Artikel Unggulan

5 Alasan HUAWEI MateBook D 14 Jadi Laptop Andalan

  Setiap orang memiliki kebutuhan unik dalam memilih laptop, yang bisa beragam dari segi fungsionalitas dan kemampuan komputasi yang canggih...

ASUS Vivobook Pro 14X OLED (N7400) Laptop Content Creator dengan Teknologi Masa Depan

 


Laptop khusus untuk kebutuhan kreatif merupakan hal baru yang muncul belakangan ini. Dahulu, laptop untuk kebutuhan ini biasanya dipenuhi oleh laptop gaming yang memang memiliki spesifikasi yang tergolong tinggi. Namun, di era digital seperti saat ini, di mana pekerjaan di bidang kreatif terbuka luas, laptop khusus untuk content creator menjadi sebuah lini tersendiri yang terpisah dari kebutuhan gaming.

Nggak salah juga kalau ternyata banyak yang merekomendasikan laptop gaming untuk kebutuhan content creation karena spesifikasinya yang tinggi bahkan di kelas yang paling entry. Selain karena spesifikasinya, beberapa di antaranya akan mempertimbangkan untuk membeli laptop kualitas visual dari layarnya yang mumpuni. Alasannya karena kualitas konten yang diproduksi sangat bergantung pada kualitas visual yang ditampilkan di layar laptop. 

Berbeda dengan kebutuhan gaming yang hanya fokus pada aspek kecepatan dari sisi refresh rate dan response time, content creator tidak memerlukan hal tersebut, melainkan kualitas visual terbaik dengan tingkat reproduksi warna tinggi dan akurat justru lebih dibutuhkan.


Dari permasalahan tersebut, ASUS mencoba memberikan solusi melalui Vivobook Pro 14X OLED (N7400). Namun bukan hanya sekadar "mengawinkan" performa powerful ala laptop gaming dengan pilihan hingga Intel® Core™ i7 processor with Intel® Iris® Xᵉ graphics dengan layar dengan kualitas visual terbaik saja, laptop ini juga dibekali fitur yang membuatnya tampil sebagai laptop yang sangat futuristik. Bagaimana bisa? Mari kita bahas hingga tuntas.

Unik dan Futuristik

Sekilas Vivobook Pro 14X OLED (N7400) memang memiliki desain dan tampilan yang berbeda dibandingkan dengan laptop seri Vivobook yang ada sebelumnya berkat desain dengan nuansa yang lebih minimalis dan modern. Vivobook Pro 14X OLED (N7400) juga hadir dengan ukuran yang tergolong ringkas dan ringan, dengan ketebalan bodi 1,79 cm dan bobot hanya 1,45 kg sehingga mudah untuk dibawa bepergian.


Vivobook Pro 14X OLED (N7400) memiliki bodi berbahan metal serta keyboard dengan tampilan yang unik. Keyboard Vivobook Pro 14X OLED (N7400) memiliki aksen warna ganda sehingga terlihat lebih futuristik. Di bagian pojok kanan keyboard-nya juga tersemat tombol power yang juga berperan sebagai pembaca sidik jari (fingerprint sensor). Pembaca sidik jari tersebut sudah terintegrasi dengan Windows Hello sehingga membuat Vivobook Pro 14X OLED (N7400) lebih aman.

Namun fitur yang paling menarik dari Vivobook Pro 14X OLED (N7400) tidak lain adalah ASUS DialPad, suatu fitur eksklusif berupa dial virtual yang memulai debutnya di Vivobook Pro 14X OLED (N7400).


Dalam proses pembuatan konten digital, dial merupakan salah satu perangkat opsional yang telah lama dan banyak digunakan untuk membantu para kreator agar lebih produktif. Dial sendiri memiliki beberapa keunggulan selain mudah digunakan, salah satunya adalah tingkat akurasinya yang jauh lebih baik dari mouse.

ASUS DialPad dibenamkan di bagian touchpad Vivobook Pro 14X OLED (N7400). Untuk mengaktifkannya, cukup geser ikon yang terdapat di pojok kanan atas touchpad laptop ini. ASUS DialPad bekerja layaknya sebuah dial, bahkan dapat diatur untuk berfungsi layaknya Microsoft Surface Dial. Menariknya, ASUS DialPad telah dilengkapi dengan software khusus yang memungkinkan pengguna Vivobook Pro 14X OLED (N7400) untuk mengatur fungsinya sesuai dengan kebutuhan.

Saat ini, empat aplikasi kreatif populer yang mendukung penggunaan ASUS DialPad adalah Adobe Lightroom Classic CC, Photoshop CC, Premiere CC, dan After Effects CC. Dukungan terhadap software lainnya dijanjikan akan hadir kemudian.

Layar Terbaik untuk Content Creation

Vivobook Pro 14X OLED (N7400) merupakan salah satu laptop kreator dari ASUS yang sudah menggunakan layar berteknologi ASUS OLED. Dari segi ukuran layar, laptop ini memang sangat cocok untuk pengguna yang lebih suka menggunakan layar berukuran besar serta membutuhkan ruang kerja yang lega. Berkat resolusi layarnya yang tinggi yaitu 2,8K (2880x1800), Vivobook Pro 14X OLED (N7400) dapat menghadirkan kualitas visual yang tajam.


Teknologi layar ASUS OLED menyediakan solusi lengkap bukan hanya sekadar memberikan kualitas visual terbaik, namun juga sekaligus dilengkapi teknologi yang dapat melindungi kesehatan mata, serta telah mengantongi berbagai sertifikasi yang membuat laptop dengan layar ASUS OLED memiliki kualitas layar kelas profesional.

Layar ASUS OLED menggunakan panel OLED (Organic Light-Emitting Diode) yang memiliki struktur sangat berbeda dengan layar laptop yang pada umumnya masih menggunakan panel IPS. Layar ASUS OLED terdiri dari jutaan lampu berukuran sangat kecil sehingga tidak menggunakan lapisan backlight. Struktur tersebut memiliki kelebihan yaitu reproduksi warna yang sangat akurat khususnya untuk warna hitam karena absennya backlight membuat layar ASUS OLED bisa menampilkan warna hitam yang sempurna.

Warna yang Kaya dan Akurat pada ASUS OLED

Laptop dengan layar ASUS OLED mampu menampilkan kualitas visual terbaik berkat kemampuan untuk mereproduksi warna secara akurat. Layar ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3. DCI-P3 juga merupakan color gamut yang digunakan oleh industri perfilman karena memiliki cakupan warna yang sangat luas sehingga membuat detail dalam film dapat ditampilkan dengan sangat baik.

Layar ASUS OLED telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display sehingga dapat langsung digunakan bahkan oleh para profesional kreatif yang kegiatan sehari-harinya sangat bergantung pada layar yang memiliki tingkat akurasi warna yang tinggi.

Layar ASUS OLED dapat mempertahankan kualitas visualnya, termasuk tingkat akurasi dan reproduksi warna, meski layar disetel pada tingkat kecerahan yang rendah. Tidak tanggung-tanggung, pada tingkat kecerahan hanya 11% pun layar ASUS OLED dapat menampilkan kualitas visual yang sama seperti pada tingkat kecerahan 100%. Konistensi dalam menghadirkan kualitas visual ini sangat penting, apalagi bagi para insan kreatif dan content creator.

Editing Video Jadi Lebih Nyaman

ASUS OLED merupakan layar terbaik untuk para video editor. Selain memiliki spektrum warna yang luas dan akurat, layar ASUS OLED juga telah mendukung format HDR atau High Dynamic Range. Bersertifikasi Vesa DisplayHDR, layar ASUS OLED memiliki tingkat kontras warna yang sangat tinggi yaitu dengan rasio hingga 1.000.000:1. ASUS OLED juga memiliki tingkat kecerahan tinggi yaitu hingga 500nits, sehingga dapat tetap nyaman digunakan di luar ruangan.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh ASUS OLED adalah kemampuan untuk menampilkan gambar bergerak secara lebih detail. Berkat response time yang sangat kencang, yaitu hanya 0,2 ms, gambar bergerak seperti animasi, video, atau film dapat ditampilkan secara lebih detail dan tajam. Response time yang sangat kencang sangat berguna saat melakukan editing video, yaitu ASUS OLED dapat menampilkan detail video yang lebih baik dan minim efek motion blur.

Lebih Produktif Tanpa Merusak Mata

Salah satu efek negatif terbesar ketika menggunakan perangkat elektronik seperti laptop adalah paparan radiasi cahaya biru yang dapat mengganggu kesehatan mata. Untuk mengurangi dampak negatif tersebut, ASUS OLED dilengkapi dengan teknologi yang mampu mengurangi pancaran radiasi cahaya biru secara signifikan tanpa mengurangi kualitas visual. 

ASUS OLED juga telah dilengkapi dengan teknologi anti-flicker yang dapat membuat mata tidak mudah lelah, serta telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk teknologi anti-flicker dan low blue light. Sertifikasi tersebut menegaskan bahwa kemampuan ASUS OLED untuk menjaga kesehatan mata bukanlah gimmick belaka.

Laptop Creator dengan Performa Kencang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, laptop khusus untuk para content creator sudah seharusnya dibekali dengan spesifikasi hardware lebih tinggi dibandingkan laptop untuk kebutuhan komputasi sehari-hari. Vivobook Pro 14X OLED (N7400) ditenagai oleh CPU 11th Gen Intel Core H Series dengan versi tertingginya yaitu Intel Core i7-11370H. CPU tersebut biasanya digunakan di sebuah laptop gaming seperti halnya TUF Dash F15 yang artinya laptop ini memiliki performa sekelas laptop gaming. 

Tidak hanya soal CPU, Vivobook Pro 14X OLED (N7400) juga mengadopsi GPU kelas gaming yaitu NVIDIA GeForce RTX 3050. GPU yang menggunakan arsitektur terbaru ini juga telah mendukung berbagai teknologi grafis modern, salah satunya adalah real-time ray tracing. Menariknya lagi, GPU di Vivobook Pro 14X OLED (N7400) dibekali dengan NVIDIA Studio Driver

Berbeda dengan Game Ready Driver yang biasanya terpasang di laptop gaming, NVIDIA Studio Driver fokus pada optimalisasi GPU pada software dan aplikasi yang dibutuhkan oleh kreator.

Memori dan penyimpanan Vivobook Pro 14X OLED (N7400) juga sangat diperhatikan oleh ASUS. Laptop ini sudah dibekali dengan memori (RAM) DDR4 3200MHz berkapasitas 16 GB yang tentunya sudah memenuhi standar untuk menjalankan berbagai aplikasi kreatif. Sementara penyimpanannya yang menggunakan PCIe SSD 3.0 x4 berkapasitas hingga 1 TB membuat aplikasi dapat berjalan lebih gesit sekaligus memungkinkan pengguna laptop ini menyimpan data secara lebih leluasa.

Spesifikasi dan Harga


Performa kencang dibuktikan melalui hasil benchmark Vivobook Pro 14X OLED (N7400) yang menggunakan CPU Intel Core i7-11370H, GPU GeForce RTX 3050, 16GB RAM, dan 1TB PCIe SSD :


Performa pendinginan juga harus sangat dipertimbangkan karena Vivobook Pro 14X OLED (N7400) mengusung hardware kelas gaming. Oleh sebab itulah, laptop ini pun menggunakan sistem pendingin khusus, yaitu IceCool terbaru yang sudah menggunakan dua kipas. 

Lebih Mudah dan Nyaman Digunakan

Para kreator biasanya membutuhkan laptop dengan konektivitas yang lengkap. Mereka sering menggunakan perangkat tambahan untuk berkarya, mulai dari pen tablet, penyimpanan eksternal, dan lainnya. Hal tersebutlah yang membuat Vivobook Pro 14X OLED (N7400) juga tampil dengan port yang lengkap.

Vivobook Pro 14X OLED (N7400) dilengkapi dengan port USB Type-A, HDMI, 3.5mm combo audio jack, dan pembaca kartu microSD. Vivobook Pro 14X OLED (N7400) juga hadir dengan port USB Type-C Thunderbolt 4 yang telah mendukung fitur USB Power Delivery. Fitur ini memungkinkan pengguna laptop untuk mengisi daya baterai laptopnya dengan menggunakan charger USB Type-C yang lebih ringkas atau bahkan menggunakan power bank untuk memperpanjang penggunaannya.


Tidak hanya memiliki port yang tergolong lengkap, Vivobook Pro 14X OLED (N7400) juga telah dilengkapi dengan fasilitas koneksi nirkabel yang sangat mumpuni. Dengan modul WiFi 6 (802.11ax) yang juga telah didukung oleh teknologi ASUS WiFi Master untuk konektivitas lebih baik. Selain itu, Vivobook Pro 14X OLED (N7400) juga dibekali dengan Bluetooth 5.0 yang memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan berbagai perangkat seperti mouse atau headphone nirkabel.

Berkat konektivitas yang sangat lengkap, Vivobook Pro 14X OLED (N7400) menjadi mudah dan nyaman digunakan. Tak perlu dongle untuk menghubungkan berbagai perangkatnya. Selain itu, kenyamanan penggunaan Vivobook Pro 14X OLED (N7400) juga ditingkatkan dari sisi daya tahan baterainya. Berdasarkan pengujian menggunakan PCMark 10 Battery Test, laptop ini berhasil bertahan lebih dari 9 jam pada mode Modern Office. Cukup panjang untuk sebuah laptop yang ditenagai oleh CPU dan GPU kelas gaming.

Kesimpulan

Laptop ini merupakan opsi solusi terbaik bagi mereka yang bekerja sebagai content creator. Tidak hanya mengusung spesifikasi hardware yang sangat mumpuni, Vivobook Pro 14X OLED (N7400) juga dibekali layar berteknologi ASUS OLED yang merupakan layar terbaik untuk content creation

Disamping desain dan fiturnya yang futuristik, Vivobook Pro 14X OLED (N7400) juga dibanderol dengan harga di bawah Rp 20 juta sehingga masih sangat terjangkau oleh para content creator pemula atau bahkan pelajar yang ingin serius berkarya.

Informasi tentang laptop asus terbaru, silakan ikuti di Zencreator.ID.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar