Tampil Berkelas dengan Samsung Galaxy A5 (2017)

Setelah sekian lama memimpikan bisa mereview smartphone Samsung Galaxy, akhirnya kesempatan itu datang juga. Sebelumnya gue hanya sempat mencoba Samsung Galaxy S7 edge yang ternyata kameranya memang sesuai dengan bandrolnya, namun walau bukan S-series, kali ini gue tetap bangga dan bahagia karena gue akan membahas tentang smartphone yang satu ini.


Unboxing

Pertama-tama kita bongkar dulu, apa saja isi di dalam box Samsung Galaxy A5 edisi 2017 ini.

Isi dalam box Samsung A5-2017
Di dalamnya terdapat unit smartphone tentunya, lalu dua buku panduan sekaligus garansi, sebuah stiker IMEI, sebuah SIM card ejector, satu kepala charger, satu kabel USB type-C, satu konverter USB type-C ke micro USB, dan sebuah earphone.

Desain

Samsung Galaxy A5-2017 memiliki desain mewah nan elegan, sekilas mirip dengan ASUS Zenfone 3 yang gue miliki saat ini.

ASUS Zenfone 3 & Samsung Galaxy A5 (2017)
Bagian belakangnya menggunakan bahan kaca, terasa licin dan rentan untuk terjatuh dan pecah. Disarankan untuk menggunakan pelindung, atau ekstra hati-hati saat memegangnya.

Spesifikasi & Benchmark

Untuk spesifikasinya bisa disimak pada screenshots berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A5 (2017) melalui aplikasi Androtics
Sedangkan untuk pengukuran performa, didapat hasil sebagai berikut.

Benchmark dengan aplikasi GeekBench
Hasil benchmark dengan Antutu
Dengan skor Antutu sebesar ini, menjadikan smartphone ini cukup nyaman digunakan untuk keperluan sehari-hari. Performanya bisa dibilang sangat smooth dan gegas dalam menjalankan setiap aplikasinya.

Kamera & Multimedia

Samsung dikenal dengan kemampuan fotografinya yang sangat baik. Tidak terkecuali pada seri A5 ini. Dua kamera, depan dan belakang, sama-sama memiliki resolusi 16MP dengan bukaan aperture f/1.9. Perekaman videonya mampu dilakukan dalam resolusi FullHD 1080p. Layar Super AMOLED nan cerah menambah kenyamanan mata saat memandang foto-foto yang diambil sebelumnya.

Kamera depannya memiliki 3 pilihan mode, yaitu selfie, wide selfie, dan night.

Mode Kamera Depan
Perbedaan mode Selfie dan Wide Selfie hanya pada banyaknya wajah yang bisa ditangkap oleh kamera, namun penggunaannya, kamera mesti digoyang-goyang sesuai dengan kotak yang tersedia.

Mode Selfie vs Wide Selfie
Untuk penggunaan kamera depan, Samsung Galaxy A5 ini tidak menyediakan LED Flash, tapi memanfaatkan Screen Flash. Dan Hasilnya bisa disimak pada foto berikut ini.

Ki-Ka : Tanpa Flash - Screen Flash
Untuk kondisi kurang cahaya, gambar yang diambil dengan smartphone ini masih memiliki noise yang cukup mengganggu.

Selain pilihan mode kamera depan, ada juga pilihan untuk preset colors. Di sana ada 2 sub-menu lagi, yaitu Basic dan Beauty. Tampilan menunya seperti ini.

Basic Preset Colors
Beauty Preset Colors
Mana yang disukai? Silakan tentukan sendiri. Mode preset ini memudahkan pengguna untuk memilih salah satu efek pewarnaan dengan cepat, tanpa harus melakukan editing pada foto.

Sekarang kita beralih ke kamera utama, alias kamera belakang. Seperti halnya mode pada kamera depan, ada dua submenu jika kita swipe jari kita di layar, ke kiri atau ke kanan, yaitu pilihan mode kamera, dan satu lagi adalah preset mode warna gambar yang akan diambil.

Preset Colors Mode
Ya kira-kira sama dengan efek pada kamera depan yang sudah dibahas tadi. Pada dasarnya, mode ini akan memudahkan kita untuk menentukan hasil foto seperti apa yang kita inginkan. Untuk hasil fotonya, dapat dilihat pada foto berikut ini.
Contoh hasil foto menggunakan Preset Color Mode
Jika kita tak mau repot dengan segala setting dan konfigurasi, mode Auto saja sebetulnya sudah cukup baik dalam menangkap gambar. Saturasi dan detilnya terasa natural.

Hasil foto mode Auto
Sedangkan pilihan mode kameranya ada beberapa, bisa disimak pada gambar berikut ini.

Mode Kamera Belakang
Dari sekian banyak pilihan, yang membuat gue penasaran adalah mode Makanan dan Pro. Untuk mode makanan bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Mode Makanan
Pada mode ini, warna yang diberikan tampak lebih vivid daripada warna aslinya.

Kemudian yang menarik lagi adalah mode Pro yang ditawarkan oleh smartphone ini. Tampilan menu pada layarnya bisa disimak pada gambar berikut ini.

Pengaturan pada Mode Pro
Ternyata pengaturan pada mode Pro ini tergolong sederhana sekali. Nyaris tidak begitu bermanfaat untuk yang mendambakan settingan semi DSLR. Namun patut diapresiasi dan diakui bahwa hasil foto mode Auto saja sebetulnya sudah cukup mumpuni.

Mode Pro
Mode terakhir yang gw coba adalah Night. Untuk mode ini semestinya bisa menangkap gambar dengan jelas dalam kondisi kurang cahaya. Namun hasilnya belum sesuai dengan ekspektasi gue. Memang memotret dalam kondisi kurang cahaya memiliki tantangan tersendiri, dan ini bukan hal yang mudah bagi sensor kamera. Berbeda dengan kondisi pemotretan luar ruang dengan cahaya yang cukup.

Mode Night
Satu hal yang membuat gue kagum pada smartphone ini adalah, kemampuannya memutar video dalam format dan resolusi HD dan Full HD dengan lancar, tanpa harus memasang aplikasi video player pihak ketiga dari PlayStore™. Bahkan aplikasi video playernya pun sudah mendukung file terjemahan yang menyertai filmnya. Luar biasa!

Gaming

Bermain game, menjadi salah satu kebutuhan dalam mengisi waktu, mengusir kebosanan. Dan tentu saja, smartphone ini mampu menjalankannya dengan lancar.








Video Player Test




Video film dapat diputar dengan mulus dan lancar, termasuk subtitel bisa muncul, dengan menggunakan video player bawaan saja, tanpa perlu menggunakan aplikasi video player tambahan lagi. Nice :)

Konklusi

Smartphone Samsung Galaxy A5 (2017) ini cocok untuk penggunaan sehari-hari, baik untuk fungsi hiburan/game, komunikasi/chatting. Desain yang elegan dengan bodi kaca pada bagian depan dan belakangnya menjadikan smartpone ini berkelas sekaligus rentan terhadap benturan yang cukup keras. Fitur pada kameranya cukup baik, bahkan mode Auto saja hasilnya sudah tergolong indah. Kelebihannya lagi, smartphone ini sudah mengantongi sertifikasi IP68 yang menjadikannya tangguh di kondisi basah.


Berminat memiliki? Klik saja banner di bawah ini :)




Comments

  1. Wahh akhirnya jadi juga reviewnya manteb dah emang class seri A samsung setara dengan class Snya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk fitur kameranya yg gw tau S lebih komplit...

      Delete
  2. keren min, makasih untuk review smartphone yang satu ini...
    timah solder

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan harga segini, udah anti air pula..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Semua Berawal Dari Sebuah PC

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!