Kemewahan Dalam Kesederhanaan ASUS ZenBook Flip S


Less is the New Luxury. Itu merupakan tagline atau semboyan dari 6 deretan produk notebook terbaru dari ASUS. Mungkin, terdengar sedikit kontradiksi, namun itu yang saya rasakan saat menyentuh ASUS ZenBook Flip S dengan kedua tangan ini.

Tunggu dulu! Mungkin saya terdengar sedikit berlebihan, tapi itu bukan tanpa alasan. Jika dibandingkan dengan kedua saudaranya seperti ZenBook 3 Deluxe atau ZenBook Pro yang nyata nampak mewah secara penampilannya, ASUS ZenBook Flip S ini justru seakan menyimpan misteri tersendiri dalam setiap lekukannya.

Sebelum kita melangkah jauh membahas ini, pertama-tama saya ingin mengetahui, apa sih sebenarnya yang didambakan oleh setiap pengguna notebook terhadap notebook idamannya? Tentu akan ada beragam pendapat tercurah tentang hal tersebut, namun pastinya setiap orang ingin memiliki notebook yang canggih, keren, ringan dan terjangkau. Secara umum dapat disimpulkan demikian. Nah, dari situ, saya akan membahas tentang keunggulan ASUS ZenBook Flip S yang memiliki kode UX370 ini.


10 Keunggulan ASUS ZenBook Flip S


  1. Tipis dan Ringan, memiliki ketebalan hanya 10,9 mm dengan berat sekitar 1,1 kg saja.
  2. Layar Lipat hingga 360° dengan engsel ErgoLift yang tangguh.
  3. Baterai Lithium berdaya tahan hingga 11,5 jam serta dukungan Fast Charging, isi daya hingga 60% hanya dalam tempo 49 menit saja.
  4. Bahan aluminium alloy aerospace-grade 6013, lebih ringan, 50% lebih kuat.
  5. Prosesor Intel Core i7 generasi ke-7 dan  RAM 16GB DDR3 serta 512 GB SSD.
  6. Layar sentuh 13,3" IPS FullHD dengan Corning Gorilla Glass, bezel tipis 6,11 mm dengan rasio layar ke bodi sebesar 80%.
  7. Dual port USB tipe-C untuk display eksternal hingga resolusi 4K dan dukungan Fast Charging untuk pengisian ulang daya baterai.
  8. One-Touch Login dengan Fingerprint sensor built-in yang responsif terintegrasi dengan Windows Hello.
  9. Audio papan atas dengan sertifikasi Harman/Kardon dan SmartAmp dari SonicMaster Premium.
  10. Sistem operasi Microsoft Windows 10 yang mutakhir dan mudah digunakan.

Kesan Menggunakan ZenBook Flip S

Ketika pertama kali menyentuhnya, membuka layarnya, tidak ada rasa kuatir sama sekali mengenai engselnya. Karena saya punya pengalaman pada notebook terdahulu, kebetulan brand lain, yaitu engsel untuk buka-tutup layar pecah. Kebetulan memang desainnya tipis karena tergolong ultrabook juga.

Saya sendiri dalam memilih notebook untuk bekerja ataupun memenuhi fungsi hiburan, memiliki kriteria tersendiri, yang kebetulan cocok sekali dengan ASUS ZenBook Flip S ini. Antara lain, notebook tersebut layarnya tidak terlalu besar namun tetap cerah dan tajam, bobotnya ringan, serta memiliki performa yang memadai. Mengapa demikian? Itu karena belakangan ini saya mulai lelah menggendong laptop berlayar besar, yang walaupun tipis, namun beratnya melebihi 1,5 kilogram. Yah! Boleh dibilang, usia tiada berdusta.


Dengan ASUS ZenBook Flip S ini, saya dapat bekerja di mana saja, berkarya di mana ide dan gagasan terlintas di kepala saat itu juga, tanpa kuatir akan kehabisan daya, karena baterai Lithium di dalam notebook ini mampu mengakomodir kebutuhan kerja atau hiburan hingga 11,5 jam lamanya. Namun, saya sendiri paling lama bekerja menggunakan notebook paling sekitar 3 jam saja, jadi kebayang kan sisa kapasitas baterainya masih bisa digunakan untuk keperluan lain?

Keunikan dari ASUS ZenBook Flip S ini adalah, layarnya yang bisa ditekuk hingga 360° sehingga menjadi mode tablet. Layarnya juga sangat responsif menerima sentuhan. Mode tablet ini sangat sesuai ketika kita ingin membaca majalah digital atau komik online. Sedangkan jika kita ingin menonton film, tinggal dibuka sedikit saja, lalu letakkan di atas meja, atau mau dipegang dengan tangan juga bisa.


Bentuknya yang ringkas memang membuat diri ini senantiasa ingin menyentuhnya. Membaca majalah atau komik digital juga sangat menyenangkan. Layar sentuhnya yang responsif serta bezelnya yang tipis, menjadikan notebook yang memiliki rasio screen to body sebesar 80% ini, membuat saya seakan memandang sebuah layar tanpa batas tepian.

Soal keamanan juga tidak luput dari perhatian. Pada notebook ASUS ZenBook Flip S ini, telah tersedia fingerprint scanner untuk membuka layar yang sedang dalam keadaan terkunci, dengan sidik jari kita yang telah didaftarkan sebelumnya. Tidak ubahnya seperti fitur keamanan pada smartphone masa kini. Seems familiar?


Kendala yang sering saya alami saat akan menulis sesuatu adalah kebuntuan ide. Dan untuk menyiasati hal ini, multi-tasking pada pekerjaan mutlak dilakukan agar otak dan hati kembali segar. Dan saat sedang buntu dalam menulis, atau menyunting gambar foto untuk di blog, atau bahkan menyunting video untuk pendukung tulisan di blog, saya biasanya membuka aplikasi lain seperti music player, atau membuka browser untuk sekadar iseng membaca atau menonton Youtube, atau bahkan menonton mini seri yang belum sempat saya tamatkan. Dan semua hal tersebut, didukung oleh kualitas audio dari Harman/Kardon yang sangat memanjakan telinga, baik bila didengarkan secara langsung melalui speaker yang tersedia, atau melalui headset. Konfigurasinya pun dapat dilakukan dengan mudah melalui SmartAmp yang merupakan bagian dari SonicMaster Premium. Bahkan musisi muda, Eka Gustiwana, mempercayakan proses penciptaan karya-karya musiknya melalui notebook ASUS ZenBook Flip S ini. Luar biasa!


Segala kegiatan multi-tasking tersebut, dapat dilakukan oleh ZenBook Flip S ini tanpa kendala berarti. Itu semua karena dukungan spesifikasi yang sangat tinggi, yang memiliki kompatibilitas optimal dengan platform sistem operasi Windows 10 dari Microsoft, yang terkenal mudah digunakan dan memiliki banyak dukungan aplikasi yang berguna bagi Content Creator seperti kita-kita ini.


Notebook ASUS ZenBook Flip S ini memiliki dua port USB Type-C di sisi kanan dan kirinya. Port ini selain dapat dimanfaatkan untuk proses pengisian daya, juga bisa digunakan untuk ekspansi layar ke medium eksternal dengan resolusi 4K. Jadi, jika merasa kabelnya terlalu pendek, tidak perlu kuatir lagi, karena kita bebas menentukan mau dicolok di port sebelah kanan atau kiri, mana yang lebih dekat. Sangat fleksibel, good job ASUS!

Spesifikasi ASUS ZenBook Flip S

Main Spec.
UX370UA
CPU
Intel® Core™ i7-7500U Processor
OS
Windows 10 Home
Memory
16GB DDR3L 2133MHz
Storage
512GB PCIe SSD
Display
13.3" IPS FHD (1920x1080) touch with Corning® Gorilla® Glass, 60Hz refresh rate, wide 100% sRGB color gamut, 178° wide-view, ASUS Eye Care for up to 30% blue-light reduction, 6.11mm-thin bezel with 80% screen-to-body ratio
Graphics
Integrated Intel® HD Graphics 620
Input/Output
2x USB 3.0 Type-C, glass-covered with intelligent palm-rejection touchpad, Precision touchpad (PTP) support with up to four-finger smart gestures, side-mounted for convenience fingerprint sensor
Camera
VGA Web Camera
Connectivity
802.11ac Wi-Fi; IEEE 802.11 a/b/g/n compatible, Bluetooth® 4.1
Audio
SonicMaster Premium 2-speaker stereo audio with surround-sound, Harman Kardon-certified, smart amplifier for maximum audio performance, array microphone with Cortana voice-recognition support, 3.5mm headphone jack
Weight 
1.1Kg
Dimension
1.09 x 31.3 x 21.8 cm
Keyboard
full-size backlit with 1.0mm key travel keyboard
Special Design
Alumunium alloy body, Elegant and modern lines, New ROG Strix design
Battery
39Wh 2-cell lithium-polymer battery, Up to 11.5 hours battery life, Fast-charge technology: 60% in 49 mins
Colors
Royal Blue, Smoky Grey (Crafted in aerospace-grade aluminum alloy, 50% stronger than standard alloy)
MSRP
Rp25.299.000 (free ASUS Stylus dan Mini Dock senilai Rp5.500.000)
ASUS Sleeve
Warranty
2 Tahun Garansi Global, senilai Rp1.250.000

Kesimpulan

Mengapa saya memberi judul seperti di atas? Bukan tanpa alasan. Sebab di antara sesama notebook ASUS ZenBook lainnya, memang secara penampilan, ASUS ZenBook Flip S ini nampak paling sederhana, dengan pilihan warna ala serat karbon yang menyerap cahaya, bukan tampilan glossy yang sekilas saja nampak cetar membahana.


Namun demikian, bukan berarti kesan mewahnya sirna begitu saja, karena desain tipis, bisa dilipat, serta spesifikasi yang dimilikinya, sudah cukup untuk menyatakan bahwa notebook ini ditujukan untuk pengguna yang peduli akan keseimbangan antara keindahan dengan kinerja.

Setelah mengetahui segala keunggulan ASUS ZenBook Flip S ini, satu-satunya kelemahan yang saya temui kemungkinan adalah harganya yang tergolong premium. Akan tetapi, dengan harga sekitar 25 jutaan rupiah, notebook ini juga telah memberikan ASUS Stylus dan Mini Dock senilai Rp. 5.500.000,- di dalam paket penjualannya. Ditambah dengan garansi global selama 2 tahun lamanya, membuat kita lebih tenang jika terjadi masalah pada notebook ini.

Jadi, tunggu apalagi? Jika anda ingin memberi apresiasi terhadap pencapaian kinerja pribadi, sebagai sosok yang aktif dan kreatif serta dinamis, ASUS ZenBook Flip S adalah notebook yang tepat bagi anda untuk menciptakan karya dan menyebarkan informasi positif dengan gaya yang elegan dan ekslusif.




Komentar

  1. Keren nyaaa... Bisa di lipet layarnya kaya android layar lebar...

    BalasHapus
  2. Kaum Zenbook baru ini emang paling mingin2i.

    BalasHapus
  3. keren banget ya tipis dan bisa dilipat lagi... ah pengeeeen...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kang.. Enak juga buat blogwalking..

      Hapus
  4. Weitsss..laptopnya cakep bener. Tipis banget itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tertipis di dunia untuk saat ini.. #cmiiw

      Hapus
  5. Duh, beda banget sama letopku yg hampir 3 kilo 😂😂

    Dan iya, bawanya bikin pegel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laptopku, yg sekarang dipake anakku, tipis juga, tapi beratnya 2,2 kilo.. Makanya kalo pakai ini, nggak pegel lagi bawa ke mana-mana..

      Hapus
  6. Gimana kaga naksir coba udah tipis gagah pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, makasih banget dibilang gagah.. 😍

      Hapus
  7. Ternyata afa yang lebih tipis dr zenbook 3 deluxe

    BalasHapus
  8. Flip S ini favorotnya akooooh

    BalasHapus
  9. ini juga impian, bayangin aja notebook bisa dilipat-lipattt, mau banget deh punya ZenBook Flip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wujudnya ringkas, bobotnya ringan.. Unch!

      Hapus
  10. kapan bisa punya ini yaa... :(

    www.deddyhuang.com

    BalasHapus
  11. Cakep bener dehhh laptopnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu yang cakep Mbak.. aslinya sih cakep semuwah <3

      Hapus
  12. Keren euy desainnya. Oh iya om dengan bezel tipis itu apa tidak khawatir rentan retak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak Ko.. desain engselnya luar biasa tangguh.. beda sama laptop tipis yang dipake anak gw.. abis diservis engselnya karena jebol..

      Hapus
  13. om pengen om.. boleh give away ga.. kepincut euy bisa lipat ampe 360 drajat gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayukk ikutan give awaynya.. di mana emang adanya?

      Hapus
  14. Hadeeeeh foto yg pertama itu loh, notebooknya udah cakep2 tapi posenya kok seperti kuli panggul :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu pose jagoan padahal Om.. Idenya adalah, aku dan ZenBook Flip S, percaya diri hadapi tantangan dunia..

      Hapus
  15. Udah tipis, i7 , udah gtu bsa di tekuk, jd pen punya

    BalasHapus
    Balasan
    1. daya tariknya emang di situ, tipis, ringan, powerfull untuk pekerjaan selain gaming kelas AAA rata kanan..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

Masalah Whiteline pada ASUS Zenfone Zoom S