Galaxy S20+ & Buds + BTS Edition, Edisi Spesial untuk ARMY yang Loyal

Masih ingat kan? Beberapa waktu lalu, BTS mengadakan konser live streaming dalam rangka merayakan Anniversary ke-7 mereka yang bertajuk Ba...

9 Pesona ASUS ExpertBook B9450, Laptop Bisnis Terbaik di Dunia


Kemarin ASUS meluncurkan laptop bisnis terbarunya yang bernama ASUS ExpertBook B9. Lini ExpertBook merupakan transisi dari lini ASUSPRO yang sama-sama ditujukan untuk kalangan bisnis/korporat. Nah, sekarang, seiring dengan perkembangan teknologi terbaru yang ada saat ini, ASUS memperbarui lini laptop bisnisnya dengan kehadiran ExpertBook B9, laptop bisnis terbaik di dunia dengan 9 pesona di dalamnya.


1. Ringan


The World's Lightest 14" Business Laptop jadi jargon utama ASUS ExpertBook B9. Ini tentu saja sangat sesuai dengan prinsip bisnis yang menuntut pekerjaan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, bahkan di kala kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini yang membuat banyak perusahaan melakukan skema Work From Home agar bisnis tetap berjalan. 


ASUS ExpertBook B9450 merupakan laptop bisnis paling ringan di dunia dengan bobot hanya 870 gram. Selain itu, ExpertBook B9450 juga memiliki dimensi yang sangat ringkas dengan bodi lebih kecil dari kertas A4 dan tidak lebih tebal dari baterai AA. 

ExpertBook B9450 juga masih mengadopsi NanoEdge Display, yaitu teknologi yang memungkinkan layar memiliki bezel ultra-tipis dan memiliki screen-to-body ratio hingga 94%. Dengan ketebalan hanya 1,49 cm, ExpertBook B9450 dapat dengan mudah dan nyaman dibawa bepergian bahkan menggunakan tas berukuran kecil sekalipun.

2. Baterai 24 Jam



ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan dua varian baterai. Varian pertama menggunakan baterai 33Wh yang dapat bertahan hingga 12 jam penggunaan, sedangkan varian kedua menggunakan baterai 66Wh yang dapat bertahan hingga 24 jam penggunaan. Meski memiliki kapasitas baterai yang besar, ExpertBook B9450 bobot laptop bisnis ini tetap ringan lho, hanya 995 gram saja, kurang dari 1 kilogram. Bandingkan dengan rata-rata bobot laptop bisnis lain yang tembus 1 kilogram.

3. Sertifikat US Military Grade



ASUS ExpertBook B9450 telah diuji secara komprehensif dan berhak menerima sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810G). Selain pengujian standar militer US, ExpertBook B9450 juga lolos dalam 21 jenis pengujian ekstrem lainnya seperti uji durabilitas engsel, uji durabilitas port, uji tekanan ekstrem pada bagian layar, uji durabilitas keyboard, uji jatuh dari ketinggian tertentu, uji getaran, hingga uji penggunaan diu ketinggian serta suhu ekstrem. 

Kejadian yang tidak terduga seperti tumpahan air dan terjatuh, telah diantisipasi oleh ASUS ExpertBook B9 dengan mekanisme khusus. Keyboard dengan fitur spill-resistant membuat laptop ini tidak akan langsung rusak ketika ada minuman tumpah ke bagian keyboard-nya secara tidak sengaja. 

Struktur internal ExpertBook B9450 dilengkapi dengan konstruksi pelindung ekstra seperti peredam getaran, serta struktur desain grid pada rangka yang memastikan setiap engsel, port, dan komponen sensitif seperti motherboard terlindungi dengan sempurna.

Bodi ExpertBook B9450 menggunakan bahan magnesium lithium yang dilapisi menggunakan metode Micro-Arc Oxidation (MAO) Composite Coating agar terhindar dari kerusakan fisik akibat oksidasi dan korosi.

4. Performa Bertenaga



Seperti halnya varian kapasitas baterainya, ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan dua varian prosesor 10th Gen Intel Core. Untuk pengguna dengan kebutuhan standar, tersedia varian Intel Core i5-10210U, sedangkan untuk pengguna yang merlukan performa tinggi, varian prosesor Intel Core i7-10510U. Keduanya memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread dan dibekali dengan memori serta media penyimpanan berkapasitas besar dan cepat untuk menunjang proses multitasking, sehingga sangat mumpuni untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Prosesor generasi terbaru, Intel Core 10th Gen tersebut tidak hanya powerful tetapi juga hemat daya. Memiliki cTDP sebesar 10 hingga 25 Watt, membuat daya tahan baterai lebih panjang berkat konsumsi dayanya yang rendah. 

5. Sistem Pendingin Canggih



ASUS ExpertBook B9450 menggunakan sistem pendingin Advanced Thermal Module, di mana sistem pendingin tersebut memiliki dimensi 25% lebih kecil dari sistem pendingin laptop pada umumnya namun tetap mampu memberikan performa pendinginan yang mumpuni. Dengan sistem pendingin ini, performanya ASUS ExpertBook B9450 tetap optimal sepanjang waktu meski tampil dengan bodi yang tipis, ringkas, dan ringan.

Advanced Thermal Module yang digunakan di ExpertBook B9450 memiliki 3 kelebihan :

  1. Tilted heatsink design, dimana heatsink yang digunakan hadir dengan desain khusus sehingga dapat mengalirkan udara secara optimal. 
  2. Heatpipe, heatsink, hingga case untuk kipas, merupakan satu bagian dan bukan terdiri dari beberapa bagian yang disambung. Dengan desain tersebut dapat meningkatkan performa pendinginan khususnya pada proses pelepasan panas dari komponen pendingin.
  3. Setiap sirip (fin) yang ada di heatsink dibuat menggunakan bahan aluminium alloy. Bahan tersebut memiliki performa pelepasan panas yang sama dengan tembaga yang banyak digunakan di laptop pada umumnya, namun memiliki bobot yang lebih ringan.

Seringkali, laptop dengan performa tinggi, terasa hangat bahkan panas di area palmrest. Masalah ini udah diantisipasi pada ExpertBook B9450 dengan memberikan lapisan anti panas yang membungkus komponen utama ExpertBook B9450 di bagian dalam bodinya, agar sebagian besar panas yang dihasilkan dapat disalurkan melalui sistem pendinginnya. Lapisan anti-panas bernama graphite sheet ini dipasang di bawah keyboard dan lebarnya menutupi hampir seluruh bagian di bawah keyboard. 

6. Konektivitas Modern



Konektivitas super lengkap dalam balutan bodi yang sangat ringkas tersedia pada ASUS ExpertBook B9. Konektivitas modern yang menggunakan interface USB Type-C, legacy port seperti USB Type-A dan HDMI tetap hadir di ExpertBook B9450. Bahkan ExpertBook B9450 dilengkapi dengan konektivitas melalui ethernet (LAN) yang dapat dilakukan menggunakan adapter khusus melalui port Micro HDMI. 

Dua port Thunderbolt 3 yang hadir menggunakan interface USB Type-C pada ExpertBook B9 dapat digunakan untuk melakukan transfer data, sebagai 4K display output juga berfungsi sebagai port pengisian daya. Untuk performa grafis lebih kencang, ExpertBook B9450 dapat memanfaatkan perangkat kartu grafis eksternal seperti ROG XG Station 2 yang dihubungkan melalui port Thunderbolt 3.

Teknologi konektivitas nirkabel paling modern, modul Wi-Fi 6 (802.11ax) hadir di ExpertBook B9450 untuk memastikan penggunanya tetap dapat terkoneksi dengan kecepatan tinggi. Wi-Fi 6 (802.11ax) yang merupakan teknologi Wi-Fi terbaru pengganti standar Wi-Fi 5 (802.11ac), hadir dengan kecepatan transfer data yang lebih tinggi serta koneksi yang lebih stabil. ExpertBook B9450 juga dilengkapi dengan Bluetooth 5.0 untuk menghubungkan dengan perangkat nirkabel lainnya.

7. Pengalaman Pengguna Premium



Desain ErgoLift kembali hadir pada ExpertBook B9450. ErgoLift merupakan desain yang memungkinkan bodi utama dan keyboard ExpertBook B9450 terangkat saat digunakan dan membentuk sudut 5 derajat. Posisi keyboard tersebut membuat pengguna ExpertBook B9450 lebih nyaman ketika mengetik sekaligus menghadirkan rongga udara ekstra di bagian bawah laptop ini.

Rongga udara yang dihasilkan dari ErgoLift memiliki dua fungsi :

  1. Memastikan aliran udara pada sistem pendinginan tetap optimal sehingga performa ExpertBook B9450 tetap maksimal meski digunakan dalam waktu lama.
  2. Membuat suara speaker yang berada di bawah bodi ExpertBook B9450 jadi lebih kencang dan jelas. 

Desain ErgoLift pada ExpertBook B9450 dapat dibuka hingga 180 derajat sehingga memudahkan untuk berbagi tampilan layar dengan rekan kerja atau klien.

Keyboard dan touchpad ExpertBook B9450 dirancang khusus untuk meningkatkan produktivitas ketika bekerja. Keyboard ExpertBook B9450 memiliki fitur spill resistant, yang mampu bertahan ketika terkena tumpahan air sehingga laptop ExpertBook B9450 lebih tangguh dari laptop pada umumnya. Selain itu, keyboard ExpertBook B9450 juga telah dilengkapi dengan backlight yang dapat diatur tingkat kecerahannya melalui tombol shortcut yang ada di keyboard bagian atas. Ini penting!

Selain tombol untuk mengatur kecerahan, terdapat juga berbagai tombol shortcut untuk mempermudah penggunaan. Beberapa di antaranya adalah tombol shortcut untuk men-capture layar, membuka aplikasi MyASUS, logout dari akun Windows yang sedang digunakan, serta menonaktifkan webcam. Dan ada juga NumPad 2.0 untuk mendukung pekerjaan yang berkaitan dengan angka, sehingga pengguna jadi lebih produktif.

Fitur baru Link to MyASUS telah tersedia di ExpertBook B9. Fitur baru ini memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan smartphone yang sedang digunakan sehingga berbagai aktivitas di smartphone langsung dapat dilihat di layar ExpertBook B9450. Mirip ScreenCast lah kira-kira.

Selain itu, Link to MyASUS juga memiliki fitur file transfer untuk mengirim file dari dan ke smartphone tanpa harus menggunakan kabel data, screen mirroring untuk mengontrol smartphone secara langsung lewat layar ExpertBook B9450, dan screen extender yang memungkinkan tampilan layar ExpertBook B9450 dapat dihadirkan di smartphone. Menjawab panggilan telepon dan membaca semua pesan yang masuk ke dalam smartphone dapat dilakukan tanpa harus menyentuhnya.

8. Video Conference Canggih



Fitur video conference pada ExpertBook B9 tergolong sangat baik. Kamera yang digunakan di ExpertBook B9450 adalah IR camera dengan resolusi HD yang telah mendukung fitur Windows Hello facial recognition sehingga dapat digunakan sebagai sarana keamanan ekstra. Fitur webcam shield membuat kamera di ExpertBook B9450 dapat ditutup secara fisik untuk menjaga privasi.

Speaker ASUS ExpertBook B9 telah mendapatkan sertifikasi dari Harman / Kardon, dilengkapi dengan fitur Smart Amps Chip yang memungkinkan speaker dapat mengontrol frekuensi suara secara cerdas sehingga mencegah kerusakan fisik pada speaker.

Mikrofon pada ASUS ExpertBook B9 dirancang khusus untuk kegiatan video conference. Dengan empat mikrofon yang ditempatkan secara khusus, dilengkapi dengan 360-degree far field, memungkinkannya proses perekaman suara yang lebih jelas. Mikrofon pada ExpertBook B9450 telah dilengkapi dengan fitur noise cancelling sehingga suara di sekitar dapat diredam agar tidak mengganggu ketika sedang melakukan video conference.

9. Keamanan Tingkat Enterprise


ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan fitur keamanan kelas enterprise, sesuai dengan standar korporasi besar. ExpertBook B9450 sudah mendukung fitur Windows Hello sehingga penggunanya tidak perlu lagi mengetikkan password untuk masuk ke dalam sistem. Fitur ini bisa dilakukan dengan dua opsi login secara sistem biometrik, yaitu melalui fingerprint sensor dan facial recognition sensor.

ExpertBook B9450 memiliki fitur pengunci BIOS dan SSD menggunakan sistem proteksi password. Jika aktif, setiap perubahan pengaturan BIOS atau akses data di SSD wajib memasukkan password terlebih dulu.

Fitur ekstra lainnya adalah USB Storage Block. Fitur ini akan membatasi penggunaan USB flash disk atau penyimpanan eksternal lainnya tanpa izin administrator. Yapp! USB flash disk dan media simpan dengan port USB berpotensi untuk menyebarkan virus dan malware ke dalam jaringan internal perusahaan. Ini sangat berbahaya!

Secure File Shredder berguna untuk menghancurkan file digital yang sangat rahasia sehingga tidak dapat dipulihkan menggunakan metode apapun. Penggunaannya mesti hati-hati, jangan sampai file penting yang masih diperlukan, tidak sengaja dihancurkan dengan fitur ini. Naudzubillah..

Dukungan terhadap sistem manajemen IT kelas enterprise juga telah disediakan pada ExpertBook B9450. Sistem operasi Windows 10 Pro, membuat ExpertBook B9450 dapat diatur untuk terhubung ke jaringan intranet perusahaan secara cepat dan aman, serta kapanpun dan dimanapun. ASUS Control Center dan ASUS Business Center juga membuat tim manajemen IT dapat bekerja lebih efisien dalam melakukan kontrol dan manajemen terhadap ExpertBook B9450, bahkan meski sedang tidak berada di kantor.

Dibangun di atas fitur Trusted Platform Module, setiap data serta aktivitas di dalam ExpertBook B9450, diproses melalui sistem enkripsi. Di dalam ExpertBook B9450 terdapat sebuah chip khusus yang berisikan RSA encryption key unik yang hanya tersedia dan dapat digunakan oleh satu perangkat saja. Sehingga data yang dienkripsi di ExpertBook B9450 tidak akan bisa dibaca atau diakses di perangkat lainnya.

Dan berikut ini adalah spesifikasi serta daftar harga ASUS ExpertBook B9 :




Nah, gimana? Keren banget kan pastinya? Laptop bisnis ini memang berbeda dengan laptop konsumer, gamer maupun konten kreator. Meski beberapa fitur khas ASUS ada di sini, tapi dukungan terhadap sistem keamanan data, privasi serta enterprisenya, jauh lebih diperhatikan. Oya, jangan lupa juga bahwa laptop ASUS ExpertBook B9 ini tergabung dalam Project Athena yang digagas oleh Intel, sebagai standar laptop dengan mobilitas tinggi di masa depan yang memenuhi aspek fitur, performa, responsivitas, hingga daya tahan baterai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar