Artikel Unggulan

ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405), Ultrabook Pertama dengan AI Prosesor

  ASUS mengumumkan Zenbook 14 OLED (UX3405), laptop ultraportable premium pertama yang dibekali oleh prosesor bertenaga AI, Intel® Core™ Ult...

Main Mobile Legends ala Pro Player dengan ASUS ROG Phone 7

 


Siapa yang nggak tahu dengan game berjudul Mobile Legends? Game besutan Moonton yang sangat populer di berbagai kalangan masyarakat pengguna smartphone. Game ini banyak dimainkan oleh beragam usia dan jenis kelamin, mulai dari anak-anak, hingga dewasa, baik pria maupun wanita. Game ini menjadi sangat populer bukan tanpa alasan. Gameplay-nya yang unik dan menarik serta mudah dipelajari, menjadi alasan utama mengapa game ini sangat populer. Selain itu, game ini merupakan perpaduan antara genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) dengan strategi tim, di mana pemain harus bekerja sama dengan rekan setim untuk mengalahkan tim lawan.

| Awal Mula Mobile Legends di Indonesia


Game Mobile Legends pertama kali rilis secara global pada tahun 2016 dan langsung menjelma menjadi salah satu game paling laris hingga saat ini. Game ini hadir ke Indonesia untuk pertama kalinya pada tanggal 11 Juli 2016. Seiring euforia global, peminat game Mobile Legends di Indonesia langsung membludak dan terus meningkat sampai saat ini.

Game Mobile Legends pernah memenangkan penghargaan Most Favorite Game of the Year pada gelaran Indonesia Gaming Awards 2019 lalu. Dan dahsyatnya, hingga saat ini, game ini masih terus mengukuhkan diri sebagai salah satu game MOBA populer di dunia.

| Mobile Legends Game Paling Kompetitif di Dunia


Permainan Mobile Legends sudah sering dipertandingkan, baik melalui turnamen berskala nasional maupun internasional. Sejak kehadirannya di tahun 2016 silam, tercatat ada beberapa turnamen resmi yang sudah diselenggarakan, antara lain MLBB World Championship, MLBB Regional Championship, dan MLBB Professional League. Di Indonesia sendiri, MPL ID (MLBB Professional League Indonesia) bahkan diakui sebagai liga esport nasional terbesar di Asia Tenggara. Dan belum lama ini, MPL ID Season 11 telah berakhir dengan tim ONIC Esports sebagai juaranya.

Prestasi tim ONIC Esports tidak berhenti di MPL ID S11 saja. Pada turnamen MSC 2023 (MLBB Southeast Asia Cup 2023) yang merupakan turnamen skala regional/internasional, ONIC Esports berhasil menundukkan tim BlackList yang berasal dari negara Filipina, dan menjadi juara MSC 2023.


Selain MPL ID, ada juga turnamen dengan level di bawahnya, yaitu MDL ID (Mobile Legends Development League Indonesia). MDL merupakan turnamen peringkat kedua yang hanya digelar di Indonesia oleh Moonton. Turnamen ini diselenggarakan dalam rangka mengembangkan ekosistem esports MLBB di Indonesia. Boleh dibilang, ini turnamen Mobile Legends Divisi 2 yang bertujuan mencari bibit-bibit pro-player yang sedang disemai melalui tim esports lapis kedua.

| Cara Menjadi Pro-Player Mobile Legends


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengejar cita-cita menjadi seorang pro-player Mobile Legends. Dikutip dari laman sportstars.id, berikut ini adalah hal-hal yang harus dilakukan untuk menjadi seorang pro-player game MLBB :

1. Riset Pengetahuan Detail Game

Mobile Legends memiliki fitur-fitur dan sistem yang cukup detil namun mudah untuk dipahami. Oleh karena itu, kalian wajib untuk mengetahui dan mempelajari fungsi dan manfaatnya. Seperti roleplay, item equipment, emblem, statistik hero, dan lain-lain.

2. Mendalami Roleplay dan Hero Signature

Ini merupakan hal dasar yang harus dipahami oleh para pemain. Pengetahuan secara detail terkait roleplay dan hero signature atau posisi alami dan hero yang sering digunakan, menjadikan kalian mampu memaksimalkan kedua hal tersebut.

3. Update Analisis Hero

Hal ini wajib dilakukan secara rutin sebelum menjadi seorang pro player. Ketika ada penyesuaian tentang revamp, buff dan nerf hero maupun hero yang baru rilis, kalian sudah terbiasa melakukan analisis kekuatan hero yang menjadi META saat ini.

4. Latihan Secara Rutin dan Tekun

Pemain akan memahami ritme permainan ketika melakukan latihan dengan menggunakan hero tertentu. Selain itu, latihan dengan rutin dan tekun juga bermanfaat untuk melatih membaca strategi lawan. Para pemain bisa melakukan latihan dengan bertahap di mode permainan Classic atau Custom.

5. Jadikan Classic Mode sebagai Ajang Latihan

Semakin sering menggunakan hero pilihan dan semakin sering bertemu dengan berbagai macam karakter pemain lawan, kalian terlatih untuk beradaptasi, menggunakan item dan strategi yang tepat, dengan tujuan menguasai arena pertarungan. 

6. Bermain di Rank Mode

Rank yang tinggi menjadi salah satu cara untuk menjadi seorang pro-player Mobile Legends. Namun, jangan lupakan bahwa pengalaman bermain adalah guru yang terbaik. Semakin tinggi levelnya, player yang mengisi mode ini juga semakin berkualitas. Kalian bisa belajar banyak dari player yang ada di Rank Mode.

7. Cek Live Pro Player Lain

Perkaya wawasan kalian dengan belajar dari pro player dari dalam maupun luar negeri dengan menonton live pro player.

8. Belajar dari Replay

Mempelajari plus-minus diri sendiri lewat video replay adalah salah satu cara menjadi pro player Mobile Legends. Dengan begini, kalian tidak akan mengulangi kesalahan yang sama di pertandingan berikutnya.

9. Memiliki Adab yang Baik

Sikap yang baik merupakan salah satu hal utama yang akan memudahkan jalan bagi para pemain untuk memperluas relasi agar bisa memulai karier dengan memasuki salah satu tim esports. Namun, hal ini harus beriringan dengan peningkatan kualitas permainan untuk membuka kesempatan bergabung ke tim esports profesional. Dengan hal tersebut, secara otomatis akan mendapatkan pengalaman berkompetisi berskala regional hingga nasional.

Umumnya, calon-calon pro-player akan diincar oleh tim pencari bakat dari tim esports profesional melalui turnamen-turnamen regional maupun turnamen kelas amatir/komunitas hingga semi-pro. Kalian bisa saja menjadi seorang pro-player bersama tim yang kalian bentuk dari awal, atau bahkan justru diajak bergabung dengan tim esports besar yang sudah lebih dulu punya nama dan reputasi luar biasa.

| Potensi Penghasilan Pro-Player Mobile Legends


Penghasilan seorang pro-player Mobile Legends, diperoleh melalui kontrak saat rekrutmen dan sistem penggajian oleh tim esports yang menaunginya. Menurut informasi yang saya dapatkan, berdasarkan peraturan partisipasi MPL pada musim ke-4, gaji minimum seorang pemain adalah Rp7,5 juta setiap bulan. Liga MPL berjalan selama 8 minggu + playoffs. Setiap tim juga berkewajiban untuk membayar setidaknya 3 bulan gaji seorang pemain. Penghasilan ini juga akan bertambah ketika tim-nya berhasil menjuarai turnamen, dengan mendapatkan hadiah berupa uang yang jumlahnya cukup fantastis.

Penghasilan tambahan juga bisa didapatkan melalui kontrak endorsement, kerjasama sebagai model iklan, atau dengan memanfaatkan kanal media sosial yang mereka miliki. Tidak sedikit pro-player yang memanfaatkan kanal media sosial untuk berbagi tips, bermain bersama, yang tak jarang mampu menghimpun ribuan hingga jutaan pengikut. Tapi ini tentunya berlaku jika kalian sudah cukup populer dan skill permainan kalian diakui oleh banyak orang.

Mau tau perkiraan penghasilan Jess No Limit yang mantan pro-player Mobile Legends dari tim EVOS? Dikutip dari laman media investasiku.id pada bulan Februari 2023 silam, dilansir dari Social Blade, penghasilan Jess No Limit diperkirakan bisa mencapai 11.500 USD hingga 183.800 USD atau jika dirupiahkan mencapai Rp172 Juta hingga Rp 2,7 Miliar setiap bulannya. Dahsyat sekali bukan? Generasi jaman sekarang, siapa yang tidak tertarik untuk menjadi kaya dan sukses hanya dengan bermain game secara profesional?

Jika kalian punya cita-cita untuk menjadi seorang gamer profesional, khususnya dalam permainan Mobile Legends, harus mulai menjalankan langkah-langkah untuk menjadi seorang pro-player seperti sudah saya jabarkan di atas. Namun, hal itu belum cukup. Diperlukan perangkat yang mumpuni untuk bisa mendukung aktivitas tersebut. Dan perangkat tersebut adalah smartphone gaming ASUS ROG Phone 7 series.


Sekilas mengenai ASUS ROG Phone 7 series



ASUS ROG Phone 7 series merupakan smartphone gaming terbaru yang meneruskan kejayaan pendahulunya, yaitu ROG Phone 6. Smartphone gaming ASUS ROG Phone 7 series mendapatkan banyak perubahan dan peningkatan dari segala aspek, baik secara hardware maupun softwarenya. ASUS ROG Phone 7 series akan hadir dalam 2 tipe, yaitu ASUS ROG Phone 7 dan ASUS ROG Phone 7 Ultimate.


ASUS ROG Phone 7 series ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 dengan clock frekwensi 3,2 GHz yang menawarkan performa tinggi untuk aktivitas gaming. Prosesor ini memiliki kemampuan 15% lebih cepat dan 15% lebih hemat daya dibandingkan generasi sebelumnya. ASUS ROG Phone 7 series membenamkan memori hingga 16 GB RAM LPDDR5X 8533 Mbps yang lega dan gegas, serta media simpan ROM UFS 4.0 berkapasitas 512 GB yang dua kali lebih cepat dari UFS 3.0.

Teknologi Snapdragon Elite Gaming™ yang terdapat pada ASUS ROG Phone 7 memungkinkan proses ray-tracing dikerjakan oleh hardware secara realtime. Ini berarti, gamer dapat menikmati penampilan visual yang hiper-realistis, terutama pada permukaan air dan logam, cahaya dan bayangan, sehingga akan memperkaya pengalaman bermain game untuk game-game yang mendukung teknologi ray-tracing.


ASUS ROG Phone 7 series menawarkan keunggulan visual luar biasa berkat panel layar Samsung AMOLED 165 Hz dengan touch sampling rate mencapai 720 Hz dan akurasi warna Delta E <1. Bagi yang belum paham mengenai touch sampling rate, ini adalah jumlah sentuhan pada layar yang bisa dikenali dalam 1 detik. Jika menggunakan contoh di atas, ASUS ROG Phone 7 mampu mengenali 720 sentuhan dalam 1 detik. Tak hanya itu, konfigurasi dan kalibrasi visual yang luar biasa dipercayakan kepada perusahaan pemrosesan visual terkemuka Pixelworks®.

Khusus untuk perangkat ASUS ROG Phone 7 Ultimate, terdapat fitur ROG Vision di bagian cover belakangnya. ROG Vision merupakan fitur inovatif berupa tampilan matriks berwarna di bagian belakang ponsel. Melalui ROG Vision, kalian bisa menampilkan animasi sesuai dengan aktivitas yang sedang berjalan pada sistem, seperti misalnya status pengisian daya, panggilan masuk, aktivasi Mode X, dan lainnya. Kalian juga bisa membuat animasi sendiri, sesuai dengan kreatifitas dan keinginan kalian untuk tampil unik dan berbeda bersama ASUS ROG Phone 7 Ultimate. 

Seluruh potensi keunggulan ASUS ROG Phone 7 di atas, dapat dikonfigurasi dengan mudah melalui sebuah aplikasi, yang berfungsi sebagai panel kontrol pusat terintegrasi, bernama Armoury Crate

Mengapa Harus ASUS ROG Phone 7?



Untuk saat ini, jawabannya adalah karena ASUS ROG Phone 7 adalah perangkat gaming tanpa kompromi! Sedikit ringkasan pembahasan dari sisi hardwarenya, ASUS ROG Phone 7 sudah menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, dengan fitur teknologi Snapdragon Elite Gaming, yang akan mengoptimalkan ASUS ROG Phone 7 baik dari sisi perangkat keras dan perangkat lunak, menjadi mesin gaming yang sesungguhnya. 

Kompensasi dari perangkat gaming dengan performa tinggi adalah panas yang dihasilkan oleh komponen di dalamnya. Apalagi jika gamer sedang konsentrasi menaikkan rank-nya, pasti durasi permainan jadi sangat panjang. Aktivitas ini bisa menimbulkan panas yang berlebihan pada perangkat. Namun hal ini sudah diantisipasi dengan sangat matang, belajar dari pengalaman pada seri sebelumnya, sistem pendingin ASUS ROG Phone 7 kini hadir lebih agresif dan efektif. 

Sistem pendingin GameCool 7 merupakan solusi terbaik untuk mendinginkan CPU pada ASUS ROG Phone 7. Sistem pendinginan ini menggunakan pendekatan tiga skenario penggunaan. Untuk sesi gaming singkat, senyawa termal Boron Nitride (BN) di satu sisi CPU mengurangi pelambatan performa (throttle down). Sesi dengan durasi menengah, panas yang dihasilkan komponen akan ditangani oleh vapor chamber yang berukuran lebih besar dan lembaran grafit di sisi lain CPU. Terakhir, untuk sesi gaming marathon, disarankan untuk menggunakan AeroActive Cooler 7 yang dilengkapi dengan kipas dan ditempatkan tepat di atas modul CPU yang bekerja untuk pendinginan aktif bertenaga AI, memanfaatkan teknologi elemen Peltier untuk performa pendinginan yang super agresif.

Sistem pendinginan yang lebih sophisticated, diterapkan pada ASUS ROG Phone 7 Ultimate, yaitu hadirnya AeroActive Portal yang sebelumnya diimplementasikan pada ROG Phone 6D Ultimate. AeroActive Portal adalah saluran masuk udara di bagian atas (posisi smartphone horizontal) yang akan terbuka/aktif secara otomatis ketika AeroActive Cooler 7 dipasang. AeroActive Cooler 7 akan menghembuskan aliran udara dingin dari pendingin ke sirip pendingin vapor chamber secara konstan. Hal ini terbukti mampu meredam panas yang dihasilkan oleh SoC, serta menghasilkan peningkatan yang sangat signifikan dalam kinerja game dan daya tahan baterai. Efisiensi thermal pada smartphone meningkat hingga 20% ketika AeroActive Portal bekerja.

AeroActive Cooler 7 menggabungkan kinerja kipas dengan lebih banyak bilah untuk airflow yang lebih maksimal, dengan pendingin Peltier termoelektrik untuk daya pendinginan maksimal. Konsep DualCool yang revolusioner memastikan pendinginan merata di seluruh bagian permukaan ASUS ROG Phone 7. Bagian belakang smartphone didinginkan oleh pendingin Peltier, sedangkan udara pendingin juga akan diarahkan ke seluruh layar ponsel untuk mendapatkan pendinginan maksimum secara efektif. Sistem pendinginan yang mutakhir ini menjadikan performa baterai ASUS ROG Phone 7 jauh lebih efisien lagi, sehingga pantas jika smartphone ini menyandang predikat smartphone gaming paling hemat energi. 

ASUS ROG Phone 7 membenamkan baterai monster berkapasitas 6000mAh dengan dukungan pengisian cepat QuickCharge 5.0 dan PowerDelivery. ASUS ROG Phone 7 memberikan adapter 65W yang mampu mengisi daya baterai dengan cepat sehingga ASUS ROG Phone 7 bisa digunakan kembali dengan segera.

| Fitur Pendukung Permainan


Agar dapat bermain game layaknya pro-player, kalian tidak hanya memerlukan perangkat gaming dengan spesifikasi terkencang untuk melatih skill permainan setiap hari, tapi juga perlu adanya fitur-fitur built-in yang mendukung aktivitas bermain game itu sendiri.

ASUS ROG Phone 7 memiliki dan menawarkan banyak sekali fitur pendukung permainan, yang bisa membuat kalian menikmati jalannya permainan layaknya seorang pro-player. Adapun fitur-fitur tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

X Sense //

X Sense merupakan fitur perangkat lunak baru untuk meningkatkan pengalaman bermain game yang lebih baik. X Sense akan membantu gamer mendeteksi peristiwa penting di layar, seperti saat item baru yang penting muncul di peta atau musuh mendekat dengan notifikasi pop-up. Ketika gamer mengalahkan banyak lawan dalam satu manuver, X Sense akan menambahkan efek visual untuk menambah efek selebrasi. X Sense sendiri akan dibantu oleh X Capture, sebuah tools AI yang secara otomatis merekam momen tak terlupakan dalam pertempuran, seperti mengalahkan musuh atau memenangkan pertandingan.

AirTrigger //



AirTrigger merupakan fitur tombol kontrol ultrasonik yang memberi tambahan opsi kendali hanya dengan menggunakan ujung jari. Fitur ini memberikan pengalaman bermain seperti menggunakan controller pada konsol. Fitur ini mendukung berbagai aksi seperti Dual Action, Press and Lift, dan Gyroscope Aiming. ASUS ROG Phone 7 memiliki motor linier sumbu X yang memberikan haptic feedback yang kuat, yang memberikan pengalaman gaming lebih nyata lewat sensasi getaran.


| Pendingin Multi-Fungsi AeroActive Cooler 7


Perangkat pendukung AeroActive Cooler 7 hadir bukan hanya sebagai aksesoris pendukung sistem pendinginan semata. Aksesoris ini menawarkan peningkatan kenyamanan ekstra untuk bermain game atau mempelajari strategi permainan lewat video replay. Apa saja fitur yang ditambahkan melalui perangkat aksesoris pendingin yang mutakhir ini?

4 Tombol Ekstra //


Kehadiran 4 tombol tambahan di sisi kanan dan kiri AeroActive Cooler 7 ini memberikan opsi kendali tambahan yang bisa dimanfaatkan untuk meraih kemenangan dalam setiap permainan. Melengkapi AirTrigger, tombol tambahan ini juga bisa dikustomisasi melalui aplikasi Armoury Crate, memudahkan gamer saat melakukan aksi kombo dalam permainan.

Mini Sub-Woofer //



Melengkapi stereo speaker di bagian depan, AeroActive Cooler 7 ini juga memiliki sub-woofer lima magnet super-linear yang akan meningkatkan volume bass hingga 77 %, menciptakan sistem tata suara 2.1 dengan volume 50% lebih efektif daripada tanpa menggunakan AeroActive Cooler 7. Alhasil, suara dalam permainan terdengar lebih jelas, lebih jernih, dan lebih bulat. Sistem tata suara pada ASUS ROG Phone 7 ini didukung oleh teknologi dari Dirac Virtuo™ serta Snapdragon Sound™ untuk pengalaman audio yang menakjubkan.

| Moonton dan ASUS ROG Phone 7

Di awal tadi sempat dibahas mengenai kaitan permainan Mobile Legends dengan ASUS ROG Phone 7 sebagai smartphone gaming paling canggih saat ini. Hal ini bukan tanpa alasan. ASUS ROG menjalin kerjasama dengan MOONTON selama 2 tahun ke depan, untuk mengembangkan pengalaman bermain mobile gaming yang lebih spektakuler. Sebagai langkah awal, aplikasi game dan tema Mobile Legends akan tersedia secara preloaded pada seri ASUS ROG Phone 7. Tema Mobile Legends memungkinkan pengguna untuk mengakses pengaturan antarmuka, dengan tampilan visual dari karakter hero yang ada pada game tersebut.

ASUS ROG Phone telah menjalin kerjasama dengan MOONTON sejak 2022, yakni pada ajang kompetisi Malaysia Professional League. Atas kepercayaan yang telah dibangun, ASUS ROG Phone menjajaki peluang, melakukan eskalasi dan ekspansi kompetisi regional ke skala global. Ekspansi ini meliputi empat turnamen esports internasional Mobile Legends: Bang Bang: Piala Asia Tenggara 2023 dan 2024, serta Kejuaraan Dunia M-Series M5 dan M6. Kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan ekosistem esport, meningkatkan kualitas konten gaming serta memberikan pengalaman bermain yang lebih kompetitif.

Selain itu, kerjasama ini memungkinkan seluruh potensi yang ada pada ASUS ROG Phone 7, baik itu hardware maupun fitur-fitur pendukung permainan, dimaksimalkan untuk bermain Mobile Legends. Dengan demikian, langkah kalian untuk menjadi seorang pro-player Mobile Legends dapat dicapai dengan lebih menyenangkan dan lebih percaya diri. Bayangkan bagaimana mudahnya jika combo skill bisa dilakukan hanya dengan menekan satu tombol yang sudah dikustomisasi melalui Armoury Crate. Bermain Mobile Legends dengan menggunakan ASUS ROG Phone 7 memberikan keunggulan lebih, jika dibandingkan dengan pemain yang menggunakan smartphone lainnya.


| Harga & Ketersediaan


Bagi kalian yang berminat untuk memiliki ASUS ROG Phone 7, kalian bisa memanfaatkan promo yang disediakan oleh ASUS ROG Indonesia. Ada 2 promo untuk ASUS ROG Phone 7 yaitu :

1. Early Bird Promo :

Periode tanggal 18-31 Juli 2023.

Untuk setiap pembelian ASUS ROG Phone 7 series konsumen akan mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun Garansi resmi. (Dengan total hadiah senilai 2 juta rupiah).

Promo ini berlaku di semua mitra penjualan resmi Asus offline, seperti: Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners. Serta mitra online, seperti: Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online store.

2. Consumer Launch Promo :

Periode tanggal 18-23 Juli 2023 di Atrium Gandaria City Mall.

Selain mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun Garansi resmi, konsumen juga akan mendapatkan tambahan spesial merchandise seperti: ROG exclusive Jacket, MLBB limited edition T-Shirt dan juga 1000 MLBB diamonds. (Dengan total hadiah senilai 3,5 juta rupiah).

Promo ini berlaku khusus untuk konsumen yang telah melakukan pre-order dari tgl.8-17 Juli secara offline di Erafone lalu melakukan pickup/pengambilan produk di event venue ataupun untuk konsumen yang akan melakukan pembelian langsung di event venue.

ASUS ROG Phone 7 bisa didapatkan dengan harga sebagai berikut :

ROG Phone 7 Ultimate (16/512GB) - Rp 18.999.000

ROG Phone 7 (12/256GB) - Rp 13.999.000

ROG Phone 7 (8/256GB) - Rp 10.999.000

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan mengenai ASUS ROG Phone 7 dan potensi ekonomi yang bisa diperoleh sebagai seorang pro-player Mobile Legends. Semoga bermanfaat, salam kompak persahabatan selalu..

Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 7 Blog Writing Competition di Blog Travelerien


Tidak ada komentar:

Posting Komentar