Artikel Unggulan

ROG Phone 8, Lebih dari Sekadar Smartphone Gaming!

  ROG Phone merupakan seri smartphone gaming Android rancangan ASUS. Seri ROG Phone pertama kali diumumkan pada tanggal 8 Juni 2018 di ajang...

Performa Kamera Luar Biasa Pada ASUS Zenfone 3 Laser (ZC551KL)

ASUS Zenfone 3 Laser (ZC551KL) diperkenalkan pada ajang Zenvolution di Bali beberapa waktu lalu, merupakan salah satu varian dari ASUS Zenfone generasi ke-3. Smartphone ini ditargetkan untuk pengguna smartphone yang menggemari fotografi, namun memiliki anggaran terbatas untuk dapat memiliki Zenfone 3 Basic (ZE520KL) yang berharga jual lebih tinggi.



ASUS Zenfone 3 Laser (ZC551KL) 

dijual dengan harga Rp. 3.399.000,-


Kebetulan, gue mendapat kesempatan untuk bisa hands-on review ASUS Zenfone 3 Laser ini, di mana kondisinya hanya unit, tanpa box maupun lainnya, namun sudah memiliki OS Android 7.0 alias Nougat. Agar lebih jelasnya, gue sekalian melampirkan hasil tes benchmark dengan menggunakan aplikasi sejuta umat, Antutu.

Skor Antutu dan sekilas spesifikasi ASUS Zenfone 3 Laser (ZC551KL)
Sepintas, skor yang diperoleh ASUS Zenfone 3 Laser ini setara dengan ASUS Zenfone 3 Max (ZC553KL) yang baru saja dirilis beberapa waktu lalu. (baca review ASUS Zenfone 3 Max). Hal ini tak dapat dipungkiri, mengingat memang spesifikasi perangkatnya nyaris sama. Kecuali perangkat kamera yang digunakan, pada ASUS Zenfone 3 Laser ini, baik kamera depan, maupun belakang, sama-sama memiliki resolusi 8MP serta telah memanfaatkan sensor Sony IMX di dalamnya.

>> Spesifikasi Lengkap ASUS Zenfone 3 Laser (ZC551KL) <<


Berikut ini adalah kumpulan gambar unit smartphone ASUS Zenfone 3 Laser yang memiliki desain mirip sekali dengan ASUS Zenfone 3 Max.

Tampak depan - tampak belakang

Detil tiap sisinya

Perbandingan Desain

Perbandingan desain dengan pendahulunya, Zenfone 2 Intel (ZE551ML)
Side by side dengan Zenfone 3 Max yang baru rilis kemarin (ZC553KL)

Kamera Test

ASUS Zenfone 3 Laser ini sesungguhnya juga ditujukan bagi para phoneographer (penggemar mobile fotografi) sehingga fitur yang ada di dalam aplikasi PixelMaster™ tidak jauh berbeda dengan sang kakak, ASUS Zenfone 3 (ZE520KL). Dan di bawah ini adalah hasil jepretan dengan menggunakan kamera pada ASUS Zenfone 3 Laser.

Hasil jepretan kamera belakang, indoor, lobi Hotel Fairmont
Hasil jepretan kamera depan, fitur beautification standar, indoor
Mode Kedalaman (Depth of Field) memberikan hasil bokeh yang cukup natural
Sebagai fotografer mainan, menonjolkan detil sangat penting. Mode Auto - Close Up, Indoor
Sebagai sesama pengusung tema #BuiltForPhotography, tentunya akan lebih seru jika kita ngoprek settingan manual saat akan mengambil gambar. Dan di bawah ini adalah beberapa hasil foto sekaligus perbandingannya dengan mode Auto.

Auto vs Manual - Cari Siluet

Manual vs Auto - Cari Siluet + Senja
Seperti gue bilang sebelum ini, fitur kameranya mirip seperti Zenfone 3 Basic, jadi jika kalian ingin ambil gambar secara long exposure, smartphone ASUS Zenfone 3 Laser ini juga telah mendukung shutter-speed hingga 32 detik. Dan hasilnya bisa dilihat pada gambar-gambar di bawah ini.

Mode Manual - Long Exposure
Jika kita menyimak berbagai macam mode/fitur yang ada di PixelMaster, tentunya tidak asing lagi dengan mode yang ada di sana. Bahkan, mode slow motion dan time lapse pun tersedia di sini.

Mode Slow Motion


Mode Time Lapse


Video Player Test

Dua film dalam format HD720p dan FHD1080p
Pada tes kali ini, gue akan memutar 2 format film dengan 2 aplikasi video player. Satu bawaan dari smartphone, dan satu lagi aplikasi 3rd party dari PlayStore™. Dan hasilnya dapat disaksikan pada video di bawah ini.

Plays 720p Movie using pre-installed Video Player


Plays 720p Movie using 3rd Party Video Player


Plays 1080p Movie using 3rd Party Video Player


Hasilnya dapat diketahui bahwa untuk dapat menikmati film dengan lancar, diperlukan aplikasi Video Player selain bawaan dari smartphonenya.

Gaming Test

Fungsi hiburan lain dari sebuah smartphone adalah permainan. Kali ini gue akan melakukan beberapa tes bermain yang cukup menghibur kita semua. Namun khusus kali ini, gue nggak main gim yang dibuat untuk android, tapi menggunakan emulator PSP untuk memainkan gim-gim PSP di android. Dan inilah dia hasilnya.

Final Fantasy Dissidia Duo Decim via PPSSPP


Ghost In The Shell via PPSSPP



Gundam vs Gundam Next Plus via PPSSPP


Kingdom Heart Birth by Sleep via PPSSPP


Tekken 6 via PPSSPP



Dari hasil percobaan di atas, ternyata ada beberapa permainan PSP yang cukup nyaman untuk dimainkan.

Konklusi

Sebagai smartphone kelas menengah, di mana targetnya adalah pengguna smartphone yang senang fotografi, maka ASUS Zenfone 3 Laser ini cukup memuaskan. Terutama jika memang kita terkendala dana untuk menebus sang kakak, Zenfone 3 (ZE520KL/ZE552KL) yang memiliki desain bodi lebih berkelas. Namun demikian, secara fungsi, smartphone ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Kesempatan untuk mengeksplorasi kemampuan kamera dengan fitur-fitur kelas atas seperti range ISO dan shutter-speed yang lebar, membuat smartphone ini layak untuk dimiliki seorang phoneographer sejati.

8 komentar:

  1. Range harga nya lumayan jg ya... Bs dpt Zen 3 Basic 5,2, tambah sedikit lg...

    BalasHapus
  2. selain kamera yang ekren juga dalam pengambilan foto angel , penyinaran juga ambil bagian penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju! At least, gearnya udah mumpuni, tinggal belajar dan berlatih soal penyinaran dan sudut pengambilan gambar...

      Hapus
  3. Bukan kamera nya saja yang unggul, tapi performa bermain game lebih dari lumayan.

    Jadi pengen beli ASUS Zenfone 3. :( :( :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah! Kalo berat ke main gim, zf3 max zc553kl juga tempting...

      Hapus
  4. keren gan, review smartphonenya lengkap sekali ini.
    solder uap

    BalasHapus
  5. bisa bagi setting ppsspp-nya gan? lumayan lancar ya

    BalasHapus