[Proof of Concept] Dapatkah Memori Internal Smartphone Ditingkatkan?

Beberapa waktu lalu, dalam sebuah forum pengguna smartphone, seorang kawan gw melontarkan sebuah gagasan untuk meningkatkan memori penyimpanan internal menjadi 2x lipat dari standarnya. Tentu dengan gaya pernyataan beliau yang seringkali sulit diterima oleh logika awam. Bahkan dalam thread tersebut, walaupun beliau telah menunjukkan bukti², masih banyak yang belum bisa menerima kejeniusan beliau dengan lapang dada. Dan ketika beliau menantang seisi forum untuk membuktikannya, dengan memberikan upgrade gratis untuk 3 orang member yang pemberani, nampaknya tidak ada satupun yang tertarik, kecuali gw. So, secara bilateral gw hubungi beliau untuk konfirmasi, apakah benar demikian adanya tawaran tersebut, dan beliau mengiyakan, segera saja gw mempersiapkan sebuah smartphone dari ASUS yang bertipe Zenfone 5 generasi awal sekali.

Lokasi workshop : iBenerin
Keesokan harinya, sesuai janji pertemuan dengan beliau, akhirnya gw berangkat ke workshop beliau yang berlokasi di daerah Tebet, tepatnya di sebuah gedung kantor di belakang martabak Bazinga (tanpa n). Karena janjinya sebelum pukul 12 siang, karena beliau mau pulkam, gw sampai lokasi pukul 10 pagi, dan ternyata beliau baru saja terlelap. Maklum, beliau ini termasuk mahluk nocturnal :p Tunggu punya tunggu, akhirnya beliau bangun juga, dan segera gw menyerahkan smartphone gw untuk ditingkatkan. Waktu penyerahan adalah pada tanggal 9 Desember 2015, dan dijanjikan bahwa smartphone dapat diambil kembali selepas tanggal 15, yang mana akhirnya gw baru bisa luangkan waktu ke sana pada tanggal 17 Desember 2015, malam, selepas acara live Trending Topic edisi Spesial Star Wars.

Nah, sebelum smartphone diserahterimakan, gw sempat melakukan screenshot melalui aplikasi CPU-Z untuk memastikan kapasitas internal storagenya. Dan berikut ini adalah informasi unit gw sebelum ditingkatkan kapasitasnya.

Internal storage 8GB, tersedia ± 5GB
Kapasitas penyimpanan internal tidak akan pernah murni full karena juga ditumpangi oleh OS dan file system lainnya. Hal ini juga berlaku ketika kapasitas penyimpanan sudah ditingkatkan, dan berikut ini adalah screenshot yang gw ambil selepas pekerjaan selesai dilakukan.

Internal storage 16GB, tersedia ± 12GB
Isu yang sering terjadi saat mengganti internal memori adalah informasi baseband dan IMEI yang kosong. Seperti yang kebetulan terjadi pada kasus di bawah ini. 


Informasi baseband dan IMEI kosong
Hal ini tidak terjadi pada smartphone yg gw relakan untuk dijadikan ajang pembuktian peningkatan kapasitas memori internal. Seperti nampak pada screenshot di bawah ini.

Ki : Sebelum, Ka : Sesudah
Alhamdulillah, fungsi telpon, sms dan mobile data lainnya, termasuk wifi serta kamera berjalan dengan normal.

So, What's The Handicap??
Dari hasil obrolan semasa pengambilan unit, beliau menyatakan bahwa pada prinsipnya, semua merk smartphone memungkinkan untuk ditingkatkan kapasitas penyimpanan internalnya, hanya saja tipe emmc yang sesuai masih sulit didapatkan. Namun beliau berani mengklaim bahwa semua smarpthone ASUS generasi awal (Zenfone 4, 5, 6) serta tablet ASUS generasi awal (Fonepad) bisa ditingkatkan penyimpanan internalnya dengan tingkat keberhasilan 100%. Benar² luar biasa.

What's Next?
Banyak kawan yang berharap dan menanyakan, apakah mungkin jika kapasitas RAM yang ditingkatkan? Beliau menyatakan, hal itu mungkin saja, namun perlu diingat bahwa diperlukan teknik dan perangkat yang berbeda untuk melakukan itu, di mana faktor harga alatnya juga tidak bisa dikatakan murah.

Is It Worth?
Untuk saat ini, mungkin secara biaya masih tergolong tinggi, namun beliau menyatakan, harga itu fleksibel, bahkan jika emmc penggantinya bawa sendiri, cukup bayar ongkos jasa saja. Solusi yang umum, jika smartphone sudah menyediakan slot microSD, kebanyakan akan memilih itu. Mending beli microSD daripada cangkok emmc. Perlu diingat bahwa kecepatan baca/tulis memori internal tentunya lebih cepat daripada kecepatan baca/tulis pada microSD. Dan dari sudut pandang gw, solusi ini lebih cocok untuk  smarpthone yang tidak menyediakan opsi microSD, tentunya kembali kepada kemampuan finansial masing² pengguna.

Conclusion
Bahwa teori peningkatan kapasitas penyimpanan internal bukan lagi sekedar mitos belaka. Hal ini dimungkinkan dengan adanya perangkat yang memadai, emmc pengganti yang sesuai, serta keahlian dari sang eksekutornya tentu saja, seperti pada teori komputerisasi di mana faktor yang berperan penting ada 3, hardware, software dan brainware. 

Notes!
Ada baiknya kita sedikit menahan diri dalam melontarkan sebuah pernyataan. Lakukan sedikit information gathering, background checking, sebelum mencetuskan pernyataan yang cenderung memojokkan, merendahkan, bahkan menghakimi suatu hal yang mungkin pada kenyataannya, ilmu kita yang belum sampai pada tataran itu. Ini juga jadi catatan bagi gw pribadi dalam memberikan komentar, pernyataan maupun menyimpulkan sesuatu.

Sedikit bocoran, beliau memperbolehkan gw untuk mengambil gambar alat yg digunakan beliau untuk melakukan pekerjaan ini.

Alat yang nampak sederhana

Dan tentunya maskot workshop yang menjadi kawan beliau dalam setiap aktifitas, baik yang produktif, maupun non produktif :)

Sang maskot : iRongrong

Tidak lupa, salam dari beliau. Jangan sungkan untuk sekedar mampir dan berdiskusi tentang hal apapun :)

The Executor : Kang MAS / Mbah ITP
Terima kasih.

Komentar

  1. Sekarang alamatnya pindah, bukan di ibenerin lagi, tapi di fix&repair, lokasinya sebelah hotel maharani, mampang, depan kantor pusat blue bird..

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Sama-sama.. semoga bermanfaat.. terima kasih atensinya :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

Masalah Whiteline pada ASUS Zenfone Zoom S