Artikel Unggulan

9 Alasan Kuat untuk Punya Zenfone 9

  Zenfone, merupakan brand smartphone flagship dari ASUS. Saat ini, Zenfone sudah memasuki seri ke-9, oleh karena itu, kita mengenalnya seba...

Review Infinix HOT 20S - Hape Gaming 2 Jutaan yang Melebihi Ekspektasi

 


Tidak banyak smartphone di segmen market menengah, di harga 2 jutaan, yang berani mengklaim dirinya sebagai smartphone gaming. Namun Infinix, lewat seri HOT-nya, tetap konsisten untuk mengisi posisi pasar tersebut. Saya juga sempat 'galau' ketika ingin menentukan pilihan, smartphone apa yang cocok untuk kebutuhan dominan gaming di segmen harga tersebut. Namun, tak lama, ada opsi yang muncul, yaitu Infinix HOT 20S.

Mayoritas mungkin mengenal Infinix sebagai brand yang menawarkan smartphone dengan performa optimal dengan harga yang terjangkau. Bermacam seri Infinix tersedia untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam, khususnya untuk pasar Indonesia. Termasuk tentu saja, Infinix HOT 20S ini. Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita simak tabel spesifikasi dari Infinix HOT 20S.

 Spesifikasi dan Harga 

Berikut ini adalah spesifikasi dari Infinix Hot 20S :

  • Prosesor MediaTek Helio G96 (Arm Cortex-A76 hingga 2.05GHz)
  • RAM 8GB (Extended RAM hingga 13GB)
  • Layar 6.78 inci FHD+ HyperVision Gaming-Pro Display (refresh rate 120Hz)
  • Baterai 5000mAh (18W fast-charge dengan teknologi Power Marathon)
  • Kamera 50MP Super Nightscape Triple Camera (AI  dan Super Night Mode)
  • Harga Rp 2.349.000,-

Secara perangkat keras, jelas sekali memang perangkat ini ditujukan untuk kebutuhan gaming mainstream, sesuai dengan segmentasi harganya dan target marketnya.


 Unboxing 



Di dalam paket penjualannya, kita akan mendapatkan item-item sebagai berikut :

  • Smartphone Infinix HOT 20S (8/128 GB)
  • Softcase
  • Kepala charger 18W
  • Kabel USB tipe C
  • Kartu Garansi
  • Petunjuk Penggunaan
  • SIM Card Ejector

Tidak terlihat adanya earphone, baik wired maupun wireless. Padahal, ini bisa jadi item yang penting bagi Infinix HOT 20S sebagai all-in-one budget gaming smartphone.

 Dimensi Fisik 



Bagi saya pribadi, Infinix HOT 20S memiliki desain yang sangat menarik. Bagian tepinya berbentuk flat, mirip bodi smartphone buah. Selain itu, hal yang saya sukai dari Infinix HOT 20S ini adalah layarnya yang super besar, yaitu 6,78 inci, dengan resolusi FHD+ dan refresh rate hingga 120 Hz yang sangat cepat. Kamera depannya mengadopsi model punch-hole di bagian tengah layar, dengan resolusi 8 MP, sedangkan di bagian belakang, kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP yang tergolong sangat besar. Tombol Power sekaligus berfungsi sebagai pemindai sidik jari, posisinya di sisi kanan, persis di bawah tombol Volume. Di bagian bawahnya, terdapat port USB tipe C untuk pengisian daya/transfer data, port mini audio jack untuk earphone, serta lubang speaker. Unit yang saya gunakan, memiliki desain cover belakang Neon, di mana ketika terpapar sinar matahari, maka pola rahasia akan muncul.


Untuk slot SIM card-nya menganut sistem hybrid, dimana tersedia 2 slot untuk kartu telepon dan 1 slot untuk kartu micro SD. 


 Benchmark 

Untuk tes benchmark, saya tidak menggunakan Antutu, namun menggunakan 3DMark yang lebih komprehensif. Dan berikut ini adalah video ketika proses benchmark dilakukan :


Meskipun saat benchmark, gambar terlihat berat dan patah-patah, namun experience-nya berbeda ketika smartphone ini digunakan untuk bermain game secara realtime. Dan berikut ini adalah beberapa game yang saya mainkan dengan menggunakan Infinix HOT 20S. Seting dan konfigurasinya, bisa kalian saksikan di dalam videonya ya!

 Pokemon Unite 



 Free Fire 



 Mobile Legends 



Berdasarkan pengalaman bermain yang saya rasakan, semua game tersebut dapat dimainkan dengan lancar tanpa kendala berarti. Tetap perhatikan seting konfigurasi yang disarankan untuk Infinix HOT 20S pada setiap game, karena jika kita terlalu memaksakan setting tertinggi, bisa jadi experience-nya akan jadi kurang nyaman.

 Baterai Besar Tahan Lama 

Infinix HOT 20S memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh. Dengan kapasitas sebesar ini, dan aktivitas harian yang sering saya lakukan, smartphone ini mampu bertahan hingga seharian lebih. 


Ketika low batt, Infinix HOT 20S ini juga bisa diisi ulang dayanya dengan cepat, karena sudah mendukung teknologi Fast Charge 18W.


 Kemampuan Kamera 

Kamera depan Infinix HOT 20S memiliki resolusi 8MP. Untuk hasil kamera depan, menurut saya sudah cukup baik. Tidak istimewa atau luar biasa, namun sudah sesuai dengan segmentasi harganya. Berikut ini beberapa contoh foto yang saya ambil dengan kamera depan.

Ki-Ka : AI Cam, Beauty, Portrait

Terlihat bahwa AI Cam tidak terlalu agresif dalam menghaluskan dan mencerahkan kulit. Sementara mode Beauty dan Portrait sedikit mengangkat kecerahan kulit wajah sehingga terlihat sedikit pucat. Namun, ini masih bisa diterima lah, namanya juga smartphone gaming.

Untuk kamera belakangnya, kamera utama memiliki resolusi 50MP, serta dukungan pembesaran hingga 10x. Untuk penggunaan standar, cukup andalkan mode AI Cam, maka hasilnya bisa dibilang memuaskan, khususnya untuk obyek-obyek selain wajah manusia, seperti makanan, minuman dan hewan.

Mode pembesaran 2x
Perbandingan pembesaran normal vs 10x
Mode Super Night

Lalu bagaimana dengan kemampuan kamera videonya? Saya mencoba melakukan perekaman video dengan beberapa konfigurasi. Ada satu fitur menarik, yaitu Short Video, di mana dalam mode ini, Infinix HOT 20S akan merekam selama 15 detik secara otomatis. Namun yang akan saya share di sini adalah mode perekaman video durasi normal, mode slow motion, dan mode video beresolusi 2K.


Di bawah ini adalah mode perekaman video secara slow motion.


Dan yang paling tinggi adalah perekaman video dalam resolusi 2K dan 30 fps. Simak videonya di bawah ini ya.


Belum ada fitur EIS dan OIS dalam teknologi kamera yang dibenamkan pada Infinix HOT 20S ini, jadi video yang bergerak masih terlihat 'shaky'. Diperlukan gimbal/tripod untuk perekaman video yang lebih stabil.

 Kesimpulan 

Jika kalian mencari smartphone dengan kemampuan kamera luar biasa, mungkin Infinix HOT 20S bukan pilihan yang tepat. Namun jika kalian membutuhkan smartphone gaming dengan harga yang layak, Infinix HOT 20S merupakan jawaban. Sesuai judul artikel, kenapa saya bilang, Infinix HOT 20S ini jadi hape gaming 2 jutaan yang melebihi ekspektasi karena pertama dari sektor layarnya, Infinix HOT 20S punya layar yang besar, jernih dan tajam, serta dukungan refresh rate hingga 120Hz yang terlihat sangat smooth. Bermain game dengan Infinix HOT 20S bukan sekadar mencari kemenangan semata, namun sekaligus menikmati proses dalam setiap perjalanan menuju ke sana. Yang kedua tentu saja daya tahan baterainya. Sejauh pengalaman saya menggunakan smartphone gaming, jarang ada yang daya tahan baterainya melebihi seharian. Infinix HOT 20S memberikan keseimbangan antara performa dengan efisiensi daya. Sebagai catatan, semua game saya mainkan dengan konfigurasi setting yang disarankan agar dapat berjalan optimal di Infinix HOT 20S ini.

Bagaimana? Tertarik untuk memilikinya? Kalian bisa menebusnya di OFFICIAL Store yang berada di marketplace yang terpercaya

Demikianlah pengalaman saya menggunakan Infinix HOT 20S untuk daily dan kebutuhan gaming sehari-hari. Semoga bermanfaat dan salam kompak persahabatan selalu..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar