i!

Baiklah, semoga informasi yang saya sampaikan ini bermanfaat, sampai jumpa di tulisan saya berikutnya. Salam kompak persahabatan selalu..



Komentar

  1. Idaman saya banget. Layarnya itu loh, sampe 6 inch, kameranya banyak dan oke pula. Mantap nih ah,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih.. Desain kekinian, layar besar, teknologi mutakhir.. Cakep banget kalo bisa punya..

      Hapus
  2. 4 jutaan tapi desainnya rasa belasan juta ya

    BalasHapus
  3. Ini mah hp-nya anak-anak yang hobi selpi sukaesih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

Pengalaman Pribadi bersama Si Mungil Meizu M5c