ASUS Zenfone 3 Max (ZC553KL), Semakin Besar, Semakin Bertenaga, Namun Tetap Tahan Lama

Setelah sebelumnya ASUS memperkenalkan Zenfone 3 Max (ZC520TL) yang berukuran layar 5.2" dengan prosesor Mediatek, kali ini ASUS kembali menghadirkan smartphone di lini yang sama, namun dengan beberapa perubahan, yaitu Zenfone 3 Max (ZC553KL). Nah, kali ini gue khusus membahas mengenai ASUS Zenfone 3 Max (ZC553KL) semata. Yukk kita mulai dari sekarang..


Unboxing

Proses unboxing bisa dilihat pada video berikut ini :


Bila kurang jelas, ini dia yang akan kita dapatkan dalam setiap paket pembelian ASUS Zenfone 3 Max (ZC553KL).

Isi dalam box Zenfone 3 Max
Nah, sudah pada tau kan, isinya apa aja? Sekarang kita akan lanjut ke ujicoba berikutnya yaitu..


Desain

ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL ini memiliki desain yang tipis, stylish dan elegan, dengan luas layar sebesar 5,5" memanjakan mata dalam menikmati kemampuannya.
ASUS Zenfone 3 Max (ZC553KL)
Lekuk liku keindahan body Zenfone 3 Max (ZC553KL)
Bila kita perhatikan, bagian samping dari Zenfone 3 Max ini tergolong ergonomis. Di sisi kiri, posisi layar menghadap ke kita, terdapat slot untuk SIM Card (hybrid dual slot). Di sisi kanannya terdapat tombol Volume Up - Down, serta tombol Power. Di bagian atas terdapat lubang mini-jack audio untuk earphone. Dan di sisi bawahnya, terdapat port Micro-USB serta lubang speaker.

Di sisi depan, layarnya seluas 5,5" dengan rasio 77.5% screen-to-body beresolusi FHD 1080p. Tidak lupa kameranya 8MP dengan aperture f/2.2. Di bagian belakang, terdapat kamera dengan 16MP dengan aperture f/2.0, Dual-Tone LED Flash, Laser Auto-Focus, serta fingerscan untuk meningkatkan keamanan.

Spesifikasi

Untuk mengetahui spesifikasinya, secara real, gue memanfaatkan aplikasi Aida for Android. Dan informasi yang dapat diperoleh di dalamnya adalah sebagai berikut.

Info spek by Aida64
Sedangkan informasi spesifikasi lainnya dapat diakses di situs ASUS berikut ini,

Benchmark

Untuk mengetahui performa smartphone secara cepat, kita biasa menggunakan aplikasi pengukur performa yang ada di PlayStore™, dan hasilnya bisa dapat dilihat di bawah ini.

Pengukuran menggunakan aplikasi PCMark
Secara angka, performa Zenfone 3 Max (ZC553KL) ini sudah cukup nyaman dan mumpuni untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Selain menggunakan PCMark, gue juga memanfaatkan aplikasi Benchmark sejuta umat, Antutu. Dan hasilnya bisa disimak di bawah ini.

Hasil pengujian Antutu di ZC553KL
Banyak yang bilang, kalo skor Antutu belum tembus batas angka psikologis 50000 performanya belum bisa dikatakan nyaman, tapi ini tidak berlaku pada Zenfone 3 Max (ZC553KL) ini. Bagaimana tidak? Bahkan jika kita bandingkan dengan skor Antutu Zenfone 3 Max versi sebelumnya (ZC520TL), Zenfone 3 Max baru ini mengalami peningkatan yang boleh dibilang sangat signifikan.

Skor Antutu Zenfone 3 Max (ZC520TL) - credits to Tuxlin.com
Nah, itu semua adalah angka berdasarkan pengukuran aplikasi. Sekarang gue akan melakukan tes langsung terhadap potensi dari ASUS Zenfone 3 Max (ZC553KL) ini. Apa sih yang biasanya diharapkan dari sebuah smartphone berdaya tahan lama? Antara lain, main gim bisa jadi lebih lama :p

Battery Test

Sebagai smartphone berkapasitas baterai besar dan tentunya tahan lama, tentu kita penasaran, seberapa lama sih Zenfone 3 Max ini bisa bertahan? Di sini gue nggak pakai aplikasi baterai tester, cukup beraktifitas seperti biasanya saja. Dan di bawah ini adalah informasi daya tahan baterai dalam bentuk grafis.

Kondisi baterai penuh pada Hari Jumat, 27 Januari malam
Kondisi baterai mencapai 33% pada Hari Minggu, 29 Januari pagi
Pada pukul 3 sore hari, baterai mencapai 23%
Pada tanggal 28 Januari 2017, terdapat penurunan kapasitas yang sangat signifikan, karena pada saat itu, smartphone sedang melakukan updating/pembaruan pada setiap aplikasi yang telah terpasang di dalamnya, serta pemasangan aplikasi pendukung tes lainnya.

Pada Hari Senin, 30 Januari siang, baterai telah mencapai batas boleh diisi ulang, yaitu 15%
Pada kondisi 15%, Zenfone 3 Max ini belum gue isi daya kembali, mengingat indikator pada layar masih memungkinkan untuk bertahan selama 11 jam lagi.

Pada tanggal 31 Januari 2017, Zenfone 3 Max telah mencapai sisa daya sebesar 1%
Daya tahan Zenfone 3 Max ini memang terbukti luar biasa. Dimulai dari Hari Jumat, 27 Januari 2017, pukul 19.34 WIB, dan berakhir pada 31 Januari 2017, pukul 10.37 WIB. Pada saat itu pun, walau baterai tersisa 1%, namun perkiraan bertahannya masih sekitar 53 menit lagi. Jadi jika kita perkirakan secara kasar, smartphone ini masih aman diisi dayanya kembali sekitar pukul 11.15 WIB. Nah, dengan demikian, kira-kira ASUS Zenfone 3 Max ini mampu bertahan selama kurang lebih 3 hari dan 15 jam, untuk aktifitas sehari-harinya.


Recharge Time!

Setelah baterai cukup terkuras, saatnya melakukan penghitungan, berapa lama kira-kira Zenfone 3 Max yang berdaya 4100mAh ini dapat terisi penuh kembali.

Mulai pengisian pukul 10.40 WIB pada kondisi 1%
Mencapai 51% pada pukul 12.11 WIB
Menembus angka 80% pada pukul 12.52 WIB
Dan terisi penuh 100% pada pukul 13.58 WIB
Zenfone 3 Max ini diisi ulang dengan menggunakan adapter dan kabel bawaan dari paket pembeliannya. Dan smartphone ini terisi penuh setelah 3 jam 18 menit saja. Cukup cepat, mengingat kapasitas baterainya yang besar serta daya tahannya yang memang benar-benar teruji tahan lama.

Gaming Test

Untuk tes performa bermain game, gue menggunakan aplikasi permainan berbasis android, dan satu lagi menggunakan aplikasi emulator PSP. Dan di bawah ini adalah hasil rekaman langsung tes permainan yang sudah gue lakukan di Zenfone 3 Max (ZC553KL).

Asphalt Xtreme


Need For Speed No Limits


God Of War using PPSSPP


Dissidia Duo Decim using PPSSPP


Gundam vs Gundam using PPSSPP


Tekken 6 using PPSSPP


Dari hasil pengujian game yang gue lakukan, Zenfone 3 Max (ZC553KL) ini mampu menjalankan game berbasis android tanpa kendala. Sedangkan untuk emulator PPSSPP, mesti melakukan penyetelan konfigurasi yang tepat agar performanya lebih lancar. Tips, matikan audio yang mengganggu supaya grafis tidak tersendat parah.


Kamera Test

Bila kita perhatikan, sepintas bagian belakang Zenfone 3 Max yang baru ini lebih menjanjikan karena sudah mengadopsi kemampuan Laser Auto-Focus. Nggak percaya? Boleh diperiksa pada gambar di bawah ini.

Perbandingan Zenfone 3 Max Lama dengan Baru
Dengan semboyan "Built for Photography", ASUS Zenfone 3 series, termasuk Zenfone 3 Max ini, telah mengusung aplikasi kamera PixelMaster™ 3.0 di dalamnya. Dan berikut ini adalah pilihan mode yang ada.

Mode kamera PixelMaster 3.0
Yang ajibnya lagi, Zenfone 3 Max ini juga telah mendukung Mode Manual dengan kemampuan Long Exposure.

Tampilan Menu Mode Manual

Shutter Speed selama 32 detik

Otak-atik settingan jadi lebih asyik

Pilihan ISO yang cukup lebar

Mainkan White Balance agar warna tampak natural

Untuk hasil fotonya sendiri tergolong memuaskan. Di bawah ini gw akan berbagi hasil foto-foto yang diambil dengan menggunakan Zenfone 3 Max ini, baik indoor maupun outdoor, kamera belakang juga kamera depan.

Kamera Belakang - Indoor - Dalam Kamar

Kamera Belakang - Indoor - Lobby + Cahaya Matahari

Kamera Belakang - Indoor - Ruang Meeting - Close Up

Kamera Belakang - Outdoor

Kamera Belakang - Outdoor - Close Up

Kamera Depan - Indoor - Ruang Meeting
Dari kumpulan foto di atas, nampak jelas sekali bahwa Zenfone 3 Max ini sangat menjanjikan bagi mereka yang suka fotografi namun enggan membawa powerbank. Ada sedikit aroma Zenfone 3 Laser di dalam smartphone ini.

Untuk foto long exposure, kelak akan gw update di sini, karena gue belum punya/sempat pinjam tripod.

Video Player Test

Sebagai smartphone berbaterai besar dan berdaya tahan lama, tentunya fungsi hiburan sangat didukung oleh Zenfone 3 Max ini. Ya, selain bermain game di smartphone, menonton film pun dapat dilakukan dengan nyaman, karena kualitas gambar di layarnya serta suara yang keluar dari speaker Zenfone 3 Max ini benar-benar mengagumkan. Di bawah ini adalah ujicoba memutar film dengan format 720p dan 1080p, baik menggunakan Video Player bawaan smartphone, maupun dengan aplikasi Video Player unduhan dari PlayStore™.

720p Movie using Video Player pre-installed


1080p Movie using Video Player pre-installed


720p Movie using Video Player App from PlayStore


1080p Movie using Video Player App from PlayStore


Ada kelebihan tersendiri ketika menggunakan aplikasi Video Player dari PlayStore, yaitu file teks terjemahan dapat langsung tampil di layar sehingga kita tidak kebingungan untuk mengikuti jalan cerita dari film tersebut.

Demikian hasil pengujian gue terhadap smartphone baru berdaya besar, ASUS Zenfone 3 Max (ZC553KL) ini. Jika ada pertanyaan, silakan tinggalkan komentar, insya ALLAH nanti dijawab jika memungkinkan.

Stay fun & always elegant..

Komentar

  1. MasEkooooo, kamera depan berapa mp? Aku penasaran banget sama si Asus ini. Tapi blom rela melepaskan asus selfi kesayangan kalo kamera depannya blom setara paling engga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamera depan 8MP... Sepertinya kamera depan masih unggul selfie deh... #cmiiw

      Hapus
  2. Keluaran speaker dari zen 3 max ini terbilang keras gk gan? Terus kualitas dan kenyaringan dibandingkan dgn zenfone 3 basic gmn? Thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di volume maksimal, sepintas sama kencangnya... Namun memang terasa sedikit lebih keras di zf3 basic..

      Hapus
  3. Untuk game asphalt lancar ndak om ?
    Kalau dijalankan dengan lancar, pasti banyak yg minat . :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha itu ada demo videonya... Gw main asphalt xtreme...

      Hapus
  4. - Mas ini udah ada fitur slow motionnya belum..
    - Kerapatan ppi pixelnya brp yaa..
    - Ada berapa slot card..
    - Udah fast charging belum..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada time lapse, tapi nggak ada slo-mo..
      Berapa ppi ya?
      Ada 2 slot card, tipe hybrid..
      Secara teknis udah, tapi dilock sama ASUS, entah utk alasan apa..

      Hapus
  5. Wah... Langsung pesan dan bungkus satu kalau gitu. Kece banget spec-nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. di kantor banyak yang suka dan auto-jatuh cinta sama hape ini mbak..
      apalagi nanti kalo ada yg warna pink, beuh.. #klepek² dah mereka

      Hapus
  6. Balasan
    1. Udah duluan mbak Oline :) biasa, komando khusus ;)

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Untuk hpnya apkah sudah bisa memindahkan aplikasinya ke sd card belum ya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam keadaan wajar, tidak bisa memindahkan aplikasi ke SDcard.. Mesti dirooting dulu baru bisa.

      Hapus
  9. untuk kualitas kamera dan audio lebih bagus yang mana Asus Zenfone 3 Max dengan Zenfone 3 laser ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamera lebih baik ZF3 Laser sedikit, untuk audio nyaris tidak ada perbedaan yg signifikan..

      Hapus
  10. resolusi kameranya emang top smartphone yang satu ini...
    blower hp

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain resolusi, sensor kamera yang dipakai juga menunjang Kak :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

Masalah Whiteline pada ASUS Zenfone Zoom S