Artikel Unggulan

9 Alasan Kuat untuk Punya Zenfone 9

  Zenfone, merupakan brand smartphone flagship dari ASUS. Saat ini, Zenfone sudah memasuki seri ke-9, oleh karena itu, kita mengenalnya seba...

ASUS VivoBook 14 A416 - Laptop Murah Penampilan Mewah untuk Sekolah atau Kerja dari Rumah

 


Awal tahun ajaran baru merupakan masa-masa di mana biasanya saya kebanjiran pertanyaan. Umumnya, pertanyaan yang ditujukan kepada saya berkaitan dengan laptop atau ponsel yang bagus untuk mendukung proses belajar. Sejak sebelum wabah covid-19 melanda, sehingga diberlakukan pembelajaran jarak jauh, penggunaan ponsel dan laptop mulai diperbolehkan di sekolah menengah, dalam rangka mengerjakan tugas yang diberikan oleh bapak/ibu guru. 

Semenjak wabah melanda, banyak kebijakan dan kebiasaan baru yang mau tidak mau mesti dilakukan. Seperti misalnya, ibadah, belajar dan sebagian orang bekerja dari rumah. Awal tahun ajaran baru kemarin, di tengah wabah ini, beberapa orangtua murid menanyakan kepada saya, laptop apa yang bagus dan cocok untuk anak belajar dari rumah, sekaligus orangtua bekerja dari rumah. Saat itu, saya cukup kesulitan dalam menyarankan laptop apa yang cocok untuk kebutuhan mereka, karena banyaknya varian dan merk yang tersedia di pasar, namun masih minim informasi mengenai fitur unggulan yang ditawarkan oleh masing-masing merk. Jadi biasanya saya hanya menanyakan, berapa anggaran yang mereka miliki untuk memiliki laptop baru, dan kecenderungan mereka terhadap merk tertentu yang menjadi favorit mereka. Tapi, itu dulu, sebelum kehadiran laptop baru dari ASUS, yaitu VivoBook 14 A416.


Budget atau anggaran, biasanya jadi prioritas utama bagi mayoritas orangtua murid yang meminta saran mengenai spesifikasi laptop yang pas untuk kebutuhan mereka. Seringkali mereka menginginkan laptop dengan harga 4 jutaan, atau bahkan kalau bisa, 3 jutaan saja. Hmm.. Angel iki, wis angel tenan. Tapi itu dulu, sebelum negara api, eh, ASUS VivoBook 14 A416 hadir memberikan jawabannya.

Laptop ASUS VivoBook 14 A416 memang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan komputasi bagi semua kalangan yang memerlukannya. Oleh sebab itu, laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini hadir di pasaran dengan harga mulai 4 jutaan rupiah saja. 

“Lho? Kok murah? Bagus nggak tuh?”

Lha? Tadi mintanya yang murah, giliran ada yang murah dan bagus, malah curiga. Ada yang begini? Ada! Hehehehe.. Tapi tak apa, memang perlu edukasi untuk bisa meyakinkan mereka, supaya mereka tidak menyesal dalam memilih dan membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan mereka.


Mengapa Mesti Laptop ASUS?


Brand ASUS bukanlah brand baru di bidang teknologi. Berdiri sejak tahun 1989 di Taiwan, ASUS menjadi produsen hardware komputer, yang kemudian berkembang menjadi produsen PC dan laptop untuk consumer, corporate dan gaming, beserta aksesoris pendukungnya. Selain built-quality yang sangat baik, dukungan purna-jual ASUS sendiri tak perlu diragukan. ASUS Service Center dengan layanan yang ramah tersebar di seluruh Indonesia. Brand ASUS sendiri masih jadi top-of-mind bagi mereka yang sedang mencari laptop untuk memenuhi kebutuhannya. Tak heran karena ASUS masih menjadi Brand Laptop No. 1 di Indonesia hingga saat ini.

Laptop Paling Laku di Harga Kisaran 3-6 juta Rupiah

Sekarang kita akan membahas mengenai laptop ASUS VivoBook 14 A416 yang menjadi rekomendasi laptop pilihan bagi semua kalangan. Pastinya, bahasan saya kali ini akan lebih to-the-point karena produk ini memang sangat menarik untuk dimiliki.


Mengapa Harus Laptop ASUS VivoBook 14 A416?


Laptop ASUS VivoBook 14 A416 adalah laptop berukuran 14 inci, diyakini sebagai ukuran terbaik karena banyak diminati oleh banyak kalangan, dengan desain yang mewah namun harganya tetap terjangkau. Laptop ini memang ditujukan untuk mereka yang mungkin baru pertama kali memerlukan laptop dalam hidupnya, untuk belajar ataupun untuk bekerja. Meski laptop ini digolongkan sebagai laptop kelas entry, namun varian tertingginya mampu menangani pekerjaan multimedia seperti penyuntingan video durasi pendek, presentasi dengan audio-visual, dengan cukup baik.

Seperti saya bilang tadi, laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini merupakan laptop murah, namun memiliki penampilan dan fitur yang mewah. Kok bisa begitu? Woiya bisa dong! Kita lihat saja dulu tampilan fisiknya yang elegan. Logo ASUS di bagian tengah cover layarnya, dengan dua varian warna pilihan  yang menawan, Transparent Silver dan Slate Grey. Seandainya saja logo ASUS dibuat seperti VivoBook Ultra yang kecil dan berada di bagian samping, pasti akan terkesan lebih kekinian (ngarep dot com).

Tampil mewah dengan 2 pilihan warna : Transparent Silver & Slate Grey

Fitur mewah nan premium berikutnya adalah kehadiran keyboard full-size dengan backlit. Fitur ini bikin kita tetap pede untuk bekerja meski ruangan dalam keadaan remang-remang. Kalau untuk belajar, sebaiknya di tempat yang terang atau cukup cahaya ya adik-adik. Keyboard berukuran penuh dengan jarak yang cukup renggang meminimalkan kesalahan penekanan tombol sehingga membuat pengetikan jadi nyaman. 

Keyboard Full-size dengan backlit

Sebagai golongan laptop modern, ASUS VivoBook 14 A416 ini juga memiliki dimensi yang ringkas dengan bobot yang ringan. Jelas, karena manusia era modern ini dituntut untuk bisa bekerja dari lokasi mana saja. Dengan ketebalan hanya 19,9mm dan berat hanya 1,6kg saja, laptop ini cukup tipis dan ringan untuk diselipkan ke dalam kompartemen tas ransel. Sepaket dengan adapter pengisi dayanya yang juga memiliki ukuran ringkas dan mudah dibawa-bawa.

Laptop ASUS VivoBook 14 A416 tipis dan ringan

Laptop ASUS VivoBook 14 A416 memiliki ukuran layar 14 inci, dengan resolusi hingga FullHD yang terasa sangat luas berkat teknologi NanoEdge Display, sebuah teknologi yang memungkinkan laptop ini memiliki bezel layar yang sangat tipis sehingga mampu memberikan screen-to-body ratio hingga 82%. Layar pada laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini juga nyaman untuk dilihat, karena sudah dilapisi dengan lapisan anti-glare sehingga tidak menyilaukan, serta memiliki sudut pandang layar selebar 178°.

NanoEdge Display membuat bezel jadi sangat tipis

Lalu, bagaimana laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini bisa memenuhi kebutuhan belajar atau bekerja dari rumah? Aktifitas selama belajar atau bekerja dari rumah rata-rata masih didominasi oleh kelas virtual atau meeting online dengan memanfaatkan aplikasi Google Classroom atau Zoom Cloud Meeting. Nah! Laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini sudah dilengkapi dengan webcam serta mikrofon yang terintegrasi di dalamnya. Untuk kebutuhan ini, tinggal install aplikasi yang dibutuhkan saja melalui internet. 

Webcam dan mikrofon terintegrasi

Nah! Enaknya memiliki laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini adalah di dalamnya sudah terpasang aplikasi Microsoft Office Home & Student 2019 secara gratis! Tinggal buka aplikasinya, lakukan aktivasi, dan aplikasi Office ini bisa digunakan selamanya. Nggak perlu kuatir laptop kena virus karena install aplikasi ilegal. Aplikasi utama dalam Microsoft Office Home & Student 2019 ini adalah Word untuk mengolah dokumen, Excel untuk pengolahan data dan worksheet, serta PowerPoint untuk melakukan presentasi. Ketiga aplikasi utama ini akan selalu mendapatkan update dari Microsoft agar selalu terjamin keamanannya dari ancaman virus dan malware yang berbahaya.

Microsoft Office Home & Student 2019

Untuk koneksi ke internet, laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini bisa dengan lancar terhubung secara nirkabel karena sudah dibekali dengan modul WiFi 5 (802.11ac) yang mampu mencapai kecepatan akses hingga 7Gbps. Kecepatan seperti ini bikin waktu download jadi lebih singkat sehingga menghemat waktu yang terbuang sia-sia. 

Kecepatan koneksi WiFi 5


Masih bicara soal koneksi, laptop ASUS VivoBook 14 A416 menyediakan berbagai macam port yang pastinya bermanfaat. Untuk mereka yang memiliki headphone berkabel, tatkala ingin melakukan meeting atau belajar online, bisa menghubungkan headphone mereka ke port combo audio jack yang tersedia. Dengan demikian, aktifitas tersebut bisa dilakukan secara lebih personal, lebih fokus tanpa terganggu suara di sekelilingnya. Untuk menghubungkan flashdisk, external harddisk atau mouse berkabel, tersedia port USB Type-A yang lumrah dijumpai di setiap laptop, sementara untuk konektivitas yang lebih baru, tersedia port USB Type-C yang lebih modern.

Laptop ASUS VivoBook 14 A416 - Tipis dengan Port Lengkap

Laptop ini juga menyediakan slot pembaca kartu memori MicroSD, serta port HDMI untuk opsi ekspansi layar yang lebih fleksibel. Ingin menambahkan layar kedua berupa monitor, TV, atau dilempar ke proyektor? Mudah saja dilakukan dengan laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini.

Saya belum bahas soal spesifikasi prosesornya kan ya? Sengaja, karena ada sesuatu yang ingin saya sampaikan berkaitan dengan itu. Sekarang, saya mau bahas aplikasi dan fitur unik yang ada pada laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini, yaitu My ASUS. Sebagai pengguna biasa, yang minim pengetahuan mengenai dunia komputer, pembaruan sistem dan aplikasi, apalagi jika mengalami masalah dengan laptopnya, bisa jadi masalah besar. Nah, aplikasi My ASUS berguna untuk memantau status laptop sekaligus melakukan troubleshooting. Melalui aplikasi MyASUS, pengguna dapat memindai sistem laptop, menemukan masalah, dan memperbaikinya secara otomatis. Status garansi perangkat juga bisa dilihat melalui aplikasi ini, bahkan ada fasilitas untuk menghubungi layanan konsumen ASUS juga lho.

Fitur dalam aplikasi My ASUS

Ada fitur menarik yang ada di dalam aplikasi My ASUS, yaitu Link to MyASUS. Fitur ini bisa menghubungkan smartphone dengan laptop ASUS VivoBook 14 A416.  Beberapa fungsi dari Link to MyASUS antara lain menampilkan pesan dan notifikasi dari smartphone ke layar laptop, melakukan panggilan telepon langsung dari laptop, sampai menjadikan smartphone sebagai layar kedua laptop. Link to MyASUS juga menyediakan fasilitas untuk berbagi file secara instan antara laptop dengan smartphone. Dengan demikian, pengguna bisa bekerja secara simultan antara smartphone dengan laptop sehingga lebih meningkatkan produktivitas dan efisiensi waktu dalam bekerja.

Oke, sekarang baru kita bahas mengenai spesifikasi keseluruhan dari laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini. 


Spesifikasi ASUS VivoBook 14 A416



Laptop ASUS VivoBook 14 A416 memiliki 3 varian prosesor Intel, mulai dari Celeron N4020, Core i3 dan Core i5 (keduanya sudah Gen-10). Varian paling murah dari laptop ini menggunakan prosesor Intel Celeron 4020, itu sebabnya laptop ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari 4 jutaan rupiah saja. Tapi saran saya, untuk kebutuhan belajar atau bekerja dari rumah, minimal ambil yang spesifikasinya sudah menggunakan prosesor Intel Core i3. Untuk varian dengan prosesor Intel Core i3 sendiri, laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini memiliki 3 varian lagi, yaitu :

  1. Prosesor Intel Core i3 (Gen-10) - GPU Intel UHD Graphics - RAM 4GB - Storage 1TB HDD
  2. Prosesor Intel Core i3 (Gen-10) - GPU Intel UHD Graphics - RAM 4GB - Storage 512GB PCIe SSD
  3. Prosesor Intel Core i3 (Gen-10) - GPU Nvidia GeForce MX330 - RAM 4GB - Storage 256GB PCIe SSD

Yang mana pun pilihannya, kalau minimal sudah Core i3, insya ALLAH lebih nyaman untuk aktifitas sehari-hari. Bahkan jika ada anggaran lebih, jangan ragu-ragu untuk menebus varian yang lebih tinggi lagi. Membeli dan memiliki laptop adalah bentuk investasi, sesuaikan dengan kebutuhan, jangan sampai menyesal karena membeli laptop yang tidak mampu memenuhi kebutuhan. Ini satu catatan penting. 

Varian tertinggi laptop ASUS VivoBook 14 A416 menggunakan prosesor Intel Core i5-1035G1, dengan konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6GHz, laptop ini dapat diandalkan untuk berbagai macam kegiatan seperti belajar, bekerja, mencari informasi di internet, atau menikmati konten hiburan.

Varian tertinggi VivoBook 14 A416 dengan Intel Core i3 dan Core i5 ditenagai chip GPU NVIDIA GeForce MX330 yang memberikan performa grafis di tambahan. Kebutuhan komputasi untuk photo editing, video editing, hingga game kasual, dapat diakomodir dengan lancar pada laptop ini. 

Chip GPU NVIDIA

Di sektor memori/RAM, VivoBook 14 A416 menanamkan memori DDR4 sebesar 4GB yang sudah jadi standar laptop modern, yang dapat ditingkatkan hingga 12GB. Laptop ini menawarkan dua jenis penyimpanan yaitu 2.5" SATA dan M.2 PCIe. Untuk yang membutuhkan kecepatan akses, media simpan SSD jadi pilihan yang tepat, meskipun media harddisk masih bisa dioptimalkan penggunaannya bagi yang memerlukan kapasitas simpan yang besar.

Laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini mampu bertahan hingga kurang lebih 8 jam lamanya berdasarkan pengujian dengan menggunakan aplikasi PCMark 10 Battery pada mode Modern Office. Hasil ini dicapai berkat baterai berkapasitas 37Wh yang ditanamkan di dalamnya. Rata-rata jumlah jam kerja dalam sehari adalah delapan jam, sehingga bekerja dengan laptop ini dapat dilakukan hanya dalam sekali pengisian daya, untuk seharian lamanya.

Hasil pengujian baterai di aplikasi PCMark 10

Bukan tanpa alasan saya menyarankan untuk mengambil laptop ASUS VivoBook 14 A416 dengan varian minimal Intel Core i3 untuk memenuhi kebutuhan komputasi harian, karena berdasarkan hasil pengujian (benchmark) yang dilakukan melalui beberapa aplikasi, ASUS VivoBook 14 A416 ini memberikan hasil yang sangat memadai, baik untuk aktifitas sehari-hari, maupun sedikit kebutuhan penyuntingan multimedia.


Hasil Benchmark ASUS VivoBook 14 A416


CineBench R20

3DMark Sky Diver

CrystalDiskMark 6

Dengan performa seperti yang ditunjukkan pada hasil benchmark di atas, timbul pertanyaan, bagaimana dengan manajemen panasnya? Sistem pendinginan seperti apa yang digunakan agar laptop tetap memiliki performa yang stabil, handal meski digunakan dalam jangka waktu seharian?

Sistem pendinginan pada laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini menggunakan metode tunnel/terowongan dengan 1 kipas pendingin yang akan menghisap udara dingin dari bagian bawah laptop dan mendorongnya ke sisi yang lain, melewati lempengan heatpipe untuk membuang panas yang dihasilkan dari komponen pada laptop. Desain bilah kipas pada laptop ini mampu memberikan airflow yang cukup memadai meskipun laptop ini memiliki desain bodi yang ramping. Dengan demikian, suhu komponen bisa dijaga supaya laptop tetap dapat bekerja secara optimal meski digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Sistem Pendingin Metode Tunnel/Terowongan

Poin terakhir yang akan saya bahas dari laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini adalah kemudahan dalam hal upgrade komponennya. Meski untuk hal yang satu ini diperlukan pengetahuan mengenai tipe komponen dan lain sebagainya, namun setelah semua itu dikuasai, mengupgrade komponen pada laptop ini, contohnya menambahkan memori RAM atau menambah/mengganti harddisk dengan SSD bisa dilakukan dengan mudah. Selain itu, laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini juga memiliki konstruksi yang tangguh. Bagian chassis utama dan rangka layarnya terbuat dari bahan logam. Untuk yang menggunakan harddisk di laptop ini, tersedia perlindungan ekstra yang bernama E-A-R HDD Protection, di mana perlindungan tersebut dapat menyerap getaran yang dihasilkan saat perangkat terguncang dan menyelamatkan HDD yang ada di dalamnya. Sebagai informasi, harddisk masih menggunakan sistem mekanik yang rentan terhadap guncangan dibandingkan dengan media simpan SSD yang sepenuhnya berbasis chip.

E-A-R HDD Protection

Jadi, kesimpulan saya untuk laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini adalah laptop yang sangat tepat untuk kebutuhan saat ini, di mana banyak pelajar dan mahasiswa masih melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan karyawan juga sebagian besar bekerja dari rumah (Work From Home/WFH). Laptop ASUS VivoBook 14 A416 merupakan laptop entry-level dengan harga terjangkau yang memiliki penampilan mewah dengan performa yang luar biasa untuk kebutuhan pelajar dan pekerja saat ini. 

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan mengenai laptop ASUS VivoBook 14 A416 kali ini, semoga bermanfaat. Salam kompak persahabatan selalu..




2 komentar:

  1. Dengan harga 4 jutaan saja, kita sudah bisa memiliki laptop Asus VivoBook 14 A416. Dan saya percaya banget dengan produk Asus. Punyaku saja 5 tahun masih ngebut aja. Gak menunjukan kendala berarti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sempat jadi kendala waktu merekomendasikan laptop kelas entry yang layak untuk pelajar dan pekerja di rentang harga 4 jutaan Kang. Tapi itu dulu, sekarang dengan hadirnya laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini, jadi lebih mudah memberikan solusi..

      Hapus