Hands On Laptop Gaming ASUS ROG Zephyrus S17 dan Zephyrus M16

  Setelah diluncurkan beberapa waktu yang lalu secara streaming, akhirnya pada hari Minggu kemarin, saya berkesempatan untuk menjajal laptop...

ASUS VivoBook 15 (A516) - Laptop Serbaguna Besar Layarnya

 


Mayoritas masyarakat Indonesia memiliki anggapan bahwa lebih besar itu lebih baik, dalam hal apapun. Ditambah lagi jika harganya murah meriah. Sebagai contoh, dalam memilih gawai, seperti smartphone, tablet atau televisi, biasanya kita akan berusaha mendapatkan barang dengan spesifikasi tinggi, kapasitas memori, baterai dan layar yang besar, dengan harga yang ekonomis. Wajar, namanya juga sedang memilih sesuatu yang layak untuk dimiliki, istilah baratnya, "Best Bang for the Bucks."

Jika mayoritas masyarakat memilih smartphone layar besar, tablet layar besar, televisi layar besar, namun anomali justru terjadi pada pasar laptop di Indonesia yang menunjukkan bahwa penjualan terbesar laptop justru berada pada ukuran layar 14 inci yang tergolong ringkas. Ini berbeda dengan mayoritas pengguna laptop di kawasan Asia Pacific di mana mereka rata-rata memilih laptop berukuran layar 15 inci yang lebih besar.

Prosentase rata-rata penjualan laptop 15 inci di Asia Pacific

Berdasarkan data di atas, sebagian besar sudah menggunakan laptop berukuran 15 inci, di mana ini mencapai 50% dari total penjualan laptop di masing-masing negara. Sementara laptop berukuran 15 inci yang terjual di Indonesia hanya 12% saja, dan ini memang terjadi karena mayoritas masyarakat Indonesia masih memilih laptop yang berukuran kecil dan ringkas. Hal ini sesuai dengan hasil survey yang diselenggarakan, di mana mayoritas responden memilih laptop berukuran 14 inci karena berbagai macam pertimbangan.

Survey ukuran layar laptop idaman

Tetapi memang semangat ekonomis mayoritas masyarakat Indonesia sangatlah kental. Hal ini terbukti ketika pertanyaan survey selanjutnya membandingkan  antara laptop berukuran 14 inci dengan 15 inci, dengan menanyakan beberapa kriteria dengan parameter yang sama, maka jawabannya sungguh mengejutkan.

Survey Membuktikan!

Survey preferensi ukuran laptop dengan basis kesamaan parameter tertentu

Dari hasil survey di atas, ternyata yang tadinya mayoritas menginginkan laptop berukuran 14 inci, sekarang mereka lebih menginginkan laptop berukuran 15 inci jika spesifikasi, harga, bobot serta ketebalannya sama dengan laptop 14 inci. Di sini terjadi pergeseran minat jika keempat aspek (spesifikasi, harga, bobot dan ketebalan) yang terdapat pada laptop berukuran 14 inci, bisa mereka dapatkan pada laptop berukuran 15 inci. Istilah kata orang bule, "Get more with the same price."

Apakah dominasi laptop berukuran 14 inci sulit untuk dikalahkan? Menurut hasil survey berikutnya, ternyata ukuran 14 inci bukanlah harga mati. Hal ini bisa kita simak melalui chart di bawah ini.

Survey preferensi ukuran laptop jika parameternya beda tipis

Dari gambar di atas kita bisa dapatkan bahwa mereka lebih memilih laptop berukuran 15 inci yang tipis daripada laptop 14 inci yang tebal. Selain itu, mereka juga rela memilih laptop 15 inci yang sedikit lebih berat daripada laptop 14 inci dengan berat rata-rata. Artinya, masyarakat kelak akan lebih memilih laptop dengan ukuran layar lebih besar jika kriterianya memenuhi parameter survey di atas tadi.

Keuntungan Laptop 15 inci dibandingkan dengan 14 inci

Perbandingan VivoBook 15 inci dengan 14 inci

Ternyata oh ternyata, memang laptop yang berukuran 15 inci saat ini, menawarkan lebih banyak keunggulan daripada laptop 14 inci. Dan semua keunggulan tersebut terejawantahkan di dalam sebuah laptop bernama ASUS VivoBook 15 (A516).

Jika dibandingkan dengan laptop ukuran 14 inci, ASUS VivoBook 15 (A516) memiliki keunggulan sebagai berikut (yang versi Ultra nggak saya bahas karena beda tipe) :

  • Layar lebih besar dengan ketebalan yang sama
  • Rasio layar terhadap bodi lebih besar
  • Beratnya di bawah 2kg
  • Opsi upgrade lebih baik

Laptop ASUS VivoBook 15 (A516) memiliki layar sebesar 15,6 inci dengan resolusi hingga FullHD meski memiliki ketebalan setara laptop 14 inci masa kini, yaitu sekitar 1,99cm saja. Termasuk tipis untuk kategori laptop modern. Rasio layar terhadap bodinya pun cukup besar, hingga 83%. Hal ini diperoleh berkat teknologi NanoEdge Display yang memungkinkan bezel atau bingkai layarnya menjadi sangat tipis, hanya 7mm saja.

NanoEdge Display pada ASUS VivoBook 15 (A516)

Layar Luas untuk Segala Aktivitas

ASUS VivoBook 15 (A516) ini memang layak untuk dijadikan laptop serbaguna yang sesuai digunakan oleh siapa saja, anak-anak, orangtua, pelajar/mahasiswa, karyawan, sampai ibu rumah tangga sekali pun. Layarnya yang besar mampu menampilkan informasi lebih banyak saat sedang browsing atau bekerja dalam mode spreadsheet. Untuk kebutuhan anak sekolah yang sedang belajar dari rumah, laptop ini juga sanggup melakukan segala aktivitas pembelajaran. Dan berkat sudut pandang yang lebar, mencapai 178° dan lapisan anti-silau (anti-glare), segala aktivitas anak di depan laptop dapat dipantau dengan baik oleh orangtua. 

Buat hiburan bagaimana? Tentu sama enaknya dong! Layar yang besar dengan sudut pandang lebarnya bikin nobar (nonton bareng) bersama keluarga jadi lebih seru! Meski duduknya agak melipir ke pinggir, tayangan film atau serial di layar laptop masih bisa dinikmati dengan nyaman. Audionya juga mantap! Masih ada combo audio jack yang bisa dihubungkan dengan speaker external, atau bisa juga pakai speaker wireless Bluetooth supaya sensasi nontonnya makin sempurna. Audionya sendiri didukung oleh SonicMaster dengan teknologi ICEPower, beberapa skema seperti film, musik atau game bisa dipilih dengan mudah.

Dukungan Prosesor dan Konektivitas yang Cepat

Buat jalanin itu semua aktivitas dengan lancar, pastinya butuh perangkat keras yang tepat dan kuat. Woles bray, karena laptop ASUS VivoBook A15 (A516) ini sudah termasuk dalam golongan komputer modern. Prosesornya sudah menggunakan Intel Core Gen-10 yang masih tergolong baru. Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya. Tentu saja ini valid karena di jaman sekarang, belajar atau bekerja sering dilakukan dari mana saja, tanpa perlu repot dengan kabel, karena koneksi nirkabel yang tersedia bisa diandalkan. Jauh lebih praktis!

Bekerja secara mobile lebih mudah dan praktis

Aman Terkendali dengan Aplikasi Office Asli

Sebagai laptop yang ditujukan untuk kebutuhan masyarakat umum, laptop ini sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 Home dan aplikasi office asli. Tinggal aktivasi lalu pakai, tanpa rasa was-was akan ancaman program jahat maupun virus. Sejatinya laptop modern masa kini, semua serba mudah. Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.

Chip Grafis Diskrit untuk Kebutuhan Edit

Kadang suka ada yang bertanya, laptopnya kuat nggak buat ngedit? Nah, ini kerennya ASUS VivoBook 15 (A516). Laptop ini punya varian spesifikasi yang cukup banyak, mulai dari Celeron hingga Intel Core i5. Kalau memang ada kebutuhan untuk ngedit foto atau video, kalian bisa pilih varian dengan chip grafis NVIDIA GeForce MX330 untuk pengguna yang membutuhkan performa grafis ekstra. Kehadiran NVIDIA GeForce MX330 memungkinkan VivoBook 15 (A516) dapat menjalankan berbagai aplikasi yang membutuhkan performa grafis ekstra seperti aplikasi photo editing, video editing, hingga game kasual. Jadi bagaimana jawabannya? Ya kuat lah!

Keyboard Full-Size dengan Backlit Percepat Kerja Spreadsheet

Sebagai laptop 15 inci yang modern, ASUS VivoBook 15 (A516) mampu menghamparkan keyboard dengan layout full-size yang dilengkapi dengan backlit, sehingga laptop ini tetap dapat digunakan meski dalam kondisi remang-remang atau rendah cahaya. Bagi mereka yang sering bekerja dengan angka dan spreadsheet, tombol NumPad yang terpisah di sisi kanan akan sangat membantu dalam mempercepat selesainya pekerjaan. Setiap tombol keyboard VivoBook 15 (A516) memiliki key travel sejauh 1,4mm dan dirancang secara ergonomis agar tetap nyaman saat mengetik.

Keyboard Full-size dan NumPad terpisah

Ringan, Aman dan Serba Instan

Berkat kemajuan teknologi yang ada, di masa sekarang ini, semuanya serba cepat dan instan. Bahkan ada istilah, generasi instan, karena generasi sekarang yang cenderung tidak mau tahu prosesnya, yang penting hasil. Dalam hal produktivitas, kebiasaan serba cepat ini sangat membantu mereka yang sangat meyakini betapa berharganya waktu yang mereka miliki. Oleh sebab itulah, setiap komponen yang ada pada laptop modern ini, dipastikan memberikan kecepatan proses yang optimal bagi penggunanya. Kecepatan booting sistem operasi dari awal, kecepatan loading aplikasi, dan lain sebagainya menjadi faktor penting dalam kehidupan modern saat ini. Selain penggunaan RAM yang cukup besar, yaitu hingga 8GB DDR4, laptop ini sudah menggunakan perangkat SSD (Solid State Drive) yang memiliki kecepatan akses lebih tinggi daripada HDD (Harddisk). Dengan menggunakan SSD, bobot laptop bisa lebih dipangkas sehingga lebih nyaman untuk dibawa bepergian.

Ciri khas laptop modern selain cepat juga tetap mempertimbangkan sektor keamanan. Bahkan laptop ASUS Vivoook 15 (A516) ini mampu mengkombinasikan keduanya. Pada beberapa varian VivoBook 15 (A516), telah dilengkapi dengan keamanan biometrik berupa fingerprint sensor. Fitur ini umumnya terdapat di laptop kelas premium. Berkat adanya fingerprint sensor, pengguna VivoBook 15 (A516) dapat masuk ke dalam sistem Windows 10 Home lebih cepat melalui Windows Hello, tanpa perlu mengetikkan password.

Fingerprint Sensor di sudut touchpad VivoBook 15 (A516)

Proteksi Optimal dengan Konstruksi Khusus

Meski berbodi tipis dan ringkas, namun laptop ASUS VivoBook 15 (A516) ini cukup kuat dan tangguh meski tidak mengantongi sertifikasi Military Grade. ASUS VivoBook 15 (A516) memiliki konstruksi khusus di beberapa bagian laptop ini, seperti pada chasis utama dan rangka layar, yang terbuat dari bahan logam untuk memperkuat keseluruhan konstruksi bodinya. Dan satu hal lagi, opsi upgrade masih terbuka lebar untuk penambahan RAM dan storage. Memori DDR4 yang merupakan standar laptop modern, kapasitasnya masih bisa ditingkatkan lagi. Sementara di sektor penyimpanan, laptop ini mendukung dua jenis penyimpanan yaitu 2.5” SATA dan M.2 PCIe. Kedua jenis penyimpanan tersebut dapat dipasang secara bersamaan dalam laptop ini. Selain itu, tersedia perlindungan ekstra untuk HDD di VivoBook 15 (A516) bernama E-A-R HDD Protection. Perlindungan tersebut dapat menyerap getaran yang dihasilkan saat perangkat terguncang dan menyelamatkan HDD yang ada di dalamnya.

Konstruksi pengaman pada ASUS VivoBook 15 (A516)

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern. Dan salah satu PC modern tersebut adalah ASUS VivoBook 15 (A516) ini.

Pantau Status dengan MyASUS

Tampilan System Diagnosis pada aplikasi MyASUS

Keresahan saat mengalami masalah pada laptop, sering menjadi momok bagi pengguna awam. Diperlukan pengetahuan khusus terkait dengan proses troubleshooting saat laptop mengalami kendala. Namun sekarang, pengguna awam pun bisa dengan mudah melakukan sendiri penyelesaian masalah pada laptopnya melalui aplikasi MyASUS. Di dalam aplikasi MyASUS ini, selain informasi mengenai status garansi, pengguna juga bisa mengetahui kondisi laptopnya, melakukan pemindaian sistem, melakukan troubleshooting terhadap masalah, sekaligus menghubungi layanan konsumen ASUS jika diperlukan. Tapi, sejauh pengalaman saya menggunakan produk ASUS, kualitas produk mereka sangat baik sehingga saya jarang sekali memanfaatkan layanan ini. But, it's still nice to have this. At least, fitur ini akan membebaskan perasaan kuatir jika terjadi masalah pada laptopnya.

Link to MyASUS

Fitur Link to MyASUS optimalkan penggunaan laptop dan ponsel

Fitur bernama Link to MyASUS bisa bikin pengguna VivoBook 15 (A516) menghubungkan smartphone-nya dengan laptop. Beberapa fungsi dari Link to MyASUS antara lain : menampilkan pesan dan notifikasi dari smartphone ke layar laptop, melakukan panggilan telepon langsung dari laptop, hingga membuat smartphone menjadi layar kedua untuk laptop. Link to MyASUS bahkan menyediakan fasilitas untuk berbagi file secara instan antara laptop dengan smartphone, lempar-lemparan file, foto maupun video jadi lebih gampang. Yang jelas, fitur ini bikin pekerjaan antara laptop dengan smartphone jadi lebih seamless, khususnya bagi yang sering bekerja dan aktif pada kedua gawai tersebut. 

Spesifikasi dan Harga ASUS VivoBook 15 (A516)

Dua varian warna VivoBook 15, Transparent Silver dan Slate Grey

ASUS VivoBook 15 (A516) ini menawarkan beragam varian spesifikasi dan tentunya range harga yang menarik, mulai dari 5 jutaan rupiah saja. Hal ini tentu aja menambah daya tarik bagi mereka yang ingin memiliki laptop tipis dengan layar besar, di mana harga dan spesifikasinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang mereka miliki. 

Main Spec.

VivoBook 15 (A516)

CPU

Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)

Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)

Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)

Operating System

Windows 10

Memory

Up to 8GB DDR4 RAM

Storage

256GB PCIe® Gen3 x2 SSD

512GB PCIe® Gen3 x2 SSD

1TB HDD + 256GB PCIe® Gen3 x2 SSD

Display

15.6”, FHD (1920 x 1080) 16:9, Anti-glare

15.6”, HD (1366 x 768) 16:9, Anti-glare

Graphics

NVIDIA GeForce MX330 (optional)

Intel UHD Graphics 

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader

Camera

VGA Web Camera

Connectivity

Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1

Audio

SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone

Battery

37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Dimension

36.02 x 23.49 x 1.99 ~ 1.99 cm

Weight

1,8 Kg

Colors

Transparent Silver, Slate Grey

Price

Rp5.299.000 (Celeron N4020/HD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD)

Rp5.399.000 (Celeron N4020/FHD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD)

Rp7.599.000 (Core i3/HD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD + 1TB HDD)

Rp7.899.000 (Core i3/FHD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD + 1TB HDD)

Rp7.799.000 (Core i3/FHD/GeForce MX330/4GB/256GB SSD)

Rp8.199.000 (Core i3/FHD/GeForce MX330/4GB/512GB SSD)

Rp10.999.000 (Core i5/FHD/GeForce MX330/4+4GB/256GB SSD + 1TB HDD)

Rp11.099.000 (Core i5/FHD/GeForce MX330/8GB/256GB SSD + 1TB HDD)

Warranty

2 tahun garansi global


Jadi, untuk apa memilih laptop 14 inci jika dengan harga yang setara kalian bisa memiliki laptop yang sama tipisnya namun lebih besar layarnya? Seperti orang bule bilang, "Bigger is better because size does matter."

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar