Artikel Unggulan

Review Smart Watch C1 ACOME

  Smart watch atau jam tangan pintar bukan hanya jadi sekadar penunjuk waktu belaka. Di masa pandemi COVID-19 yang lalu, beragam fitur keseh...

ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302) - Laptop Ultrabook yang Ideal untuk Kerja Mobile

 


Dapat undangan yang lokasinya di Penang Bistro, Kebon Sirih. Wah, tumben bukan di lokasi biasanya. Pas saya kabarin ke istri, dia langsung envy, katanya di sana enak. Entahlah, rasanya terakhir makan siang di Penang Bistro itu ketika di Kokas, pas acaranya Predator League beberapa tahun silam. Dan seperti biasa, kalau diundang, waktunya juga pas, ya kita usahain untuk datang.

Perjalanan menuju ke lokasi cukup lancar, dengan mengandalkan transportasi online tentu saja. Dan benar saja, sesampainya di venue, baru ada beberapa orang undangan yang datang. Sembari menunggu tempatnya disiapkan, saya menunggu di resto yang ada di sekitar situ, sambil ngobrol dengan Om Brama mengenai komunitas ASUS yang pernah eksis di masanya.

Sebelumnya, saya sudah mendapatkan teaser mengenai laptop yang akan diperkenalkan pada hari itu, dengan warna pinky layaknya rose gold, tapi ternyata bukan. Namun ketika saya berada di venue, ada dua warna lain yang juga menarik perhatian saya.

Zenbook S 13 warna Aqua Celadon

Bahas warna laptopnya nanti saja ya, sekarang kita menyimak dulu penjelasan dari perwakilan ASUS Indonesia dan AMD Indonesia.

Seperti biasa, pembicara pertama adalah Bapak Muhammad Firman, yang biasa saya panggil Bang Firman (BF). Beliau menyampaikan bahwa pada kesempatan kali ini, ASUS akan menghadirkan dua hero product mereka, yaitu ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302) dan ASUS Vivobook 14X (M1403) yang ditenagai oleh kekuatan dari prosesor AMD Ryzen series.


Kemudian dilanjutkan oleh Mas Donnie Brahmandhika, perwakilan dari AMD Indonesia, yang memaparkan tentang perkembangan teknologi prosesor AMD Ryzen 6000 series. Beliau menjelaskan perbedaan teknik optimasi performa yang dimiliki oleh AMD Ryzen dibandingkan dengan seri sebelumnya, bahkan dengan kompetitornya. Prosesor AMD Ryzen 6000 series ini sudah menggunakan arsitektur Zen3+ dan dukungan teknologi grafis RDNA 2, yang mampu memberikan performa maksimal namun tetap memiliki efisiensi daya yang luar biasa. Ini merupakan modal dasar terciptanya ultrabook dengan desain tipis namun memiliki performa yang ganas.


 ASUS Zenbook S 13 OLED with AMD Ryzen 6000 series 



Laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302) ini sontak mencuri perhatian saya tatkala pertama kali memandangnya. Meski sudah terlihat dari kodenya yang menyatakan laptop ini berukuran layar 13 inci, namun kenyataannya, laptop ini tidak terlihat demikian. Tampilan visual layarnya terasa luas dan lega, nampaknya ini berkat penggunaan bezel layar yang tergolong sangat tipis.

Selain itu, warna cover belakang layarnya juga terasa lembut namun tetap terlihat mewah. Tersedia 4 pilihan warna untuk laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302) ini, yaitu Ponder Blue, Refined White, Aqua Celadon, dan Vestige Beige.


Warna Ponder Blue terlihat tegas dan elegan dengan warna biru tua yang solid. Sementara warna yang nampaknya akan jadi idaman para wanita adalah Vestige Beige yang cenderung pink muda. Padahal pink itu merah muda, jadi kalau pink muda artinya merah muda muda. Sementara warna Aqua Celadon tampil berbeda dengan warna sedikit kehijauan. Untuk pilihan warna, saya jatuh hati pada warna putih Refined White, yang meski terlihat sederhana, namun mampu tampil menonjol di antara pilihan warna lainnya. Ah, mungkin ini hanya karena tahun ini saya sedang menyukai warna putih. Smartphone, TWS, semuanya serba warna putih.

Tadi sempat saya singgung mengenai ukuran layarnya yang 13 inci, di mana secara wujud, dimensi laptop ini terlihat ringkas dan ringan. Beneran lho, laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302) ini punya ketebalan hanya 1,49 cm serta bobot hanya 1,1 kg saja. Layar OLED, dimensi ringkas, bobot ringan, ini saja sudah menjadi poin unggulan bagi pengguna laptop yang sering mobile dalam beraktivitas bersama laptopnya.

Laptop ASUS Zenbook S 13 (UM5302) ini memiliki bentang layar sebesar 13.3-inch, dengan resolusi 2.8K (2880 x 1800) dan rasio layar 16:10. Panel layar ASUS OLED pada Zenbook S 13 OLED (UM 5302) ini memiliki refresh rate 60Hz dan response time 0.2ms. Seperti halnya layar laptop ASUS OLED lainnya, Zenbook S 13 (UM5302) ini memiliki tingkat akurasi warna DCI-P3 100%, serta telah memiliki sertifikasi Pantone Validated dan VESA HDR True Black.


Yang membuat saya tertarik dengan ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302) ini, selain karena bentuknya yang ringkas, bobotnya yang ringan serta layarnya yang OLED, tentu saja adalah performa yang ditawarkan. Mendengarkan penjelasan dari Mas Donnie mengenai keunggulan prosesor AMD Ryzen 6000 series yang ditanamkan pada laptop ini, membuat saya semakin 'ngacay' untuk bisa memilikinya. Yang pertama adalah performa laptop ini bisa digenjot hingga 4,7 GHz dalam mode Boost. Ini tentu saja bisa meningkatkan produktivitas dengan mempercepat proses pekerjaan yang sedang dilakukan. Zenbook S 13 OLED (UM5302) ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 7 6800U yang dibangun di atas arsitektur Zen3+ terbaru, menghadirkan konfigurasi 8 core dan 16 thread. 

Yang kedua, laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302) ini dibekali dengan chip grafis terintegrasi AMD Radeon™ 680M, di mana chip grafis tersebut telah menggunakan arsitektur RDNA2 terbaru seperti yang digunakan di konsol modern. Kehadiran chip grafis AMD Radeon™ 680M membuat Zenbook S 13 OLED (UM5302) juga memiliki performa grafis lebih baik dibandingkan laptop ultra-portable lain di kelasnya, bahkan dapat digunakan untuk mendukung aktivitas seperti video editing serta casual gaming.


Yang ketiga, ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302) hadir sebagai ultrabook modern, oleh sebab itu, perangkat yang terpasang pun seluruhnya menggunakan standar tertinggi untuk saat ini. Di sektor memori, ASUS Zenbook S 13 (UM5302) telah menggunakan RAM dengan tipe LPDDR5-6400 berkapasitas 16GB, serta media penyimpanan dengan jenis PCIe Gen4 SSD berkapasitas 1TB yang sangat kencang. Kombinasi keduanya akan menjaga performa laptop tetap optimal bahkan untuk multi-tasking sekalipun.

Di sektor konektivitas, ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302) mengandalkan teknologi WiFi 6E dan Bluetooth 5. Sedangkan di bagian port-nya, tersedia 3x USB 3.2 Gen 2 Type-C yang sudah mendukung teknologi external display dan power delivery, serta sebuah port 3.5mm Combo Audio Jack.


Itulah 3 faktor yang membuat saya suka dan merasa laptop ini cocok untuk aktivitas saya yang mobile dan membutuhkan performa harian yang mumpuni. Ringkas, ringan, gegas, dan layarnya sangat nyaman di mata. Lalu, bagaimana dengan harganya?

 Spesifikasi & Harga Zenbook S 13 OLED (UM5302) 

Berikut ini adalah spesifikasi dan harga ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302) dalam bentuk tabel :



Main Spec.

Zenbook S 13 OLED (UM5302)

CPU

AMD Ryzen™ 7 6800U Mobile Processor (8-core/16-thread, up to 4.7 GHz)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB LPDDR5-6400

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Display

13.3-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 60Hz 0.2ms, 550nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black

Graphics

AMD Radeon™ 680M

Input/Output

3x USB 3.2 Gen 2 Type-C support display + power delivery, 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Connectivity

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5

Camera

Up to 1080p FHD camera

Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in microphone, harman/kardon certified audio systems

Battery

67WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension

29.67 x 21.05 x 1.49 ~ 1.49 cm

Weight

1.1 Kg

Colors

Ponder Blue, Refined White, Aqua Celadon, dan Vestige Beige

Price

Rp20.299.000

Warranty

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty


Jika kalian tertarik untuk memilikinya, sila gunakan tautan berikut ini untuk segera melakukan transaksi di official store terpercaya. 

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. Salam kompak persahabatan selalu..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar