Artikel Unggulan

ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405), Ultrabook Pertama dengan AI Prosesor

  ASUS mengumumkan Zenbook 14 OLED (UX3405), laptop ultraportable premium pertama yang dibekali oleh prosesor bertenaga AI, Intel® Core™ Ult...

Tips Aman dan Nyaman dalam Berkendaraan

 


Saya memiliki kendaraan pribadi berupa motor matic yang senantiasa menemani saya dalam menghantarkan diri ini ke kantor. Boleh dibilang, motor matic saya ini jadi alat transportasi utama dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Sudah beberapa minggu belakangan ini, saya merasa, motor saya ini kurang nyaman untuk dikendarai. Dan ternyata, ban motor matic saya sudah cukup gundul dan harus segera diganti.


Ban merupakan salah satu komponen penting yang harus diperhatikan demi keamanan dan keselamatan pengendara. Ban yang gundul bisa membahayakan pengendara saat kondisi jalanan licin atau sedang melaju kencang, karena ban yang gundul bisa kehilangan traksi/daya cengkeram ke jalanan. Oleh karena itulah, saya segera membawa motor saya ke toko ban langganan saya, yaitu Planet Ban. Awalnya saya mengganti ban motor ini dulu di Planet Ban yang berlokasi di jalan Raya Condet, namun kemarin saya baru tahu, ada cabang Planet Ban yang lebih dekat dengan kediaman saya, yaitu Planet Ban Kayu Manis.

Setibanya di lokasi, saya disambut oleh mas pegawai dengan ramah, menanyakan keperluan saya. Saya bilang, saya ingin ganti ban luar, depan dan belakang. Kemudian saya pun ditawarkan beberapa merk dan tipe, sesuai dengan motor matic yang saya miliki. Namun, sebelumnya, saya sudah memiliki beberapa pilihan merk dan tipe ban yang ingin saya gunakan. Dan setelah berdiskusi dengan mas montir, akhirnya saya memilih untuk menggunakan ban merk Aspira Premio tipe Stretto.


Sembari menunggu proses penggantian ban yang perlu waktu, saya pun berkeliling sembari memperhatikan suasana di sekitar. Banyak juga pengendara yang melakukan servis kendaraannya di Planet Ban ini. Ya, selain memberikan layanan jual-beli dan penggantian ban motor, Planet Ban juga menerima layanan servis kendaraan serta menjual beberapa sparepart dan produk pendukungnya.

| Servis Berkala Agar Kendaraan Tetap Siaga


Jika kalian memiliki kendaraan pribadi, atau fasilitas dari kantor, usahakan agar tetap konsisten melakukan servis kendaraan secara berkala. Ini hal sederhana tapi penting secara jangka panjang. Di kalangan pengguna kendaraan, ada petuah "Jangan sampai telat servis, karena nanti rusaknya bisa merembet ke mana-mana." yang tentu saja diamini oleh mereka yang memiliki dan memahami pentingnya kendaraan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. 

Sebagai pemilik dan pengguna kendaraan bermotor, sudah selayaknya kita mengetahui, apa saja sih yang perlu diperhatikan ketika sedang servis kendaraan? Mari kita bedah satu demi satu!

Oli Mesin |



Fungsi utama oli mesin adalah memberikan pelumasan terhadap setiap komponen mesin yang membutuhkan pelumasan. Keberadaan oli inilah yang bertugas mencegah terjadinya gesekan antar suku cadang seperti piston dan dinding silinder, sehingga komponen lebih dingin dan terlindungi. Alhasil, usia komponen jadi lebih panjang dan awet. Kita perlu mengganti oli secara rutin, sesuai dengan jarak tempuh sudah dicapai. Umumnya, pabrik kendaraan bermotor roda dua menyarankan untuk melakukan penggantian oli setelah mencapai jarak tempuh 2500 Km. Gunakan oli motor matic terbaik yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan kita!

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

statistic ester-based oil


Oli Gardan |



Oli gardan berfungsi untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantian umumnya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, lalu kemudian dibarengi dengan 1x ganti oli gardan. Namun, saya pribadi seringkali melakukan penggantian oli gardan bersamaan dengan oli mesin, supaya tidak lupa. Hal ini juga bisa memperpanjang usia komponen pada mesin motor matic kita.

Busi |



Busi merupakan komponen penting dalam sistem pengapian di motor. Busi motor berfungsi untuk meneruskan tegangan listrik yang disalurkan oleh ignition coil, mengubahnya menjadi percikan api yang akan membakar campuran udara dan bensin di ruang bakar. Busi yang kotor akan menyebabkan gangguan pada pengapian. Dampaknya, mesin akan terasa kurang responsif, kadang mbrebet juga.

Kampas Rem |



Komponen yang satu ini sangat vital keberadaannya sebagai sistem pengereman yang berdampak langsung pada keselamatan pengendara. Rem yang kurang pakem dapat menyebabkan kecelakaan. Hal ini biasanya disebabkan karena kampas rem yang sudah menipis. Kondisi kampas rem harus dicek secara berkala di saat kita melakukan servis kendaraan kita, agar keamanan dan keselamatan kita senantiasa terjaga.

Filter Udara |



Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran, menjaganya agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, yang bisa berakibat penyumbatan pada sistem injeksi dan karburator. Montir akan melihat kondisi filter terlebih dahulu, membersihkannya secara seksama, lalu menginformasikan apakah filternya masih layak digunakan atau sudah waktunya untuk diganti.

Aki atau Accu |



Aki ada 2 jenis, aki basah dan aki kering. Meski demikian, keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu menyuplai sistem kelistrikan pada kendaraan. Tegangan aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sedangkan saat mesin menyala, tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Jika tegangan aki tidak memenuhi ketentuan tersebut, bisa jadi ada kebocoran atau kondisi terminal berkarat. Saat servis kendaraan, montir biasanya akan melakukan pemeriksaan tegangan. Jika ternyata kondisi aki sudah tidak layak, maka disarankan untuk melakukan penggantian dengan aki baru agar kita tetap bisa menggunakan kendaraan kita dengan tenang.

Ban |



Nah, soal ban ini juga wajib jadi perhatian. Karena ban, seperti halnya rem, sangat vital keberadaanya untuk urusan keselamatan pengendara. Umumnya, montir hanya akan memeriksa tekanan ban, jika kondisi ban luar masih layak untuk digunakan. Namun, jika ban sudah mulai gundul, montir akan langsung menyarankan untuk melakukan penggantian ban. Wajar, karena keselamatan pengendara harus jadi prioritas utama. Ingat! Keluarga kita menunggu di rumah.

Tune up Motor Rutin |



Tune up adalah servis yang meliputi pemeriksaan semua komponen mesin secara menyeluruh, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan ini biasanya meliputi pengecekan karburator dan saringan udara, memeriksa tegangan rantai, rem, tekanan ban, kondisi lampu dan klakson (kelistrikan). Tak jarang, tune up juga dilakukan agar tarikan mesin lebih enteng, manuver lebih lincah namun tetap hemat BBM.

Tune up biasanya dibarengi dengan penggantian oli mesin, ganti oli gardan, atau jika diperlukan, penggantian sparepart. Namun montir tidak akan serta-merta mengganti sparepart tersebut, tetap harus ada persetujuan dari pemilik kendaraan. Montir hanya akan melakukan penggantian sparepart jika pemilik sudah memberikan persetujuannya.

| Bengkel Servis Motor Terbaik


Urusan servis motor ini erat sekali dengan masalah kepercayaan. Kepercayaan ini bisa didapatkan melalui pengalaman layanan yang memuaskan. Salah satu bengkel yang saya rekomendasikan karena layanannya yang baik serta dapat dipercaya adalah Planet Ban. Hal ini diawali dari kebutuhan saya untuk mengganti ban motor bawaan dealer yang sudah aus. Iseng coba mampir ke Planet Ban di jalan Raya Condet, karena saya lihat stok dan koleksinya lengkap. Dari situ, ternyata Planet Ban juga melayani servis motor. Planet Ban juga menawarkan servis motor rasa mesin baru. Hmm… apa itu servis mesin rasa baru?

servis motor rasa baru merupakan sistem servis terpadu yang bisa meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara cepat dan biaya yang lebih hemat. Pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru difokuskan pada bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban |


  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi yang dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Mesin jadi lebih awet.
  • Menggunakan sparepart asli, sehingga pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng
  • Periode ganti oli setiap 5000km (antara 4-6 bulan sekali). Biaya servis jadi lebih hemat.
  • Emisi dan polusi dari motor berkurang.

Keunggulan Servis Motor di Planet Ban |


Servis di bengkel biasa, biasanya masih meninggalkan banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran di beberapa bagian mesin motor. Bahkan tak jarang ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat. Hal ini bisa disebabkan karena bengkel biasa kurang memiliki teknologi dan peralatan yang memadai alias seadanya saja.


Dengan mempercayakan servis motor rutin di Planet Ban, seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Sesuai dengan semboyan servis motor rasa mesin baru, layanan servis di Planet Ban akan membuat motor kita seperti baru lagi. Tarikan lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Biaya servis motor di Planet Ban juga sangat terjangkau. Biaya servis motor injeksi hanya Rp 20.000,- servis CVT sekaligus rantainya hanya Rp 19.500,- bahkan servis throttle body juga hanya Rp 20.000,- saja. Sangat rasional dan hemat pastinya.

Alhamdulillah, akhirnya motor saya sudah selesai ganti ban. Sekarang saya lebih tenang saat berkendara dengan motor matic kesayangan ini. Nggak salah, pilihan saya untuk mempercayakan perawatan motor saya ke Planet Ban. Selain profesional, layanan memuaskan, opsi pembayaran juga sangat fleksibel.


Selain menerima pembayaran secara tunai, Planet Ban juga menerima pembayaran secara debit, bahkan GoPay. Gak perlu was-was meski tidak pegang uang tunai. Ajiblah!


Demikianlah pengalaman saya merawat motor matic kesayangan di Planet Ban, semoga bermanfaat. Salam kompak persahabatan selalu..

45 komentar:

  1. Motor kalau mau awet harus rutin dirawat ya mas. Biar dipake juga enak. Planet Ban bisa jadi pilihan yang tepat untuk perawatan motor 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul. kuncinya perawatan rutin dan bengkel yang terpercaya karena layanan yang memuaskan

      Hapus
  2. Sebagai perempuan yg nggak paham motor, pilih amannya emg service di bengkel motor yg terpercaya dan lengkap. Biar kalo luar kota amaaann. Kapok bgt kmrn motor sempet mati pas ke Trawas huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju! kalo kita udah trust sama bengkel dan kualifikasi montirnya, insya ALLAH kitanya juga lebih tenang bawa motornya..

      Hapus
  3. Pengalaman yang sama kurasakan, Mas Eko. Ganti ban luar di Planet Ban habis lebaran kemarin, alhamdulillah puas. Cepat dan hemat karena harganya bersaing. Banyak pilihan produk dan betul itu, aku bayar pakai debit card, enak dah satset karena ga bawa uang cash.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Jaman sekarang memang lebih nyaman cashless.. Dan untungnya, Planet Ban juga fleksibel soal pembayaran..

      Hapus
  4. Betul sekali, mas. Koentji motor awet itu perawatannya harus berkala. Jangan sampai dibiarkan, ntar makin panjang urusannya hihihi. Alhamdulillaah di Planet Ban ini produk dan servisnya bagus banget. Mekaniknya juga andal. Bisa jadi pilihan terbaik untuk kita servis motor rutin yach.

    BalasHapus
  5. Oli gardan malah sering lupa dicek untung sering diingetin sama montirnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah! Kalo saya, biar gak lupa, sekalian aja. Toh gak mahal juga..

      Hapus
  6. di Jogja sama jakarta ternyata 11 12, bengkel planet ban mudah ditemukan dan saya pribadi paling suka dengan oli mesin X ten tu yang bikin tarikan makin enteng

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang.. kalo bengkel bagus gampang diakses, kita juga senang, hati lebih tenang..

      Hapus
  7. Vina pernah lupa urusin motor, sebut saja Akai. Lupa ganti oli, berakhir dengan Game Over di jalan. Semenjak itu kapok banget, sampai set reminder buat servis rutin dan ganti oli mesin dan gardan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini! Cewek juga perlu paham cara minimal merawat motor. Minimal rutin servis ganti oli. Cewek paham motor itu keren juga kok ;)

      Hapus
  8. Wah, motornya matic sekarang bang? Udah nggak si cemong lagi ya? Perawatannya beda nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bang. Motor ane sekarang matic, si Memmet namanya.. (Metik Merah Metalik). Cemonk dah pindah majikan. Perawatan jauh beda lah bang.. lebih murah, lebih mudah, lebih rendah was-was :D

      Hapus
  9. waw, lengkap juga ya. dijamin bakalan aman dan nyaman dipake terus kalo service rutin gini mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul! Dan saya belum lama tau kalo di planet ban bisa sekalian servis. Awal kenal planet ban ya karena ganti ban motor aja.

      Hapus
    2. kuncinya memang servis berkala.. niscaya bawa kendaraan terasa lebih tenang dan aman..

      Hapus
  10. Iya jadi ngerti deh saya klo kendaraan itu harus dirawat biar aman di jalanan dan awet pemakaian ye kan mas👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Meminimalisir rasa was² kalo mogok di jalan.

      Hapus
  11. Sangat bermanfaat sekali kak informasinya. Jadi makin aware buat rutin cek motor kak

    BalasHapus
  12. Saya sudah lama pakai oli yang di gunakan oleh planet ban yaitu xten. Harga terjangkau, dan yang jelas lebih hemat karena pemakaian 2x lebih lama dari merek lain.

    BalasHapus
  13. Ganti Accu, Oli, ama cvt juga udah dijabanin. Mumet kalau udah motor yang bermasalah, selain Vina yang ngga paham dan sering banget lalai, tar-sok-tar-sok sampai akhirnya motorpun menyerah. Huhu :( Harus sering-sering pantau jadwal servis dan ganti oli biar ngga terlewat.

    Otw cari info dulu ah, Planet Ban udah ada di Pekanbaru belum yak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, bener tuh.. bisa dimulai dari nyatet kilometer atau tanggal bulan servis terakhir..

      Hapus
  14. Tiap berpergian pasti selalu service motor, karna nggak ngerti otomotif banget. Jadi kalau service motor selalu bilang ganti oli dan cek mesin biar enak dibawa aka tune up saja.

    Sisahnya pasrah sama teknisi motornya wkwkwk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalo mau jalan jauh, bilang aja, mau servis + ganti oli.. motornya mau dipake jalan jauh..

      Hapus
  15. Baru tahu kalau motor matic itu punya dan harus ganti oli gardan diluar oli yang biasanya motor lain pakai

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga baru tau setelah ganti motor matic mbak.. motor saya sebelumnya tiger, nggak ada gitu-gituan :D

      Hapus
  16. Suka artikelnya lengkap banget ya perawatan dan peralatan di Planet Ban itu biarpun bengkelnya kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. bengkel kecil tapi peralatan sama montirnya jempol mbak..

      Hapus
  17. Setuju banget mas.. Jangan sampe telat servis. Ntar rusaknya malah kemana2, malah makin mahal ongkos servisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak.. alih-alih ingin hemat.. malah jadi rungkad..

      Hapus
  18. Setuju banget mas.. jangan sampe telat servis, jangan tunggu sampe motor rusak, baru diservis. Ntar rusaknya makin kemana-mana.. Makin mahal ongkosnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah punya kisah waktu masih miara si Cemonk mbak :p

      Hapus
  19. Wajib service motor yang Mase, karena kalau dibiarkan bisa turun mesin terutama oli dan busi bagian penting kalau menurutku sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul. wajib rutin servis. minimal ganti oli. busi kalo udah lemah.

      Hapus
  20. Kalau motor digunakan tiap hari kayak gini wajib banget service rutin ya. Apalagi bannya tuh, jangan sampai tipis. Bahaya ntar. Kudu sering dicek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul. faktor keamanan dan kenyamanan harus selalu diperhatikan. salah satunya lewat servis rutin, jadi ketahuan..

      Hapus
  21. Motor andalan pasti disayang. Jangan disuruh nemenin bepergian terus, pastikan dirawat seperti anak sendiri wkwk. Paling penting sih service rutin. Plus pilih bengkel terpercaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget! kalo andalan, memang harus selalu diberi perhatian..

      Hapus
  22. Saya juga mengalami Mas kondisi ban udah gundul banget, resiko kalau dipakai saat hujan bisa tergelincir. Akhirnya ganti ban di PlanetBan, memang terasa banget perbedaannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget.. aku juga abis ganti ban baru.. grip-nya lebih mantap.. lurus atau nikung juga lebih stabil dan lebih aman..

      Hapus