OPPO F7 Tingkatkat AI pada Kameranya


OPPO F7 akhirnya diperkenalkan secara resmi di Mumbai, India. Smartphone penerus OPPO F5 ini hadir dengan kamera depan yang lebih baik, dengan mengusung sensor 25MP serta meningkatkan kemampuan AI Beauty Recognition Technology pada kameranya.

Jika pada OPPO F5, AI mampu memindai 254 titik wajah, maka di OPPO F7 kemampuannya meningkat menjadi 296 titik wajah. Kecerdasan buatan pada OPPO F7 ini lebih ditingkatkan lagi, khususnya untuk mengenali subjek serta memperhalus wajah secara independen, tergantung pada gendernya, apakah itu pria atau wanita, di dalam sebuah group selfie, sehingga setiap subjek akan memiliki personalisasi selfienya masing-masing. Selain itu, OPPO F7 akan mempelajari preferensi pengguna dalam penyuntingan foto, sehingga untuk pengambilan foto berikutnya dapat menggunakan preferensi yang sama. Seluruh fungsi kecerdasan buatan terbaru dari OPPO ini dinamakan sebagai A.I Beauty 2.0.

Selfie Lebih Fun dengan A.I Beauty 2.0 

Selfie dengan A.I Beauty 2.0 pada OPPO F7

Beberapa fitur baru yang menarik dan atraktif dihadirkan, terutama saat pengguna memanfaatkan kamera depan OPPO F7 untuk mengambil foto selfie. Fitur bernama AR Sticker misalnya, pengguna dapat memanfaatkan sticker yang dapat dilihat langsung pada smartphone, tanpa perlu lagi memasang aplikasi dari pihak ketiga. Fungsi AR Sticker pada OPPO F7 ini diklaim lebih stabil dan nyaman saat digunakan.

AR Sticker pada OPPO F7

Fitur menarik lainnya adalah Cover Shot. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk bermain dengan saturasi dan kontras warna pada pakaian yang digunakan, dengan latar belakang, saat sedang berfoto selfie, serta menggabungkannya dengan efek bokeh yang sedang digandrungi khalayak ramai. Foto yang dihasilkan bagaikan sesi pemotretan sampul majalah trendy masa kini.

Cover Shot by OPPO F7 - credits to Aryo MA

Smartphone OPPO F7 menjanjikan kualitas selfie yang lebih baik, selain dengan kehadiran sensor 25MP pada kamera depannya, namun juga diimbangi dengan fungsi HDR (High Dynamic Range) secara real-time, yang dipersiapkan secara khusus dan matang untuk sesi pengambilan foto dalam kondisi cahaya yang kontras, namun menjaga agar wajah nampak terlihat jelas. Foto yang dihasilkan akan nampak lebih natural dan kaya warna. OPPO F7 akan diperkenalkan secara resmi di Indonesia pada bulan April mendatang.

Kemitraan Global Properti Intelektual OPPO x Dolby Labs

Kabar lain yang saya dapatkan adalah, kemitraan global antara Dolby Laboratories, pengembang teknologi audi terkemuka di dunia, dengan OPPO. Kerjasama ini akan mengkolaborasikan teknologi audio video dari Dolby's High-Efficiency Advanced Audio Coding (HE AAC), JPEG-HDR, dan teknologi audio visual lain di dalamnya.

High-Efficiency Advanced Audio Coding (HE AAC) adalah standar internasional untuk pengkodean audio yang disahkan untuk digunakan oleh Dolby Laboratories ke ratusan perusahaan di seluruh dunia. JPEG-HDR adalah bagian dari standar penyandian gambar statis yang juga akan menyimpan data dalam highly dynamic range lebih dari 8 bit.

Tahun ini merupakan peringatan tahun ke-10 kiprah OPPO di dunia smartphone. Dan awal 2018 ini, OPPO telah memasuki pangsa pasar Jepang, serta mempersiapkan penetrasi ke pasar Eropa, dengan menyediakan lebih banyak perangkat yang menggabungkan antara desain dengan teknologi mutakhir untuk kaum muda dunia.





Komentar

  1. mas, tau nggak? menurut fotografer senior kompas, yang namanya kamera hape dari jenis apapun berasal dari satu pabrik yang sama. Yang membedakan kualitasnya ya tentu saja harganya :D jd selama ini kita diboongin wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. di dunia digital, ada banyak faktor penentunya mbak. image prosesor misalnya. jadi ya memang benar, harga komponen pemroses citra menentukan kualitas fotonya. sisanya adalah bermain dengan manipulasi perangkat lunak untuk memberikan hasil yang mendekati 'sempurna' :)

      Hapus
  2. Selfie jadi makin nyaman ya mas eko.... Temenku banyak yang make juga. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. F7 belum rilis.. F5 kali temennya?

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Story] Waspada Memilih Sekolah Dasar (Swasta)!

[Story] Pindah Sekolah Anak SD, Sulitkah?

Masalah Whiteline pada ASUS Zenfone Zoom S