[Review] Tomb Raider [2013 PC Game]


Tomb Raider, demikian judul game yang gw mainin belakangan ini, merupakan versi reboot dari seri originalnya. Kenapa reboot? Karena latar belakang ceritanya memang sangat² berbeda dibandingkan dengan versi originalnya yg rilis di tahun 1996 lampau. Di game ini, diceritakan bagaimana Lara Croft yang niatnya melakukan expedisi penelitian, terjebak oleh situasi dan kondisi yang mengharuskannya untuk berbuat di luar dugaannya.

Cerita diawali ketika kapal Endurance yang membawa Lara Croft dan tim expedisinya mengalami kecelakaan, dimana kapal karam dan seluruh awak kapal dibuat sibuk menyelamatkan dirinya masing².  Lara akhirnya terdampar di pantai, dan dia melihat beberapa orang dari timnya berhasil menyelamatkan diri, berada di atas tebing yg cukup tinggi sehingga suara Lara tidak terdengar. Kemudian seseorang mebuat Lara pingsan. 

Cantiknya Lara Croft
Ketika Lara tersadar, dia sudah digantung dalam ikatan sebuah karung. Di sini aksi kita dimulai, dengan menggunakan tombol pada keyboard, kita diminta melakukan gerakan supaya Lara bisa bergoyang dan menyelamatkan dirinya. Ya! Lara berhasil melepaskan diri dari ikatan, namun sayang, ketika terjatuh, sesuatu yg tajam merobek perut Lara yang indah. Dengan sempoyongan, Lara berusaha mencari jalan keluar. Di dalam goa tersebut, Lara melihat banyak sekali tulang belulang dan jasad yang digantung, seolah² persembahan terhadap sesuatu. Di event ini, kita melalui Lara akan banyak belajar melakukan interaksi yang akan menjadi dasar dari permainan ini secara keseluruhan, seperti menyalakan obor, mendorong benda dll. Dan di sini juga kita akan dikenalkan dengan puzzle² sederhana yang nantinya akan banyak menghiasi level² permainan selanjutnya. Dalam satu adegan, Lara harus meronta² dari sergapan penculiknya, dan ini harus dilakukan dengan cara menekan tombol kanan dan kiri pada keyboard secara cepat dan bergantian. Kemudian, ketika Lara harus merangkak dengan cepat di tengah gemuruh dan jatuhnya reruntuhan, kita juga diharuskan untuk menekan kombinasi tombol tsb ditambah 1 tombol arah, entah kanan atau kiri, agar Lara terhindar dari bebatuan yang jatuh dari atas lubang goa. Akhirnya, jika kita beruntung, Lara akan selamat, dan di sini permainan yang sesungguhnya akan dimulai, karena di awal ini, judul game akan terpampang di layar dengan anggunnya, memamerkan keindahan grafis dan efek cahaya yang sangat menakjubkan.

Dari sini, kita akan menelusuri jalanan, tebing yang curam dengan misi awal mencari awak kapal Endurance yang selamat. Di level ini kita akan menemukan adanya camp untuk meningkatkan skill maupun upgrade senjata/peralatan. Di camp ini juga, kita diberikan opsi untuk mengganti kostum, jika kita inginkan. Bagi gw, kostum original dari awal merupakan yang terbaik, karena memberikan gambaran, betapa beratnya perjuangan Lara untuk bertahan hidup dan menemukan kembali teman² expedisinya.

Di game ini, kita akan menemukan hewan² liar yang kelak akan menyulitkan kita dalam menjelajah, juga manusia penghuni pulau yang memiliki niat tidak baik. Dalam perjalanannya, akhirnya Lara akan menyadari bahwa pulau yang dia jelajahi selama ini adalah Yamatai, yang memang sedang dicarinya. Hal ini diperkuat oleh adanya ornamen, kuil, patung yang menunjukkan pemujaan terhadap Himiko. Untuk meningkatkan skill, Lara dapat berinteraksi dengan tumbuhan tertentu, atau membunuh hewan² yang ada di wilayah yang sedang dijelajahi. Selain itu juga, kemampuan survival Lara akan semakin meningkat dengan adanya kemampuan silent-kill. Ini akan berguna bagi kita untuk melumpuhkan lawan tanpa harus menarik perhatian kawanan lainnya.

Singkat kata, game ini sangat recommended bagi fans game survival adventure karena rangkaian cerita dan cutscene movie yang indah serta berkesinambungan membuat kita bagaikan memainkan sebuah film petualangan Lara Croft. Hanya saja, karena banyaknya adegan yang cukup sadis dan brutal, game ini sangat tidak disarankan bagi yang masih berusia di bawah 17 tahun. Gw cukup beruntung dapat memainkan game ini pada setting normal dengan nyaman, baik di PC rumah. Hanya saja entah kenapa opsi TressFX untuk menampilkan fx rambut Lara secara alami tidak dapat diaktifkan :( padahal udah pake Radeon yang lumayan speknya.

Beberapa contoh gambar yang menampilkan keindahan grafis :




Komentar

  1. Lara Croft has gone a long way dari pertama keluar sampe sekarang XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. yepp.. makin luwes.. makin cakeb namun natural.. walopun ceritanya yg ini rada mistis :)

      Hapus
  2. Epic Masbro...Sayangnya saya udah bukan gamer lagi. Takut ga bisa berhenti maen *alesanklasik XP

    BalasHapus
  3. gamenya seperti nonton filmnya ya, kualitas gambarnya bagus...
    solder uap

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes.. dan game ini masih sanggup dimainkan dengan nyaman di spek pc lawas gue..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Semua Berawal Dari Sebuah PC