Nubia M2, Kuda Hitam Smartphone Fotografi

Trend smartphone belakangan ini mulai mengarah pada kemampuan fotografi yang mendekati kamera digital. Walau mungkin belum setara, namun beberapa smartphone memiliki kemampuan kamera yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Dan ini adalah salah satu smartphone yang menawarkan kemampuan fotografi di atas rata-rata smartphone lainnya.


Diperkenalkan secara resmi di Indonesia pada bulan April 2017 lalu, Nubia M2 diyakini dapat menggoyang pangsa pasar smartphone fotografi di Indonesia, dengan kemampuan yang dimilikinya. Penasaran dengan potensinya? Mari kita simak bersama beberapa fitur unggulannya.

Desain

Memiliki desain melengkung nan elegan, dengan ketebalan hanya 7.0 mm saja, terbentuk dari dua metal-frame unibody yang kuat, serta diproses dengan teknologi diamond-cut yang presisi, Nubia M2 telah mengadopsi 2.5D Gorilla Glass untuk perlindungan layar dari goresan. Nubia M2 hadir dalam dua warna pilihan, Champagne Gold dan Black Gold. Khususnya Black Gold, yang memberi aksen warna emas mengelilingi frame, keduanya memberikan kesan mewah nan premium.


Layarnya cukup standar untuk ukuran smartphone masa kini, yaitu 5.5" saja. Namun demikian, resolusi FullHD dan display AMOLED pada Nubia M2, menjanjikan kenyamanan pada mata saat memandang layarnya.

Spesifikasi

Nubia M2 mempercayakan prosesornya pada Qualcomm sebagai pusat komando smartphone tipis, mewah nan elegan ini. Dan berikut ini ringkasan singkat dari spesifikasinya :

Snapdragon 625(MSM8953) | CPU
Adreno 506 | GPU
14nm | Process
64-bit | Kyro
4GB + 64GB | RAM + ROM


Dengan spesifikasi seperti di atas, smartphone Nubia M2 ini tergolong dalam kasta mainstream, dan tentunya diperlukan baterai yang mumpuni untuk mengimbangi kinerjanya. Nubia M2 menanamkan baterai berkapasitas 3630mAh dengan teknologi NeoPower 2.5 sebagai manajemen dayanya, sehingga performa dapat disesuaikan dengan kondisi dan skenario terbaik yang sedang dijalankan. Untuk pengisian dayanya sendiri, teknologi NeoCharge yang berdaya rendah, namun mampu meningkatkan efisiensi pengisian hingga 96% tanpa kuatir smarthone akan mengalami panas yang berlebihan.

Fotografi dan Kamera



Nubia M2 memiliki dua kamera belakang dan satu kamera depan. Kamera belakangnya memiliki resolusi sebesar 16MP dengan sensor SONY IMX, aperture f/2.2, dua sensor terpisah antara RGB dan monochrome, serta Hybrid Focus PDAF dengan kecepatan 0,1 detik saja. Sebelum membahas fitur kamera belakang yang menakjubkan, sekilas saya akan membahas fitur kamera depannya.

Kamera depan Nubia M2 memiliki resolusi sebesar 16MP, dengan aperture f/2.0, sensor ISOCELL CMOS, serta Screen Flash untuk menerangi wajah saat selfie. Selfie saat kondisi temaram bukan masalah lagi karena Nubia M2 memiliki algoritma untuk mengurangi noise pada hasil fotonya.


Kamera belakang Nubia M2 mengadopsi dual-camera system beresolusi 13 MP, dengan dual sensor SONY CMOS, yang meliputi RGB CMOS dan Monochrome CMOS. Dengan aperture sebesar f/2.2, dan teknology Hybrid Focus PDAF 0,1 detik saja, kameranya cukup mumpuni untuk pengambilan momen di mana saja kapan saja. Beberapa fitur yang sangat mendukung fotografi antara lain mode prioritas aperture dan penyesuaian fokus setelah pengambilan foto.

Aperture Priority Mode

Focus Adjustment pasca Shooting

Kedua fitur ini saja terasa sangat membantu sekali dalam menghasilkan karya fotografi layaknya profesional, tak kalah dengan pengambilan foto dengan menggunakan kamera DSLR.

Dibandrol dengan harga IDR 4,4 jutaan, smartphone Nubia M2 berhadapan langsung dengan OPPO F3, namun keduanya bertolak belakang dalam hal kemampuan kamera, karena OPPO F3 lebih menonjolkan kemampuan kamera depannya yang memang istimewa. Namun bila dicari lawan yang sepadan dari sisi keunggulan kamera belakang, maka Nubia M2 akan menjadi penantang serius bagi ASUS Zenfone Zoom S, Huawei P9, Xiaomi Mi6, serta Iphone 7.

Jadi, pilihan ada di tangan anda. Sesuaikan kebutuhan dengan anggaran. Jika fotografi menjadi pertimbangan, maka Nubia M2 bisa dijadikan pilihan.






Comments

  1. tertarik nih om , kameranya setara DSLR ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasil fotonya mendekati. Hands on review menyusul..

      Delete
  2. Desainnya sih minimalis om, pas ditangan. Tpi pingin lihat scra langsung deh ponsel ini.

    ReplyDelete
  3. wah designnya bagus banget dan tulisan nubianya bikn penaaran.

    ReplyDelete
  4. Sekarang ada saingan baru lagi, baru aja meluncur. Xiaomi M1A1 wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kebagian hands-on.. penasaran sama kemampuan smartphone dengan dual kamera belakang ;)

      Delete
  5. Ngiler banget lihat speknya Om, pengen hands on juga... :-D

    ReplyDelete
  6. theme blognya keren :) punya rasa personal sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. manfaatin yang free aja dulu Kang.. fokus sama kontennya aja udah pusing :p

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Semua Berawal Dari Sebuah PC