Galaxy S20+ & Buds + BTS Edition, Edisi Spesial untuk ARMY yang Loyal

Masih ingat kan? Beberapa waktu lalu, BTS mengadakan konser live streaming dalam rangka merayakan Anniversary ke-7 mereka yang bertajuk Ba...

Awasi Penggunaan Smartphone pada Anak!


Di masa pandemi seperti ini, anak-anak mulai terbiasa menggunakan smartphone, entah memang didedikasikan untuk mereka, seperti halnya anakku yang sudah remaja, maupun pinjam dari orangtua. Ya! Metode belajar dari rumah mengharuskan anak-anak minimal menggunakan smartphone selama proses belajar mengajar dengan gurunya.

Biasanya, setelah proses belajar yang cukup menyenangkan sekaligus melelahkan, anak akan memanfaatkan smartphone tersebut untuk bermain, atau sekadar menonton konten kegemaran mereka di kanal Youtube. Namun demikian, kita sebagai orangtua tetap harus mengawai penggunaan smartphone dan konten-konten yang mereka akses, karena dunia internet memang dikenal sebagai sumber informasi yang bebas, kita sendiri yang harus jadi filternya. Jika orang dewasa, tentu bisa mengendalikan diri, lalu bagaimana dengan anak-anak kita? 

Tantangan ini menjadikan orang tua perlu untuk mendampingi anak-anak selama proses belajar-mengajar secara online. Anak-anak juga perlu memperoleh transformasi digital secara positif sehingga mereka bisa lebih bertanggung jawab ketika mengakses internet melalui perangkat smartphone. 

Salah satu solusi untuk menjawab tantangan tersebut adalah dengan menggunakan Kid Space dan Parental Controls. Kedua fitur tersebut, yang kebetulan sudah tersedia di smartphone OPPO A92, akan sangat membantu orang tua di dalam memantau aktivitas anak-anaknya dalam penggunaan ponsel cerdas.

Mode Kid Space pada A92 merupakan fitur untuk mengendalikan secara penuh penggunaan smartphone oleh anak-anak. Para orang tua bisa menentukan aplikasi yang boleh diakses oleh anak dan durasi penggunaan yang dapat diatur mulai dari 15 menit, 30 menit, dan seterusnya. Jika sudah terpasang, mode Kid Space tidak akan menampilkan aplikasi-aplikasi lain yang ada di smartphone kecuali yang sudah dipilih oleh orang tua. Selain itu, Kid Space juga memiliki fitur untuk mencegah anak melakukan pembelian items dari game atau aplikasi yang mereka mainkan dan juga membatasi penggunaan kuota internet.


Sementara itu, Parental Controls berguna untuk memonitor penggunaan smartphone secara terpisah jika anak memiliki ponsel pintar sendiri. Jadi para orang tua bisa memantau aktivitas dalam menggunakan gawainya dari perangkat yang terpisah. Cara ini bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi Family Link dari Google Play Store. Lewat aplikasi Google Family Link ini, orang tua dapat memantau dan membatasi aplikasi-aplikasi yang boleh diunduh oleh anak. Hal ini dapat mencegah anak-anak untuk tidak men-download konten atau game yang seharusnya belum boleh mereka tonton dan mainkan. 

Dengan fitur Kid Space dan Parental Controls yang ada di OPPO A92, para orang tua tidak perlu lagi khawatir berbagi penggunaan smartphone dengan anak-anak mereka. Orang tua pun bisa mengendalikan penggunaan smartphone dan mengarahkan anak-anak untuk tetap bijak dalam menggunakan perangkat digitalnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar