Asus Zenfone Max Plus M1, Full View Display, Baterai Gede, Kamera Oke


Yo! Kawan-kawan semua. Alhamdulillah, selama kurang lebih 19 hari belakangan ini, saya berkesempatan untuk memanfaatkan ASUS Zenfone Max Plus M1 sebagai daily driver saya. Dan berikut ini adalah beberapa informasi yang bisa saya bagikan kepada kalian semua, sebelum memutuskan untuk memilikinya.

Unboxing

ASUS Zenfone Max Plus M1 - Unboxing

Saat pertama kali kita bongkar isi kotaknya, maka kita akan menemukan bermacam-macam benda standay yang umum kita temui saat membeli hape baru. Selain unit smartphone ASUS Zenfone Max Plus M1, kita juga akan mendapatkan jelly case, kabel USB micro, kepala charger, kabel USB OTG, SIM Tray Ejector, kitab manual dan garansi, serta stiker IMEI cadangan. Tidak ada earphone.

Sekarang, ASUS Zenfone Max Plus M1 telah menyediakan tiga slot, 2 untuk SIM card dan 1untuk kartu memori MicroSD.

ASUS Zenfone Max Plus M1 - 3 slots SIM + MicroSD

Bentuk slotnya tidak memanjang seperti pada umumnya, namun lebih persegi, dan terasa lebih kokoh di tangan saat akan memasukkannya ke dalam bodi ASUS Zenfone Max Plus M1.

ASUS Zenfone Max Plus M1 masih mengadopsi desain pendahulunya, yaitu Zenfone 4 Max Pro, jika dilihat dari belakang, tampak perbedaannya tidak terlalu signifikan. Namun jika dilihat dari depan, penampakan FullView™ Display yang kekinian menjadi pembeda yang sangat hakiki.

ASUS Zenfone Max Plus M1 - FullView™ Display

Benchmark

Untuk bisa memperoleh gambaran performa secara umum, biasanya digunakan aplikasi benchmark sejuta umat, yaitu Antutu. Kali ini versi Antutu yang digunakan sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan review terdahulu. Dan inilah skor yang berhasil diraih oleh ASUS Zenfone Max Plus M1.

Skor Antutu yang diraih ASUS Zenfone Max Plus M1

Nilai yang diraih oleh ASUS Zenfone Max Plus M1 ini tergolong cukup. Memang belum menembus batas psikologis angka nyaman di kisaran 50000, namun hal ini tidak mengurangi kenyamanan penggunaan selama beberapa hari belakangan ini. Pemilihan prosesor Mediatek yang dianggap lemah, memang tak dapat dipungkiri, mempengaruhi penilaian, namun penggunaan baterai sebesar 4000mAh dan spesifikasi RAM 4GB dan internal 64GB, menjadikan smartphone ASUS Zenfone Max Plus M1 layak untuk digunakan sebagai daily driver. Daya tahan baterainya boleh dibilang cukup kuat untuk melakukan aktifitas seharian penuh.

Tes pengisian dan daya tahan baterai ASUS Zenfone Max Plus M1

Untuk durasi pengisian baterai ASUS Zenfone Max Plus M1, ketika saya coba mulai mengisi ulang pada posisi 11%, hingga terisi penuh 100% memakan waktu kurang dari 4 jam saja.

Durasi pengisian baterai ASUS Zenfone Max Plus M1 dari 11% hingga 100%

Sebagai informasi, kabel dan charger yang digunakan adalah bawaan dari paket penjualannya. Ketika saya coba charging dengan kabel dan charger milik Zenfone 2 yang memiliki ampere lebih besar, justru pengisian terasa sangat lambat. Mungkin ini karena fitur 12 keamanan yang dimiliki oleh ASUS Zenfone Max Plus M1 yang menjaga handset dan penggunanya senantiasa dalam keadaan aman sentosa.

Hiburan

Smartphone berlayar luas seperti ini memang sedang digandrungi khalayak umum, karena pasti mereka ingin merasakan nikmatnya menonton atau bermain game di sana. ASUS Zenfone Max Plus M1 memiliki bentang layar 5,7 inci yang terangkum dalam bodi berukuran 5,2 inci, sehingga tetap nyaman digenggam. Berdasarkan pengalaman saya menonton film di smartphone dengan layar FullView semacam ini, memang memberikan sensasi yang berbeda. Di bawah ini adalah contoh format dan resolusi file film yang didukung oleh ASUS Zenfone Max Plus M1, dengan memanfaatkan aplikasi Video Player bawaannya.

Judul Film : Miss Granny
Format : MKV dengan file subtitle terpisah
Resolusi : 720p


Judul Film : Kamen Rider Wizard - Fourze Movie Taisen Ultimatum DC
Format : MP4
Resolusi : 1080p


Biasanya, format MKV kurang didukung oleh video player bawaan Zenfone yang mengakibatkan pergerakan film tersendat/patah-patah. Namun pada ASUS Zenfone Max Plus M1 ini, kedua format film dapat diputar dengan lancar. Namun sayangnya, file terjemahan yang dibawa pada film Miss Granny tidak dapat ditampilkan. Hal ini dapat diatasi dengan memasang dan menggunakan aplikasi Video Player lain dari PlayStore.

Lalu, bagaimana halnya dengan performa ASUS Zenfone Max Plus M1 saat digunakan untuk bermain game? Simak dan nilai sendiri performanya dari beberapa game casual yang saya mainkan, serta satu game yang sedang hits saat ini.

Judul Game : Spiderman


Judul Game : HomeScape


Judul Game : Angry Birds Rio


Judul Game : Arena of Valor


Dari semua game di atas, rata-rata dapat dimainkan dengan lancar. Khusus untuk game Arena of Valor, karena ini merupakan game online yang memerlukan koneksi internet lancar, maka terkadang ada faktor lag yang mengakibatkan pengalaman bermain game tersebut sedikit kurang nyaman.

ASUS Zenfone Max Plus M1 - Arena of Valor

Video Recording

Untuk perekaman video, bisa dimaksimalkan hingga resolusi FHD saja. Tanpa ada fitur EIS atau OIS. Untuk kebutuhan videografi dokumentasi, hasilnya masih layak untuk dinikmati.





Fotografi dengan ASUS Zenfone Max Plus M1

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa ASUS Zenfone Max Plus M1 menggunakan dual kamera belakang, normal dan wide, serta satu kamera depan. Yuk, kita bahas sedikit demi sedikit dahulu. Untuk lensa wide di bagian belakang kamera, mampu menangkap gambar lebih lebar, lebih luas. Silakan simak perbedaannya di bawah ini.

ASUS Zenfone Max Plus M1 - Mode Normal / Wide tanpa HDR

ASUS Zenfone Max Plus M1 - Mode Normal / Wide dengan HDR aktif

Kemampuan kameranya tergolong cukup baik menurut saya, karena beberapa momen spontan dapat diambil dengan indah dan sempurna, baik dengan menggunakan kamera depan maupun kamera belakangnya.

ASUS Zenfone Max Plus M1 - Kamera Depan Auto

ASUS Zenfone Max Plus M1 - Kamera Depan Mode Portrait

ASUS Zenfone Max Plus M1 - Kamera Belakang  Mode Portrait

ASUS Zenfone Max Plus M1 - Kamera Belakang Mode Auto

Asik-asik kan hasil fotonya? Padahal baru sekadar manfaatin mode yang sudah tersedia doang. Sekarang kita tinggal bereksplorasi sama kemampuan kamera dari ASUS Zenfone Max Plus M1 ini, sesuai dengan minat fotografi yang kita miliki.

ASUS Zenfone Max Plus M1 - Long Exposure 1

ASUS Zenfone Max Plus M1 - Long Exposure 2

ASUS Zenfone Max Plus M1 - Toygraphy 1

ASUS Zenfone Max Plus M1 - Toygraphy 2

ASUS Zenfone Max Plus M1 - Toygraphy 3

Foto-fotonya cukup tajam dan menggoda. Namun soal fitur wide kamera ini memang relatif sih, karena saya kurang terlalu suka motret lanskap, sehingga mode wide pada ASUS Zenfone Max Plus M1 ini praktis sering nganggurnya.

Jika kalian penasaran dengan spesifikasi dan harga jualnya, silakan kunjungi website resmi ASUS Indonesia. Impresi saya tentang smartphone ASUS Zenfone Max Plus M1 adalah, hape ini cukup nyaman untuk dijadikan sebagai perangkat utama, yang sering melakukan komunikasi baik secara suara maupun pengolah pesan. Baterainya tergolong tahan lama, sesuai dengan seri yang dimilikinya, Max. Secara desain juga, enak digenggam, model kekinian dengan dual kamera belakang dan layar FullView, nggak bikin minder saat sedang berkumpul bersama kawan-kawan.

Sekian pengalaman saya menggunakan ASUS Zenfone Max Plus M1, semoga bermanfaat. Salam kompak persahabatan selalu. Sampai jumpa lagi di tulisan saya berikutnya.







Komentar

  1. Waduh, nih hp keren banget... ada uang langsung cuss beli ahh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka yang luas? dual kamera belakang? bodi metal? RAM dan storage besar? Cush lah!!

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

Masalah Whiteline pada ASUS Zenfone Zoom S