[Review] ASUS Zenpad 7.0, Hadirkan Layar Bioskop Pribadi Ke Pangkuan!

Halo! Jumpa lagi sama gw di blog yang sederhana ini. 
Beberapa waktu lalu, gw mendapatkan kiriman paket lagi dari ASUS Indonesia, sebagai bagian dari User Experience Program yang ASUS canangkan.

Paket via JNE
Packing yang cukup kokoh untuk pengiriman barang elektronik. Sudah menjadi standar operasional prosedur dari ASUS Indonesia.

Unboxing

Setelah dibongkar paksa, isinya merupakan sebuah box yang cukup besar. Kira² ukurannya 2x box kemasan fonepad.

Box kemasan dan sekilas informasi
Kemudian, kedua box di dalam box gw keluarkan untuk memastikan apa saja isi di dalamnya.

2 box terpisah
Ada 2 box di dalamnya, yaitu 1 box untuk unit tablet utamanya, serta 1 box lagi merupakan audio covernya. Dengan sedikit tidak sabar, serta bantuan kawan kantor yang juga kepo, maka terbongkarlah isi kedua box tersebut. Seperti nampak di bawah ini.

Isi dalam kedua box
Lalu, isi box unit utama gw keluarkan seluruh isinya. Seperti biasa, isinya sangat minimalis, yaitu berupa kabel usb, kepala charger serta buku manual dan garansi.

Isi box utama
Sedangkan pada box cover, isinya juga sangat minimalis, yaitu cover audio dan usb adapter untuk charging audio cover.

audio cover + adapternya
Adapter untuk chargingnya cukup unik, belum pernah gw liat sebelumnya.

adapter untuk charging audio cover

Spesifikasi
Menurut informasi yang gw dapatkan dari situs resmi ASUS, spesifikasi ASUS Zenpad 7.0 ini adalah sebagai berikut.

spesifikasi
Sedangkan informasi yang diperoleh melalui aplikasi Antutu adalah sebagai berikut.

Antutu Info
Selanjutnya mari kita tengok secara lebih mendetil lagi untuk masing² unitnya.

Stripping The Unit
Mula² kita lihat bagian belakang unit tabletnya. Nampak back cover yang bisa diganti², akan ada beberapa pilihan warna.

Back cover detail
Setelah cover dibuka, akan nampak beberapa informasi seperti di bawah ini.

Info & slots
Nampak slot untuk tambahan memori microSD, slot untuk SIMcard, serta konektor khusus yang menghubungkan tablet dengan audio cover nantinya. SIMcard yang didukung masih mengandalkan 3G saja, belum sampai 4G/LTE. Dan informasi tambahan untuk baterainya menggunakan non-removable Li-Po sebesar 13Wh.

Audio Cover Details
Pada sisi Audio Cover yang terpisah, dapat kita lihat bahwa bagian ini nampak elegan, mewah dan terasa cukup berat saat dipegang.

Audio Cover
Menurut informasi, audio cover ini sudah termasuk baterai cadangan sebesar 3450mAh. Jadi, pada ASUS Zenpad 7.0 ini, terdapat 2 baterai yang dapat dimanfaatkan untuk kenikmatan penggunaannya. Kemudian, jika kita lihat lebih detil lagi, di sana ada konektor untuk adapter pengisian baterai yang berupa kotak hitam tadi. Jadi, saat audio cover sedang tidak ditandemkan, unit ini bisa dicharge secara terpisah.

Connector & info PN/SN

The Look
Jika kita ingin memanfaatkan audio covernya, maka sebelumnya kita harus melepaskan cover pada unit tabletnya terlebih dahulu, dan langsung menggunakan audio covernya. Saat telah digabungkan, unit ini terasa lebih mantap, lebih elegan.

Up : kover atas, down : kover bawah
Dan karena covernya sudah termasuk speaker dan baterai cadangan, maka unit ini pun nampak lebih tebal daripada tablet lainnya.

Bold, buttons & connectors
Pada sisi²nya nampak port micro USB untuk charging, tombol power dan volume (up/down), serta port audio jack. Selain itu, detil pada speakernya pun nampak jelas, menampilkan informasi teknologi yang diandalkannya.

teknologi audio andalan
Benchmark
Untuk sekedar mengobati rasa penasaran terhadap skor performanya, gw hanya menggunakan 1 aplikasi saja, yaitu Antutu yang sudah ternama. Dan berikut ini adalah skor yang dihasilkannya.
Antutu Score
Tidak besar, namun juga tidak terlalu mengecewakan.
Sebagai tablet yang juga dikenal sebagai ZenPad Theatre, unit ini ternyata sudah mendukung teknologi USB On The Go, seperti tampak pada tampilan berikut ini.

USB OTG Ready!
Saat tablet dalam wujud docking dengan audio-cover, setiap port USB digunakan, maka akan muncul pesan bahwa audio akan dikembalikan ke unit utama, artinya, speaker cover tidak akan berbunyi. Dalam kondisi ini, maka tidak memungkinkan bagi kita untuk menonton via USB dengan harapan, suaranya muncul dari speaker cover. Begitu pula saat dihubungkan dengan kabel USB ke PC dengan maksud untuk transfer file. Unit tablet tidak terdeteksi sebagai storage, hanya fungsi charging saja yang berjalan.

ASUS Audio Wizard™
Agar lebih optimal dalam menikmati kemegahan fasilitas audio cover pada ZenPad ini, ASUS telah menyediakan pre-configured mode pada aplikasi Audio Wizard. Ada 5 pilihan mode pada aplikasi ini, yaitu Movie, Music, Smart, Gaming dan Vocal. Masing² mode memiliki keunikannya sendiri². Secara grafis, bisa disimak pada rangkaian gambar di bawah ini.

Mode Movie 
Mode Music
Mode Gaming
Mode Vocal
Mode Smart
Untuk mengetahui perbedaan masing² mode, silakan hubungi asus store terdekat untuk melakukan demo atau hands on, karena urusan audio seperti ini cukup subyektif sekali penilaiannya.

Movie Test
Kemudian, gw akan melakukan ujicoba pemutaran film dengan 2 aplikasi dan 2 format video. Pertama-tama, gw akan memutar sebuah film dengan format mp4 HD720p dengan menggunakan aplikasi Video Player bawaan. Dan hasilnya bisa disimak pada video berikut ini.


Film dengan format mp4 beresolusi HD720p dapat dengan lancar dimainkan. Lalu bagaimana dengan format film FullHD1080p. Pada video di bawah ini, gw juga melakukan ujicoba pemutaran film dengan resolusi FullHD1080p dengan format mkv menggunakan aplikasi Video Player bawaan. Simak video di bawah ini.


Nampak dengan jelas bahwa film kurang lancar, adegan patah², seolah unit ini dipaksa memainkannya hingga terengah-engah. Namun, apakah ini berarti ZenPad Theater tidak sanggup memainkan film FullHD1080p dengan lancar dan nyaman untuk dinikmati?

Gw mencoba aplikasi alternatif yang gw ambil dari PlayStore, yaitu Video Player HD. Harapannya, aplikasi ini mampu memutar film HD jenis apapun tanpa kendala berarti. Film yang akan gw putar masih sama dengan di atas, yaitu format HD720p mp4 dan FullHD1080p mkv.


Hasilnya? Masih sama seperti di atas bahwa unit ini tidak memiliki kendala dalam memutar film dengan format HD720p mp4. Lalu, apakah unit ini masih sanggup memutar film dengan format FullHD1080p mkv tanpa harus terengah-engah dengan menggunakan aplikasi Video Player HD ini? Simak video berikut ini.


Ternyata aplikasi mempengaruhi performa. Film FullHD mkv dengan lancar dimainkannya. Dan sebagai catatan khusus, untuk aplikasi ini ternyata sudah mendukung file subtitle terpisah. Nice apps :)

Audio Test
Selanjutnya, gw akan share mengenai perbedaan suara yang terdengar saat mode off, mode on dengan berbagai macam pilihannya. Video ada di bawah ini.


Pada video di atas, gw mencoba mendengarkan sebuah lagu dengan memanfaatkan seluruh efek yang ada pada audio wizard, dan tanpa efek sama sekali.

Berikutnya, gw akan memutarkan sebuah lagu yang agak nge-jazz untuk dapat mengetahui secara lebih dalam lagi mengenai jangkauan frekwensi suara serta kedalaman bass-nya. Simak videonya!


Jadi, setakat ini, selain untuk nonton, ZenPad ini juga cukup mumpuni untuk mendengarkan musik bareng, mungkin saat sedang mengerjakan tugas kuliah, kerjaan kantor atau apapun. Tidak tertutup kemungkinan untuk mendengarkan siaran radio via streaming juga lho..

Dengerin radio, nonton TV pake streaming apps
Camera Test
Lalu? Apa kabar dengan kemampuan kameranya? Sebagai tablet hiburan, fitur kameranya boleh dibilang standar. Bisa dilihat sendiri contoh foto dengan menggunakan kamera belakang dan depan pada rangkaian foto di bawah ini.

Foto menggunakan kamera belakang
Foto menggunakan kamera depan
Untuk perekaman video-nya, ada 2 pilihan resolusi, yaitu TV dan HD. Walaupun gw kerja di TV, tapi sekarang sudah jamannya HD, jadi tes rekam video gw menggunakan resolusi HD. Silakan disimak video di bawah ini.


Bagaimana? OK juga kan hasilnya? 

Konklusi alias kesimpulan
ASUS Zenpad 7.0 dengan Audio Cover ini dapat dipertimbangkan sebagai tablet hiburan bagi keluarga maupun pribadi. Dikenal juga sebagai Zenpad Theater, unit ini kemungkinan besar ditujukan bagi pengguna yang hobi nonton bareng². Didukung oleh kemampuan speaker pada cover yang cukup memadai dalam menikmati segala bentuk hiburan dalam tablet ini, membuatnya layak untuk dipilih sebagai gadget pribadi, maupun hadiah bagi orang² yang kita sayangi.

ASUS Zenpad 7.0 Theater w/ Audio Cover ini dapat ditebus di toko online resmi ASUS Indonesia.

Semoga review dari gw ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca blog yg sedang mempertimbangkan untuk membeli tablet baru :)

Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Semua Berawal Dari Sebuah PC