Realme C15 dengan Baterai 6000mAh dan 18W Quick Charge Jadi Daily Driver Pilihan Iqbaal

Realme sebagai merek smartphone yang membaca kebutuhan pasar, melakukan inovasi dalam menghadirkan smartphone yang dapat memaksimalkan penga...

7 Teknologi Unggulan VivoBook S14 S433 - Juaranya Laptop Generasi Muda


Belum lama ini, ASUS kembali meluncurkan laptop terbaru yang dikhususkan bagi anak muda yang ceria, dinamis, kreatif serta ingin tampil beda. Ya! ASUS VivoBook S14 S433 kini hadir lebih segar, lebih elegan dan tentunya lebih bertenaga dengan rangkaian teknologi terbaru yang disematkan di dalamnya.

Perlu diketahui bahwa ASUS VivoBook S14 S433 ini merupakan generasi penerus VivoBook S S430 yang diperkenalkan tahun lalu. Kebetulan, saya bisa hadir dan menjadi saksi kemeriahan cara peluncuran yang dimeriahkan oleh 5 orang KOL muda berprestasi, salah satunya adalah Rizky Febian, penyanyi muda berbakat, putra dari seniman/komedian Entis Sutisna alias Sule. Kisahnya bisa dibaca di sini.

Dari seluruh lini laptop VivoBook, seri VivoBook S merupakan laptop premium yang hadir dengan fitur terbaik di kelasnya. Selain beberapa teknologi unggulan terbaru untuk saat ini, VivoBook S14 S433 juga tetap mempertahankan ciri khasnya sebagai laptop premiumnya anak muda masa kini. Sebelum kita membongkar lebih jauh, teknologi baru apa saja yang disematkan di dalam laptop VivoBook S14 S433 ini, saya akan bahas fitur-fitur apa saja yang tetap dipertahankan pada laptop ini.

 

| Ciri Khas VivoBook S14

 1. Warna-Warni


Sedikit berbeda dengan versi sebelumnya yang menawarkan 5 varian warna, kali ini VivoBook S14 S433 memberikan 4 pilihan warna yang menarik, sesuai dengan personalisasi penggunanya. Warna Gaia Green dan Resolute Red sesuai bagi mereka yang berkepribadian tegas dan dinamis. Sedangkan warna Dreamy White dan Indie Black tersedia bagi mereka yang ingin tampil elegan dan bersahaja. Anak muda juga banyak kok yang ingin tampil cool tanpa harus bergaya seperti bapak-bapak, iya nggak?

 

2. Desain Ringkas, Layar Luas


Dimensi VivoBook S14 S433 sangat mungil sehingga terasa menyenangkan untuk dibawa bepergian. Sebagai laptop berukuran 14 inci, ukuran paling populer di kalangan pengguna laptop, VivoBook S14 S433 memiliki ketebalan hanya 15,9 mm saja, dengan bobot 1,4 kilogram. Layarnya terasa luas berkat dipertahankannya penggunaan teknologi NanoEdge Display, khas dari ASUS, yang mampu memberikan screen-to-body ratio hingga 85%. Buat kerja, main, nonton, nyaman banget pastinya di mata kita.

 

3. Proteksi Sidik Jari terintegrasi dengan Windows Hello


Salah satu fitur keamanan yang biasanya hanya ada di kasta laptop premium adalah sensor fingerprint alias sidik jari. Fitur keamanan ini sudah terintegrasi dengan Windows Hello pada sistem operasi Windows 10. Dengan teknologi ini, pengguna VivoBook S14 S433 dapat melakukan login secara cepat, praktis dan aman hanya dengan sentuhan ujung jarinya saja. Sidik jari orang lain? Tidak bisa! Hanya sidik jari pengguna yang sudah didaftarkan sebelumnya yang bisa login. Aman sekali bukan? Tak ketinggalan fitur audio premium bersertifikasi harman/kardon juga disematkan pada laptop ini, mengingat VivoBook S14 S433 merupakan laptop yang mentargetkan pengguna dari generasi muda dimana musik dan kehidupan tidak bisa dipisahkan dari mereka.

Semua itu adalah ciri khas atau hal-hal yang dipertahankan pada ASUS VivoBook S14 S433. Lalu apa yang baru? Ini dia yang seru, karena di bawah ini, saya akan bahas teknologi terbaru yang ada pada VivoBook S14 S433, sehingga laptop ini layak menyandang predikat sebagai juaranya laptop generasi muda. (Clegukk) Siap-siap ya Genkz?

 

| Yang Baru dan Menggoda dari VivoBook S14 S433

1. Prosesor Intel Core Gen-10


Varian yang saya review kali ini menggunakan prosesor Intel Core i5-10210U yang memiliki konfigurasi empat core dan delapan thread, di mana clock speed yang dimungkinkan mencapai 4,2GHz. Dengan prosesor generasi terbaru ini, tentu saja saya memiliki ekspektasi tinggi mengenai performanya dalam melakukan aktifitas harian dengan laptop ini. Agar lebih jelasnya, saya akan lakukan benchmark dengan menggunakan aplikasi CineBench R20 dan PCMark 10

Ternyata VivoBook S14 S433 mampu meraih skor yang cukup tinggi dan pastinya oke banget untuk digunakan sebagai daily driver.

 

2. Back Cover Simple untuk Kustomisasi Pengguna


Bagian belakang layar VivoBook S14 S433 terlihat sangat sederhana. Tulisan “ASUS VivoBook” di bagian sisi kanan membuat sebagian besar wilayah belakang memiliki “ruang kosong”, atau dalam istilah desain adalah “negative space”. Hadirnya negative space ini sengaja dilakukan agar penampilan VivoBook S14 S433 dapat dipersonalisasi lebih jauh dengan menggunakan stiker ekslusif karya seniman visual, Muklay. Stiker-stiker tersebut hanya bisa didapatkan melalui pembelian laptop VivoBook S14 S433 dimana memang jadi bagian dari paket penjualan. Dengan stiker ini, dipastikan penampilan laptop VivoBook S14 S433 akan jadi lebih personal karena setiap orang punya selera yang berbeda-beda. Insya ALLAH, nggak bakal ketuker dah kalo laptopnya sama’an .

 

3. Reproduksi Warna Sempurna

Tadi sudah dibahas jika fitur NanoEdge Display masih dipertahankan untuk memberikan visual yang luas bagi pengguna VivoBook S14 S433. Dan kali ini, layar VivoBook S14 S433 telah mengalami peningkatan yang sangat signifikan, dimana layar VivoBook S14 S433 mampu mereproduksi warna pada color space sRGB hingga 100 persen. Dengan kemampuan seperti ini, VivoBook S14 S433 sangat cocok digunakan oleh para content creator seperti fotografer dan video editor. Layar VivoBook S14 S433 juga memiliki sudut pandang lebar yaitu hingga 178 derajat, menjadikannya nyaman dipandang dari sisi mana pun.

 

4. WiFi 6, Termutakhir Saat Ini

Urusan konektivitas, VivoBook S14 S433 boleh dibilang cukup komplit. Meski tidak memiliki dedicated port LAN, namun VivoBook S14 S433 ini telah dilengkapi dengan modul WiFi 802.11ax atau WiFi 6 yang merupakan teknologi komunikasi data nirkabel generasi terbaru saat ini. WiFi 6 menjanjikan kecepatan transfer data yang lebih tinggi yaitu hingga tiga kali lipat, kapasitas jaringan hingga empat kali lipat lebih banyak, dan latency hingga 75 persen lebih rendah. Selain WiFi 6, port koneksi lain seperti USB 3.1 dan USB 3.2 (Gen 1) Type C, port HDMI serta card reader, masih tersedia dan siap digunakan kapan saja.

 

5. Dedicated GPU, Nvidia GeForce MX250

Untuk sebuah laptop yang berdimensi ringkas, VivoBook S14 S433 memiliki performa grafis yang cukup mengagumkan. Ya jelas saja, karena VivoBook S14 S433 telah dilengkapi oleh chip grafis NVIDIA GeForce MX250 yang memiliki performa cukup baik bahkan untuk bermain game esport dan casual. Hal ini saya coba buktikan dengan melakukan tes benchmark menggunakan aplikasi 3D Mark.

 

6. 512GB SSD + Optane Memory yang Overkill

Poin ke-6 ini jadi salah satu poin yang sangat menarik bagi saya, dan mungkin bagi mereka yang mendambakan kecepatan dalam hal baca tulis ke media penyimpanan. VivoBook S14 S433 menggunakan PCIe SSD berkapasitas 512GB. Terdengar biasa saja? Laptop lain juga banyak kok yang pakai SSD. Eits, tunggu dulu Bray! Berbeda dengan laptop lainnya, VivoBook S14 S433 menggunakan SSD khusus dari Intel yang telah dilengkapi dengan Optane Memory berkapasitas 32GB. Apa itu Optane Memory? Optane Memory merupakan teknologi eksklusif Intel yang memanfaatkan memori tambahan sebagai cache. Kehadiran cache ini membuat SSD lebih cepat dalam membuka data yang sering diakses, sehingga performa VivoBook S14 S433 meningkat secara keseluruhan. Untuk menguji hal ini, saya gunakan aplikasi Crystal Disk Mark, dan berikut ini adalah hasil yang didapatkan.

 

7. Baterai 50WHr yang Besar dan Awetnya Tahan Lama

Mungkin belum banyak yang mengetahui jika VivoBook S14 S433 telah mengadopsi baterai 50Whrs, yang tentu saja lebih besar dibandingkan laptop sekelasnya pada saat ini. Kombinasinya dengan prosesor Intel Core Gen-10 yang hemat daya, menjadikan VivoBook S14 S433 mampu bertahan selama 12 jam saat simulasi pengujian dengan menggunakan aplikasi PCMark 10 Battery pada mode Modern Office.


 

| Spesifikasi Lengkap ASUS VivoBook S14 S433

 

Main Spec.

ASUS VivoBook S14 (S433)

CPU

Intel® Core™ i7-10510U Quad Core Processor (8M Cache, up to 4.9 GHz)

Intel® Core™ i5-10210U Quad Core Processor (6M Cache, up to 4.2 GHz)

Operating System

Windows 10

Memory

8GB DDR4 RAM

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® SSD with 32GB Intel® Optane™ Memory

Display

14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) NanoEdge Display, 100% sRGB

Graphics

NVIDIA GeForce MX250 with 2GB GDDR5 VRAM

Integrated Intel HD Graphics 520

Input/Output

1x USB 3.2 (Gen1) Type-C, 1x USB 3.2 (Gen1) Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, HDMI, Audio Jack, MicroSD card reader

Camera

720p HD camera

Connectivity

Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio

Built-in speaker, Built-in microphone, Audio by ICEpower®//harman/kardon (Mainstream)

Battery

50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension

32.40 x 21.30 x 1.59 ~ 1.59 cm

Weight

1.4Kg with battery

Colors

Gaia Green, Resolute Red, Dreamy White, Indie Black

Warranty

2 tahun garansi global

Ada satu hal yang menarik pada laptop ASUS VivoBook S14 S433 ini, khususnya pada bagian tombol Enter yang dikelilingi warna kuning fosfor. Sedikit saran jika memungkinkan, seandainya khusus bagian tombol Enter itu dijadikan backlit dengan warna kuning fosfor atau hijau Kryptonite mungkin akan terlihat lebih spektakuler lagi. Atau mungkin nanti ada edisi khusus superhero tokoh komik masa kecil? Entahlah, semoga saja ASUS mendengarnya. 


Sebagai pengguna laptop VivoBook S tipe lama, kehadiran laptop terbaru ASUS dari lini VivoBook S14 S433 ini membuat saya tergiur untuk segera ganti laptop. Bukan karena sekadar keinginan belaka, mengingat memang performa laptop saya sudah mulai kurang bisa memenuhi kebutuhan komputasi saya saat ini. Namun VivoBook S14 S433 ini, selain mempertahankan segala fitur yang baik dari seri sebelumnya, juga memberikan peningkatan yang boleh dibilang sangat signifikan untuk memenuhi kebutuhan komputasi generasi muda masa kini. 

Dengan segala penjelasan di atas tadi, saya sih setuju jika laptop ASUS VivoBook S14 S433 ini layak disebut sebagai juaranya laptop generasi muda. Oya, kalau saya sih pengennya punya yang warna putih, kalau kalian sukanya warna apa?


6 komentar:

  1. Merah tetap idola ya, bagaimana pun kalau udah pakai merah langsung tambah semangat tingkat tinggi, nggak mau kalah dengan anak-anak muda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bai.. tahun lalu aku suka warna merah.. gatau kenapa tahun ini geser jadi warna putih

      Hapus
  2. Iya, semoga ada edisi khusus superhero. Sinchan, misalnya

    BalasHapus
  3. I5, keren banget. Punya saya baru i3
    Wah jadi ingin beli nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. di seri ini, ada versi i5 dan i7 saja.. i3 mungkin nyusul.. mungkin tidak :)

      Hapus