OPPO Reno Ace Gundam, Bikin Geek Menggila!

Oppo dikabarkan telah mengumumkan ponsel baru untuk pasar Cina (setidaknya, untuk saat ini). Oppo Reno Ace memiliki beberapa spesifikas...

Baterai ASUS Zenfone Zoom S Gendut, Bawa ke ASC Saja!


"Pah! Hapeku kayaknya baterainya bengkak, layarnya sampai kedorong.."

Akhirnya yang saya kuatirkan terjadi juga. Kebiasaan si kakak dalam menggunakan hapenya yang kurang ideal, sering ngecas sambil ditinggal tidur dengan menggunakan powerbank, membuat baterai hapenya gendut.

Sudah seringkali saya mengingatkan si kakak, untuk melakukan pengisian daya dengan benar, memanfaatkan adapter dan kabel charger yang sesuai, namun tak pernah dihiraukannya. Ya sudah, saya biarkan saja dulu. Alhamdulillah, kebetulan tak seberapa lama, di grup yang saya ikuti, ada yang mengirimkan foto kecelakaan, Zoom S meledak saat dicas. Langsung saja foto tersebut saya forward ke grup keluarga kami, agar si kakak mau melepaskan hape gendutnya untuk direparasi.

Sabtu sore, saya meminta si kakak untuk membackup seluruh data yang sekiranya penting dari Zoom S-nya ke laptop/flashdisk yang dia punya. Estimasi hari Minggu sudah selesai semua aktifitas tersebut, sehingga hari Senin, Zoom S yang gendut itu bisa saya bawa ke ASC terdekat, di STC.

Senin siang, 7 Oktober 2019, saya bergegas menuju Asus Service Center (ASC) di Gedung STC, di wilayah Senayan. Dari kantor saya, dengan naik TransJakarta hanya menempuh 2 halte saja. Namun karena teriknya sinar mentari, membuat perjalanan dari halte ke lokasi terasa menguras energi.

| Lokasi ASUS Service Center di STC





Lokasi ASC di dalam Gedung STC sendiri tidak sulit untuk dicari. Jika kalian datang dari lantai paling dasar, naik eskalator 2x, cari arah hadap ke Senayan City, maka ASC akan berada di sudut kanan pada lantai tersebut.

Prosedur servis sendiri cukup mudah, kita tinggal masuk, lalu ambil nomor antrian. A untuk service, B untuk pengambilan.


Kemudian tunggu hingga nomor antrian kita dipanggil. Selama ini, hanya 2 counter saja yang aktif, tapi jangan kuatir, karena mereka cukup cekatan dalam membantu kita serta ruang tunggu-nya juga nyaman, adem dan harum.


Setelah tiba giliran kita, menuju counter yang ditentukan, kita tinggal sebutkan keluhannya apa. Mirip seperti di dokter, cuma ini keluhan pada gawai yang kita punya. Langsung saja, saya bilang, "Ini hape anak saya batrenya bunting." Lalu Mbak-nya pun melakukan pemeriksaan di dalam. Tak berapa lama kemudian, Mbak-nya pun memastikan jika memang keluhannya adalah baterai kembung/inflate dan biayanya sekitar 310 ribu sudah termasuk biaya teknisi. Langsung saja saya iyakan, dan si Mbak-nya pun segera membuat formulir perbaikan.


Setelah menandatangani formulir, Mbak-nya menjelaskan beberapa informasi terkait biaya dan status pengecekan online setelah 3 hari berjalan melalui situs yang tertera, namun jika memang unit kita telah selesai diperbaiki dan bisa diambil, akan ada pemberitahuan melalui SMS ke nomor yang kita daftarkan.



Tepat pada hari Jumat, 11 Oktober 2019, saya mendapat SMS pemberitahuan jika unit Zoom S yang saya miliki sudah selesai diperbaiki dan bisa diambil. Namun karena pertimbangan waktu, saya putuskan untuk mengambilnya pada hari Senin, 14 Oktober 2019.


Untuk prosedur pengambilannya sendiri masih sama, hanya saja kita memilih tiket B untuk pengambilan/Pick Up. Tunggu sebentar hingga dipanggil, karena suasana ASC saat itu sedang sepi, jangan lupa membawa formulirnya juga ya? Sebab tadi ada yang lupa membawa formulir, malah jadi nggak bisa ambil barangnya. Bisa sih dibantu dengan syarat materai 6000, tapi tetap saja merepotkan.

Setelah menyerahkan formulis, Mbak-nya mengambilkan unit Zoom S saya, lalu kemudian menyerahkan kepada saya untuk diperiksa. Alhamdulillah, ternyata tumben, unit saya ini tidak di Factory Reset. Mungkin karena kerusakannya hanya pada baterai yang tidak mengganggu sistem.


Metode pembayaran sekarang lebih fleksibel, bisa tunai atau dengan kartu debit/kredit. Seingat saya, dulu hanya bisa menerima tunai saja. Alhamdulillah, karena tanggal tanggung bulan, saya terpaksa melakukan pembayaran dengan cara kredit.

Ternyata masih ada kejutan lain. Biaya yang tadinya sebesar 310 ribu rupiah, hanya dikenakan sebesar 235 ribu rupiah saja karena sedang ada promo servis bulan Oktober. Alhamdulillah, jadi lebih hemat, nggak jadi beban hutang kartu yang terlalu besar.


Garansinya sendiri diberikan selama 3 bulan. Untuk klaim garansinya, mesti membawa kuitansi sebagai bukti pembayaran. Jadi, mesti disimpan baik-baik. Baterai lamanya diberikan ke saya juga, padahal saya ngeri bawanya juga, takut meleduk..



Itulah pengalaman saya menggunakan layanan ASC di STC untuk memperbaiki hape ASUS Zenfone Zoom S saya yang baterainya kembung. Layanan makin baik, ruang tunggu yang nyaman, sistem informasi online untuk pengecekan status perbaikan, serta informasi via SMS untuk unit yang selesai diperbaiki dan siap diambil. Jika gawai ASUS kalian ada yang bermasalah, jangan ragu untuk ke ASC..

Semoga bermanfaat dan salam kompak persahabatan selalu..


4 komentar:

  1. Harganya lumayan juga ya om untuk ganti baterai, oia itu gratis pengerjaan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan murah Dikk.. Kalau dari formulirnya tuh, biaya servis 150 rb belum harga sparepart. Biaya cancel 50 rb. Kemarin itu 310 rb biaya ganti baterai termasuk ongkos servis, jadi harga baterai cuma 310 - 150. Tapi karena lagi ada promo diskon 70%, gw jadinya cuma kena biaya 235 rb aja all-in.

      Hapus
  2. batere zenfone zoom s gw jg lg hamil. semoga kaga lahiran dadakan ( mledug ). hrs cpt d bawa k bidan ASC Senayan nee 🤔🤔🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Kuatir sama keamanan sebab hape ini yang pakai anak. Makanya mending buru² diberesin biar bisa dipakai lagi dengan tenang.

      Hapus