Urutan Warna Kabel LAN


Dulu, waktu gw masih kuliah, gw pernah bikin jaringan kecil di rumah, hanya untuk memuaskan rasa penasaran, seperti apa rasanya main gim multiplayer. Saat itu yg lagi HOT adalah Counter Strike dan Age of Empire. Saat itu, gw masih menggunakan kabel coaxial BNC, dengan topologi BUS dimana setiap ujung  terakhir dari jaringan harus diterminasi. Maklum, harga switch saat itu masih tergolong tinggi untuk ukuran mahasiswa :p

Seiring berjalannya waktu, gw pun mulai bisa punya duit sendiri, akhirnya jaringan tadi, yg rawan putus karena kena sapu/pel, gw upgrade dengan topologi star, dimana gw dah bisa beli switch dan kabel cat 5e yg relatif lebih murah daripada kabel BNC. Waktu awal gw kerja di kantor, gw perhatikan susunan kabel cat 5e ini gak ada yg seragam. Gw pernah liat urutan kabelnya apa adanya, gak pake kaidah yg standar. Alhasil, speed max koneksi hanya mentok di 10Mbps, angka yg cukup rendah buat gw untuk penggunaan kabel cat 5e. Lalu gw pun mencari informasi, berhubung internet masih cukup langka saat itu, gw pun belajar bikin kabel jaringan jenis ini di Dusit Mangga Dua, nama tokonya Multi Parts (kalo nggak salah inget), lokasinya persis di samping Dunkin kalo masuk dari lobi depan Dusit Arcade Shopping :) Di sana, ge perhatikan dengan seksama, yg bikin kabelnya aja enciknya, wah, canggih (pikir gw waktu itu). Abis gw beli beberapa meter kabel dan minta dibuatkan, akhirnya gw pun mencicil beberapa peralatan yg bisa digunakan untuk bikin kabel sendiri. Crimping tools waktu itu yg nebus yg 80rb-an, yg hasilnya cukup mengkhawatirkan :( kadang konek semua, seirngkali bbrp pin kagak nyambung/kontak. Crimping yg bagus masih di harga 250rb-an :( Lalu kabel tester, nah, ini alat waktu itu mayan canggih, bisa deteksi pin berapa aja yg gak kontak. Harganya mulai 500rb tipe lampu led doang, dan yg fluke saat itu harganya USD 450, di mana gw minjem punya kantor. Beda harga, beda kenikmatannya (JELAS) :p

Setelah sekian lama gw kerja jadi IT di kantoran, ternyata masih banyak orang yg basis ilmunya IT, apalagi fresh graduate, yang belum hafal susunan/urutan kabel jaringan cat 5e ini :) Padahal, namanya kerjaan kantor, problemnya gak jauh dari urusan toubleshooting, entah itu printer, PC atau jaringan. Apalagi kalo ada permintaan mendadak soal pemasangan jalur koneksi baru, udah deh tuh, pada sibuk googling cari referensi. Enaknya jaman internet, apa aja ada di sana :) Kali ini gw cuma mo sharing mengenai susunan kabelnya, dimana umumnya ada 2 tipe kabel yg dipakai, yaitu straight, susunan kabel ujung yg satu dan ujung satunya lagi sama/serupa. Tipe ini umumnya dipakai untuk menghubungkan jaringan dari switch/patch panel dari meja kerja ke PC. Satu lagi tipe cross, dimana ujung yg 1 dan ujung yg lain susunan warnanya beda (bisa liat di gambar). Tipe ini umumnya digunakan untuk koneksi langsung dari alat ke alat. Contoh : dari switch ke switch untuk expanding, atau utk konfigurasi alat/device dengan menggunakan notebook/laptop.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat di era internet dan jaringan yang makin lama makin wireless ini :) Salam kompak persahabatan selalu.

Komentar

  1. kok yg straight sama cross urutannya sama aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gini kang, kalo mo bikin kabel straight, bisa pake standar urutan warna A, atau B. Kedua ujungnya sama urutannya. Nah, jika ingin membuat kabel cross, ikuti petunjuk warna yg bawah, di mana ujung A pake standar A, ujung B pake standar B, gitu kang :)

      Hapus
  2. keren min artikelnya nambah ilmu hehe...
    mesin pemisah lcd

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas atensinya, semoga informasinya bermanfaat :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Semua Berawal Dari Sebuah PC