Hands On Laptop Gaming ASUS ROG Zephyrus S17 dan Zephyrus M16

  Setelah diluncurkan beberapa waktu yang lalu secara streaming, akhirnya pada hari Minggu kemarin, saya berkesempatan untuk menjajal laptop...

Mengapa Layar OLED itu Penting?


Menurut survey yang dilakukan oleh Detik Network bekerjasama dengan ASUS, yang diikuti oleh lebih dari 500 responden dengan latar belakang, profesi, dan usia yang berbeda, 80,20% masyarakat Indonesia mengatakan bahwa pengaruh kualitas detail warna dan visual pada layar laptop adalah sangat penting. Apa alasannya?

Kebutuhan layar laptop dengan kualitas lebih baik salah satunya dipicu oleh tren berkegiatan di rumah, mulai dari Work From Home (WFH) hingga Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Hal ini menjadikan masyarakat, khususnya di Indonesia, jadi lebih sering menggunakan laptopnya. Tidak hanya sekadar bekerja atau belajar, laptop kini juga banyak digunakan untuk menikmati hiburan digital seperti menggunakan layanan video streaming serta bermain game. Ragam aktifitas tersebut membuat masyarakat menginginkan laptop dengan kualitas visual sangat baik.

ASUS menjawab kebutuhan tersebut melalui serangkaian laptop yang mengusung teknologi layar ASUS OLED. Berbeda dengan teknologi layar laptop lainnya, ASUS OLED menawarkan kualitas visual terbaik melalui berbagai fitur serta teknologi terbaik dan terdepan saat ini.

Ideal untuk Hiburan Digital

Kepopuleran layanan streaming video seperti Netflix, membuat layanan hiburan digital semakin diminati di berbagai kalangan masyarakat. Berbeda dengan televisi tradisional, layanan streaming video memiliki berbagai kelebihan yang salah satunya adalah mampu menampilkan format multimedia modern seperti HDR. Jumlah konten yang disajikan dalam format HDR juga semakin banyak. Menurut hd-report.com, Netflix memiliki lebih dari 400 film yang telah mendukung HDR. Jumlah tersebut belum termasuk ribuan video HDR di YouTube dan layanan streaming video lainnya.


Salah satu fitur unggulan ASUS OLED adalah dukungan terhadap HDR. Laptop dengan teknologi layar ASUS OLED dapat memutar konten HDR dengan sempurna. Teknologi ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR True Black dan mampu menghasilkan warna dengan rasio kontras hingga 1.000.000:1. 

Tidak hanya dukungan terhadap HDR saja, ASUS OLED juga memiliki fitur khusus untuk para pecinta film. Gerakan visual yang cepat seperti pada film action seringkali menampilkan efek blur yang mengganggu mata. Untuk mengatasi hal tersebut, ASUS OLED dilengkapi dengan response time yang sangat cepat yaitu hingga 0,2 ms atau 50 kali lebih kencang dari layar laptop pada umumnya.

Response time yang cepat akan menampilkan visual gerakan cepat secara lebih tajam dengan detail yang tinggi. Tak ada lagi kehilangan detail dari film action serta kesulitan dalam membaca teks berjalan karena ASUS OLED mampu menampilkannya dengan sangat baik. Dengan kata lain, laptop dengan layar ASUS OLED adalah pilihan terbaik untuk menikmati hiburan digital.

Ideal untuk Para Content Creator

Content creator sangat memerlukan laptop dengan layar berkualitas tinggi. Ini sangat wajar mengingat kualitas konten yang dihasilkan sangat erat kaitannya dengan kemampuan reproduksi warna di layar laptopnya. Laptop dengan layar berkualitas rendah dan tidak dikalibrasi, akan membuat video yang telah diolah menjadi berbeda tampilan warnanya ketika diputar di perangkat lain, atau membuat foto berubah warnanya saat dicetak. Content creator sangat membutuhkan layar laptop yang memiliki standar industri dan telah dikalibrasi dalam menciptakan karyanya.

ASUS OLED diciptakan untuk para profesional yang membutuhkan layar dengan tingkat reproduksi warna yang tinggi serta akurat, sesuai dengan standar industri perfilman saat ini. ASUS OLED mampu mereproduksi 100% warna pada color space DCI-P3 atau setara dengan 133% warna pada color space sRGB. Kemampuan tersebut membuat ASUS OLED dapat menampilkan visual dengan warna yang lebih kaya dan detail yang lebih baik.


Tingkat reproduksi warna yang tinggi mesti dibarengi dengan tingkat akurasi warna yang tinggi pula. Setiap laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED telah dikalibrasi sejak awal sehingga dapat menghasilkan warna yang sangat akurat. ASUS OLED juga memiliki standar kalibrasi warna yang tinggi dan telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display.

Survey Membuktikan…

Berdasarkan riset kualitatif yang dilakukan oleh Detik Network bekerjasama dengan ASUS, sebanyak 10 dari 10 content creator dan pakar di Indonesia mengakui bahwa ASUS OLED mampu menghadirkan kualitas visual yang lebih baik saat digunakan untuk menikmati sajian hiburan digital. 

Tidak hanya itu, sebanyak 9 dari 10 content creator dan pakar di Indonesia mengakui bahwa mereka tidak merasakan kelelahan pada mata saat menggunakan laptop dengan teknologi layar ASUS OLED selama berkegiatan seharian. Hal tersebut dikarenakan ASUS OLED juga memiliki fitur Eye Care yang dapat mengurangi tingkat paparan radiasi sinar biru pada layar hingga 70%. Dengan demikian, laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED akan lebih nyaman digunakan dan dapat lebih menjaga kesehatan mata penggunanya, khususnya pada anak-anak.

“ASUS OLED juga hadir untuk memenuhi permintaan masyarakat Indonesia yang menginginkan laptop dengan kualitas layar terbaik dan tersedia untuk berbagai kalangan. ASUS OLED juga hadir sebagai solusi bagi para content creator pemula hingga profesional agar lebih mudah, nyaman, dan produktif saat berkarya sehingga diharapkan dapat tercipta lebih banyak mahakarya dari tangan-tangan kreatif anak bangsa.” - Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia -

ASUS OLED Telah Tersedia di Indonesia

Jajaran Laptop ASUS dengan Teknologi Layar ASUS OLED telah tersedia di Indonesia saat ini mulai dari lini ZenBook hingga VivoBook. Laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED juga tersedia untuk berbagai kalangan dengan banderol harga mulai dari Rp 8.599.000.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar