Asyiknya Fotografi Mainan dengan Honor 8X


Prolog

Fotografi telah menjadi salah satu hobi yang menyenangkan bagi saya. Bisa menangkap momen indah atau menghasilkan seni fotografi yang keren, memberikan kepuasan tersendiri. Banyak ragam seni fotografi yang bisa diikuti, ada interior, landscape, langit, human interest, portrait dan juga mainan atau sering disebut juga sebagai toys photography. Dan saya memiliki ketertarikan khusus dengan kategori ini, mengingat saya juga gemar merakit robot gundam.

Baru-baru ini, saya mulai menggunakan Honor 8X yang memberikan peningkatan yang sangat signifikan bila dibandingkan dengan Honor 7X yang saya gunakan sebelumnya. Selain dimensi fisik yang lebih besar, ditunjang dengan layar yang super lega, mencapai 6,5 inci, sangat nyaman bisa dimanfaatkan sebagai view-finder saat sedang membidik object di depan kamera, Honor 8X sudah menggunakan prosesor Kirin 710 dengan kemampuan AI Camera. Fitur AI Camera ini mampu memberikan hasil fotografi yang lebih menawan dalam mode Auto sekalipun. Tapi, ada satu mode yang saya suka banget dari smartphone Honor 8X ini.







Seperti biasa, saya suka memotret mainan dengan kondisi cukup cahaya, biasanya saya memilih lokasi luar ruang dengan cahaya matahari sebagai sumbernya. Kadang cukup di halaman, atau seringkali di pinggiran jalan raya. Namun adakalanya saya memotret mainan koleksi saya ala studio, dengan dukungan base dan background yang sekiranya mendukung. Dengan memanfaatkan lingkungan sekitar, saya bisa lebih fokus untuk mengatur gaya dari obyek mainan yang saya miliki, sesuai imajinasi dan ekspektasi saya di foto nanti.








Dalam memotret mainan yang saya miliki, tak semata menangkap aksi yang bisa dilakukan oleh karakter mainan tersebut, namun terkadang saya juga menonjolkan detil yang dimiliki oleh mainan tersebut. Ya, karena beberapa mainan yang saya miliki merupakan model kit yang mesti dirakit terlebih dahulu dan dicat agar lebih menyerupai keadaan aslinya, termasuk memberikan efek kotor bila diperlukan. Hal ini juga berlaku untuk action figure yang biasanya memang memiliki detil menyerupai karakter di filmnya. Memotret detil ini terkadang tricky karena kita mesti mengetahui jarak fokus terdekat yang bisa ditangkap oleh lensa kamera pada smartphone yang kita gunakan. Namun belakangan ini, kendala tersebut semakin jarang dijumpai dengan adanya fitur auto-focus yang sangat cepat sehingga kita tinggal mengatur jaraknya saja agar detil tetap fokus pada layar bidik kita.








Biasanya, kamera pada smartphone akan kesulitan mendapat fokus pada obyek yang kecil. Kebetulan saya memiliki mainan yang ukurannya tergolong kecil, yaitu dari lini Tomytec. Mainan ini biasanya digunakan sebagai pendukung pada maket atau diorama mainan kereta listrik N-Scale. Tapi saya sengaja membeli beberapa untuk disandingkan dengan koleksi robot gundam yang saya miliki, khususnya yang memiliki skala High Grade atau Real Grade 1/144. Namun pada kali ini saya hanya ingin mengeksplorasi lini Tomytec-nya saja, yaitu beberapa mobil dan beberapa gedung pendukungnya, termasuk jalan raya-nya.






Nah, satu hal lagi adalah saya suka motret mainan dikolaborasi dengan keadaan sekitar sehingga seolah-olah mainan itu ‘hidup’. Kali ini saya mencoba menggabungkan figur yang saya miliki dengan keadaan sekitarnya yang penuh dengan gemerlap cahaya lampu gedung di malam hari. Ada beberapa mode yang saya coba pada smartphone Honor 8X ini, yaitu Photo, Portrait dan Night. Semuanya saya foto tanpa mengaktifkan mode AI Camera, karena bagi saya pribadi, mode AI justru mengurangi kenikmatan bereksplorasi kemampuan kamera dari Honor 8X yang sesungguhnya. Memang, mode tersebut sangat membantu jika kita ingin memotret momen dengan cepat dan mendapatkan hasil yang menawan. Dan jujur saja, saya jatuh cinta pada mode Night yang dimiliki Honor 8X ini.




Mode PRO yang dimiliki juga tersedia pada smartphone Honor 8X ini, kelak saya akan bahas dan eksplore lebih jauh mengenai kemampuan mode PRO alias Manual dari smartphone ini. Tunggu saja tanggal mainnya.


Konklusi

Aktifitas memotret, khususnya memotret mainan, jadi lebih menyenangkan berkat Honor 8X ini. Layarnya 6,5 inci yang super lega, prosesor Kirin terbaru seri 710 dengan AI Camera, membuat hasil foto mainan kita lebih cerah, lebih tajam, lebih hidup dan tentunya lebih keren daripada biasanya. Didukung baterai berkapasitas sebesar 3750mAh, memotret seharian juga jadi enak, tanpa kuatir perlu bawa powerbank yang berat atau sibuk cari colokan listrik terdekat.

Suka motret mainan? Segera dapatkan Honor 8X-mu sekarang juga!

Intip unboxingnya!



Salam kompak persahabatan selalu..


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

Pengalaman Pribadi bersama Si Mungil Meizu M5c