Realme C15 dengan Baterai 6000mAh dan 18W Quick Charge Jadi Daily Driver Pilihan Iqbaal

Realme sebagai merek smartphone yang membaca kebutuhan pasar, melakukan inovasi dalam menghadirkan smartphone yang dapat memaksimalkan penga...

Tips Sederhana Bikin Konten Vlog dengan Smartphone


Selama masa karantina mandiri terkait pandemi covid-19 ini, menjadikan banyak orang jadi lebih kreatif di rumah. Mencoba resep masakan baru, bergoyang lucu di aplikasi TikTok, atau bahkan membuat konten vlog tips-tips melawan kebosanan selama pandemi. Berbagi karya dan kreasi selama masa karantina mandiri di tengah pandemi covid-19 ini, merupakan salah satu cara untuk tetap bersosialisasi dengan teman, temannya teman, bahkan mungkin orang lain di luar lingkaran pertemanan kita. Dan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, serta Youtube, jadi sarana untuk membagikan karya kreasi kita selama #DiRumahAja.


Beragam informasi yang bermanfaat atau sekadar kegiatan sehari-hari selama bulan Ramadan dapat dibagikan melalui video blog atau vlog, yang saat ini lagi ngetren. Tak perlu punya kamera DSLR atau mirrorless yang canggih dan mahal, video blog dapat dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone. Mulai dari proses merekam, menyunting, hingga membagikannya ke jejaring sosial, dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat smartphone terkini, seperti OPPO Reno3 Pro misalnya. Berikut ini adalah beberapa tips membuat vlog dengan menggunakan smartphone. 

1. Pilih Smartphone dengan Kualitas Kamera Terbaik 


Banyak merk smartphone yang beredar di pasaran, memiliki kualitas kamera yang berbeda-beda. Agar dapat membuat vlog dengan kualitas kamera video yang tak kalah dari kamera profesional, kalian bisa mencoba OPPO Reno3 Pro yang memiliki kamera 64MP Zoom Quad Camera untuk merekam video dengan jelas dan tajam saat siang atau malam hari. Sedangkan, di bagian depan layarnya, terdapat kamera 44MP Dual Punch-hole Camera untuk merekam video selfie. Sehingga kualitas video tidak akan menurun jika harus berpindah dari kamera belakang ke kamera depan. 

2. Gunakan Tripod atau Monopod


Untuk membantu proses pengambilan video agar hasil gambar tetap stabil, perlu juga memiliki tripod atau monopod. Beragam pilihan model tripod berukuran kecil dan ringan yang dirancang khusus untuk smartphone. Hasil rekaman video yang stabil juga didukung dengan hadirnya fitur stabilizer yang ada di smartphone. Beruntung pada smartphone OPPO Reno Series, rata-rata telah menyertakan fitur OIS (optical image stabilization) dan EIS (electronic image stabilization)

Fitur Ultra Steady Video 2.0 pada OPPO Reno3 Pro dapat meningkatkan standar stabilisasi video. Dengan memanfaatkan lensa Ultra Wide-Angle, fitur ini menghadirkan fungsi stabilisasi gambar ganda yang baru, baik selama penggunaan sehari-hari atau aktivitas yang intens seperti untuk vlogging. Fitur ini akan meningkatkan kualitas rekaman video dari kamera smartphone yang stabil dan tajam meski dalam keadaan bergerak. 

3. Gunakan Aplikasi Editing yang Mudah 


Banyak sekali aplikasi video editing yang populer saat ini, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk vlogger pemula, aktivitas mengedit hasil rekaman video mungkin akan cukup merepotkan. Aplikasi Soloop adalah editor video yang akan membantu vlogger pemula untuk membuat sebuah video dengan cepat dan mudah. 

Dengan Soloop, menyunting video agar sesuai dengan irama musik yang dipilih, dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. Fitur ini juga menambahkan efek transisi secara otomatis untuk video asli yang spektakuler. Soloop yang mulai hadir pada OPPO Reno3 juga memiliki beragam tema, template dan filter yang semakin memberikan kemudahan dalam mengedit vlog. Hasil akhir dari video blog ini, dapat dibagikan secara langsung ke media sosial seperti Youtube. 

Yuk, kita coba membuat vlog sendiri dengan memanfaatkan perangkat smartphone yang kamu miliki selama masa #BetterAtHome.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar