ASUS ZenBook 14 Terbaru Kini Hadir dengan Kekuatan AMD Ryzen 4000

  Memilih laptop di jaman sekarang ini jauh lebih banyak opsi. Bahkan di level laptop premium sekali pun. Belum lama ini, ASUS telah meluncu...

Cara Smart untuk Anak Belajar Sholat

 


Bagi keluarga muslim, sudah sepatutnya mengajarkan anak-anak untuk melakukan ibadah sholat 5 waktu. Kalau dulu, anak-anak diikutkan kegiatan mengaji setiap sore di langgar-langgar/musholla setiap ba'da asar hingga Maghrib. Dan pada kegiatan ini, tidak hanya mengaji saja yang diajarkan, tetapi juga hal-hal lain seperti praktik sholat, antara lain sholat wajib yang 5 waktu.

Memang seharusnya, orangtua membimbing anak-anaknya di dalam melakukan sholat 5 waktu ini. Bisa dengan cara yang umum, yaitu melakukan sholat 5 waktu secara berjama'ah, baik di rumah atau di masjid. Apalagi di masa pandemi ini, banyak orangtua yang dihimbau untuk bekerja dari rumah, otomatis waktu mereka bersama anak-anak jadi semakin banyak. Namun namanya bekerja dari rumah, tetap saja konsentrasi dan fokus prioritas pada penyelesaian pekerjaan, apalagi anak-anak juga biasanya punya jadwal sendiri, seperti Pembelajaran Jarak Jauh misalnya. Tapi kini, ada cara yang menarik agar anak-anak kita mau dan mampu belajar sholat sendiri, yaitu dengan bantuan Smart Sajadah buatan Olike.


Olike merupakan produsen mainan edukatif yang ditujukan untuk anak-anak agar anak dapat mengembangkan potensinya. Kategori produk Olike disesuaikan dengan metode multiple intelligence yang dipopulerkan oleh Howard Gardner. Awalnya, Olike hanya menawarkan 3 produk saja yaitu Olike LCD Drawing Board yang akan mendukung kecerdasan spasial anak, Olike Smart Sajadah sebagai media anak belajar kecerdasan intrapersonal, dan Olike Hand Roll Piano yang melatih kecerdasan musikal anak.

Olike Smart Sajadah dirancang untuk pengguna yang berusia mulai dari 3 tahun. Dilengkapi sensor gerakan sholat yang ditandai dengan ikon kaki, lutut, tangan, hidung, dan dahi sesuai dengan posisi sholat. Lalu, tombol sentuh Olike Smart Sajadah akan mengumandangkan instruksi sholat serta bacaan sholat.

Fitur Auto Play sholat 5 waktu yang ada pada Olike Smart Sajadah, akan membantu membimbing anak dalam melaksanakan sholat. Anak cukup berdiri di atas ikon kaki untuk mulai melaksanakan sholat dan memilih sholat yang akan dikerjakan, lalu secara otomatis Olike Smart Sajadah akan mengeluarkan audio bacaan sholat mulai dari niat hingga bacaan doa setelah sholat.

Yang menarik adalah, audio bacaan sholat pada Olike Smart Sajadah dinarasikan oleh hafidz cilik dari Indonesia. Diharapkan dengan menggunakan suara sesama anak-anak maka anak akan mudah menirukan dan menghafal bacaan sholat. 

Olike Smart Sajadah  dilengkapi dengan buku panduan sekaligus ilustrasi panduan gerakan sholat dan bacaan sholat yang interaktif. Insya ALLAH, Olike Smart Sajadah akan menjadikan sholat bukan hanya sekadar kewajiban bagi anak, tapi juga kegiatan yang mengasyikkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar