Artikel Unggulan

Roti Gambang dan Kisah Awal Kedekatanku Dengannya

  Saya kurang ingat persis kapan tepatnya saya mengenal roti gambang. Yang saya ingat hanyalah ketika saya membeli dan mencoba roti gambang ...

Western Digital SSD Portable 4TB - Solusi Storage Portabel Besar Tangguh Kecepatan Tinggi

 


Kita mengenal beragam media simpan external, mulai dari USB Flashdisk sampai ke external harddisk. Keduanya menawarkan portabilitas yang sama, namun kapasitasnya berbeda. External harddisk masih memanfaatkan piringan mekanik dalam mekanisme simpannya, namun memang memiliki pilihan kapasitas yang jauh lebih besar daripada flashdisk saat ini. Sedangkan flashdisk dirancang sangat ringkas, umumnya seukuran jari orang dewasa dan memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi daripada harddisk, ini karena flashdisk berbasis chip sehingga lebih aman dari resiko rusak karena jatuh.

Kebutuhan akan media simpan portabel semakin lama semakin besar, namun juga dituntut untuk memberikan kecepatan baca-tulis yang juga tinggi. Ini berdampak ketika sedang menduplikasi atau memindahkan data/file yang besar dari komputer/laptop ke external storage. Waktu yang diperlukan untuk memindahkan data yang besar, jadi lebih lama. (Klasifikasi harddisk Western Digital bisa dibaca di artikel Mengenal Kategori Warna pada Harddisk Western Digital)

Western Digital baru-baru ini memperbaharui produk SSD Portable dengan kapasitas hingga 4TB. Empat produk SSD portable WDC ini menawarkan performa, ketahanan, serta kapasitas yang lebih besar untuk memenuhi kebutuhan para gamer, content creator, kalangan profesional yang sehari-harinya banyak bekerja dan bermain dengan data berkapasitas besar.

Ke-empat SSD Portable terbaru berkapasitas 4TB dari Western Digital ini adalah : 

1. SanDisk Extreme Pro Portable SSD

  • SanDisk Extreme Pro Portable SSD dilengkapi dengan teknologi solid-state NVMe yang kokoh serta memberikan kecepatan baca dan tulis hingga 2.000 MB/dtk. Kerangka aluminiumnya berfungsi sebagai heatsink sehingga kecepatan akses media ini jadi lebih stabil. 
  • Harga/Ketersediaan: SanDisk Extreme Pro Portable SSD berkapasitas 4TB akan tersedia di SanDisk Official Store mulai akhir bulan Maret dengan harga kisaran 14.999.000 rupiah.

 2. SanDisk Extreme Portable SSD

  • SanDisk Extreme Portable SSD didukung performa solid-state NVMe dengan kecepatan baca hingga 1.050MB/dtk dan kecepatan tulis hingga 1.000MB/dtk.
  • Perangkat ini juga tahan terhadap percikan air serta tahan banting hingga ketinggian dua meter berkat IP rating IP55. (Informasi mengenai IP Rating bisa dibaca di artikel Makna IP Rating pada Gawai)
  • Harga/Ketersediaan: SanDisk Extreme Portable SSD berkapasitas 4TB ini akan tersedia mulai akhir bulan Maret di SanDisk Official Store dengan harga kisaran Rp 11.999.000.

3. WD_Black P50 Game Drive SSD

  • Eksternal gaming drive yang dirancang khusus untuk para gamer ini mampu memberikan kecepatan baca hingga 2.000MB/dtk untuk mempercepat loading saat memulai permainan.
  • Media penyimpanan tambahan ini akan memudahkan para gamer untuk menyimpan koleksi gim baru yang kompatibel dengan PC, PlayStation 4, atau Xbox One.
  • Harga/Ketersediaan: WD_Black P50 Game Drive SSD berkapasitas 4TB ini akan hadir mulai akhir Maret di WD Official Store dengan harga kisaran Rp 14.999.000.

4. WD My Passport SSD

  • WD My Passport SSD mengusung desain logam yang stylish dan kokoh, tahan guncangan dan tahan banting hingga ketinggian 1,98 meter dengan varian warna mulai dari abu-abu, biru, merah, nuansa gold hingga silver.
  • Teknologi NVMe yang super cepat dengan kecepatan baca hingga 1.050 MB/dtk dan kecepatan tulis hingga 1.000 MB/dtk mendukung aktivitas content creator, kurator seni juga pelaku bidang kreatif yang seringkali bekerja dengan file berkapasitas besar.
  • Harga/Ketersediaan: WD My Passport SSD berkapasitas 4TB akan hadir pada akhir Maret di WD Official Store dengan harga kisaran 11.999.000 rupiah.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan mengenai solusi media simpan portabel berbasis SSD berkapasitas 4TB dari Western Digital ini, semoga bermanfaat bagi yang memerlukannya.

Salam kompak persahabatan selalu..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar