Notebook Untuk Pelajar? ASUS X540 Sudah Dukung Windows 10!

Hari-hari ini merupakan hari yang menegangkan bagi para pelajar. Mengapa? Ya karena pekan Ujian Nasional yang telah berlangsung beberapa waktu lalu, kini sedang menunggu pengumuman. Nah, untuk para orangtua yang anaknya akan melanjutkan ke jenjang SMP, ataupun yang sudah SMA atau bahkan sudah kuliah, kemungkinan besar akan memerlukan notebook untuk menunjang kegiatan belajarnya. Jadi, kira-kira, notebook seperti apa yang sesuai untuk kebutuhan mereka? Mungkin informasi ini bisa membantu menentukannya.


Menyadari akan kebutuhan di segmen pengguna tersebut, ASUS dengan cerdik merilis notebook terbaru yang berbasis AMD yaitu ASUS VivoBook X540Y. Prosesor AMD yang digunakan adalah tipe E1-7010 yang hemat daya. Selain itu, keunggulan notebook ini juga adalah adanya seperangkat speaker yang bagus untuk menyajikan audio berkualitas sehingga penggunaan multimedia pada notebook ini semakin memanjakan telinga.

"Notebook dengan arsitektur AMD Carrizo L yang hemat daya, audio keren serta port USB type-C"

Grafis Menawan untuk Kebutuhan Harian

Jika tadi kita sudah mengetahui sekilas mengenai basis prosesor AMD yang digunakan, selanjutnya kita akan mengorek lebih jauh dari sisi grafisnya. Notebook ASUS VivoBook X540Y ini hadir dengan kekuatan milik Radeon R2 yang memiliki arsitektur Graphicx Core Next (GCN) dengan 128 shader berkecepatan 350MHz. Dengan spesifikasi tersebut, diyakini bahwa notebook ASUS VivoBook X540Y ini memiliki performa yang mumpuni untuk kebutuhan komputasi sehari-hari.

Prosesor AMD Carrizo L sendiri merupakan SoC, di mana I/O, chipset dan grafis Radeon terintegrasi di dalamnya. Prosesor semacam ini dikenal sebagai AMD APU, di mana beragam chip kompleks disederhanakan menjadi satu chip tunggal. Alhasil, AMD Carrizo L ini mampu bekerja dengan optimal dengan daya sebesar hanya 15 Watt saja. Dampaknya adalah, daya tahan baterai jadi lebih panjang, serta panas yang dihasilkan oleh berbagai komponen lainnya jadi lebih rendah. Pengguna dapat menggunakan notebook ini dalam jangka waktu lama tanpa kuatir mengalami overheat/panas berlebih.

Tadi disebutkan bahwa notebook ini merupakan notebook dengan kemampuan multimedia yang mumpuni. ASUS telah menanamkan fitur bernama SonicMaster, yaitu teknologi audio yang dikembangkan secara spesifik oleh ASUS untuk mengendalikan perangkat audio pada notebook. Fitur ini dapat dikendalikan melalui aplikasi, sehingga pengguna dapat melakukan kustomisasi pada kualitas audio yang diinginkan, baik melalui equalizer secara manual, atau cukup memilih mode preset tertentu.

Harddisk Besar dengan Windows 10

Pengguna laptop ASUS VivoBook X540Y tidak perlu cemas akan kehabisan penyimpanan, karena notebook ini hadir dengan harddisk berkapasitas 500GB, sangat lega dan leluasa bagi pengguna pelajar dan mahasiswa. Selain itu, untuk kebutuhan tambahan seperti backup data, ASUS juga menyediakan ASUS WebStorage yang merupakan layanan penyimpanan berbasis cloud. ASUS WebStorage memberikan 5GB untuk dimanfaatkan oleh penggunanya secara gratis, seumur hidup. Selain itu, notebook ini juga hadir dengan tipe pre-installed Windows 10, yang memudahkan penggunanya untuk langsung menggunakan notebook ini setelah membelinya (tersedia pula dalam varian non-Windows).


Main Spec.
ASUS X540Y
CPU
AMD E1-7010 APU, Dual Core 1,5GHz
OS
Windows 10 / DOS
Memori
2GB DDR3L 1866MHz RAM
Storage
500GB 2,5” SATA III Hard Drive + 5GB ASUSWebStorage
Drive Optik
DVD Writer
Display
15,6LCD TFT HD (1366 x 768)
Grafis
AMD Radeon R2 Graphics
Input/Output
2x USB 3.0, 1x USB 2.0, VGA, HDMI, Card Reader 
Kamera
Built-in HD Camera and array mic
Konektivitas
802.11b/g/n, Bluetooth 4.0
Audio
SonicMaster Audio
Bobot 
2.1 Kg
Dimensi
34.8 x 24.28 x 2.72 cm
Warna
Black, Silver, Red
Baterai
2 Cell, 37 W
Harga
Rp 3.549.000 / Rp3.299.000
Garansi
2 tahun penuh garansi global senilai Rp900.000

Comments

  1. keren ini, keyboardnya juga beda dengan yang lain, memang cocok buat pelajar/mahasiswa ini apalagi didukung dengan windows 10 wah makin plus plus ini...
    power supply hp

    ReplyDelete
  2. oh ini yang varian AMD nya ya? btw sekarang AMD gimana apakah masih boros dan panas atau gimana? trs buat varian tertingginya itu A12 ya?


    ReplyDelete
    Replies
    1. AMD panas mah jaman gw kuliah.. AMD tertinggi sekarang Ryzen..

      Delete
    2. yang setara sama i5 itu AMD apa?

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Semua Berawal Dari Sebuah PC

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!