Hape Gaming 3 Jutaan! ASUS Zenfone Max Pro M1 (4/64) versus Honor 7x (4/64)


Belakangan ini memang terasa sekali persaingan yang sengit di pasar smartphone dengan range harga 2 hingga 3 juta rupiah. Beragam fitur dan spesifikasi terbaik yang ditawarkan, acapkali membuat calon konsumen bingung untuk menentukan pilihan, smartphone apa yang sesuai dengan kebutuhannya. Ditambah lagi dengan munculnya demam mobile gaming, seperti Arena of Valor, Mobile Legend maupun PUBG, menjadi daya tarik produsen untuk melabeli smartphone-nya sebagai smartphone gaming.

Kali ini, saya akan mencoba untuk membandingkan dua buah smartphone yang sedang saya gunakan, yaitu ASUS Zenfone Max Pro M1 (4/64) yang punya semboyan #LimitlessGaming dengan Honor 7x (4/64) yang mengusung semboyan #MaxYourView.

Dimensi



Secara fisik dan kasat mata, Zenfone Max Pro M1 tampak lebih ramping dan panjang bila disandingkan dengan Honor 7x. Hal ini tentu saja karena luas layarnya sedikit berbeda, yaitu 6" untuk Zenfone Max Pro M1, dan 5,93" untuk Honor 7x. Keduanya sama-sama mengusung layar FullView tanpa poni, untuk kenyamanan maksimal dalam melihat layar atau bermain game.

Desain


Secara umum, keduanya menggunakan bodi metal yang memberikan kesan kokoh dan elegan. Bodi Honor 7x terasa lebih tipis bila dibandingkan dengan Zenfone Max Pro M1. Pemilihan warna biru pada Honor 7x juga memberikan kesan mewah. Namun posisi kamera belakang yang menonjol pada Honor 7x menyebabkan lensanya rentan baret. Untuk kamera belakang, desain pada Zenfone Max Pro M1 sedikit lebih aman. Tentu saja, perlu adanya tambahan proteksi dengan softcase agar lensa kamera pada Honor 7x maupun Zenfone Max Pro M1 benar-benar terlindungi.

Benchmark

Untuk pengukuran kedua smartphone, saya menggunakan aplikasi standar pengujian sejuta umat, yaitu Antutu. Dan hasilnya bisa disimak pada gambar berikut ini :

Skor Antutu Zenfone Max Pro M1

Skor Antutu Honor 7x

Dari hasil benchmark di atas, semakin besar nilainya, semakin tinggi performanya. Namun, apakah jika digunakan untuk bermain game, skor yang lebih rendah, dalam hal ini adalah Honor 7x, akan terasa kurang nyaman? Mari kita coba simak videonya saat saya mencoba bermain 2 game populer di smartphone ASUS Zenfone Max Pro M1 dan Honor 7x ini.

Gaming

Supaya lebih afdhol, saya mencoba merekam kegiatan saya saat bermain game dengan kedua smartphone tersebut, untuk bisa memberikan gambaran mengenai performanya.

Arena of Valor (AoV)


AoV di Zenfone Max Pro M1

AoV di Honor 7x

Mobile Legend


Mobile Legend di Zenfone Max Pro M1

Mobile Legend di Honor 7x

Tampak di sana, tidak ada kendala berarti dalam memainkan game tersebut pada kedua smartphone. Artinya, secara performa, keduanya mampu memberikan kenyamanan optimal bagi pada penggunanya. Sebagai informasi, setting grafis dan lainnya dimaksimalkan pada kedua smartphone.

Baterai

Terdapat perbedaan yang cukup signifikan pada kapasitas baterai yang dimiliki oleh masing-masing smartphone. ASUS Zenfone Max Pro M1 membawa 5000mAh di dalam bodinya sedangkan Honor 7x mengusung 3340mAh.

Dalam permainan, kedua smartphone rata-rata mengalami prosentasi penurunan kapasitas baterai yang relatif setara. Namun bila diperhatikan lebih jauh, walau sama-sama tersisa 20%, durasi waktu permainan yang bisa dilakukan berbeda satu sama lainnya.

Jatah main dengan Honor 7x pada posisi 20%

Jatah main dengan Max Pro M1 pada posisi 20%

Di sini jelas nampak perbedaan yang sangat signifikan, di mana jika bicara soal performa, kedua smartphone mampu memberikan kenyamanan dalam bermain, namun ASUS Zenfone Max Pro M1 mampu memberikan waktu permainan yang jauh lebih lama jika dibandingkan dengan Honor 7x. Hal ini sesuai dengan semboyan yang diusungnya yaitu #LimitlessGaming.

Fotografi

Banyak yang bilang, ASUS Zenfone Max Pro M1 kurang baik hasil fotonya bila dibandingkan dengan smartphone lain yang memiliki harga jual yang sama. Namun hal ini tentu saja relatif sekali. Karena menurut saya pribadi, untuk kebutuhan media sosial, kemampuan kamera dari ASUS Zenfone Max Pro M1 ini sudah cukup layak untuk bisa ditayangkan di sana. Berikut ini adalah perbandingan hasil foto dari Zenfone Max Pro M1 dan Honor 7x.





Foto-foto di atas diambil tanpa proses editing lebih lanjut selain pemberian watermark. Menurut saya, kualitas foto yang dihasilkan keduanya sama-sama layak untuk diapresiasi.

Harga

Nah! Sekarang soal harganya nih. Karena kedua smartphone ini memiliki harga jual yang sangat kompetitif. Dengan mengusung spesifikasi RAM sebesar 4GB dan internal sebesar 64GB, Honor 7x dan ASUS Zenfone Max Pro M1 ini dijual secara online di marketplace terpilih, Shopee dan Lazada. Honor 7x dijual dengan harga Rp. 3.299.000,- (di Shopee) sedangkan ASUS Zenfone Max Pro M1 dijual dengan harga Rp. 2.899.000,- (menurut informasi di website resmi ASUS Indonesia)

Konklusi

Jika kalian sedang mencari hape gaming yang sangat mumpuni secara spesifikasi dan terjangkau secara harga, pilihan tepat untuk meminang ASUS Zenfone Max Pro M1 edisi 4/64 ini karena keunggulan layar seluas 6 inci, prosesor Snapdragon 636 yang efisien, serta baterai berkapasitas jumbo sebesar 5000mAh. Namun jika kalian bukan tipe gamer, Honor 7x mampu menawarkan smartphone yang memiliki durability di atas rata-rata dengan tampilan yang mewah nan elegan, berkat balutan bodi metal berwarna birunya.

Demikian review singkat dari saya mengenai perbandingan kedua hape yang dilabeli sebagai hape gaming dari masing-masing produsennya, semoga bisa memberikan informasi dan pencerahan bagi siapa saja yang  sedang membutuhkan smartphone yang tepat untuk menggantikan yang ada sekarang.

Terima kasih, salam kompak persahabatan selalu..


Komentar

  1. hampir dari semua sisi Max Pro 1 jauh lebih unggul dibandingkan 7x, kalau saya pribadi pasti akan memilih zenfone diantara kedua gadget tersebut. terlebih lagi harga zenfone lebih murah 400k dibbandingkan honor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuaikan dengan kebutuhan juga. Honor 7x sedikit unggul di sisi kamera dan desain bodi yang lebih gaya. Tapi kalo urusan daya tahan dan performa, Max Pro M1 boleh dibilang sempurna untuk kelas ini.. No more powerbank..

      Hapus
  2. wah keren ini yang baru ya, mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, alhamdulillah sudah tidak ghoib lagi :)

      Hapus
  3. Keren banget hapenya.
    Persaungab yang sengit antara zenfone dengan honor.

    Salam konten gaptek

    BalasHapus
    Balasan
    1. keduanya punya keunggulan dan keunikan masing-masing.. tinggal selera dan kebutuhan penggunanya aja yang menyesuaikan.. sama anggarannya..

      Hapus
  4. Aku lbh suka asus ya karena udah byk bgt temen yg pakai ini khusus bwt ngegame dan asli baterainya kuat bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini memang poin penting keunggulan max pro m1 sebagai hape gaming terjangkau Mbak.. makanya kalo buat gaming, saya rekomendasikan max pro m1 ini ke semua teman-teman..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

Pengalaman Pribadi bersama Si Mungil Meizu M5c