Artikel Unggulan

5 Alasan HUAWEI MateBook D 14 Jadi Laptop Andalan

  Setiap orang memiliki kebutuhan unik dalam memilih laptop, yang bisa beragam dari segi fungsionalitas dan kemampuan komputasi yang canggih...

Kampus Baru, Laptop Baru, ASUS Vivobook 14 (A1404)

 


Selasa pagi, jelang pukul 9, aku bersiap untuk menuju ke lokasi gathering. Kebetulan, ada pesanan roti dari para peserta gathering yang merupakan anggota komunitas blogger. Acaranya sendiri menurut jadwal dimulai pada pukul 10 pagi. Berhubung bawaanku banyak, aku yang biasanya berangkat dengan menggunakan gojek, kali ini harus menggunakan gocar, agar roti yang sudah dipesan tetap dalam kondisi baik dan terjaga.

Good Folks, Cikini

Mobil Gocar yang kutumpangi sampai di lokasi pada pukul 10 kurang beberapa menit. Terlihat di sana sudah ada beberapa teman yang sampai duluan. Aku pun menurunkan barang bawaan berupa roti pesanan sebanyak 2 tas besar, dan membawanya masuk ke dalam kafe yang sudah di-booking sebelumnya.

ASUS Blogger Mini Gathering

Ternyata blogger gathering kali ini adalah untuk membahas laptop ASUS yang pas untuk mahasiswa, yaitu Vivobook 14 (A1404). Kenapa demikian? Karena pertanyaan setiap menjelang tahun ajaran baru biasanya selalu berulang, "Laptop apa yang bagus untuk anak sekolah/kuliah?"

Nah! Supaya nggak kecewa karena salah beli laptop, maka dari itu, aku akan coba bahas kenapa laptop ASUS Vivobook 14 (A1404) ini memang sesuai untuk mahasiswa. Sebentar ya, aku fotoin dulu penampakan laptopnya seperti apa.


Tipis & Ringan

Yang namanya mahasiswa, biasanya bergerak secara dinamis. Berpindah dari kelas mata kuliah satu, ke kelas mata kuliah berikutnya. Laptop yang tebal dan berat, lama kelamaan akan menjadi beban. 


ASUS Vivobook 14 (A1404) memiliki bobot yang ringan, hanya 1,4Kg dan ketebalan hanya 1,79cm saja. Dimensinya yang ringkas memungkinkan laptop ini untuk dibawa hanya dengan menggunakan tas ransel/backpack biasa, tanpa mengurangin space untuk buku catatan, diktat, adaptor, maupun alat tulis. Laptop yang praktis dan portabel, membuat mahasiswa bisa bekerja di mana saja dengan cepat, baik itu di kampus, di kos-kosan teman, di kafe bahkan di rumah.

Port Konektivitas Lengkap

Meski tipis, laptop ASUS Vivobook 14 (A1404) tetap menghadirkan port I/O yang lengkap, termasuk konektivitas nirkabel. Yang namanya mahasiswa, terkadang memerlukan koneksi internet dalam mengerjakan tugas kuliahnya. ASUS Vivobook 14 (A1404) sudah menggunakan standar Wi-Fi 6E 802.11ax (Dual band) yang cepat dan stabil. Mau mengerjakan tugas sambil mendengarkan lagu via Spotify tapi nggak mau mengganggu sekitarnya? Hubungkan saja headphone wireless kalian dengan koneksi Bluetooth® 5.3 Wireless yang rendah latensi.


Namanya mahasiswa, kadang perlu colok flashdisk untuk mindahin data tugas agar bisa dicetak di tempat jasa fotokopi. Atau pinjam eksternal harddisk teman untuk meng-copy film yang ingin ditonton saat senggang. Hubungkan saja perangkat tersebut ke port USB yang tersedia di sisi sebelah kanan laptop ASUS Vivobook 14 (A1404). Ada port USB tipe A yang lazim dipakai untuk berbagai perangkat, serta USB tipe C yang mulai wajib ada untuk menghubungkan ke perangkat yang lebih modern. 

Namanya mahasiswa, kadang harus tampil di depan kelas untuk melakukan tugas presentasi. Perlu koneksi ke proyektor agar slide presentasi bisa ditampilkan dan dilihat oleh dosen dan rekan mahasiswa lainnya. Tersedia port HDMI 1.4 yang dapat dihubungkan ke proyektor, atau ke eksternal monitor yang mendukung resolusi hingga 4K 30fps.

Layar FullHD, Bisa Dibuka hingga 180°

Namanya mahasiswa, pasti membutuhkan bidang kerja yang luas agar nyaman dalam mengerjakan tugas. Layar laptop ASUS Vivobook 14 (A1404) memiliki ukuran 14 inci dengan resolusi FullHD (1920 x 1080) dengan aspek rasio 16:9 yang tergolong luas. Berkat tingkat kecerahan yang mencapai 250 nits, menjadikan tampilan pada layar laptop ini tetap jelas dan mudah dibaca di berbagai kondisi cahaya lingkungan.


Namanya mahasiswa, kadang mereka mengerjakan tugas kelompok, atau belajar bersama-sama. Layar laptop ASUS Vivobook 14 (A1404) bisa dibentangkan hingga 180° sehingga dapat memudahkan teman-teman yang lain untuk menyimak dan memahami permasalahan yang sedang dihadapi. Biasanya, mahasiswa kalau sedang belajar kelompok di kosan, seringnya rebahan di lantai. Buka laptop, sambil ngeriung mengelilingi laptop. Dengan layar yang bisa dibuka sampai mendatar, semua mata bisa melihat dengan jelas ke arah yang sama.

Tangguh dengan Perlindungan Plus

Namanya mahasiswa, kadang sedikit ceroboh dalam beraktivitas. Berlari mengejar bus sambil membawa laptop di dalam ransel, tak jarang menyebabkan kerusakan pada laptop akibat guncangan. Apalagi jika tidak sengaja terbentur, atau bahkan jatuh dari meja. Kekhawatiran akan hal tersebut tidak perlu terjadi jika menggunakan laptop ASUS Vivobook 14 (A1404), karena laptop ini sudah lolos uji sertifikasi ketahanan berstandar militer MIL-STD-810H, dalam 26 prosedur pengujian ekstrim, di antaranya adalah suhu ekstrem, kelembaban, getaran, dan benturan. 


Lapisan ASUS Antimicrobial Guard Plus di permukaan laptop akan membantu mengurangi penyebaran virus dan bakteri berbahaya. Dengan demikian, resiko pengguna terpapar penyakit dapat ditekan secara optimal.

Namanya mahasiswa, kadang ikut kelas online via aplikasi Zoom dan wajib on-cam. ASUS Vivobook 14 (A1404) memiliki webcam dengan resolusi 720p HD yang mampu menampilkan wajah mahasiswa secara detil, jernih dan tajam. Saat sedang tidak digunakan, webcam bisa ditutup dengan webcam shield sebagai salah satu bentuk proteksi terhadap privasi penggunanya.


Nggak cuma itu saja, soal keamanan, untuk login ke dalam sistem operasinya, sudah bisa menggunakan fingerprint scanner yang ada di sudut area touchpad. 

Sistem operasi laptop ASUS Vivobook 14 (A1404) sudah menggunakan Windows 11 Home yang disandingkan dengan aplikasi Microsoft Office Home and Student 2021 original. Pengguna cukup terhubung dengan internet saat melakukan aktivasi agar dapat menggunakannya secara maksimal.

Gaya dengan 4 Pilihan Warna

Yang namanya mahasiswa, biasanya peduli dengan penampilan. Sebisa mungkin, dari ujung kepala hingga ujung kaki, memiliki gaya dan warna yang senada dengan konsep mix & match yang menggambarkan kepribadiannya. ASUS Vivobook 14 (A1404) menawarkan 4 varian warna yang menarik, yaitu Quiet Blue, Icelight Silver, Transparent Silver, dan yang terbaru adalah Terra Cotta.


Baterai Tahan Lama

Buat mahasiswa, durasi pemakaian laptop mesti awet dan tahan lama, terutama saat kondisi sedang jauh dari colokan listrik. Kombinasi prosesor Intel Core Gen12 dan baterai 42Whrs, mampu menjadikan laptop ASUS Vivobook 14 (A1404) ini efisien dan hemat daya, sehingga dapat bertahan seharian. Adaptornya sendiri memiliki ukuran yang ringkas, dengan daya sebesar 45W. Ukuran fisiknya sedikit lebih besar dibandingkan dengan charger smartphone berdaya tinggi.


Harga dan Performa Sesuai Kebutuhan Mahasiswa

Setiap mahasiswa, pasti memiliki kebutuhan laptop yang berbeda, sesuai dengan Fakultas atau Jurusannya. Hal ini telah diantisipasi dengan beragam varian spesifikasi dan konfigurasi yang dimiliki oleh laptop ASUS Vivobook 14 (A1404). 


Di rentang harga 7 juta rupiah, tersedia 4 varian konfigurasi spesifikasi laptop ASUS Vivobook 14 (A1404) sebagai berikut :

  • Rp7.099.000 (Intel® Core™ i3-1215U 8GB, 256GB)
  • Rp7.199.000 (Intel® Core™ i3-1215U 8GB, 512GB)
  • Rp7.499.000 (Intel® Core™ i3-1315U 8GB, 256GB)
  • Rp7.699.000 (Intel® Core™ i3-1315U 8GB, 512GB)

Untuk kebutuhan komputasi yang lebih tinggi, laptop ASUS Vivobook 14 (A1404) memiliki varian tertinggi hingga Intel Core i7 Gen13.


Nah! Jika di antara para pembaca ada yang sedang memerlukan laptop untuk diri sendiri atau anaknya atau keponakannya yang akan memasuki jenjang pendidikan tinggi sebagai mahasiswa baru, laptop ini sudah bisa dibeli di toko atau marketplace yang kalian nyaman untuk bertransaksi di sana. Untuk keamanan transaksi, pastikan hanya membeli ASUS Vivobook 14 (A1404) ini di ASUS Official Store Shopee atau ASUS Official Store Tokopedia. Cek ketersediaannya sebelum check-out.

Demikian informasi mengenai laptop yang pas untuk mahasiswa, semoga bermanfaat. Salam kompak persahabatan selalu..

4 komentar:

  1. Aku baca paragraf awal jadi ketawa mas, biasa pergi pake goride jadi gocar karena bawa roti ya. Ahaha. Paling seneng liat laptop harga terjangkau dan tipis gini ya. Enak dibawa kemana2. Tahan guncangan juga jd gak worry kejeduk2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong. Kwalitas roti harus dijaga sampai ke tangan pemesan. Laptop ini bisa jadi referensi buat mahasiswa baru nih..

      Hapus
  2. Mahasiswa tuh kan banyakan wara wirinya, ngga kuatir kalo laptop udah pakai military grade, kejeduk masih aman...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Bebas worry karena memang sebadak itu..

      Hapus