[News] Office™ 365 - your everywhere office



Beberapa waktu lalu, gw dapet undangan dari partner untuk menghadiri seminar product knowledge yaitu MS Office 365, yang bertempat di kantor Microsoft, Gedung BEJ Tower 2 lantai 18. Gw hadir bersama seorang staff dan seorang lagi dari Purchasing. Menurut agenda, registrasi dimulai pukul 9-10 pagi, kebetulan jam 9-an gw baru sampe kantor, itupun dalam keadaan masih ngantuk karena pulang malam pada hari sebelumnya.

Singkat cerita, presentasi dimulai sekitar pukul 10 lewat, dibawakan oleh Pak Poni Halim. Beliau menjelaskan secara sederhana mengenai apa itu Office™ 365. Office™ 365 bukan hanya sekedar Office Pro + Internet, tapi kemampuan Office Pro + layanan bisnis terintegrasi yang umumnya ada pada perusahaan yang memiliki tim IT sendiri. Ya, produk ini sangat cocok bagi perusahaan yang masih berkembang dengan jumlah karyawan di bawah 50 orang. Dengan layanan ini, karyawan perusahaan akan dapat lebih fokus pada strategi bisnis dan implementasinya ketimbang berkutat pada masalah infrastruktur. Satu hal yang dibutuhkan untuk layanan ini adalah koneksi internet. Tentu saja! Karena ini adalah cloud-service office. Tujuan yang ingin dicapai dengan layanan ini adalah :

1. Work anywhere - karena data anda selalu ada di cloud, jadi jika kita lupa membawa laptop atau flashdisk, sedangkan data tsb harus segera direvisi/dikirim, bukan lagi masalah.

2. Collaboration/team work - setiap dokumen yang membutuhkan revisi akan memiliki history-nya masing², tanpa ada resiko file tertimpa dan lain sebagainya.

3. Enterprise-class email service - layanan email sekelas enterprise yang disediakan oleh Exchange Online akan memberikan nilai tambah berupa domain khusus perusahaan yang akan memberikan bonafiditas tersendiri dibandingkan dengan layanan free mail services lainnya.

4. Online presence - kehadiran secara online dapat dilakukan dengan mudah melalui layanan Lync Online. IM, video conference yang dilakukan, semuanya akan memiliki record sendiri sehingga bisa dijadikan bukti tertulis jika dibutuhkan kelak.


Berikut ini beberapa fasilitas yang dapat dinikmati melalui layanan Office™ 365 :


Nah, di atas itu tadi adalah fitur atau layanan yang merupakan kelebihan dari produk Office™ 365, adapun yang akan menjadi kelemahannya adalah koneksi internet yang dibutuhkan untuk melakukan instalasi virtual pada pc/laptop client, karena kadang ada user yg kurang nyaman bekerja secara online melalui webapps di browser. Kemudian, ada informasi mengenai infrastruktur dari server layanan ini yang bukan tidak mungkin dapat terjadi down-time, yang mana akibatnya akan cukup telak mengingat para pengguna layanan ini praktis tidak dapat mengakses data dan menggunakan layanan lainnya.

Demikian cerita gw mengenai Office™ 365. Apakah perusahaan anda sudah membutuhkannya?

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Semua Berawal Dari Sebuah PC