Tata Cara Pendaftaran PPDB secara Online

Hari ini merupakan hari yang membuat banyak orangtua kalang-kabut, kebingungan ketika sang anak mesti melanjutkan ke jenjang pendidikan...

Rekomendasi Smartphone Honor yang Pas Buat Lebaran 2019!


Bulan Ramadan bulan penuh berkah. Bagi mereka yang mendambakan smartphone baru, momen Ramadan hingga menjelang Hari Raya bisa jadi momen yang tepat. Berbagai brand smartphone biasanya memberikan promosi menarik yang membuat konsumen bisa memilih dan menentukan smartphone yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhannya. Tak terkecuali smartphone Honor, yang belakangan ini jadi primadona di kalangan generasi muda milenial dengan tampilan desain penuh gaya dan juga tentu saja fitur serta spesifikasinya. 

Momen Ramadan dan juga Lebaran, biasanya jadi ajang pamer kesuksesan, khususnya bagi mereka yang menjalani tradisi mudik Lebaran. Hal ini disikapi secara positif, menambah rasa percaya diri mereka, salah satunya dengan tampil bersama smartphone Honor yang keren dan bisa diandalkan.

Nggak perlu kuatir soal THR yang nilainya mungkin nggak seberapa, karena smartphone Honor memiliki berbagai varian tipe dan spesifikasi yang tentunya bisa disesuaikan dengan anggaran, berdasarkan THR yang diterima masing-masing. So, no worry lah!

Berikut ini adalah beberapa tipe smartphone Honor yang bisa dipilih untuk menjalani sisa Ramadan dan menghadapi Hari Raya Lebaran.

| Honor 8A


Honor 8A - sumber : kumparan.com
Menurut review yang dilakukan oleh kumparan.com, Honor 8A bisa menjadi pilihan bagi mereka yang gemar berselancar media sosial dan streaming video atau musik dalam waktu yang lama, karena baterainya termasuk tahan lama untuk melayani aktivitas tersebut.

Hasil foto dari kamera depan dan belakang dari Honor 8A ini cukup bagus, selama dilakukan di luar ruangan, atau dengan pencahayaan cukup. Honor 8A memiliki kamera tunggal 13 MP dengan bukaan lensa/aperture f/1.8 dan fitur fokus otomatis (Phase Detection Auto Focus/PDAF). Kualitas kameranya sendiri bisa dibilang lumayan. Beberapa mode yang terdapat di dalam aplikasi kamera Honor 8A antara lain adalah beauty mode, manual mode, panorama, HDR, hingga PRO mode. Kamera depan 8 MP dengan bukaan lensa f/2.0 ini cukup baik, jika diambil dalam kondisi cahaya yang cukup dan tidak berlebihan.

Kamera belakang Honor 8A - sumber : kumparan.com

Meskipun tidak ada sensor sidik jari di belakang maupun depan perangkat, Honor menggantikan fitur tersebut dengan sensor pemindai wajah alias face-unlock untuk meningkatkan sektor keamanan pada unit Honor 8A.

Honor 8A cukup nyaman digenggam untuk ukuran smartphone berlayar 6 inci. Tidak mudah selip berkat kerangka sisi samping pada perangkat yang nyaman ketika digenggam.

Di bagian depan, Honor 8A mengadopsi desain notch yang umum digunakan untuk meletakkan kamera selfie 8 MP. Honor 8A memiliki layar LCD berukuran 6,09 inci dengan resolusi 1560 x 720 pixel dan aspek rasio 19,5:9 dengan kualitas layar yang tergolong cukup bagus untuk ukuran smartphone entry-level.

Layar depan Honor 8A - sumber : kumparan.com

Segala kelebih dan kekurangan Honor 8A masih dalam batas toleransi mengingat smartphone ini ditujukan untuk konsumen kelas menengah ke bawah. Honor 8A adalah salah satu pilihan yang baik untuk mereka dengan dana terbatas.

Honor 8A yang dijual di Indonesia sejak 5 Maret 2019 lalu dengan harga Rp 1,7 juta, dimanfaatkan Honor untuk bersaing dengan smartphone lain di rentang harga Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta.

| Honor 10 Lite


Honor 10 Lite - sumber : detikinet.com

Di kelas menengah, Honor 10 Lite hadir mengisi celah pasar yang masih terbentang luas. Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh DetikInet.com, layar Honor 10 Lite tergolong cukup luas, dengan bentang 6,21 inch Full HD+ IPS LCD. Bagian atasnya ada notch kecil gaya tetesan air, tempat kamera depan berada, mirip dengan Honor 8A. Alhasil layarnya menjadi hampir penuh, walau bezelnya tidak sangat tipis. Menggenggam Honor 10 Lite terasa cukup nyaman dengan satu tangan, namun harus hati-hati karena bodinya yang licin.

Kamera belakang ganda Honor 10 Lite, masing-masing memiliki resolusi 13 megapixel dan 2 megapixel. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi sebesar 24 megapixel. Jepretan foto honor 10 Lite terlihat memadai untuk merekam momen sehari-hari dan sangat layak untuk ditampilkan di media sosial, apalagi kamera Honor 10 Lite sudah mendukung fitur AI Camera yang mampu mereproduksi foto jadi lebih optimal, khususnya pada kamera selfie/depan.

Cover belakang Honor 10 Lite - sumber : detikinet.com

Honor 10 Lite terlihat menonjol dari sisi desainnya yang berkesan mewah dan premium. Spesifikasi Honor 10 lite pun tidak ketinggalan di kelas menengah, yaitu mirip seperti Honor 8X yang menggunakan prosesor Kirin 710, dengan RAM 4GB dan internal storage sebesar 64GB. Harga Honor 10 Lite di pasaran saat ini adalah Rp 3.299.000, dengan pilihan warna Sky Blue dan Midnight Black.

|Honor 8X


Honor 8X - sumber : jawapos.com

Honor 8X hadir lebih percaya diri dengan spesifikasi dan layar paling luas di kelasnya, yaitu mencapai 6,5 inci. Menurut review yang dilakukan oleh JawaPos, Honor 8X memiliki gaya dan performa yang menakjubkan, namun dengan harga yang terjangkau. Mengapa demikian? Mari kita bedah satu demi satu.

Paket pembelian Honor 8X terbilang lengkap, beberapa aksesori wajib seperti charger, USB cable, SIM ejector, jelly case dan earphone ada pada perangkat ini. Kehadiran jelly case tambahan pada paket penjualan smartphone Honor memang telah ada sejak produk sebelumnya, namun untuk Honor 8X, adanya earphone dalam paket penjualan terbilang baru.

Kelengkapan Honor 8X - sumber : jawapos.com

Bagi sebagian besar konsumen, earphone memang penting dan wajib ada dalam dus penjualan agar konsumen tidak repot-repot lagi membeli sendiri. Yang mengagumkan lagi, smartphone ini rupanya telah dibekali dengan antigores yang sudah menempel di layar, sebuah nilai tambah yang patut dipertahankan.

Honor 8X memiliki dimensi keseluruhan 160,4 x 76,6 x 7,8 mm, boleh dibilang smartphone ini tergolong sebagai Phablet atau atau gabungan antara smartphone dan tablet. Jujur saja, menggunakan smartphone Honor 8X dengan satu tangan terasa kurang nyaman. Selain karena bodi yang licin, Honor 8X ini lumayan berat dan ukurannya juga tergolong jumbo.

Masih dari aspek desain, bagian belakang Honor 8X mengaplikasikan finishing dual tone dengan warna yang sama di sisi belakang. Sentuhan tersebut memberi aksen dan kesan mewah. Permukaan doff/flat menjadi latar belakang area dual kamera utama, flash, hingga brand Honor di sisi belakang ponsel ini, sedangkan sisi lainnya tampak lebih berkilau dengan finishing glossy.

Bagian belakang Honor 8X - sumber : jawapos.com

Yap! Di bagian belakang Honor 8X ini terdapat pemindai sidik jari, LED Flash, dan tulisan AI Camera serta logo Honor sejajar dengan dua kamera utama yang sedikit menonjol.

Honor 8X menggunakan panel layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16 juta warna dengan bentang 6,5 inci. Resolusi Full HD Plus sebesar 1.080 x 2.340 piksel dengan rasio layar 19,5:9 (dengan kerapatan 396 ppi). Selain itu, Honor 8X juga telah menggunakan teknologi Chip-on-Film (CoF) untuk membuat layar semakin lega dengan bezel tipis. Tak lupa, notch atau takik di bagian atasnya juga hadir sebagai tempat kamera selfie, earpiece, dan lampu indikator kecil di bagian tengahnya. Layar dengan style notch ini juga bisa diatur, apakah ingin ditampilkan atau tidak, menggunakan pengaturan sederhana.

Layar yang lega tentu memberi keuntungan tersendiri bagi penggunanya. Khususnya ketika pengguna bermain game, membuka peta digital, atau kebutuhan lainnya, dengan layar yang lebih luas, sudah tentu lebih banyak area dapat terlihat bila dibandingkan dengan smartphone yang memiliki layar lebih kecil.

Menariknya lagi, layar Honor 8X telah dibekali dengan sertifikasi TUV Rheinland. Artinya, Honor mengklaim layar smartphone Honor 8X itu aman bagi penggunanya, karena mampu mereduksi efek sinar ultra violet (UV) yang berbahaya bagi mata dalam jangka panjang. Masih dari aspek layarnya, Honor 8X punya banyak fitur seperti kemampuan untuk menentukan temperatur warna, ukuran dan jenis font sesuai kehendak pengguna, hingga fitur Smart Resolution. Smart Resolution sendiri adalah fitur yang secara otomatis dapat mengubah resolusi layar dari Full HD Plus (1080×2340) menjadi HD Plus (720×1560) untuk tujuan menghemat daya baterai yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Prosesor Octa-core Kirin 710 sendiri memiliki keandalan 4×2.2 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53. Smartphone Honor 8X yang hadir di Indonesia juga dipadukan dengan RAM dan penyimpanan internal, yakni 4 GB RAM dan 128 GB internal storage. Terdapat pula GPU Turbo yang menjanjikan grafis lebih kaya warna dengan performa mulus dengan padanan hardware grafis Mali-G51 MP4.

Performa sebuah gadget rasanya tidak akan seimbang jika tanpa baterai yang mumpuni pula. Untuk Honor 8X, ukuran baterainya terbilang besar, yakni 3.750 mAh. Penggunaan seharian? Lebih dari cukup Bray!

Teknologi keamanan Honor 8X sudah dilengkapi dengan fitur face unlock selain fitur biometrik seperti fingerprint scanner. Dengan fitur face unlock pengguna dapat membuka smartphone tanpa perlu mengetik password atau memindai sidik jari. Fitur face unlock-nya juga terasa cepat bila dibandingkan dengan metode unlock lainnya. Sementara fingerprint 4.0 dapat membuka Honor 8X dengan sangat cepat yakni 0,25 detik saja.

Kamera menjadi salah satu faktor menarik lainnya dari Honor 8X. Kamera utama ganda dengan ukuran 20 MP + 2 MP, ditenagai chipset yang telah mendukung fitur berbasis AI (kecerdasan buatan), sektor kamera pada smartphone ini pun turut dibekali dengan kemampuan kecerdasan buatan. Dengan menekan ikon AI pada mode foto (terletak di area atas viewfinder dalam orientasi portrait/posisi vertikal), kamera utama ganda Honor 8X dapat mengenali objek yang difotonya dan secara otomatis akan mengaplikasikan pengaturan warna yang sesuai dari objek yang difoto.

Pada kamera utama, pengguna bisa memilih sejumlah ikon yang tersedia di sisi bawah seperti Aperture, Night, Photo, Video, dan More. Di dalam mode More terdapat beragam pilihan pemotretan gambar seperti mode Pro, Slow Motion (480 fps), Panorama, HDR, Light Painting, AR Lens, Time Lapse Fiter, Watermark, serta fitur tambahan seperti Good Food dan Document Scanner. Dari sini pengguna juga bisa berpindah ke kamera depan, sementara pada sisi atas terdapat mode Pengaturan Flash, Moving Picture, AI, dan pengaturan.

Fitur kamera yang tak kalah menarik dari Honor 8X adalah Night Mode atau mode malam. Cara kerjanya mirip dengan mekanisme long-exposure pada penggunaan kamera konvensional ketika memotret dalam keadaan minim cahaya. Pada mode ini pengguna dapat mengambil gambar meski pencahayaan di sekitar objek tidak memadai bahkan gelap.

Smartphone Honor 8X untuk kebutuhan sehari-hari sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam. Ditambah desain yang cantik berkilauan, Honor 8X bisa pula diajak bergaya. Keseimbangan antara performa dengan penampilan boleh dibilang pas, smartphone ini memang tidak hanya cantik di luar tetapi juga bisa diandalkan. Smartphone Honor 8X bisa didapatkan dengan harga di kisaran 3,9 jutaan rupiah saja.

| Honor Club Indonesia


Honor Club Indonesia

Oya, pengguna setia smartphone Honor bisa bergabung sebagai member Honor Fans Indonesia di Honor Club Indonesia lho. Di sana banyak informasi terkait smartphone Honor serta event-event yang banjir hadiah, smartphone dan aksesoris dari Honor. Buat yang belum menggunakan smartphone Honor tapi ingin tahu seperti apa kegiatan di sana, silakan bergabung di HONOR Club Indonesia sekarang juga!

| Kesimpulan


Bagi kalian yang mendambakan kehadiran smartphone baru di bulan Ramadan ini, Honor menghadirkan berbagai tipe yang bisa kalian pilih, sesuai dengan anggaran dan kebutuhan. Di kelas entry, ada Honor smartphone murah bertipe Honor 8A yang memiliki desain ringkas dengan fitur keamanan face-unlock, dengan harga 1,7 juta rupiah. Di kelas menengah, ada Honor 10 Lite yang menawarkan desain mewah, performa kelas mainstream dengan kemampuan kamera depan menawan, dibandrol dengan harga 3,3 juta rupiah. Sedangkan Honor 8X yang memiliki keunggulan pada layarnya yang luas, desain dan performa menyamai kelas premium, kombinasi RAM 4GB dan internal storage 128GB, terbesar di kelasnya, baterai 3750 mAh dan teknologi AI kamera yang mampu mendeteksi beragam scene dan mereproduksi foto lebih optimal, ditawarkan dengan harga 3,9 juta rupiah. Ketiganya hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna smartphone masa kini dengan beragam keunggulan yang mereka miliki dan dengan harga yang sangat kompetitif. Jadi, gunakan THR kalian dengan sebaik-baiknya bersama smartphone Honor yang pas buat Ramadan, dan nggak bakal mati gaya saat Lebaran.

5 komentar:

  1. Jadi pengen nyoba pake Smartphone Honor, banyak type dengan harga yang cukup terjangkau. Speknya juga sangat gahar untuk dipakai sehari-hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau buat Om cocoknya yg mid lah.. 10 lite atau 8X mantap..

      Hapus
  2. Www.masbob.com,Jadi pengen beli hp hono

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan kunjungi toko langganan kepercayaan anda :)

      Hapus
  3. Saya sih lebih suka ke Honor 8X om,
    Cocok banget untuk yang doyan bermain game, terutama PUBG Mobile atau Mobile Legend. :)

    BalasHapus