Powerbank ACMIC, Design Elegan dengan 9 Perlindungan


Yo! Kawan-kawan, kali ini saya akan mereview sebuah powerbank baru yang punya beragam fitur mengagumkan. Tapi sebelum itu, saya ingin merangkum beberapa informasi terkait dengan kebutuhan seseorang akan sebuah powerbank.

Biasanya, orang memerlukan powerbank jika sedang jauh dari colokan listrik, baterai hapenya kecil, dan aktifitasnya tinggi. Aktifitas yang tinggi, dengan beragam aplikasi pendukung terpasang di smartphone, tentu saja akan menguras daya. Tapi dibalik itu, ada kekhawatiran mengenai kualitas powerbank yang kurang baik, alias merk abal-abal. Nah, pada kesempatan ini saya ingin berbagi informasi mengenai sebuah produk powerbank baru dengan merk ACMIC.

Unboxing


ACMIC A10 PRO, powerbank berkapasitas 10000mAh ini hadir dalam box yang elegan. Flip cover pada box yang bila dibuka akan menampilkan jendela etalase berisikan powerbank ACMIC. Bila kita bongkar lebih dalam, dapat kita lihat isinya seperti pada gambar berikut ini.


Selain unit powerbanknya, ACMIC juga memberikan kabel USB micro, adapter untuk produk apple, buku panduan pengguna dalam dua bahasa, serta kartu garansi. 

Desain

Powerbank ACMIC A10 PRO ini memiliki desain tipis dan menawan. Dengan bodi terbuat dari aluminium alloy, menampilkan kesan metal yang kokoh, kuat namun ringan.


Aksen lekukan pada bagian atasnya menambah kesan mewah. 4 lampu indikator LED untuk memberikan informasi kapasitas daya yang tersimpan di dalamnya.


Di bagian sampingnya, ada port Micro USB IN dengan kemampuan QuickCharge 3.0, sehingga pengisian daya semakin cepat, jika dihubungkan dengan charger bersertifikasi setara QC3.0 tentunya.


Untuk mengisi perangkat smartphone atau gawai anda, ACMIC A10 PRO memberikan 3 pilihan port keluaran daya. Yang pertama adalah port USB dengan daya 2.4A, di mana daya yang besar akan membuat durasi pengisian perangkat menjadi lebih singkat, namun biasanya ada dampak perangkat akan menjadi lebih panas. 

Yang di bagian tengah ini port khusus untuk mengisi produk gawai dari Apple, yaitu lightning port. Tidak banyak powerbank yang support perangkat Apple. Bahkan powerbank ini sanggup melakukan pengisian pada laptop MAcBook Pro dengan menggunakan port USB Type-C.

Port ketiga yang berwarna oranye ini memiliki sertifikasi QuickCharge 3.0, sehingga pengisian pada perangkat yang mendukung QC3.0 akan terasa lebih singkat, tanpa harus menggunakan daya yang besar.

Spesifikasi dan Pilihan Warna

Berikut ini adalah informasi mengenai spesifikasi dan pilihan warna untuk powerbank ACMIC A10 Pro.



9 Smart Protection pada Powerbank ACMIC A10 Pro

1. Smart Temperature Protection 
Fitur ini secara pintar akan berfungsi mematikan arus listrik ketika Power Bank ACMIC mengalami Over-Heat (Panas berlebih)
2. Smart Over-Charge Protection 
Baterai dapat meledak apabila diisi sampai berlebihan. Fitur pintar ini akan berfungsi mematikan arus listrik ketika Power Bank ACMIC telah penuh terisi sekitar 97 hingga 99%.
3. Smart Over-Discharge Protection 
Seperti kita ketahui baterai dapat rusak apabila dipakai hingga habis total. Oleh karena itu Fitur ini akan secara pintar berfungsi mematikan arus listrik ketika Power Bank ACMIC tinggal tersisa sekitar 5%. 
4. Smart Short-Circuit Protection 
Hubungan arus pendek (Short-Circuit) adalah penyebab utama kebakaran. Fitur pintar ini akan melindungi Power Bank ACMIC apabila kegagalan listrik ini terjadi.
5. Smart Input Over-Voltage Protection 
Tegangan listrik berlebih pada saat mengisi daya Power Bank ACMIC dapat menyebabkan kerusakan. Fitur ini akan secara pintar berfungsi untuk mencegah kerusakan.
6. Smart Output Over-Voltage Protection 
Tegangan listrik berlebih pada saat mengisi daya Gadget dapat menyebabkan rusaknya gadget tersebut. Fitur pintar ini akan langsung berfungsi untuk mencegah kegagalan tersebut.
7. Smart Recovery Protection 
Apabila kegagalan kerja pada Power Bank ACMIC terjadi, maka cukup diamkan beberapa menit, Power Bank ACMIC dapat melakukan Self Healing sehingga dapat digunakan kembali seperti sedia kala.
8. Smart Output Over-Current Protection 
Arus listrik yang berlebihan dapat merusak baterai pada gadget. Perlindungan Pintar pada Power Bank ACMIC dapat mencegah hal ini terjadi. Sehingga gadget Anda akan senantiasa terlindungi dari kerusakan ini.
9. Smart PTC Cell Protection 
Fitur ini akan secara pintar melindungi Motherboard pada power bank

9 proteksi di atas memberikan keamanan, keyakinan dan kenyamanan bagi pengguna powerbank ACMIC A10 Pro ini. Bahkan, jika seandainya powerbank ini mengalami malfungsi, garansi 18 bulan, powerbank akan diganti dengan yang baru. Ajib gokilz bray!

Penggunaan Sehari-hari

Powerbank ini memberikan sesuai apa yang dijanjikannya. Pada saat sedang mengisi hape dengan powerbank ini, jika perangkatnya mendukung QC30, maka lampu indikator LED akan ada sebuah yang menyala hijau.


Dan pada perangkat yang diisi, indikator Quick Charge sedang aktif, dapat dilihat dengan lambang petir+ di simbol baterai.


Lalu, bagaimana dengan durasi pengisian saat menggunakan powerbank ini? Mari kita simak pada foto-foto di bawah ini.


Sebuah smartphone dalam keadaan kosong sama sekali, diisi pada pukul 13.12 WIB.


Perangkat smartphone terisi penuh pada pukul 15.24 WIB.

Pada contoh di atas, sebuah smartphone kosong berkapasitas baterai sebesar 3000mAh dapat diisi secara penuh selama kurang lebih 2 jam 12 menit. Cukup lama? Lumayan! Tapi mungkin ini disebabkan oleh hape yang sebetulnya belum support QC 3.0 sehingga butuh waktu lebih lama.

Untuk pengisian powerbank ACMIC ini membutuhkan waktu cukup singkat walau kapasitasnya 10000mAh., yaitu sekitar 4 jam. Itu disebabkan karena saya menggunakan kabel charger dengan daya 2A. Kebetulan kepala charger yang saya memiliki standar sertifikasi QC3.0 sehingga proses pengisian ulang powerbank ini jadi lebih singkat dan optimal.

Info Harga dan Beli di Mana

Menurut informasi yang saya terima, harga di brosur berada di kisaran 500 ribu rupiah. Namun karena sedang ada promo, harganya hanya 300 ribuan saja. Untuk belinya, setakat ini saya bisa menemukannya di tokopedia, belum cek di toko online lain seperti lazada atau JD.ID dan semacamnya.


Konklusi

Selama saya menggunakan powerbank ini, tidak ada masalah sama sekali, baik secara berat maupun desain. Karena memang desain tipis dan elegannya itu membuatnya pas digenggam walau ditempelkan langsung ke bodi smartphone kita. Secara pribadi, kapasitas yang hanya 10000mAh ini terasa kurang bagi saya yang kebetulan hapenya berkapasitas baterai 5000mAh. Dua kali charging ulang saja, langsung mesti diisi lagi untuk jaga-jaga. Maklum, hape utama sebagai daily driver ini memang sarat aplikasi dan penting bagi aktifitas harian saya. Jadi, bila kalian sedang mencari powerbank untuk kebutuhan opsional saat kondisi sedang jauh dari colokan listrik, ACMIC A10 Pro ini bisa dijadikan pilihan.


Terima kasih sudah membaca ulasan ini, dan sampai jumpa di tulisan saya berikutnya. Salam kompak persahabatan selalu..







Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

Masalah Whiteline pada ASUS Zenfone Zoom S