Mengapa Harus ASUS ROG?

Sebuah kontemplasi bagi para gamer sejati...

Sejarah singkat

Dulu, gw pernah kecanduan main game, terutama di komputer. Gw tergolong gamer yang peduli sama tampilan grafis. Eye-candy istilahnya kala itu. Berkat main game di komputer, pengetahuan gw mengenai hardware lambat laun makin meningkat. Hingga pada akhirnya gw kepincut sama produk ASUS ROG generasi  awal masa itu, mainboard ASUS Commando. Dari situ lah gw mulai tertarik dengan produk-produk ASUS lini ROG. Dan sebagai informasi, komputer gue yang menggunakan mainboard tersebut, masih aktif hingga sekarang, walaupun fungsinya menurun menjadi sekedar browsing, streaming dan nonton film FullHD.

Mengapa Harus ASUS ROG?

ASUS ROG (Republic Of Gamer) merupakan lini khusus produk-produk pendukung gaming dari ASUS. Awalnya, lini ROG hanya berisikan komponen-komponen terbaik untuk bermain game di komputer, seperti mainboard, VGA card saja. Namun seiring perkembangan teknologi dan jaman, lini ini akhirnya juga merambah ke produk-produk PC Gaming Desktop, aksesoris gaming seperti headset dan mouse, monitor khusus gaming, dan tidak lupa kebutuhan bagi gamers yang sering berpindah/mobile, yaitu laptop gaming.

Dari sekian banyak model dan tipe yang ditawarkan oleh ASUS pada lini ROG ini, gue terpesona pada satu tipe yaitu G752VS. Mengapa bisa demikian? Ini berkaitan dengan jiwa gamer gue yang dulu sempat sirna karena kesibukan dan keluarga. Baiklah, kita akan simak bersama-sama, kenapa tipe ini jadi pilihan gue dalam menyeimbangkan kehidupan gue yang penuh dengan rutinitas pekerjaan. Tapi sebelum itu, silakan diresapi dulu video berikut ini.


Ada beberapa poin keunggulan dari ASUS ROG G752VS Gaming Laptop ini, dan gue akan coba bahas satu per satu supaya ‘racun’nya makin meresap ke dalam sanubari kita. Sudah siap? Kita mulai. Poin yang pertama adalah..


Prosesor ini merupakan generasi ke-6 dari intel Core, dan prosesor yang ditanamkan di sini adalah versi overclocked secara default. Prosesor ini memiliki 4 inti dengan 8 thread di dalamnya. Berjalan pada kecepatan hingga 3.60 GHz dan sudah didukung oleh Cache Memory sebesar 8 MB. Memiliki arsitektur 14 nm, TDP yang dihasilkan hanya 45 W saja.


Prosesor nan kencang dan canggih saja tidak akan cukup untuk menghasilkan performa yang optimal dari sebuah laptop gaming. Oleh karena itu, pada laptop ASUS ROG G752VS ini, komponen terbaik saat ini ditanamkan di dalamnya, demi kepuasan maksimal dalam bermain game. Lihat saja RAM-nya, 64GB DDR4 sudah terpasang untuk keselesaan jalur data yang diproses saat sedang bermain.

Tidak hanya itu, mengingat belakangan ini game dengan grafis indah cukup memakan kapasitas penyimpanan, ASUS ROG G752VS sudah menanamkan Harddisk dengan kapasitas sebesar 1 TB dan SSD sebanyak 2 buah dengan kapasitas masing-masing sebesar 512 GB untuk memastikan setiap game terbaik yang ingin dimainkan pada laptop ini, dapat diinstall tanpa rasa takut atau khawatir sisa kapasitas penyimpanannya tidak cukup.

Itu baru bahas mengenai prosesor, RAM serta storage. Lalu bagaimana dengan display-nya? Jangan khawatir soal itu, karena di dalam laptop gaming ASUS ROG G752VS ini sudah terpasang VGA Nvidia GTX 1070 dengan 8 GB RAM DDR5 untuk kenyamanan mata dalam bermain. Sebagai informasi, VGA Nvidia GTX 1070 ini merupakan VGA card generasi ke-10 dari Nvidia, dan saat ini termasuk dalam VGA dengan kasta tertinggi di kelasnya (saat blog ini ditulis, Nvidia baru meluncurkan GTX 1080). Layar laptop ini juga bukan sekedar luas dan lega. Memiliki bentang layar seluas 17.3” diagonal wide-panel, laptop gaming ASUS ROG G752VS ini sudah mendukung tampilan gambar dalam resolusi 4K Ultra HD dan G-Sync Technology dari Nvidia. Apa itu G-Sync Technology? Video berikut ini bisa memberikan penjelasan.


WOW! Sangat menakjubkan!!

Dari sisi operating systemnya, ASUS ROG G752VS ini sudah memanfaatkan Windows 10 untuk kestabilan dan kompatibilitas driver yang lebih baik. 
Poin yang ke-dua adalah..

VR Ready


Ya! Arsitektur terbaru dari Nvidia generasi ke-10 ini, yaitu Nvidia Pascal, memungkinkan beberapa hal yang menarik dihadirkan di dalam laptop gaming ASUS ROG G752VS ini. Namun, sebelum kita bahas mengenai apa itu Nvidia Pascal, kita simak dulu video berikut ini.


Arsitektur Pascal dari Nvidia membawa beberapa peningkatan yang cukup signifikan, sehingga memungkinkan terwujudnya NextGen Gaming experience di saat ini. Mendukung penuh DirectX 12 yang mampu memberikan pengalaman bermain dengan tampilan grafis tercepat, mulus, nyaman, dan sangat efisien dalam penggunaan dayanya. Dan tentu saja, dengan teknologi mutakhir yang diusungnya, laptop ASUS ROG G752VS ini sudah siap untuk menghadirkan pengalaman bermain secara VR (Virtual Reality) kapan pun dan di mana pun, selama gear-nya dibawa.
Poin yang berikutnya adalah..

3D Vapor Chamber


3D Vapor Chamber merupakan teknologi pendingin mutakhir yang menggunakan pipa tembaga sebagai medium penghantar panas, yang berisikan cairan pendingin khusus di dalamnya. Teknologi ini juga mampu menurunkan suhu GPU dengan TDP tinggi, dalam kondisi overclock pula, hingga 7°C. Hal ini menjadikan penggunaan laptop gaming ASUS ROG G752VS dalam durasi lama tetap dalam kondisi suhu operasional yang aman, efektif dan efisien dalam menjaga performanya, serta sedikit banyak memperpanjang umur siklus pemakaiannya. Mengenai mekanisme pendinginan dengan teknologi Vapor Chamber bisa disimak pada video berikut ini.


Poin berikutnya yang juga menarik adalah..

Anti-Dust Thermal System


Debu merupakan musuh utama komponen elektronik. Kumpulan debu yang membentuk lapisan layaknya kapas, dapat menyebabkan proses pendinginan dan pembuangan panas dari komponen terganggu, sehingga performa komponen menurun. Bahkan dalam jangka panjang, dapat menyebabkan kerusakan secara permanen. Hal ini tidak akan terjadi pada laptop gaming ASUS ROG G752VS, karena sistem pendinginnya yang unik, mengarahkan debu untuk keluar dari saluran dust-release tunnel, menjauhkannya dari komponen internal, sekaligus membuang panas dari ventilasi belakang, agar pengalaman bermain kita tetap nyaman senantiasa.

Lalu, poin berikutnya yang juga mendukung kenyamanan dalam bermain adalah..

30-Keys Rollover Anti-Ghosting Keyboard




Mengapa kita perlu anti-ghosting keyboard? Begini! Seringkali saat kita sedang bermain, ada kalanya beberapa tombol kita tekan secara bersamaan, umumnya untuk kombinasi jurus. Pada keyboard di masa lalu, jika tidak salah ingat, maksimal tombol yang bisa ditekan secara bersamaan hanya 4 tombol. Jadi jika ada tombol ke-5 yang ditekan, maka tidak akan terjadi aksi apapun yang seharusnya dilakukan saat tombol tersebut ditekan. Namun pada keyboard laptop gaming ASUS ROG G752VS ini, semua permasalahan tombol di masa lalu sudah selesai. Bahkan kali ini ASUS sudah menyediakan 5 tombol makro yang bisa diprogram secara khusus, sehingga serangan kombinasi dapat dieksekusi dengan mudah dan cepat.

Setiap tombolnya memiliki ketinggian 2.5mm, diyakini mampu memberikan kenyamanan dan kesan ergonomis. Backlit pada setiap tombolnya juga meningkatkan akurasi dalam setiap penekanannya walau dalam kondisi rendah cahaya sekalipun.

Koneksi Kecepatan Tinggi dengan Intel Thunderbolt 3 & USB-C



Menghubungkan perangkat yang kita miliki, saat ini bukan jadi masalah besar lagi. Selain port USB standar, ASUS ROG G752VS ini juga telah menyediakan port koneksi termutakhir yang ada saat ini, yaitu Intel Thunderbolt™ 3 dan USB-C. Kecepatan transfernya tidak perlu diragukan lagi, mencapai 4x lebih cepat dibandingkan dengan port USB 3.1 yang umum digunakan saat ini.


Pusat kendali permainan kalian ada di sini! Kustomisasi performa, setting, kombinasi tombol, berdasarkan tiap judul permainan, bisa dilakukan di sini. Benar-benar memaksimalkan kemampuan dari laptop gaming ASUS ROG G752VS. Luar biasa!!


Melakukan streaming saat permainan sedang berlangsung, atau sekedar merekamnya, sekarang bisa dilakukan dengan sentuhan satu tombol saja. Xsplit Game Caster Account sudah tersedia gratis seumur hidup bersama dengan bundling ASUS ROG G752VS ini. Ya! Hanya satu sentuhan saja, dan aksi permainan kalian langsung tersiarkan ke seluruh penjuru dunia.


Desain


Terinspirasi dari rancangan aerodinamis dengan warna dominan Titanium, memperkuat kesan modern. Dan warna merah pada ventilasi pendinginnya mempertegas performa pendinginan yang dihasilkannya. Sepintas, jika melihat bagian buritan dari laptop gaming ASUS ROG G752VS ini, mengingatkan gua pada bagian belakang mobil eksotis Lamborghini Aventador. Garang! Namun tetap seksi untuk dipandang.


Konklusi

Jadi, mengapa harus ASUS ROG? Gue rasa jawabannya sudah tercerahkan dari paparan di atas. Oya, jika kalian membeli ASUS ROG G752VS ini, selain dapat laptop dan adapternya, juga dapat aksesoris gaming tambahan lho. Ada mouse gaming, mousepad dan juga headset.


Kemahalan? Relatif! Setiap harga yang dibayarkan sepadan dengan kenyamanan yang diberikan. Lagipula, ASUS ROG memiliki banyak varian tipe yang dihadirkan sesuai dengan karakteristik gamer yang ada di seluruh dunia. Jadi, mengapa harus ASUS ROG? Karena ASUS ROG mengerti kebutuhan dan keinginan para gamers. Itu!

Comments

  1. keren min artikel review mengenais asus rog ini...
    multitester

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebagai hardcore gamer, branding ROG ini sangat segmented namun tepat sasaran..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Semua Berawal Dari Sebuah PC

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!