Gunpla Expo 2018 Indonesia, Pestanya Penggemar Gundam Nusantara


Halo semuanya! Kalian sudah tau belum? Mulai tanggal 20 Juli 2018 hingga tanggal 5 Agustus 2018 mendatang, di Mall Of Indonesia, berlangsung acara yang bertajuk Gunpla Expo 2018 Indonesia. Ajang ini merupakan event rutin yang diadakan setiap tahunnya. Selain Indonesia, Gunpla Expo juga diselenggarakan di beberapa negara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Taiwan dan negara Asia lainnya. 


Sedikit berbeda dengan event tahun lalu yang penuh drama dan kekecewaan, Gunpla Expo 2018 kali ini, panitia tampak lebih siap dan rapi dalam mengantisipasi antusiasme para penggemar gunpla di Indonesia, khususnya di Jakarta. Event yang diselenggarakan di Mall Of Indonesia ini, Bandai selaku pemegang merk gunpla resmi, menggandeng pihak Multi Toys & Games sebagai pihak yang bertanggungjawab atas ketersediaan gunpla di event ini. 
  

Menurut Koh Cay selaku pemilik Multi Toys, di ajang Gunpla Expo 2018 kali ini, terdapat lebih dari 20 item gunpla edisi terbatas yang hanya bisa didapatkan selama event ini berlangsung. Dan untuk mendapatkannya, Multi Toys membatasi para peminat gunpla edisi terbatas tersebut dengan membagi jenis item setiap minggunya akan berbeda-beda. 


Di sesi tanya jawab ini, ada Mbak Regina selaku PR dari MOI yang menyatakan kebanggaannya karena MOI terpilih sebagai venue terselenggaranya event bertaraf Internasional ini. Selain itu juga, Mbak Regina menyatakan ingin mencoba untuk merakit gunpla yang bentuknya lucu. Unch!


Di event ini, ada juga perwakilan dari Bandai Indonesia lho. Namanya Pak Tomizawa, asli Jepang, tapi bahasa Inggisnya oke juga, jadi apa yang dia jelaskan kita bisa pahami tanpa mesti buka kamus lagi. Di kesempatan ini, Pak Tomizawa menyatakan bahwa Gunpla Expo ini insya ALLAH akan dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Dan event kali ini sekaligus sebagai ajang pemanasan bagi ajang GBWC yang segera akan dilangsungkan dalam waktu dekat ini. Sebagai informasi, GBWC alias Gunpla Builder World Championship adalah kompetisi merakit gunpla bertaraf Internasional yang diselenggarakan di beberapa negara, dan juara 1 dari perwakilan masing-masing negara akan dikirim ke Jepang untuk diadu lagi dengan kandidat juara lainnya, dan meraih supremasi tertinggi dunia model kit gundam, yaitu sebagai juara dunia GBWC. Oya, Pak Tomizawa juga mengabarkan bahwa Bandai telah  mengumumkan kerjasama untuk merilis film alias movie dengan Gundam Universe sebagai temanya. Jadi jika kalian gundam lover sejati, maka film ini tentunya wajib ditunggu. 


Selain itu, Pak Tomizawa juga menyampaikan bahwa Bandai dengan seri terbarunya yaitu Gundam Build Diver, menghadirkan gunpla dengan kualitas terbaik dengan harga yang kompetitif dan lebih terjangkau daripada sebelumnya. Sehingga siapa pun kini bisa menikmati gunpla. Tak hanya itu, Bandai juga menyediakan kit yang sifatnya easy to build, sehingga anak SD pun bisa merakitnya tanpa kesulitan.


Kemudian ada Marcellino Lefrandt dan Derby Romero. Setau saya, Marcellino itu kolektor karakter superhero Amerika, namun ternyata, masa kecilnya di Manado, dia masih menyimpan beberapa gunpla yang pernah dirakitnya beberapa tahun silam. Sedikit berbeda dengan Derby yang nampaknya lebih serius dalam merakit gunpla, karena tidak sekadar snapfit belaka, namun juga sudah melakukan tahap sanding, painting, weathering, bahkan bikin diorama juga. Dan setelah ngobrol langsung sama dia, ternyata dia penggemar Universal Century lho.. UC Rockz!!


Setelah kelar sesi tanya jawab, kita sempatkan untuk sekadar foto bersama dengan para undangan dari blogger dan media. Lalu kami pun bubar jalan untuk melanjutkan aktifitas masing-masing.


Namun saya tidak selesai begitu saja. Saya masih tetap keliling mencari gunpla dan aksesoris yang tadi sempat saya incar. Namun apa daya, antusiasme pengunjung dalam berbelanja gunpla di event ini sangatlah tinggi sehingga gunpla dan part yang saya incar sudah habis ludes dibeli orang.


Untuk menenangkan hati yang gelisah galau merana, akhirnya saya putuskan untuk foto-foto saja beberapa gunpla yang masih prototype, serta foto bareng gundam setinggi 3 meter di pintu gerbang masuk venue.


Eh, malah ketemu Pak Tomizawa di deket pintu masuk lagi bagiin brosur. Ya sudah, demi kenangan yang indah nan mesti tercatat dalam tulisan, saya ajak foto bareng aja, sembari ngobrol menanyakan kabar Kawaguchi-sensei yang sedang mempersiapkan acara GBWC mendatang. Abis itu, saya pun pamit pulang, karena nggak mau terjebak macet dalam perjalanan.


Sekian cerita saya saat menghadiri Gunpla Expo 2018 di MOI, Jakarta. Jika kalian pecinta gundam, kalian wajib datang dan belanja di sana. Banyak penawaran menarik selama event berlangsung. Oke? Nice banget. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Salam kompak persahabatan selalu..

Komentar

  1. Harga tiket masuknya berapa ya gan ?

    BalasHapus
  2. Aku jatuh cinta. Wah kena racun nih

    BalasHapus
  3. Gundamnya jadi bawa pulang berapa bukik maseko?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawa yang dapat dari gudibeg aja Mbak.. Kalo jajan khilaf tunggu momen Agustusan aja, biasanya ada promo B1G1 <3

      Hapus
  4. Haduh bisa tersesat di Gunpla. Ga mau pulang lihat ratusan gundam di sana. Btw, Pak Tomizawa bagi-bagiin brosur langsung? Wow.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur sih ada bbrp yang tempting pengen bawa pulang.. And yes, Pak Tomizawa bagiin brosur.. he's so humble..

      Hapus
  5. Eciyee, gundah gulana. Wakakakakak. Aku kok jadi penasaran sih, ada apa dengan pelaksanaan gunpla expo yang tahun lali? Di mana sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun lalu di Kokas.. Gunpla limited item diborong tengku luck karena nggak dibatasi pembeliannya.. jadi para kolektor nggak kebagian #cmiiw

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Bagai masuk ke taman surga bagi builder ya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

Pengalaman Pribadi bersama Si Mungil Meizu M5c