Rangkaian Produk ASUS Zenfone Generasi ke-3


Selepas acara Zenvolution 2016 lalu di Nusa Dua Bali, saat ini secara resmi, ASUS Zenfone 3 dengan kode ZE520KL sudah dapat dimiliki melalui toko-toko online maupun store atau gerai resmi dari distributor yang ditunjuk. Berbagai sentimen, baik positif maupun negatif, mengalir terhadap smartphone yang baru diluncurkan ini. Opini paling kencang terutama mengenai harga dan spesifikasi yang terdapat pada ASUS Zenfone 3 ini. Banyak yang bilang bahwa produk ini 'kemahalan' bisa dibandingkan dengan produk milik kompetitor. Sah saja bila mereka memiliki opini seperti itu. Namun seperti gw bilang, bahwa kurang afdol jika kita melontarkan sebuah opini hanya berdasarkan asumsi semata. Istilah gw sih, coba dulu, pegang, rasain, baru komen. Kenapa begitu? Karena setelah itu semua dilakukan, maka opini yang kita sampaikan, baik atau buruknya, akan lebih obyektif.

Lalu, apakah ASUS Zenfone 3 ini kemahalan dari sisi harga berbanding dengan spesifikasinya? Relatif! Mengapa demikian? Karena banyak perubahan baru nan berbeda bila dibandingkan dengan produk ASUS Zenfone generasi sebelumnya, yaitu penggunaan material metal dan kaca yang membuat produk ini terasa begitu ekslusif dan premium di tangan. Lalu, bagaimana halnya jika budget kita terbatas, namun pengen punya? Saran gw sih sederhana. Biasanya gw akan bilang, apakah kebutuhan smartphone lu seperti itu? Harus secanggih itu? Jika ya, maka menabung dan kumpulkan duitnya supaya bisa kesampaian untuk memilikinya. Jika ternyata tidak, maka masih ada produk Zenfone lain yang akan segera mengisi ceruk pasar di lini budget di bawahnya. Namun sebelum itu, gw akan bahas beberapa tipe ASUS Zenfone 3 yang diperkenalkan pada saat Zenvolution 2016 lalu.

ASUS Zenfone 3 (ZE552KL)

Memiliki tagline yang sama dengan ASUS Zenfone 3 (ZE520KL) yaitu Built for Photography, tipe ini hadir dengan ukuran layar yang sedikit lebih besar, yaitu 5.5", kira-kira sama besarnya dengan ukuran ASUS Zenfone 2 Intel atau ASUS Zenfone 2 Selfie. Secara spesifikasinya, kurang lebih mirip sekali dengan tipe ZE520KL. Hanya ada perbedaan tipis di sisi RAM yang menggunakan 4GB. dan internal storage sebesar 64GB. Sedangkan spesifikasi pada kameranya sama saja dengan ZE520KL. Oya, nantinya tipe ZE520KL juga ada yang menggunakan RAM sebesar 4GB lho, namun internal storage tetap 32GB.

Berikut ini gambaran mengenai performanya, berikut informasi prosesor dan lain sebagainya.


Produk ini kelak akan dijual dengan harga Rp. 5.099.000,-

ASUS Zenfone 3 Deluxe (ZS570KL)


ASUS Zenfone 3 Deluxe ini mengusung tagline All Metal, Pure Beauty. Sesuai dengan citra yang ingin disampaikannya, aroma kemewahan dan keanggunan sudah terpancar sejak mata kita memandangnya.


Sesungguhnya, yang menjadi biang pergunjingan dari para peminat smartphone adalah rumor bahwa ASUS Zenfone 3 Deluxe ini mahal sekali., tanpa mengetahui apa latar belakang yang membuatnya memiliki harga jual sedemikian tinggi, berdasarkan informasi harga yang dirilis di negara lain. Bisa dibilang, hal-hal yang membuat ASUS Zenfone 3 Deluxe ini mahal adalah komponen yang terdapat di dalamnya, secara singkat dapat dilihat pada ilustrasi di bawah ini.


Semua komponen terbaik saat ini, terpasang di dalam ASUS Zenfone 3 Deluxe. Pantaslah jika demikian adanya. Sedangkan secara singkat, spesifikasi prosesor yang digunakan pada ASUS Zenfone 3 Deluxe ini dapat disimak pada ilustrasi di bawah ini.


Kelak, ASUS Zenfone 3 Deluxe ini akan hadir dalam 3 varian, yaitu ZS550KL yang memiliki ukuran layar 5.5", RAM 4GB dan internal storage sebesar 64GB. Lalu ada ZS570KL yang memiliki ukuran layar sebesar 5.7" dengan RAM sebesar 6GB dan internal storage sebesar 64GB, serta satu lagi mungkin bisa dibilang versi Ultimate dari ZS570KL ini, yaitu memiliki luas layar sebesar 5.7", RAM sebesar 6GB dan internal storage sebesar 256GB. Wow! Menakjubkan sekali.

Spesifikasi kamera pada ASUS Zenfone 3 Deluxe ini juga sudah menggunakan komponen terbaik yang ada saat ini. Secara singkat dapat dilihat pada ilustrasi di bawah ini.


Namun demikian, nampaknya spesifikasi yang sedikit berbeda akan terdapat pada seri ASUS Zenfone 3 Deluxe yang memiliki kode ZS550KL, di mana kameranya hanya memiliki resolusi sebesar 16MP saja. 

Produk ASUS Zenfone 3 Deluxe (ZS550KL) kelak akan dijual dengan harga Rp. 6.099.000,- ASUS Zenfone 3 Deluxe (ZS570KL) (6/64) dengan harga Rp. 9.099.000,- dan (ZS570KL) (6/256) dengan harga Rp. 11.099.000,-

ASUS Zenfone 3 Laser (ZC551KL)


Jika masih banyak yang merasa bahwa harga ASUS Zenfone 3 masih terlalu tinggi, jangan cemas dan kuatir, karena masih ada beberapa tipe Zenfone generasi ke-3 yang mungkin bisa memenuhi kebutuhan sekaligus masuk dalam anggaran. Hobi memotret dengan smartphone? Namun belum sanggup menebus ASUS Zenfone 3 (ZE520KL)? Santai saja, karena ASUS Zenfone 3 Laser hadir untuk memenuhi hasrat fotografi kalian semua, dengan harga yang lebih terjangkau. Kira-kira, seperti apa performa yang diusung oleh Zenfone 3 Laser ini? Bisa disimak melalui ilustrasi di bawah ini.


Secara ukuran, ASUS Zenfone 3 Laser ini hadir dalam bentuk yang lebih besar dibandingkan dengan ZE520KL, yaitu memiliki lebar layar 5.5", kira-kira setara dengan Zenfone 2 Selfie atau Zenfone 2 Intel dan memiliki desain punggung yang berbeda dengan ZE520KL. Oya, ASUS Zenfone 3 Laser ini hanya tersedia dalam 1 tipe saja, yaitu dengan RAM 4GB dan internal storage sebesar 32GB. Cukup wah bukan?

Kamera belakangnya memiliki resolusi sebesar 13MP lengkap dengan Real-Tone LED Flash dan Laser Auto-Focus dengan kecepatan reaksi 0,03 detik saja. Sensor SONY dan lensa dengan aperture f/2.0 dengan kemampuan EIS  telah disematkan di dalam ASUS Zenfone 3 Laser ini. Harganya? ASUS Zenfone 3 Laser ini akan dijual dengan harga Rp. 3.399.000,- saja.

ASUS Zenfone 3 Max (ZC520TL)


Dari namanya saja, kita sudah dapat mengira, ada yang maksimum dalam smartphone ini. Ya, ASUS Zenfone 3 Max, sejak generasi terdahulu, dikenal sebagai smartphone yang memiliki kapasitas materai di atas rata-rata smartphone lain. Dengan bekal baterai super besar namun tetap tipis sehingga desain ASUS Zenfone 3 Max ini tetap ramping, membuatnya memiliki daya tahan penggunaan yang extra lama.


Sebagai ilustrasi betapa hematnya ASUS Zenfone 3 Max ini, dapat dilihat pada gambar di bawah ini.


Jika kita ingat spesifikasi baterai ASUS Zenfone 2 Max terdahulu yang mencapai 5000mAh, baterai ASUS Zenfone 3 Max kali ini terasa menyusut, yaitu hanya 4100mAh saja, namun dengan teknologi prosesor terkini dan power manajemen yang lebih baik, keawetan dayanya dapat tetap dipertahankan.

Soal kameranya, tidak perlu kuatir, karena ASUS Zenfone 3 Max ini memiliki kamera belakang dengan resolusi 13MP dan kamera depan sebesar 5MP. Masih cukup mumpuni untuk mengabadikan momen-momen bersejarah dalam kehidupan kita.

Dan yang menjadi nilai tambah dari ASUS Zenfone 3 Max ini adalah kemampuannya untuk menjadi penyelamat bagi smartphone lain yang sedang dalam keadaan kritis daya alias low-batt. Ya! ASUS Zenfone 3 Max dapat berfungsi layaknya powerbank! Menakjubkan sekali bukan?


ASUS Zenfone 3 Max ini hanya berukuran layar sebesar 5.2" saja, namun akan hadir dalam 2 varian, yaitu dengan RAM 2GB dan internal storage 16GB, serta RAM 3GB dan internal storage sebesar 32GB. Untuk harganya sendiri akan berada di kisaran Rp. 2.199.000,- untuk tipe 2/16 dan Rp. 2.399.000,- untuk tipe 3/32.

Dari seluruh rangkaian produk di atas, ada beberapa kesamaan yang bisa dirangkum dalam informasi sebagai berikut.

Fingerprint Scanner


5-Magnet Speaker


ZenUI 3.0


Walaupun semua itu merupakan Zenfone generasi ke-3, namun ternyata tidak semuanya telah mengadopsi port konektor USB-C. Pada ASUS Zenfone 3 Laser & Max masih memanfaatkan port micro-USB yang merupakan standar konektor smartphone.

ASUS Zenfone Go - Smartphone Entry Level Penerus Zenfone 5


Kabar gembira bagi peminat smartphone ASUS namun memiliki budget terbatas, tersedia solusi untuk itu semua, yaitu ASUS Zenfone Go (ZB450KL). ASUS Zenfone Go tipe terbaru ini sudah menggunakan prosesor Quad-Core dari Qualcomm yang cukup mumpuni untuk kebutuhan komunikasi dan sosial media.


Hadir dalam bermacam pilihan warna, ASUS Zenfone Go ini secara desain seakan mengingatkan kita pada kejayaan ASUS Zenfone 5 dipadukan dengan ASUS Zenfone 2. Tengok saja desain cover belakangnya, sangat legendaris bukan?


Sebagai smartphone kelas entry, kapasitas baterainya pun tidak diabaikan untuk mengakomodir kebutuhan penggunanya hingga 13 jam pemakaian.


Oya, yang asyiknya lagi, ASUS Zenfone Go ini kelak akan hadir dalam 3 varian ukuran, yaitu 4.5 inci dan 5 inci, keduanya sudah mendukung 4G/LTE, dan satu lagi adalah 6.9 inci, kelas phablet untuk pengguna entry. Luar biasa bukan? Bahkan untuk kelas entry level pun, ASUS masih memikirkan peluang bagi kebutuhan penggunanya dalam budget yang terbatas sekalipun.

Untuk kameranya, ASUS Zenfone Go 4.5 dan 6.9 memiliki kamera belakang dengan resolusi sebesar 8MP dan kamera depan 2MP. Sedangkan khusus untuk ASUS Zenfone Go 5.0 akan memiliki kamera belakang dengan resolusi sebesar 13MP dan kamera depan sebesar 5MP.

Soal harganya, menurut informasi yang gw dapatkan, ASUS Zenfone Go 4.5 akan memiliki 1GB RAM dan 8GB internal storage, dijual dengan harga Rp. 1.399.000,-
ASUS Zenfone Go 5.0 akan memiliki 2GB RAM dan 16GB internal storage, akan dijual dengan harga Rp. 1.699.000,-
Dan terakhir, ASUS Zenfone Go 6.9, khusus ini hanya mendukung 3G saja, akan memiliki 1GB RAM dan 8GB internal storage, akan dijual dengan harga Rp. 1.499.000,- saja.

Jadi, yang mana kiranya smartphone yang sesuai dengan kebutuhan anda sekalian? Kiranya informasi ini dapat membantu memilih smartphone yang tepat, bukan sekedar mengejar keinginan semata, namun juga membantu kelancaran tugas maupun kebutuhan komunikasi sehari-hari.

Salam kompak persahabatan selalu,

Maseko

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

Masalah Whiteline pada ASUS Zenfone Zoom S