Artikel Unggulan

ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405), Ultrabook Pertama dengan AI Prosesor

  ASUS mengumumkan Zenbook 14 OLED (UX3405), laptop ultraportable premium pertama yang dibekali oleh prosesor bertenaga AI, Intel® Core™ Ult...

Zenbook S 13 OLED (UX5304) Si Paling Tipis dan Ringan yang Ramah Lingkungan

 


Pada tanggal 30 Mei 2023 yang lalu, saya berkesempatan untuk menghadiri acara peluncuran laptop ultrabook terbaru dari ASUS, yakni Zenbook S 13 OLED (UX5304). Laptop ini merupakan seri flagship dengan kategori ultrabook yang menawarkan sebuah perangkat komputasi yang ringkas, ringan namun tetap memiliki performa juara.

Acaranya diselenggarakan di Ballroom 2 Hotel Park Hyatt yang berlokasi di daerah Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Entah mengapa, lokasi ini cukup membingungkan bagi kami yang berangkat ke sana dengan menggunakan transportasi online. Dua kali saya ke sini, selalu saja harus melawan arus karena jalanannya satu arah, sementara sang pengemudi hanya mengikuti petunjuk yang terpampang di peta pada aplikasinya.

Lokasi Acara


Setelah melakukan registrasi, sudah tersedia sajian menu makan siang dan kudapan yang bisa dinikmati sembari menunggu waktu bagi para undangan dipersilakan untuk masuk ke dalam aula. Setelah ngobrol dengan beberapa rekan media dan blogger yang saya kenal, tak lama kemudian, kami diminta untuk mengambil goodie bag terlebih dahulu sebelum dipersilakan untuk masuk ke dalam ruangan aula yang telah disiapkan sebagai tempat presentasi. Namun sebelum itu, kami pun sempat berfoto bersama dengan beberapa rekan blogger yang turut hadir di acara ini.

foto dari Mbak Katerina @ travelerien

Presentasi


Presentasi perdana dibuka oleh Davina Larissa yang memaparkan perkembangan inovasi yang telah dilakukan oleh ASUS selama kurun waktu 3 tahun terakhir, di mana masa pandemi COVID yang memaksa banyak orang untuk beraktivitas dari rumah, menjadi salah satu pencetus inovasi yang telah dilakukan ASUS hingga saat ini. Yang paling terlihat adalah perubahan penggunaan panel layar laptop dari tipe IPS ke OLED yang mampu menampilkan gambar dan warna secara lebih baik dan akurat. Lalu perubahan rasio layar dari wide screen 16:9 ke 16:10 yang menawarkan bidang kerja yang lebih luas. Teknologi layar ASUS OLED ini (sekarang disebut sebagai ASUS Lumina OLED) dilengkapi dengan teknologi canggih yang akan melindungi mata dari pancaran radiasi sinar biru (ASUS Eye Care) yang tersertifikasi oleh TÜV Rheinland. 


Presentasi berikutnya dibawakan oleh Clemency Devanie yang menjabarkan secara lebih mendetil spesifikasi teknis dari laptop ultrabook terbaru ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) ini. Keunggulan yang tampak nyata seperti dimensi yang ringkas, bobot yang ringan, hanya 1kg saja, serta bodi yang tipis, setipis 1cm saja, disampaikan dengan penuh kebanggaan. Selain itu, laptop berukuran 13 inci ini memiliki layar ASUS Lumina OLED berdiameter 13,3 inci dengan resolusi 2.8K serta rasio layar 16:10 yang menawarkan bidang pandang yang lebih lega.

Tak hanya itu, Zenbook S 13 OLED (UX5304) ini sudah ditenagai prosesor terbaru, yaitu prosesor 13th Gen Intel® Core™ i7-1355U bersertifikasi Intel® Evo™ platform, yang dipadukan dengan memori LPDDR5 berkapasitas 16GB dan media penyimpanan data PCIe 4.0 SSD berkapasitas 1TB. Plus, dukungan baterai berkapasitas 63WHrs yang mampu menawarkan masa pemakaian seharian.

Laptop dengan platform Intel® Evo™ sudah dipastikan akan memiliki desain yang ringkas, bobot yang ringan, performa instan, konektivitas yang stabil dan cepat, daya tahan baterai luar biasa, serta keamanan tinggi. Ini sudah menjadi standar ultrabook yang ditetapkan oleh Intel sejak diumumkannya prosesor Intel® Core™ Generasi 11.

Keunikan sekaligus keunggulan terbaru yang disematkan pada laptop ultrabook ini adalah pada proses dan material yang digunakannya. Laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) ini dirancang khusus agar ramah lingkungan. Hal ini dibuktikan dari penggunaan material plasma ceramic aluminium yang diproses secara presisi dan tanpa menggunakan senyawa kimia. Material ini mampu menjadikan bodi laptop yang tahan korosi, memiliki durabilitas lebih baik, serta memiliki masa pakai yang panjang, tetapi juga meminimalkan dampak kerusakan terhadap lingkungan. Tak heran jika kemudian laptop ini diganjar dengan sertifikasi EPEAT® Gold.

Tidak cuma itu saja, bahkan box packaging hingga sleeve cover untuk laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) ini juga terbuat dari bahan material daur ulang. Jadi memang dipastikan, seluruh aspek dari laptop ini benar-benar eco-friendly alias ramah lingkungan.

Selesai presentasi, ada acara games Kahoot yang sangat seru, karena menguji pemahaman dan ingatan mengenai laptop Zenbook S 13 OLED (UX5304) yang baru saja dipaparkan. Namun kali ini, keberuntungan belum berpihak pada saya, karena hanya mampu menyodok ke peringkat 7 saat kuis berakhir. Hadiahnya? Smartphone dan voucher belanja! Selamat untuk para pemenang.


Selesai kuis, masih ada doorprize dengan sistem kocok digital, dan seperti biasa, keberuntungan saya jauh dari sayembara model seperti ini. Tak apa, sebab acara yang diselenggarakan saat ini saja sudah membuat saya bahagia karena jadi getaway dari kehidupan sehari-hari saya yang cenderung flat.

Acara presentasi telah berakhir, namun para undangan dipersilakan untuk mencoba sendiri laptop ASUS Zenbook S 13 OLED yang baru saja diluncurkan di area demo. Tersedia beberapa unit laptop yang bisa dicoba, namun karena antusiasme undangan yang sangat tinggi, tak ayal, antrian harus terjadi.

Quick Hands-On


Setelah bersabar untuk beberapa saat, akhirnya saya pun berkesempatan untuk mencoba laptop ringkas ini. Secara dimensi, bobot dan ketebalan, laptop ini bisa jadi idaman bagi mereka yang aktif beraktivitas secara dinamis, berpindah tempat dengan cepat, tanpa harus kuatir dengan beban laptop yang harus dibawa setiap saat. Ini saya buktikan sendiri dengan mengangkat laptop hanya menggunakan satu tangan saja. Dan memang, laptop ini adalah laptop paling ringan yang pernah saya coba, sesuai dengan klaimnya yang memiliki bobot hanya 1kg saja. Laptop yang istimewa ini juga memiliki ketebalan hanya 1cm serta layar ErgoLift-nya bisa dibentangkan hingga 180°.


Saat mencoba laptop ini secara langsung, saya langsung terpesona dengan akurasi warna yang dihasilkan oleh layar ASUS Lumina OLED-nya. Warna-warni yang ditampilkan terlihat tajam namun terasa sejuk di mata. Selain itu, karakter tombol keyboardnya juga terasa empuk dan nyaman saat ditekan. Feel seperti ini diyakini akan mampu mengurangi kesalahan pengetikan alias typo.


Jika kalian perhatikan dengan lebih seksama, tampak ada yang berbeda dari susunan keyboard di laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) ini. Ada yang tau nggak? Ya, benar! Tombol Power-nya sekarang bertukar tempat dengan tombol Delete. Hal ini merupakan jawaban dari keluhan pengguna yang sering salah tekan tombol saat sedang mengetik dengan cepat. Alih-alih menekan tombol hapus, malah tombol Power yang tertekan tanpa sengaja. Good move, ASUS!


Di sektor port konektivitas, laptop ini sudah mendukung teknologi nirkabel tercanggih saat ini, yaitu WiFi 6E dan Bluetooth 5.3. Sedangkan port yang tersedia di bagian sisi bodi laptop ini juga tergolong lengkap. Terdapat satu buah port USB 3.2 Gen 2 Type-A, satu buah port 3.5mm Combo Audio Jack, satu buah port HDMI 2.1, serta dua buah port Thunderbolt™ 4 USB-C yang telah mendukung display dan teknologi Power Delivery. Dengan kelengkapan konektivitas tersebut, kita bisa melakukan skenario kerja seperti di bawah ini :


Ekspansi layar laptop Zenbook S 13 OLED (UX5304) ke external monitor dengan menggunakan kabel HDMI, dan headset terhubung ke port audio. Sementara itu, satu unit smartphone sedang melakukan pengisian daya pada port USB-C sedangkan sebuah external SSD terhubung pada port USB tipe A untuk melakukan transfer data. It's incredible!

Eco-Friendly and Strong


Mendengar kata material ramah lingkungan, pikiran saya langsung tertuju pada sesuatu yang terbuat dari bahan daur-ulang alias recycle. Jujur saja, sebelum ini, saya pernah menyentuh benda yang terbuat dari bahan daur-ulang yang pastinya ramah lingkungan. Impresi saya saat itu adalah, bahannya terlihat dan terkesan murahan dan ringkih. Namun semua itu salah besar tatkala saya menyentuh cover dan bodi laptop ultrabook Zenbook S 13 OLED (UX5304) ini. Material plasma ceramic aluminium-nya terasa mewah seperti dinding kamar mandi di kompleks perumahan elit. Selain itu pula, kesan ringkihnya jauh tidak terlihat. Rupanya, Zenbook S 13 OLED ini telah lolos sertifikasi US Military Grade 810H dengan 12 pengujian kondisi ektrim.

Beli di mana? Berapa Harganya?


Saat diumumkan pada acara peluncurannya, laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) ini dibandrol dengan harga Rp. 23.999.000,- dan sudah bisa didapatkan di ASUS Official Store mana pun. Jika kalian berminat untuk memiliki laptop ini, kalian bisa langsung berbelanja di ASUS Official Online Store pada tautan berikut ini, atau klik pada gambar!


Di masa pre-order, kalian bisa mendapatkan potongan harga sebesar 1 juta rupiah. Bahkan, kalian bisa mendapatkan tambahan potongan harga sebesar 500 ribu lagi dengan memasukkan kode ASUSMAS500K sebelum melakukan Check Out pada keranjang belanja. Menarik bukan?


Nah, itulah sekelumit pengalaman saya menghadiri acara launching sekaligus melakukan icip-icip laptop ultrabook paling tipis dan paling ringan serta paling ramah lingkungan dari ASUS, Zenbook S 13 OLED (UX5304). Yang pasti, acaranya seru banget! Sebelum berpisah, kami sempatkan untuk berfoto bersama dengan yang punya hajat.


Sekian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. Salam kompak persahabatan selalu..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar