Galaxy S20+ & Buds + BTS Edition, Edisi Spesial untuk ARMY yang Loyal

Masih ingat kan? Beberapa waktu lalu, BTS mengadakan konser live streaming dalam rangka merayakan Anniversary ke-7 mereka yang bertajuk Ba...

Dracula, Kisah Legenda yang Tak Lekang oleh Masa


Kisah Drakula senantiasa menarik untuk diceritakan. Mungkin ada banyak versi tentang kisah Drakula yang pernah kita dengar, baca atau saksikan sebelumnya. Dan baru-baru ini, BBC kembali membuat ulang cerita legendaris tentang Count Dracula. Ditayangkan dalam 3 episode saja, namun durasi setiap episodenya cukup panjang, setara 1 buah film bioskop, yaitu 1 jam 30 menit saja.

| Episode 1



Di episode awal ini menceritakan tentang seorang pengacara bernama Jonathan Harker, yang diminta untuk datang ke kastil milik seseorang bernama Count Dracula, untuk mengakuisisi beberapa properti di Inggris. Oya, Count Dracula sendiri diceritakan tinggal di sebuah lokasi terpencil di Romania dan tidak banyak warga sana yang mengetahui persis di mana lokasi kastil itu berada. 


Di episode ini, banyak kisah diceritakan secara kilas balik, di mana Jonathan Harker sendiri merupakan penyintas dari korban Count Dracula. Namun sayang, banyak sekali ingatan Jonathan yang hilang. Oke, kembali ke kisah kedatangan Jonathan di kastil Count Dracula. Di sana semuanya sepi sekali. Meski awalnya Count Dracula mengatakan bahwa ada pekerja, namun kenyataannya tidak demikian. Anehnya, ketika pertama kali Jonathan bertemu dengan Count Dracula, sosok Count Dracula sendiri terlihat sangat tua dan renta. Jonathan sendiri awalnya tidak menyangka jika pekerjaannya di sana akan menjadi lama, hanya sehari semalam saja, lalu dia bisa pulang, kembali ke Inggris. Namun akhirnya dia malah jadi sandera Count Dracula dan makin hari, Count Dracula tampak semakin muda, sedangkan Jonathan Harker justru tampak makin menua, seperti bertukar sari kehidupan. 


Singkat cerita, Jonathan berhasil melarikan diri dari kastil tersebut dan akhirnya disembunyikan di sebuah biara yang penuh dengan biarawati. Karena ingatannya yang melemah, Jonathan tidak bisa mengingat wajah Mina, tunangan yang dicintainya. Padahal Mina berada persis di hadapannya ketika dia mencoba mengingat-ingat kisah saat berada di kastil Count Dracula dan menceritakannya pada mereka, para biarawati yang tertarik dengan keberhasilan Jonathan melarikan diri dari sana. Salah satunya adalah Suster Agatha.. Agatha van Helsing.. Hmm.. Terdengar familiar bukan?


Mungkin karena Jonathan sudah terkontaminasi darah Dracula sehingga keberadaannya di biara bisa diketahui oleh Count Dracula, namun para biarawati yang berani mampu menahan Count Dracula agar tetap berada di luar gerbang biara, berkat doa dan keyakinan kuat mereka. Sampai akhirnya, Count Dracula berhasil masuk ke dalam biara, dan memporak-porandakan seluruh isinya. Siapa yang mengijinkan Count Dracula untuk masuk ke wilayah suci biara tersebut?

| Episode 2



Di awal episode 2 tampak Count Dracula sedang bermain catur dengan Suster Agatha. Lho? Kok bisa begini? Apa yang membuat Count Dracula tidak membunuh Suster Agatha? Malah mengajaknya berbicara seolah-olah Count Dracula sedang menceritakan perjalanannya ke Inggris Raya. Eits, tunggu dulu. Itu semua hanyalah halusinasi yang diberikan oleh Count Dracula terhadap Suster Agatha. Kejadian yang sebenarnya adalah, Count Dracula sedang melakukan perjalanan dengan kapal layar menuju Inggris, bersama beberapa penumpang lainnya. 

Kapal Demeter, merupakan kapal yang ditumpangi oleh Count Dracula, sempat bersandar di sebuah dermaga di kota kecil. Nggak pakai lama, satu korban Dracula bernama Pietro tewas. Hal ini diketahui oleh asisten rumah tangga di sana, untuk kemudian mengambil nama Pietro, menggantikannya sebagai anak buah kapal Demeter.

Di atas kapal Demeter, ada 1 kamar bernomor 9, yang sangat misterius. Sang kapten kapal hanya dipesankan bahwa penghuni kamar nomor 9 tersebut sangat sakit dan menular, sehingga tiada satu pun yang boleh menjenguknya. Beberapa anak buah kapal penasaran dengan kamar tersebut, namun tidak bisa berbuat banyak, karena nampaknya kapten kapal dibayar cukup banyak untuk menjaga kerahasiaan kamar tersebut.


Namun satu per satu korban berjatuhan di atas kapal Demeter. Semua orang curiga, ada sesuatu di kamar nomor 9 yang berhubungan dengan kasus pembunuhan di atas kapal tersebut. Namun, belum ada yang mencurigai Count Dracula sebagai pelakunya. Hingga pada akhirnya, kamar nomor 9 dibuka, dan ternyata isinya adalah.. Suster Agatha!

Suster Agatha difitnah sebagai pelaku pembunuhan karena beberapa barang bukti berada di kamar nomor 9, kamar tempat Suster Agatha berada dan dianggap sakit keras. Hingga pada akhirnya kebenaran terungkap, pertempuran antara anak buah kapal melawan Count Dracula tak terhindarkan lagi. Namun Count Dracula mampu bertahan, hingga akhirnya diambil keputusan besar, menenggelamkan kapal Demeter. Apakah Suster Agatha berhasil bertahan hidup, dan mengalahkan Count Dracula untuk sementara waktu?

| Episode 3



Entah bagaimana, Count Dracula berhasil selamat dari ledakan kapal Demeter yang tenggelam. Dan ketika Count Dracula bangkit kembali dan berhasil mencapai pesisir pantai Inggris Raya, dia langsung disambut oleh helikopter dan pasukan khusus bersenjata lengkap. Selamat datang di masa depan, Count Dracula!

Yupp! Count Dracula sempat kaget dengan keadaan yang dihadapinya, sesosok yang sangat dikenalnya, Suster Agatha. Tapi ternyata itu bukanlah Suster Agatha, karena ternyata waktu telah berlalu selama 123 tahun lamanya. Yang ada di hadapan Suster Agatha adalah Zoe, keturunan dari Suster Agatha yang memiliki wajah mirip sekali. 

Dengan kemampuan Count Dracula yang licin bagai belut, dia bisa lepas dari kepungan tim khusus yang berniat menjemputnya. Namun dengan berbagai kekacauan yang dibuatnya, akhirnya Zoe berhasil membawa Count Dracula, ke sebuah tempat di mana Count Dracula diisolasi.

Count Dracula yang cepat beradaptasi dengan teknologi, terpaksa dilepaskan dari ruang isolasi karena melanggar hak asasi. Dari ruang isolasi, Count Dracula berhasil menghubungi seorang pengacara agar bisa membuat dirinya keluar. Ini juga ternyata ada kaitannya dengan urusan bisnis Count Dracula di masa lalu, di mana firma hukum tempat bekerja pengacara tersebut sudah berdiri sejak dahulu kala.


Lalu bagaimana nasib Zoe setelah Dracula berhasil keluar dari sana? Apakah takdir atau justru kutukan yang membuat keturunan van Hellsing selalu bertemu dengan Count Dracula? Apakah sebetulnya tujuan van Hellsing, yang bekerja sama dengan Yayasan Harker, dalam menangkap Count Dracula? Dan yang ternyata juga menarik adalah, apakah sebetulnya tujuan Count Dracula selama ini? Apa yang membuatnya takut pada simbol-simbol salib sedangkan dia sendiri tidak meyakini adanya Tuhan?

Mini seri Dracula yang tayang di saluran BBC ini tergolong menarik untuk diikuti, dengan beberapa selipan adegan gore, darah di mana-mana, serta timeline yang melompat ke masa depan, mengajak kita seolah mengikuti perjalanan hidup seorang Dracula. Namun sayangnya, masa lalu Count Dracula tidak begitu diungkap, seperti mengapa Count Dracula menjadi vampir, apa yang menyebabkan dirinya abadi meski harus minum darah, dan lain sebagainya. Namun itu tidak terlalu mengganggu kenyamanan saat menonton mini seri ini.

Skor 8/10




Tidak ada komentar:

Posting Komentar