Artikel Unggulan

5 Alasan HUAWEI MateBook D 14 Jadi Laptop Andalan

  Setiap orang memiliki kebutuhan unik dalam memilih laptop, yang bisa beragam dari segi fungsionalitas dan kemampuan komputasi yang canggih...

ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) - Laptop Kreator Profesional Layar Ganda Resolusi 4K

 


Penggunaan layar ganda, biasanya dilakukan oleh orang-orang yang bekerja di bidang kreatif dan multimedia. Animator, video editor, dan lain sebagainya. Penggunaan layar ganda ini dimaksudkan agar memperoleh bidang pandang yang lebih luas dan spesifik, sehingga pekerjaan dapat dilakukan secara lebih efektif dan produktif.

Beberapa tahun silam, para pekerja di bidang kreatif seperti video editor, animator, post-pro, menggunakan beberapa layar monitor untuk bisa mengakomodir tools yang ada pada aplikasi kreatif mereka. Hal ini tentu saja akan memakan tempat yang cukup luas. Selain itu, dengan gear yang mereka miliki di workdesk, menjadikan mereka kurang mobile dalam melakukan pekerjaan mereka. 

Untuk pertama kalinya, ASUS berhasil menghadirkan sistem layar ganda pada sebuah laptop melalui lini ZenBook Pro Duo 15. Sebagai laptop yang dirancang untuk para content creator profesional, spesifikasi hardware yang mumpuni menjadi sumber kekuatan dalam setiap pemrosesan dan ASUS OLED display (rasio layar 16:9 dengan resolusi 4K). Namun, satu hal yang istimewa adalah kehadiran sebuah layar kedua yang disebut sebagai ScreenPad Plus. Layar kedua ini mampu membuat para content creator jadi lebih produktif di manapun dan kapanpun.

Sejak diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2019, ZenBook Pro Duo 15 kini telah memiliki generasi penerus, yaitu ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582). Sama halnya tipe terdahulu, laptop ini masih menawarkan teknologi layar ganda yang sangat dibutuhkan oleh para content creator profesional.


Evolusi Desain dari Masa Depan

ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) kini hadir dengan evolusi desain yang lebih futuristis. Fitur ErgoLift Hinge, dikombinasikan dengan sistem pendingin AAS+ yang diadopsi dari lini laptop gaming ROG, menjadikan ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) hadir dengan performa yang lebih baik, lebih optimal, serta lebih ergonomis.

ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) menggunakan bahan kombinasi antara magnesium aluminium alloy dengan aluminium alloy untuk bodinya. Dibalut warna Celestial Blue yang elegan, bagian belakang layarnya masih dilengkapi dengan desain Spun Metal Finish khas ZenBook yang memberikan kesan mewah serta eksklusif. Tidak hanya itu, ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) juga tampil lebih ringkas dan ringan dari pendahulunya dengan bobot 100 gram lebih ringan serta 2,5mm lebih tipis.

Teknologi ErgoLift Hinge pada ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) dan fitur Active Aerodynamic System Plus (AAS+), akan mengangkat bagian ScreenPad Plus hingga membentuk sudut 9,5°. Mekanisme terangkatnya ScreenPad Plus akan membuat layar kedua ini menjadi lebih mudah dan nyaman dilihat oleh penggunanya. Selain itu, ScreenPad Plus yang terangkat juga memberikan rongga udara ekstra bagi sistem pendingin ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582). 

ScreenPad Plus, Tools Produktivitas Creator

ScreenPad Plus di ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) tidak hanya berfungsi sebagai layar kedua yang menampilkan aplikasi yang sedang dijalankan saja. ScreenPad Plus dibekali dengan software khusus bernama ScreenXpert 2.0 yang memiliki beragam fungsi untuk menunjang produktivitas penggunanya. Perbedaan ScreenXpert 2.0 dibandingkan dengan generasi sebelumnya adalah antarmukanya yang kini lebih mudah digunakan dan dirancang mirip dengan tampilan pada smartphone sehingga lebih cepat beradaptasi dalam penggunaannya.

Di dalam ScreenXpert 2.0 terdapat fitur Control Panel yang untuk saat ini, berkolaborasi dengan Adobe, memberikan panel kontrol virtual khusus untuk empat aplikasi kreatif Adobe yang populer, yaitu Photoshop, Lightroom, After Effect, dan Premiere Pro. Saat empat aplikasi tersebut dijalankan, Control Panel yang ada di ScreenXpert 2.0 akan langsung diaktifkan dan menyajikan berbagai antarmuka kontrol yang terhubung langsung dengan aplikasi Adobe yang sedang dijalankan. Para content creator juga dapat melakukan kustomisasi terhadap Control Panel dengan memilih jenis antarmuka kontrolnya, serta mengatur fungsinya.


ScreenPad Plus di ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) juga dapat difungsikan sebagai touchpad raksasa. Untuk mengaktifkan fungsi ini, cukup mengetuk layar ScreenPad Plus menggunakan tiga jari dan layar kedua tersebut langsung berubah menjadi touchpad.

ASUS OLED untuk Para Kreator


ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) yang sudah menggunakan teknologi layar ASUS OLED, yaitu teknologi layar yang mengadopsi panel OLED, dirancang khusus untuk para content creator profesional dan mampu menampilkan visual yang tidak hanya kaya akan warna tetapi juga sangat akurat.

Layar utama ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) yang memiliki luas diagonal 15,6" dengan aspect ratio 16:9 serta resolusi 4K UHD (3840 x 2160), mampu mereproduksi warna hingga 100% pada color space DCI-P3 atau setara dengan 133% sRGB. Layar ASUS OLED dapat menampilkan warna yang lebih tajam dan kaya dengan rasio kontras hingga 1.000.000:1 dan dapat mereproduksi warna secara akurat serta telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display.

Selain sertifikasi dari Pantone, laptop ini juga telah mendapatkan sertifikasi VESA DisplayHDR yang menegaskan bahwa ASUS OLED telah mendukung penggunaan teknologi HDR, serta sertifikasi anti-flicker dan low-blue light dari TÜV Rheinland. Sertifikasi low-blue light dari TÜV Rheinland pada ASUS OLED, menyatakan bahwa layar ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) lebih aman untuk kesehatan mata, dengan cara mengurangi emisi cahaya biru secara signifikan tanpa mengorbankan kualitas warna yang ditampilkan.

Laptop Kreator yang Sangat Bertenaga

ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) yang ditujukan untuk para content creator profesional ini ditenagai hingga 10th Gen Intel® Core™ i9 processor, dengan varian tertingginya menggunakan Intel Core i9-10980HK yang memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread.

Laptop ini juga mempercayakan kekuatan grafisnya pada chip grafis terbaru NVIDIA GeForce RTX 3070. Chip grafis yang dibangun dari arsitektur Ampere tersebut telah ditenagai dengan CUDA core, RT core, Tensor core, dan streaming processor terbaru yang memungkinkan teknologi grafis terkini seperti RTX realtime-ray tracing serta NVIDIA DLSS 2.0 dapat berjalan di ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582). Chip grafis ini juga didukung oleh NVIDIA Studio Driver yang dirancang khusus untuk para content creator dan kompatibel dengan berbagai aplikasi kreatif modern.

ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) dibekali RAM DDR4 berkapasitas 32GB yang menjadikannya cocok untuk multitasking serta menjalankan aplikasi yang membutuhkan ruang memori besar. Sementara penyimpanannya sudah didukung oleh M.2 NVMe PCIe SSD 3.0 berkapasitas 1TB.

Bagaimana dengan hasil benchmark performa dari ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) yang menggunakan prosesor Intel Core i9-10980HK, chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3070, RAM 32GB, dan SSD 1TB? Berikut adalah hasil yang bisa saya sampaikan :


Konektivitas Lengkap dan Modern

ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) menghadirkan dua port Thunderbolt 3 dengan interface USB Type-C di laptop ini. Port Thunderbolt 3 hadir dengan kecepatan transfer data tinggi sehingga cocok digunakan untuk menghubungkan perangkat eksternal berperforma tinggi. Para content creator adalah segmen pengguna yang banyak memanfaatkan konektivitas kencang Thunderbolt 3. Berbagai perangkat yang sering dihubungkan mulai dari penyimpanan serta fasilitas transfer data berkecepatan tinggi, hingga network adapter berperforma tinggi. Jika layar ganda bawaan laptop dirasa masih kurang, port Thunderbolt 3 di ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) juga dapat digunakan untuk menghubungkan monitor beresolusi tinggi untuk dijadikan layar ke-3.


ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) telah menggunakan teknologi WiFi 6, yng dikombinasikan dengan teknologi WiFi Master, membuat ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) dapat memilih access point dengan sinyal paling kuat serta stabil secara otomatis, sehingga  ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) akan selalu terhubung ke jaringan nirkabel dengan kualitas sinyal terbaik.

Kolaborasi

Dunia kreatif bukanlah dunia yang mengedepankan individualisme. Dalam setiap karya yang tercipta, selalu ada kemungkinan kolaborasi yang terbuka. ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) merupakan laptop modern yang bisa memudahkan penggunanya dalam melakukan kolaborasi. Laptop ini telah dilengkapi dengan kamera yang dilengkapi dengan fitur facial recognition dan terhubung dengan fitur Windows Hello, yang dilengkapi dengan IR Camera Algorithm yang dapat membuat penggunanya tetap jelas terlihat saat video conference di berbagai situasi pencahayaan.

Fitur lainnya pendukung kolaborasi adalah AI Noise Cancelling. Fitur ini dapat meredam suara bising dari lawan bicara sehingga suara lawan bicara akan selalu terdengar jelas saat melakukan online conference. Selain itu, suara bising di sekitar pengguna juga dapat diredam secara aktif sehingga lawan bicara akan selalu dapat mendengar suara pengguna ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) secara jelas. Fitur ini bahkan kompatibel dengan mikrofon eksternal yang dihubungkan ke ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582).

Spesifikasi dan Harga



Demikianlah sedikit sharing informasi dari saya mengenai laptop terbaik untuk Advanced Creator yang punya layar ganda dengan resolusi 4K UHD OLED Technology. Untuk kalian yang ingin mendapatkan potongan harga saat pembelian produk laptop ini, boleh gunakan kode berikut ini di ASUS OFFICIAL ONLINE STORE :

ASUSMASEKRNR150K

Semoga bermanfaat..

Salam kompak persahabatan selalu..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar