Gundam Sentinel - The Battle of Real Gundam


Membaca judul di atas, mungkin kebanyakan dari kita akan bertanya-tanya, apa itu Gundam? Gundam adalah sebuah karya serial animasi TV bergenre robot yang diciptakan oleh Yoshiyuki Tomino dan Hajime Yatake, dan diproduksi oleh Sunrise, Inc. Serial ini pertama kali ditayangkan pada April 1979 hingga Januari 1980 sebanyak 43 episode. Dan robot Gundam pertama yang diperkenalkan pada serial ini memiliki kode RX-78-2 yang dikenal juga sebagai White Devil/Shiroi Akuma (sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Mobile_Suit_Gundam)

Nah, selain berupa anime, baik serial TV maupun film berformat bioskop, Gundam ini juga dibuat dalam wujud manga/komik dan novel. Khusus pada Gundam Sentinel ini, cerita Gundam berwujud photonovel, yaitu cerita novel dengan ilustrasi grafis 3D yang memanjakan mata. Yang menariknya lagi, Gundam Sentinel ini masih satu timeline dengan serial Gundam originalnya yaitu Mobile Suit Gundam 0079 era One Year War yang legendaris itu.

Era Gundam Sentinel ini mengambil waktu yang cukup jauh lama sejak masa One Year War 0079, di mana perkembangan teknologi dan desain Gundamnya berubah dengan cukup drastis. Di masa ini, Gundamnya berukuran extra besar dibandingkan dengan originalnya, dan berbagai tipe robot/mobile suit yang dapat berubah wujud menjadi pesawat/waverider muncul di era ini.

Gundam Zeta Plus A1
Sekilas ceritanya, di sini tokoh utamanya bernama Ryu Roots. Dia adalah prajurit muda dari pasukan EFSF (Earth Federation Space Forces) yang bertugas menjaga keamanan koloni dari gangguan kelompok separatis yang bernama Dissides. Koloni adalah sebuah stasiun ruang angkasa yang atmosfernya dibuat mirip sekali dengan keadaan bumi, walau pun berbentuk seperti tabung.

Space Colony
Gundam yang muncul sebagai kendaraan tokoh utama di cerita ini bernama S-Gundam (Superior Gundam) dengan A.I yang disebut sebagai A.L.I.C.E, kelak S-Gundam ini akan berkembang menjadi Ext. S-Gundam dan berubah wujud menjadi lebih masif yang dikenal sebagai Deep Striker.

Sebagai photonovel, agak sulit memahami ceritanya karena setiap halamannya berupa ilustrasi grafis dan tulisan Jepang. Beruntung, gw sempat mendapatkan terjemahan dari ceritanya, dan gw coba untuk merapikannya sehingga novel ini dapat dinikmati dengan lebih nyaman.

contoh halaman novel
Sebagai fans Gundam, karya-karya non anime/manga semacam ini cukup sulit untuk didapatkan, sehingga terasa kurang lengkap rasanya jika kita belum pernah tau/baca ceritanya. Apalagi jika ceritanya masih masuk dalam satu timeline dengan serial originalnya, yaitu One Year War di Universal Century. Jika kalian ingin membacanya, tentu dengan tampilan layout yang sudah gw rapikan, silakan cek di kolom komentar ya.. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Semua Berawal Dari Sebuah PC