Train 2020 - Review (Drama Korea)

  "Pernahkah terlintas dalam benakmu? Bahwa mungkin, entah di mana, kita menjalani kehidupan yang berbeda, dengan hubungan yang berbeda...

Mengenal Kategori Warna pada Harddisk Western Digital (WD)


Dulu, di awal perkenalan saya dengan dunia komputer, memilih dan mengenali komponen di dalam PC jauh lebih sederhana, meski mungkin arus informasi saat itu masih terbatas. Sebagai informasi, saya berkenalan dengan komputer di kelas 5-6 SD, sedangkan koneksi internet Telkomnet Instan dan LinkNet baru muncul ketika saya kuliah, kira-kira di pertengahan tahun 90-an. Lalu, dari mana saya bisa mengenali komponen tersebut? Hal itu terjadi ketika saya ingin memperbesar suara PC saya dengan cara menambahkan speaker ke-2 dengan cara paralel, dan hasilnya? Korslet! Dari situ kemudian PC saya dibongkar oleh teknisi yang tidak banyak di kota Jember, dan disarankan untuk menambahkan audio/sound-card supaya suaranya lebih jernih dan lantang. Pilihan-nya kala itu juga belum banyak, tapi yang populer saya ingat merknya AdLib.

Komponen harddisk sebagai media simpan juga masih tergolong mewah, dan tidak banyak tipe dan variasinya karena semua masih menggunakan port IDE. Berbeda dengan saat ini, sekian puluh tahun kemudian, bahkan bagi saya yang punya latar belakang IT, sempat kebingungan ketika harus membeli harddisk untuk kebutuhan kantor. Bingung karena harddisk jaman sekarang punya kategorisasi berdasarkan warna-warni yang berbeda. Nah, kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai hal tersebut, supaya bisa menjadi masukan di kemudian hari.
Salah satu merk harddisk yang populer di marketplace adalah Western Digital (WD). Merk ini memiliki beberapa kategori warna yang fiturnya disesuaikan untuk kebutuhan dan aplikasi dari masing-masing. Saat ini, WD memiliki kategori warna HDD Hijau / HDD Biru / HDD Hitam / HDD Merah / Ungu, juga HDD kelas Perusahaan. Yang paling belakang mungkin nggak dibahas/dibahas tipis saja.

HDD Green


Harddisk ini memiliki noise rendah, cocok untuk penggunaan di rumah, HDD untuk pengunduhan file. Memiliki kelebihan yaitu panas yang lebih rendah, lebih tenang, lebih ramah lingkungan. HDD yang ramah energi, daya simpan berkapasitas besar. Adopsi teknologi IntelliPower memungkinkan kecepatannya bekerja secara otomatis menyesuaikan antara 5400-7200 rpm. 

HDD Blue



Harddisk dengan warna ini cocok untuk penggunaan di rumah, memiliki kinerja tinggi dengan keuntungan harga yang relatif murah, berkecepatan 7200 rpm. Kekurangannya terdapat pada tingkat kebisingan yang sedikit lebih tinggi daripada HDD Hijau, kinerja lebih tinggi dari HDD Hijau namun masih lebih rendah daripada HDD Hitam.

HDD Black



Harddisk ini memiliki kinerja yang cukup tinggi. Hal ini didukung oleh cache besar, serta kecepatan tinggi. Sesuai untuk apliaksi perusahaan yang membutuhkan komputasi kelas atas seperti penyuntingan/rendering video/foto dan konsol permainan berkinerja tinggi (seperti PlayStation/XBox), atau media simpan pada server.

HDD Red


Add caption

Harddisk ini dirancang khusus untuk lingkungan NAS (Network Attached Storage) yang membutuhkan performa 7 hari 24 jam kerja terus menerus. Western Digital Red HDD biasanya digunakan dalam komposisi 1 hingga 5 HDD media simpan berformat NAS pada pengguna perumahan atau perusahaan kecil dan menengah. Performa Red HDD lebih dekat dengan Green HDD, memiliki konsumsi daya rendah, noise rendah, sehingga cocok untuk bekerja terus-menerus. Mendukung teknologi NASware, harddisk ini menawarkan kompatibilitas yang lebih baik, dapat memuat NAS dalam konfigurasi RAID (Redundant Array of Independent Disks) dengan mulus.

HDD Purple



HDD Purple ini merupakan replikasi dari Green HDD AV-GP, dengan dukungan untuk mengabaikan kesalahan redundansi cyclic check (CRC), sehingga cocok untuk digunakan sebagai media penyimpanan video pengawas (CCTV : Closed Circuit Television), yang dirancang untuk dapat bekerja selama 24 * 7 secara terus menerus.

Selain itu, ada HDD kelas Perusahaan yang menawarkan kinerja maksimum, yang memiliki cache super besar, serta berkecepatan tinggi. HDD kelas perusahaan juga memiliki kapabilitas kerja terus menerus 7 * 24 jam, yang jika dibandingkan dengan HDD tradisional/consumer, menawarkan keandalan yang tinggi dan harapan hidup yang panjang. Mean Time Before Failure (MTBF) yang jauh lebih tinggi selain kinerja performa adalah pembeda yang sangat signifikan.

Kesimpulan


Green dan Blue HDD cocok untuk PC desktop, umumnya kecepatan baca/tulis Blue HDD lebih cepat dari Green HDD, sehingga banyak pengguna memilih Blue HDD untuk PC mereka. Sedangkan Black HDD banyak digunakan di server. Red HDD dirancang khusus untuk NAS, serta Purple HDD cocok untuk sistem video pengawasan dan dapat mendukung hingga 32-channel kamera keamanan dalam format HD.

Demikian informasi yang dapat saya bagikan kali ini terkait dengan warna-warni pada harddisk, semoga bermanfaat.

Salam kompak persahabatan selalu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar